Latest News

Tiga Jet Tempur Halangi Pesawat Prabowo? Ini Penjelasan Tni Au

 Beredar informasi pesawat yang ditumpangi capres Prabowo Subianto sempat dihalangi tiga j Tiga Jet Tempur Halangi Pesawat Prabowo? Ini Klarifikasi Tentara Nasional Indonesia AU
ilustrasi

Beredar informasi pesawat yang ditumpangi capres Prabowo Subianto sempat dihalangi tiga jet tempur ketika hendak take off dari Halim Perdanakusuma. Informasi itu disampaikan oleh eks Kasum Tentara Nasional Indonesia Letjen Tentara Nasional Indonesia (Purn) JS Prabowo.






"Info, dikala akan menuju Purwokerto (1/4) pesawat yang ditumpangi @prabowo aborted take off alasannya yaitu dikala akan take off di ujung runway melintas 3 jet tempur. Pengaduan resmi + CVR akan disampaikan kepada dirjen perhubungan udara,” kata JS Prabowo melalui akun Twitter pirbadinya, @marierteman, Rabu (3/4/2019).



Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia AU (Kadispenau) Marsma Tentara Nasional Indonesia Samyoga membantah kabar tersebut.

"Apa yang disampaikan Pak JS Prabowo kurang tepat. Karena yang dia sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda, dan dua-duanya sama sekali tidak melibatkan sukhoi," kata Samyoga ibarat dikutip Detik, Rabu (3/4/2019) malam.





Lebih lanjut Samyoga menawarkan keterangan lengkap sebagai berikut:

Hari Senin, (1/4):
- Di landasan Halim, CN 235 Kalong Flight, posisi sudah take off dan berikutnya yang akan take off yaitu pesawat 9HNYC onboard Pak Prabowo.
- Saat pesawat 9HNYC diberikan release take off juga, kondisinya belum aman, alasannya yaitu pesawat CN235 belum menuju cross wind (belum belok), sehingga pesawat 9HNYC abort take off, untuk safety.
- Abort take off dilakukan oleh senior ATC, alasannya yaitu sebelumnya yang handle masih ingusan ATC.
Kaprikornus abort-nya 9HNYC alasannya yaitu duduk masalah safety dan tidak ada kekerabatan sama sekali dengan Sukhoi.

Adapun kejadian berikutnya, terjadi Selasa (2/4):
10.10: 2 Sukhoi landing aman
10.13: 9HNYC start engine. Noted: gres start
10.17: 9HNYC request taxy
10.17: Wing Air ( Won 1721) posisi approach
10.18: 9HNYC holding di taxyway C, menunggu Won 1721 landing
10.20: Won 1721 landing
10.21: 9HNYC menuju posisi line up
10.23: 9HNYC take off ke Padang
10.20: 3 Sukhoi mendarat

Artinya, pesawat 9HNYC tidak ada kekerabatan sama sekali dengan penerbangan Sukhoi. Pesawat 9HNYC menunggu keberangkatan (take off) alasannya yaitu ada pesawat Wing Air sedang akan mendarat, bukan Sukhoi.







0 Response to "Tiga Jet Tempur Halangi Pesawat Prabowo? Ini Penjelasan Tni Au"

Total Pageviews