Latest News

Kebudayaan Indonesia



KEBUDAYAAN INDONESIA
Oleh: KH. M. Abdul Ghufron Al Bantani

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh;
Salam Sejahtera
Rahayu

      Pengertian Budaya dan Kebudayaan. Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi(budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan nalar manusia. Budaya yakni suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adab istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

      Ketahuilah kebudayaan tidak akan menjadi pemecah Bangsa, justru akan lebih memperkuat Bangsa ini. Budaya di Indonesia sangat besar lengan berkuasa pada perkembangan zaman dari waktu ke waktu, dan ingatlah bahwa budaya merupakan hasil usaha suatu masyarakat terhadap zaman dan alam yang menandakan kejayaan hidup masyarakat dalam menghadapi rintangan dan kesulitan untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan di hidupnya. Kondisi alam yang berbeda-beda di setiap kawasan di seluruh wilayah Indonesia menyebabkan banyaknya jenis budaya yang berkembang. Hal ini disebabkan lantaran pengalaman hidup dan besarnya usaha untuk bertahan dengan kondisi alam yang sulit sangat mensugesti tingkah laris dan tutur bahasa yang mereka miliki. Namun sebagai bangsa Indonesia yang bersemboyan Bhinneka Tunggal ika, kita harus saling menghargai budaya-budaya yang ada di negara tercinta ini.

      Wahai saudaraku sebangsa dan setanah air, jangan saling menyakiti dan jangan di sia siakan hasil usaha para leluhur, jadikanlah Indonesia ini bangsa yang aman, tentram, tenang dan sentosa. Para leluhur di zaman kerajaan sudah menawarkan teladan kepada kita mengenai cinta antar sesama, tidak membeda bedakan.
      NKRI harga mati, tanamkanlah di sanubari, lantaran Merah Putih menyatu di dalam diri, sadarlah dan ingatlah kita semua akan kembali kepada Tuhan yang Maha Esa, pengorbanan dalam memperjuangkan bangsa dan agama akan menjadi sejarah yang awet HIDUP ATAU MATI NKRI HARHA MATI.

      Allah Swt berfirman dalam Al quran:


وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَـَذَا بَلَداً آمِناً وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُم بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلاً ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَى عَذَابِ النَّارِ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ
"Dan (ingatlah), dikala Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman, dan berikanlah rezki kepada penduduknya dari (berbagai macam)buah-buahan, (yaitu penduduknya)yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.” Allah berfirman: “Dan siapa yang kafir maka Aku beri kesenangan sementara, lalu Aku memaksanya menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.(Q,s. Albaqoroh:126)
Yang di maksudkan dengan cinta tanah air itu yakni memakmurkan tanah airnya, memakmurkan dengan kebaikan dalam pengaplikasian hidup Dan berbuat kebajikan. Sedangkan tanah air insan itu ada dua macam: 1. Tanah air jasmani, yaitu bumi tempat kita berpijak. 2. Tanah air ruhani, yaitu tanah air akhirat, tempat dimana ruh kita berasal dan akan kembali nantinya. Kedua tanah air kita ini harus di makmurkan, baik jasmani maupun ruhani dengan perbuatan yang baik, sehingga nantinya kita dapat menuai buahnya.
Salam Jiwa NKRI
salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Rakyat Indonesia
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Kebudayaan Indonesia 
Salam Jiwa Angkatan Darat (AD)
Salam Jiwa Angkatan Udara (AU)
Salam Jiwa Angkatan Laut (AL)
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Rindu Ghufron

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh;
Salam Sejahtera
Rahayu



Malang, Rabo, 03 April 2019
Waktu : 21:23 WIB.



0 Response to "Kebudayaan Indonesia"

Total Pageviews