Latest News

Ulama Bertauhid

ULAMA  BERTAUHID
Oleh: K. H. M. Abdul Ghufron Al-Banteni

بِسْمِ اللّٟهِ الرَّحْمٟنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh;
Salam sejahtera,
Rahayu,

Ulama harus bisa menjalankan amanah Pancasila, ulama juga harus benar-benar menjadi Panutan bagi Nusantara dari Sabang hingga Merauke, dan juga panutan dunia. Ulama dan seluruh agama harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan Pancasila, sesuai dengan Merah Putih dan NKRI, jikalau bisa menjalankannya, Subhan Allah, Negara Indonesia akan damai, selamat dunia dan akhirat. Ulama yang benar-benar disebut ulama akherat, kenapa!, alasannya yaitu ulama mengetahui luar dalam ilmu keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang mencakup tahapan-tahapan Syariat, Hakikat, Makrifat, Khos, Khoasul Khos, Fana, dan Jabar Qof.

Semua insan yang ada di dunia sudah dibekali dengan ilmu, oleh karenanya, harus betul-betul dimanfaatkan supaya supaya barokah selamat dunia akhirat, dan bisa untuk mengayomi masyarakat dari Sabang hingga Merauke. Ulama jangan menyakiti agama-agama lain, ulama jangan menyakiti bangsanya sendiri, suku-suku dan kebudayaan, ulama harus menjadi panutan dan pola umat, ingat sejarah dan ingat persatuan dan kesatuan, lihat sejarah Syeh Nawawi Al Bantani, ia seorang ulama, seorang wali yang berjuang demi agama dan umat, sehingga bisa melahirkan ulama-ulama Nusantara, menjalankan ketauhidan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa. jangan hingga ulama menyakiti negaranya sendiri, jangan hingga ulama berpihak berat sebelah dan tidak menjaga keadilan, ulama harus bisa mengayomi antara hidup dan mati semua kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jangan sekali-kali ulama menyakiti diri sendiri, apalagi menyakiti Pancasila, ulama harus menjadi pedoman keyakinan untuk rakyat-rakyat, dan kita harus menyakinkan bahwa ulama benar-benar bisa menyatukan sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila.
Ulama (Arab:العلماء al-`Ulamā`, tunggal عالِم ʿĀlim) yaitu pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dalam masalah-masalah agama maupum persoalan sehari hari yang dibutuhkan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Makna bergotong-royong dalam bahasa Arab yaitu ilmuwan atau peneliti, lalu arti ulama tersebut berubah dikala diserap kedalam Bahasa Indonesia, yang maknanya yaitu sebagai orang yang hebat dalam ilmu agama Islam. (Wikipedia).

Pengertian Ulama
Dengan demikian, pengertian ulama secara harfiyah yaitu “orang-orang yang mempunyai ilmu”. Pengertian ulama secara harfiyah ini sejalan dengan beberapa pendapat ulama sendiri:

“Ulama yaitu orang yang ilmunya memberikan mereka kepada sifat takut kepada Allah” (Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin).

“Mereka (para ulama) yaitu orang-orang yang menjelaskan segala apa yang dihalalkan dan diharamkan, dan mengajak kepada kebaikan serta menafikan segala bentuk kemudharatan” (Badruddin Al-Kinani).

“Ulama ialah orang-orang yang mempunyai pengetahuan perihal ayat-ayat Allah, baik yang bersifat kauniyah maupun Quraniyah, dan mengantarnya kepada pengetahuan perihal kebenaran Allah, takwa, dan khasysyah (takut) kepada-Nya” “Karakteristik esensial ulama yaitu iman, ilmu, dan amal, yang semuanya amat mendalam, berbeda dengan orang biasa, serta mendapat akreditasi dan penerimaan dari masyarakat secara kultural” (Mastuhu).

Karakteristik Ulama
Dari pengertian secara harfiyah sanggup disimpulkan, ulama adalah:
1. Orang Muslim yang menguasai ilmu agama Islam
2. Muslim yang memahami syariat Islam secara menyeluruh (kaaffah) sebagaimana terangkum dalam Al-Quran dan As-Sunnah
3. Menjadi teladan umat Islam dalam memahami serta mengamalkannya.

Dewasa ini, yang disebut ulama umumnya yaitu mereka yang menguasai banyak sekali disiplin ilmu agama (Islam), fasih dan paham (faqih) tetang hukum-hukum Islam, mempunyai pesantren atau mempunyai santri yang mencar ilmu kepadanya, dan diberi gelar ‘kiai’ atau ‘ajengan’ oleh masyarakat.

Untuk memilih siapa yang termasuk ulama, rujukannya yaitu nash Al-Quran dan Hadits perihal ciri atau sifat ulama, antara lain:
Al-Ghazali bahkan membagi ulama dalam dua kategori, yakni ulama darul abadi dan ulama dunia (ulama su’).  Salah satu tanda ulama dunia  adalah mendekati penguasa. Wallahu a’lam.
أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ الْعَبَّاسِ ، قَالَ : أنا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْبَغْدَادِيُّ ، قَالَ : أنا  أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ سَعِيدٍ الْمَرْوَزِيُّ ، قَالَ : نا مُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ الْمرْوزيُّ ، قَالَ : أنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَكِيمٍ الْبَلْخِيُّ ، عَنْ شَقِيقٍ ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ ، عَنْ عَبَّادِ بْنِ كَثِيرٍ ، عَنْ  أَبِي الزُّبَيْرِ ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : "  لا تَجْلِسُوا عِنْدَ كُلِّ عَالِمٍ ، وَلا تَجْلِسُوا إِلا عِنْدَ عَالِمٍ يَدْعُوكُمْ مِنْ  خَمْسٍ إِلَى خَمْسٍ : مِنَ الشَّكِّ إِلَى الْيَقِينِ ، وَمِنَ الْكِبْرِ إِلَى التَّوَاضُعِ ، وَمِنَ الرِّيَاءِ إِلَى الإِخْلاصِ ، وَمِنَ الْعَدَاوَةِ إِلَى النَّصِيحَةِ ، وَمِنَ الرَّغْبَةِ إِلَى الرَّهْبَةِ "

Mengatakan kepada kami Fadl ibn Abbas , mengatakan: Saya Abu Bakr Muhammad bin Mohammed bin Muhammad bin Abdullah al - Baghdadi , mengatakan: Saya Abu Abdullah Muhammad bin Said Marwazi , mengatakan: Na Mohammed bin Nasr Marwazi , mengatakan: Saya Ahmed bin Mohammed bin Hakim Balkhi , untuk saudara , untuk Abraham , untuk para budak dari anak dari banyak, dari Abu Zubair , dari Jabir bin Abdullah , Rosulullah SAW Bersabda:
Artinya: “jangan sekali-kali bergaul dengan para Ulama, kecuali seorang ulama yang bisa membawa insan dari lima hal menuju lima hal yang lain, antara lain;
1. Dari keraguan menuju keyakinan
2. Dari sifat riya menuju sifat ikhlas
3. Dari sifat sombong menuju tawadlu’
4. Dari permusuhan menuju perdamaian (nasehat), persatuan”
5. Dari cinta dunia menuju zuhud
 Itulah sosok Ulama darul abadi dan bertauhid.

ما  قال  ان  رحمة   وحاف وما  قال  ان  رحمة  الله  سبحان  الله  علماء  علماء  وماشيذ  ان  رحمة  امتي  لاش ياما  رحمة  اسلام وما قال ان  رحمة  نوسانتارا ان كلمات توحيد  و ما   قال  رحمة  وحاش  سبحان الله  ربنا  قال  ان رحمة  للعالمين  بسم الله   الرحمن  الرحيم  ماقال الله  سبحان الله  يا رسول  الله  صلى  الله  عليه  وسلم  ﴿كلام  الشيج محمد عبد  الغفران

Pondok Pesantren UNIQ benar-benar sesuai dengan sejarahnya, alasannya yaitu Pondok Pesantren UNIQ ini bukan warisan, bukan dongeng atau bukan cerita, hasil usaha Lillahita'ala untuk menyelamatkan bangsa negara Indonesia dari Sabang hingga Merauke, didirikan mulai dari tahun 1999 hingga sekarang, di jalan Petukangan, Gg. VIII/09, Ampel-Surabaya-Jawa timur.









1. Syekh ahmad khotib sambas (penyatu thoriqoh qodiriyah wannaqsyabandiah) berasal pontianak kalbar
2. Syekh Nawawi albantani sayyidul ulama hijaz berasal tanara banten
3. Syekh abdul karim banten berasal dari tanara banten
4. Syekh ahmad asnawi berasal labuan banten
5. Syekh m hasan armin (abuya mama armin) berasal cibuntu pandeglang banten
6. Syekh kholil bangkalan berasal dari madura
7. Syekh Hasyim asy'ari berasal dari jombang
  Dan masih banyak ulama ulama lainnya yang terang ulama kita lebih hebat dan patut kita banggakan

Salam Jiwa Ulama Nusantara
Salam Jiwa Umaro
Salam Jiwa Rakyat-rakyat
Salam Jiwa Suku-suku
Salam Jiwa Budaya
Salam Jiwa Tokoh-tokoh agama
Salam Jiwa Bhinneka Tunggal Ika
Salam Jiwa Indonesia
Salam Jiwa NKRI
Salam Jiwa Pancasila
Salam Jiwa Merah Putih
Salam Jiwa Angkatan Darat
Salam Jiwa Angkatan Udara
Salam Jiwa Angkatan Laut
Salam Jiwa Polisi
Salam Jiwa Lintas Agama
Salam Jiwa Rindu Ghufron


Malang, Sabtu, 23 Maret 2019
Pukul, 19.45 WIB


0 Response to "Ulama Bertauhid"

Total Pageviews