Latest News

Contoh Rpp Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018 Integrasi Ppk, Literasi, Pembelajaran Kurun 21 Atau 4C, Hots



CONTOH RPP KURIKULUM 2013 REVISI TAHUN 2018 INTEGRASI PPK, LITERASI, PEMBELAJARAN ABAD 21 ATAU 4C, HOTS

RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 merupakan kelanjutan implementasi Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 yang mengintegrasikan PPK, keterampilan Abad 21 atau 4C, Literasi, dan HOTS.

1.    Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) di dalam pembelajaran, yaitu mengintegrasikan dan membuatkan abjad terutama 5 karakter: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
2.    Mengintegrasikan literasi, yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui aneka macam acara antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
3.    Mengintegrasikan dan membuatkan keterampilan periode 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
4.  Mengintegrasikan HOTS, yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.


BACA PENJELASAN LENGKAP DAN CONTOH RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 
KLIK  /search?q=rpp-k13-revisi-2017
catatan: RPP INI MASIH DRAF DAN DALAM PROSES REVISI
Berikut pola RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                              : SMA ……..

Mata pelajaran               : Bahasa Indonesia

Materi Pelajaran            : Menganalisis Puisi

Kelas/Semester             : X/Genap

Alokasi Waktu               : 3 x 45’



A.     Kompetensi Inti (KI)



KI-1               :   Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya

KI-2               :   Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional.



KI3:
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan  humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam ranah konkret dan abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metoda sesuai dengan kaidah keilmuan



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8 Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)




3.8.1 Mengidentifikasi struktur fisik dan stuktur batin teks puisi
3.8.2 Menjelaskan struktur fisik dan struktur batin teks puisi
3.8.3 Menanggapi struktur fisik dan struktur batin teks puisi.
3.8.4 Menafsirkan isi struktur fisik dan strutur batin dalam puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan

4.8 Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)

4.8.1 Memilih tema sosial, budaya, dan atau kemanusiaan
4.8.2 Mengamati objek yang sesuai dengan tema pilihan
4.8.3 Mendata katakunci sesuai dengan tema pilihan
4.8.4 Menulis puisi dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin


C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan pedagogi genre akseptor didik sanggup menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) hingga terampil menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan kreatif, kerja keras dan penuh percaya diri.

D.     Materi Pembelajaran

1.      struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)

2.      struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)



E.      Pendekatan Pembelajaran/ Model/ Metode

 Pendekatan               : saintifik

Model                          :  sintesis dari tiga pendekatan(pedagogi genre, saintifik,    dan  CLIL)

 Metode                         : ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab,



F.      Media/Alat/Bahan

Puisi Subagyo Sastro Wardoyo yang berjudul “Gadis Peminta-minta” dan “Nuansa Budaya Indonesia” karya Destriani Hamidah

G.     Sumber Belajar

Bambang Pramono. 2016. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengan Atas kelas X. Surakarta: Mediatama.



Kosasih, Engkos. 2004. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:                 Yrama Widya.



Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (3 x 45 menit)







Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
1. Peserta didik merespon  salam tanda mensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru bekerjasama dengan  pembelajaran sebelumnya.
2. Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Peserta didik mendapatkan informasi kompetensi, indikator, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik mendapatkan informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnyatentang pembelajaran teks puisi.

Nilai Karakter

Religiolitas           








Membangun Konteks:
Dialog informasi perihal fungsi dan wujud teks puisi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sanggup dimulai dengan membaca puisi yang disediakan oleh pendidik pembacaan puisi oleh akseptor didik yang bisa membacakan puisi dengan baik atau  dapat pula ditayangkan video pembacaan puisi.
Inti
1.             Peserta didik membaca dan menikmati puisi-puisi dengan tema tertentu yang dipilih guru. Misalnya, perihal tema sosial: kemiskinan.
2.             Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang  variasi strukturfisik (diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/iramaritme,dan tipografi) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
3.             Peserta didik mengajukan pertanyaan perihal struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),dan amanat/tujuan/maksud (itention) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
4.             Peserta didik mencermati struktur fisik dengan fokus mencermati diksi yang digunakan, kata berimaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/iramaritme,dan tipografi) beberapa puisi yang dibacanya.
5.             Peserta didik mencermati struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),dan amanat/tujuan/maksud (itention) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
6.             Peserta didik mengumpulkan informasi dengan panduan lembar kerja berdasarkan hasil pencermatan
7.             Peserta didik dan guru melaksanakan pembahasan informasi yang didapat dengan melaksanakan pengasosian (penalaran)
8.             Peserta didik menyimpulkan variasi struktur fisik (diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/iramaritme,dan tipografi) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
9.             Peserta didik menyimpulkan struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention) ) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
10.         Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan perihal struktur puisi dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

Kerja keras




























Menelaah Model: Tujuan kegiatan ini (langkah 14-24) semoga akseptor didik mendapatkan pemahaman perihal puisi secara berdikari dengan bimbingan guru semoga sanggup menikmati puisi dan menulis puisi.

Kegiatan ini sanggup dilakukan secara berpasangan dengan sobat sebangku atau berkelompok 3 orang. Panduan lembar kerja menelaah model puisi sangat dianjurkan untuk digunakan.

Kesimpulan dibahas secara klasikal dengan panduan guru semoga kelas aktif menarik namun pengaturan waktu efesien
11. Peserta didik mengerjakan latihan dan kiprah yang diberikan guru untuk membuatkan kompetensiyang sesuai dengan pembuatan puisi:
a. latihan kosa kata konkret, imaji, diksi
b. latihan majas
c. latihan pengembangan rima
12. Peserta didik berdiskusi dengan sobat sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun tema puisi. Latihan pengembangan tema dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang sanggup digunakan ibarat pengamatan lingkungan.









Gotongroyong
Mengonstruksi Terbimbing::Kegiatan ini merupakan aplikasi dari pemahaman perihal teks dan latihan kebahasan yang digunakan dalam me-nyusun puisi. Misalnya, peserta didik bahu-membahu membaca sebuah artikel yang berisi perihal permasalahannya yang ada di lingkungannya. Lalu akseptor didik membuat puisi dengan teknis diakronis Ini semacam latihan berlari, menendang bola, membawa bola, mengoper bola, dan lain-lain sebelum bermain bola sebetulnya   
1.             Peserta didik menentukan topik puisi (sosial, budaya, atau kemanusiaan).
2.             Peserta didik membaca aneka macam reverensi sesuai dengan topik yang dipilih.
3.             Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.
4.             Peserta didik menulis puisidengan memperhatikan struktur fisik ((diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama,dantipografi) dan struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud (itention)).
5.             Peserta didik mempresentasikan puisi yang telah ditulisnya.
6.             Peserta didik lainnyamenanggapi puisi yang dipresentasikan.
7.             Peserta didik merevisi puisi berdasarkan masukan dari teman







Mengonstruksi Mandiri:
Setelah akseptor didik berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan aneka macam latihan subkompetensi menulis (atau berbicara) dibutuhkan akseptor didik sudah mempunyai kepercayaan diri untuk menyusun teks secara mandiri.
Penutup
20.   Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
21.   Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.
22.   Peserta didik saling memperlihatkan umpan balik/refleksi hasil  pembelajaran yang telah dicapai.
23.   Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

Kegiatan epilog merupakan refleksi guru dan akseptor didik terhadap proses dan hasil pembelajaran se-bagai upaya pe-ningkatan mutu berkelanjutan



H.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Pertemuan pertama

a.       Penilaian Sikap

1)     Teknik                 : Pengamatan sikap dan jurnal

2)     Bentuk                 : Lembar pengamatan dan catatan

3)     Instrumen          : Contoh terlampir



b.       Penilaian Pengetahuan

1)     Teknik                 : Tes tertulis

2)     Bentuk                 : Uraian  

3)     Instrumen          : Terlampir





2.      Pertemuan ketiga

a.       Penilaian Sikap

1)     Teknik                 : Pengamatan sikap dan jurnal

2)     Bentuk                 : Skala penilaian

3)     Instrumen          : Contoh terlampir

               

b.       Penilaian Keterampilan

1)     Teknik                 : Tertulis

2)     Bentuk                 : Produk

3)     Instrumen          : Terlampir



























Lampiran 1  Materi



STRUKTUR PEMBANGUN PUISI



Seperti karya sastra lainnya,  puii mempunyai struktur-struktur dan unsur yang membangunnya.  Secara garis besar,  unsur-unsur puisi terbagi dalam dua macam, yakni struktur fisik dan struktur batin.

A.      Struktur fisik puisi merupakan unsur-unsur puisi yang tampak dari penulisan kata-katanya. Struktur fisik puisi mencakup beberapa hal berikut ini.

1.       Tipografi(tata wajah)

Tipografi menjadi pembeda antara puisi dengan prosa atau drama. Larik-larik dalam puisi tidak membentuk paragraph, melainkan membentuk bait. Dalam puisi kontemporer ibarat karya  Sutardji Coulzoum Bachri, tipografi itu dipandang begitu penting, sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.

2.       Diksi

Diksi disebut juga pilihan kata.  Kata-kata yang digunakan dalam puisi merupakan hasil pemilihan yang sangat cermat. Kata-katanya merupakan hasil pertimbangan, baik itu makna, susunan bunyi, maupum relasi kata itu dengan kata lain dalam baris dan baitnya. Kata-kata yang terdapat dalam puisi bersifat konotatif da nada pula  kata-kata yang  berlambang. Makna kata-kata itu mungkin lebih dari satu.  Kata-kata yang dipilih hendaknya bersifat puitis yang mempunyai imbas keindahan.

3.       Imaji

Imaji sering juga disebut citraan. Untuk membuat (lebih) hidup gambaran dalam pikiran  dan juga untuk menarik perhatian, penyair juga memakai gambaran-gambaran angan disamping alat kepuitisan yang lain. Gambaran angan dalam dalam sajak itu disebut citraan.  Dengan kata-kata yang digunakan penyair, pembaca seolah-olah:

a.       Mendengar suara(imaji auditif)

b.       Melihat benda-benda(imaji visual), atau

c.       Meraba dan menyentuh benda-benda(inajinasi taktil)

4.       Kata konkret

Puisi harus memakai kata konkret atau jelas. Jika penyair hebat memperkonkret kata-kata, maka pembaca seakan-akan melihat, mendengar, atau merasa apa yang dilukiskan penyair

5.       Bahasa figuratis\f

Bahasa figurative disebut juga majas atau  bahasa kiasan. Bahasa figurative atau majas bertujuan untuk mempersamakan ataupun membandingkan sesuatu dengan hal lain.  Jenis-jenis majas tersebut antara lain:

a.       Perbandingan langsung(simile)

b.       Metafora

c.       Perumpamaan

d.       personifikasi, dsb.

6.       Verifikasi (rima, ritme, metrum)

Rima ialah pengulangan bunyi pada puisi

Ritme dan metrum merupakan pecahan dari irama

Ritme ialah irama yang disebabkan kontradiksi atau pergantian  bunyi tinggi rendah secara teratur.

Metrum ialah irama yang tetap.,artinya pergantiannya sudah tetap berdasarkan pola tertentu.



B.      Struktur batin

Struktur batin puisi mencakup unsur yang tidak tampak secara pribadi dari penulisan kata-katanya. Struktur batin puisi ialah sebagai berikut:

1.       Tema

Tema merupakan gagasan pokok yang yang diungkapkan penyair dalam puisinya. Tema itulah yang menjadi kerangka pengembangan puisi.

2.       Feeling

Feeling sering disebut perasaan penyair. Kaprikornus puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili ekspresi perasaan penyair. Ekspresi tersebut bias berupa kerinduan, kegelisahan, pengaguman dsb.

3.       Nada

Nada puisi merupakan sikap penyair kepada pembaca. Sikap ini bias mengurui, menasihati, mengejek, menyindir, atau hanya menceritakan sesuatu pada pembaca.

C.       Amanat

Amanat merupakan hal yang mendorong penyair membuat puisinya. Amanat sanggup ditelaah sesudah kita memahami tema, rasa, dan nada puisi tersebut.

































Lampiran 2 Instrumen Penilaian



1.    Pertemuan Pertama

Penilaian Sikap

No
Waktu
Nama
Kejadian/Perilaku
Butir Sikap
Pos/Neg
Tindak Lanjut
1.
3/5/2017
Tomi
Tidak mau mengerjakan kiprah dan mengganggu sobat yang sedang bekerja
Tanggung jawab, disiplin
-
- Dipanggil untuk diberi pemahaman perihal sikap tidak baiknya.
- Dilakukan pembinaan.
2.
3/5/2017
Astuti
Sangat aktif dalam diskusi dan rajin membantu sobat yang kurang paham terhadap materi pelajaran
Kerja sama, proaktif
+
Diberikan apresiasi/pujian
dst



Penilaian Pengetahuan

Kisi-kisi

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No. Soal
Bentuk Soal

Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat
Struktur fisik dan struktur batin puisi
Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar”, dan “Di Pengasingan”peserta didik menentukan menidentifikasi tema dari puisi tersebut.
1
Uraian
1.
Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar” dan Di Pengasihan”, akseptor didik sanggup mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin  dengan benar.
2
Uraian
2.
Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar” dan Di Pengasihan”, akseptor didik sanggup membandingkan struktur fisik dan struktur batin puisi dengan benar.
3
Uraian









Soal evaluasi



Bacalah dengan cermat puisi berikut ini!



Syair Orang Lapar



Lapar menyerang desaku

Kentang dipanggang kemarau

Surat orang kampungku

Kuguratkan kertas

Risau

Lapaar lautan pidato

Ranah dipanggang kemarau

Ketika berduyun mengemis

Kesinikan hatimu

Kuiris

Lapar di Gunungkidul

Mayat dipanggang kemarau

Berjajar masuk kubur

Kuulang jua

Kalau





Di Pengasingan

Iman Budi Santosa


Sejak dulu, di pengasingan, saya selalu menyanyikan lagu
Diiringi bunyi kegelapan yang menyuarakan luka waktu
Liriknya perihal kemerdekaan yang menghilangkan ragu
Terdendang bersama belenggu kelabu pada kesendirianku

Sebenarnya, saya tak sendirian, ada gelisah yang menemani
Juga dengung kenangan yang terdengar sendu sekali
Menambah merdu alunan lagu yang kunyanyikan
Hingga bertabuhan air mata yang berlinang

Seringkali, sambil menyanyi, saya merindukan mentari
Ia selalu tersenyum padaku dikala datangnya hari
Dan mengecupku dengan embun-embun puisi
Di pengasingan, mentari diusir hingga pergi

Seharusnya, dengan sadar, saya tak boleh menyanyi
Di pengasingan, ada peraturan “dilarang menyanyi”
Bila melanggar, sepi akan menghukum dengan keji
Atas undang-undang fana berlandaskan lara hati

Sayang sekali, saya tak peduli, walau saya selalu dihukum
Biar langit jiwaku membasah, semoga hujan kasih kian turun
Berharap membanjiri pengasingan hingga luluh dan runtuh
Walau usaha telah mengorbankan hakikat tubuh

(6 September 2009 18:04 WIB)



Kerjakanlah  soal-soal berikut!

1.       Identifikasikan unsur fisik dan unsur batin puisi di atas!

2.       Analisislah puisi di atas berdasarkan struktur fisik dan  struktur batinnya!



Pedoman Penilaian

Jawaban
Skor
Mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin puisi
a.    Menentukan tema puisi
b.    Menentukan struktur fisik dan batin puisi dengan lengkap
c.    Menentukan strutur fisik dan batin kurang lengkap
d.    Menentukan salah satu struktur saja/dua struktur tetapi kurang lengkap
e.    Tidak bisa menentukan struktur fisik maupun batin

1
9
7
3

0
Membandingkan struktur fisik dan struktur batin dua buah puisi
a.    Menemukan persamaan  struktur fisik puisi
b.     Menemukan persamaan  struktur batin puisi
c.       Menemukan persamaan  struktur fisik puisi
d.       Menemukan persamaan  struktur batin puisi
e.    Tidak menemukan persamaan dan perbedaan struktur fisik dan struktur batin puisi

10
10
10
10
0
Jumlah Skor
60



                                                             

2.    Pertemuan Kedua

Penilaian Sikap

No
Waktu
Nama
Kejadian/Perilaku
Butir Sikap
Pos/Neg
Tindak Lanjut
1.
5/5/2017
Arinta
Tidak mau berperan serta menulis puisi dan mengganggu sobat
Tanggung jawab, disiplin
-
- Dipanggil untuk diberi pemahaman perihal sikap tidak baiknya.
- Dilakukan pembinaan.
2.
5/5/2017
Pandu
Membantu dengan penuh semangat rekan-rekannya dalam kegiatan Jumat Bersih; menanam bunga, membuat pot dari botol minuman bekas, dan mengangkat tanaman dalam pot-pot kecil dari lt 1 ke lt 4.
Gotong royong dan tanggung jawab
+
Diberikan apresiasi/pujian
dst
……
…..
……..
……
…..
……











Format observasi diskusi kelompok

Nama Kelompok: Chairil Anwar

No
Nama
Gagasan
Tema
Diksi  yang digunakan
Rima
Y
T
Y
T
Y
T
Y
T
1.
Fanny
Ö

Ö


Ö
Ö

2.
Rani
Ö

Ö

Ö


Ö
3.










Keterangan :

Diisi tanda cek (Ö);   Y = ya/benar/tepat.     T = tidak tepat

Hasil observasi ini dimaksudkan untuk melihat kelemahan maupun kekuatan penguasaan kompetensi pengetahuan dan memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada indikator-indikator yang belum muncul.





Kompetensi Dasar            : 4.8.1 menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan struktur fisik dan struktur batin

Indikator soal                     :  Peserta didik sanggup menulis sebuah puisi dengan memerhatikan struktur fisik dan struktur batin

Instrumen                         : 1.  Buatlah sebuah puisi dengan menentukan salah satu tema berikut!

a.        sosial

b.       budaya

c.       kemanusiaan



Rubrik penilaian menulis

Kriteria
Skor
Indikator
Diksi (pilihan kata)
5
3
a.    Pilihan kata yang digunakan tepat
b.    Pilihan kata yang digunakan kurang tepat
Imaji /citraan
5
2
a.    Pencitraan  menimbulkan imajinasi tinggi
b.    Pencitraan kurang mendukung imaji
Majas /metafor
5
3
1
a.    Penggunaan majas/metafor  tepat
b.   Penggunaan majas/metafor kurang tepat
c.    Tanpa memakai majas/metafor
Verifikasi
5
3
a.       Terdapat permainan bunyi
b.       Permainan bunyi tidak
Tema
5
3
a.       Kalimat mendukung tema
b.       Kalimat tidak mendukung tema
Amanat
5
3
a.       Amanat yang disampaikan jelas
b.       Amanat yang disampaikan tidak  jelas
Total skor
30






Contoh pengisian format  penilaian menulis

No.
Nama
Diksi
Imaji
Majas
Verifikasi
Tema
Amanat
Jumlah Skor
Nilai Akhir
1.
Rina
5
5
3
3
5
3
24
80






Keterangan :

Ø  Skor maksimal = jumlah skor tertinggi setiap kriteria

Pada pola di atas, skor maksimal = 1 + 2 + 2 = 5



                     Jumlah soal perolehan       

Ø  Nilai unjuk kerja =                                                  x 100

              Jumlah skor maksimal



                                                              24

Ø  Pada pola di atas nilai unjuk kerja Rina =        x 100 = 80

                                                              30



 UNDUH FILE KLIK 
CONTOH 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
:Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)



A.    Kompetensi Inti
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan



B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1   menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
3.1.2   menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1  mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2  menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.


C.    Tujuan pembelajaran
(1)   Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik akseptor didik sanggup pertanda pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran. (PPK)
(2)   Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan,  peserta didik terampil mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara verbal dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif. (PPK)
D.    Materi
Struktur teks prosedur:
·      Pernyataan Umum
·      Tahapan-tahapan
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran :Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Buku Bahasa Indonesia (Wajib) Kelas XI, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2017.
b.    Internet
c.    Video
d.   Buku/ sumber lain yang relevan.
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan. (PPK)
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. (PPK)
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati dua pola teks mekanisme (Literasi)
2.      Peserta didik mengidentifikasi dua pola teks mekanisme bersama-sama
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab perihal bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).  (4C=Collaboration)
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3.      Peserta didik secara berkelompok mencari pola teks mekanisme lain dari aneka macam sumber.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks mekanisme yang dipilih. (4C=Critical thinking)
2.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks mekanisme yang dipilih.
3.      Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan dalam teks prosedur.(4C=Creatuvity)
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.(4C= Communication)
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama akseptor didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.       Melakukan penilaian. (HOTS)
2.      Memberikan kiprah kepada akseptor didik untuk banyak membaca teks mekanisme lainnya dan menentukan satu teks mekanisme untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan berguru mengajar.
10 menit

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Pesertadidikmenerimainformasitentanghal-halyang akandipela­jari, metode dan media, langkahpembelajarandanpenilaian pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.
2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab perihal video “langkah-langkah membuat slime”.
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dalam video.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara verbal dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya.
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama akseptor didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan kiprah kepada akseptor didik untuk membawa pola lain dari teks mekanisme baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.
4.      Menutup kegiatan berguru mengajar.
10 menit

H.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan     : TesTertulis
c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.       Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembarpengamatanaktivitaspesertadidik
b.      Tes tertulis           :uraian danlembarkerja
c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sesudah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

………..,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala Sekolah Menengan Atas ……………,                                   Guru Mata Pelajaran,


                                    ........................................
NIP.                                                                        NIP.

LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR


TEKS PROSEDUR

A. Contoh 

Kiat Berwawancara Kerja

     Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan
calon.
     Agar gampang dipahami oleh kawan bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga semoga kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi semoga terang terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
     Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara semoga kita sanggup memerikan tanggapan yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering lantaran justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
     Bahasa badan pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal ibarat mengangguk atau sikap badan yang agak condong ke depan memperlihatkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, lantaran kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.

     Singkatnya, akan lebih baik kalau kita bisa menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh lantaran itu, hindari bahasa badan yang sanggup diartikan negatif, ibarat menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarik minat pewawancara.

     Pada dikala berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita dibutuhkan bisa memperlihatkan bahwa kita ialah orang yang sempurna untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya lantaran ini memperlihatkan sikap yang tidak profesional.
     Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memperlihatkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat. 

     Pewawancara biasanya memperlihatkan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di simpulan wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara memperlihatkan rasa ingin tahu kita perihal lingkup dan deskripsi kiprah posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, lantaran bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
     Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna memperlihatkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai honor dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa menentukan nominal honor yang ia harapkan, lantaran dianggap sanggup melaksanakan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
     Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik dikala wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
B. Pengertian 
Teks mekanisme ialah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melaksanakan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu sanggup terealisasi dengan baik dan berhasil.. 
C. Fungsi
Teks mekanisme berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu sanggup terealisasi dengan baik.
D. Struktur Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan perihal tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar perihal topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada pola teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa keinginan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
(Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2017)
E. Aspek kebahasaan 
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak memakai kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.

Bentuk dasar
Imbuhan/Partikel
Bentukan Kata
perhati
-kan
perhatikan
pasti
-kan
pastikan
tunjuk
-kan
tunjukkan
cerita
-kan
ceritakan
hindar
-i
hindari
jadi
-lah
jadilah

2. Banyak memakai kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak memakai konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak memakai pernyataan persuasif
5. Apabila mekanisme itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci perihal benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : Sekolah Menengan Atas …….
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : XI / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11







........,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala Sekolah Menengan Atas ……….,                                          Guru Mata Pelajaran,



………….                                                              ……………….
NIP                                                                         NIP.



INSTRUMEN PENUGASAN 1

Satuan Pendidikan
:
SMA ………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.1
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator
:
3.1.1  
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan


3.1.2  
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan
Materi
:
Teks Prosedur

Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan berikut!
1.       
Mengapa pecahan atas dinamakan “penjelasan umum”?
2.       
Apakah tahapan-tahapan pada pecahan selanjutnya sudah jelas?
3.       
Apakah perbedaan utama teks mekanisme dengan jenis teks lainnya?
4.       
Dari isinya, menjelaskan perihal apakah teks mekanisme tersebut?
5.       
Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur?
6.       
Berdasarkan isinya, apa fungsi teks mekanisme i
7.       
Kemukakanlah sebuah pola teks mekanisme yang kau temukan dari koran atau majalah!

Jawablah pertanyaan berikut!
1.       
Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan      “cara mematikan komputer”! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan melaksanakan suatu kegiatan?
2.       
Carilah bacaan atau buku perihal perintah melaksanakan suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan berdasarkan pendapatmu sehingga kau memahami makna langkah-langkah tersebut!


…..,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala Sekolah Menengan Atas ……………,                                   Guru Mata Pelajaran,


……………………………                                   ………………...
NIP……………………….                                    NIP.




INSTRUMEN PENUGASAN2

Satuan Pendidikan
:
SMA …………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
Indikator
:
4.1.1  
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan


4.1.2  
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan
Materi
:
Teks Prosedur

Contoh Tugas:

1. Identifikasilah teks mekanisme di atas berdasarkan format tabel berikut!
No.
Isi
Kalimat singkat
1.
Pernyataan umum
......................................................................................................
......................................................................................................
2.
Tahapan-tahapan
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................

2.      Dari isinya menjelaskan perihal apakah teks mekanisme itu?
3.      Temukan kata kerja imperatif pada teks mekanisme di atas!
4.      Temukan enam konjungsi pada teks mekanisme tersebut!
5.      Temukan pernyataan persuasif pada teks mekanisme di atas!
6.      Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?
7.      Tuliskan kembali isi teks mekanisme tersebut dengan memakai bahasamu sendiri secara singkat dan jelas!


…………,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala Sekolah Menengan Atas …………..,                                     Guru Mata Pelajaran,


…………….                                                          ………………….
NIP...............                                                          NIP.

  
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………
Kelas                                                   : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakahteks prosedur yang ditulis lengkap?


2.
3. Apakaht erdapat uraian perihal struktur prosedur?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan Ekaidah PUEBI?


4.
Apakah terdapat pernyataan umum?


5.
Apakah terdapat tahapan-tahapan?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang


……..,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala Sekolah Menengan Atas ….,                                                  Guru Mata Pelajaran,


 …………                                                              ...............
NIP……………                                                     NIP.



INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan
:
SMA ……………..
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.1 
 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator
:
3.1.1  
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan


3.1.2  
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan

Tes Tertulis
Disediakan dua teks prosedur
1.      Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2.      Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme tersebut
3.      Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1.      Identifikasilah teks mekanisme dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur!
2.      Buatlah rancangan teks mekanisme dengan memuat pernyataan umum dan tahapan-tahapannya!
3.      Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.

RUBRIK PENILAIAN
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengantepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengan kurangtepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks mekanisme dengantidaktepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik menulis tahapan teks mekanisme sangat tepat
4

a.                     Peserta didik menulis tahapan teks mekanisme tepat
3

b.                      Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat
2

c.                       Peserta didik menulis tahapan teks mekanisme tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
Pesertadidik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4

a.                      Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tepat
3

b.                      Pesertadidik mengemukakan komentar dengan kurangtepat
2

c                        Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tidaktepat
1


………,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala ……………,                                 Guru Mata Pelajaran,


………….                                                  ……………
NIP…………..                                           NIP. 


INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan
:
SMA …………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis dan memerankan obrolan prosedur
Kompetensi dasar
:
4.1 
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis

Indikator
:
4.1.1  
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.



4.1.2  
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

1.      Lembar Soal Keterampilan
1.      Buatlah sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2.      Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2.      Rubrik Penilaian
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks
4
a.                   Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks
3
b.                  Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks
2
c.                    Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks
1
2
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
4
a.                   Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  lengkapdansesuaidengantopik
3
b.                  Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  kurang lengkap dan  kurang dengantopik
2
c                    Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1


…….,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala ………….,                                                Guru Mata Pelajaran,



………….                          .                                   …………………….
NIP………..                                                           NIP.


INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Satuan Pendidikan
:
SMA ……………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Teks prosedur
Kompetensi dasar
:
3.1 
 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur



4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis

Indikator
:
3.1.1  
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan



3.1.2  
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan



4.1.1
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.



4.1.2
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

Tugas I
1.             Simpan setiap kiprah yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.             Buat rangkuman dari setiap kiprah yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3.             Batas waktu pengumpulan kiprah ialah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didikmenyimpan semua kiprah yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu
1
Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan lantaran tidak pernah mengumpulkan kiprah
0

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :
Kelas                                       :
Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018/2019

No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru

























































………..,      Juni 2018
Mengetahui,
 Kepala Sekolah Menengan Atas                           ,                             Guru Mata Pelajaran,



………….                                                              ………………
NIP..............                                                           NIP.

KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  XI
Semester                      :  1 (dua)
Kurikulum                   :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
XI/1
Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
C4
Uraian
1
2
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan
XI/1
Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatan
C5
uraian
2
3
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
XI/1
Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
C2
uraian
3
4
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
XI/1
Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
C5
uraian
4
5

Mengomentari teks prosedur
XI/1
Disajikan video tentangprosedurpeserta didik dapat memperlihatkan solusi terhadap pertanyaan teks mekanisme dengan benar
C2
uraian
5


KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1(satu)

Kurikulum                 : 2013


Kompetensi Dasar
:
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Materi
:
Teks prosedur
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup menuliskan tahapan-tahapan sebagai mekanisme melaksanakan suatu kegiatandengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas.
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar.
Indikator Soal Nomor 5
:
Disajikan video tentang mekanisme peserta didik dapat memperlihatkan solusi terhadap pertanyaan teks prosedurdengan benar

CONTOH 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran   : Bahasa Indonesia
Sekolah                : Sekolah Menengan Atas
Kelas/ Semester  : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok      : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu     :  4 X 45 menit (2 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis.
3.1.1   Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2     Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
4.1      Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara verbal maupun tulis.

4.1.1        Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2        Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi



C.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning  peserta didik sanggup Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan,  peserta didik terampil menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif.

D.    Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan 1
a.       Teks laporan hasil observasi
b.      Isi  teks laporan hasil observasi
c.       Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
1.      Kata serta frasa verba dan nomina
2.      Afiksasi
3.      Kalimat definisi dan deskriptif
4.      Kalimat simpleks dan kalimat kompleks

E.     Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan      : Pedagogi genre,  Pendekatan Saintifik, CLIL
Model              : discovery learning (pertemuan 1)
                        :  penugasan (pertemuan 2)
Metode            : penugasan, diskusi, tanya jawab

F.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.   Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)
2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memperlihatkan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kau lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”
3.      Peserta didik mendapatkan informasi perihal materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.
10 menit
2.    INTI
Discovery
1.      Stimulasi ( sumbangan rangsangan)
a.       Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa). (Literasi)
b.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.
2.       Identifikasi Masalah
Peserta didik menyimak klarifikasi pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi problem yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu
1.      Isi pokok teks laporan hasil observasi
2.      Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3.      Pengumpulan data
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. (4C= Collaborative)
4.      Pengolahan data
a.       Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
b.      Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi (Critical Thinking)
5.      Pemeriksaan data
a.       Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain perihal isi pokok teks laporan hasil observasi (4C=Communicative)
b.      Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain perihal ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
6.      Penarikan kesimpulan
Di bawah bimbingan pendidik, akseptor didik menyimpulkan:
a.       Isi teks laporan hasil observasi
b.      Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

70 menit
3.    Penutup
Kegiatan pendidik bersama akseptor didik yaitu :
a.       Memberi penghargaan kepada  satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai tanggapan yang paling benar dan bisa bekerja sama secara tim.
b.      Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya.

10 menit
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
1.    Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 
2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik perihal materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian perihal teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3.      Peserta didik mendapatkan informasi perihal materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
10 menit
2.      Inti
1.        Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum  Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2.        Peserta didik dikelompokkan menjadi beebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa  menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri. (Creatuvity)
3.        Secara  bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4.        Siswa lain menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5.        Setiap kelompok menentukan ringkasan yang terbaik
6.        Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.
70 menit
Penutup
Kegiatan akseptor didik bersama pendidik, yaitu:
a.       Membuat kesimpulan bahu-membahu perihal cara membuat ringkasan yang benar
b.      Mengingatkan perihal pembelajaran di hari berikutnya.
10 menit

G.    Penilaian (HOTS)

1.       Kompetensi keagamaan dan sosial
a.          Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b.         Bentuk               : catatan hasil observasi
c.          Instrumen           : jurnal (terlampir)

2.       Kompetensi Pengetahuan:
a.          Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b.         Bentuk Penilaian : kiprah individu dan kiprah kelompok.
c.          Instrumen penilaian:  lembar kerja. (terlampir)

3.       Kompetensi keterampilan        :          
a.       Teknik penilaian  : tes penugasan
b.      Bentuk                 : tugas tertulis.
c.       Instrumen penilaian : lembar kerja

4.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada akseptor didik untuk membenahi kiprah yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

5.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

G.    Media/Alat,  Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                        :
a.       LCD, Laptop
b.      Lembar kerja
2.      Bahan                    : Teks laporan observasi
3.      Sumber Belajar      :
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
b.      Internet
………….
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,


Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : Sekolah Menengan Atas
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : X / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11










Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,








INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas                           : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar        : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis.
Indikator                     :  3.1.1Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2  Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi                          : 1. Isi  teks laporan hasil observasi
2.    Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a.       Kata serta frasa verba dan nomina
b.      Afiksasi
c.       Kalimat definisi dan deskriptif
d.      Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
 
1.              Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a.    Apakah wayang itu?
b.    Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c.    Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d.   Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2.      Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3.      Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan memakai  bagan berikut!
No
Hal
Pengertian
Contoh
1
Nomina

Kata :
Frasa:
2
Verba

Kata:
Frasa:
3
Kalimat definisi dan kalimat deskripsi


4
Kalimat simpleks


5
Kalimat kompleks


4.      Lalu presentasikan di depan kelas!


Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Nama kelompok        : …………………………………………………
Kelas                           : …………………………………………………
Tanggal Penugasan   :...............................................................

Pedoman penyekoran:

No soal 
Deskripsi
Skor
Skor maksimal
1a
Menjawab dengan benar disertai alasan yang  tepat
10
10

Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
5

1b
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
10
10

Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
5

1c
Menjawab dengan benar disertai 3 contoh.
10
10

Menjawab dengan benar disertai 2 contoh
5


Menjawab dengan benar disertai 1 contoh
3

1d
Menjawab dengan benar disertai alasan yang  tepat
10
10

Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang sempurna .
5

2
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
10
10

Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat
5

3.1
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan pola yang tepat
10
10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan pola yang  kurang tepat
5


Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan pola yang tidak  tepat
3

3.2
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan pola yang tepat
10
10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan pola yang  kurang tepat
5


Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan pola yang tidak  tepat
3

3.3
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan pola yang tepat
10
10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan pola yang  kurang tepat
5


Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan pola yang tidak  tepat
3

3.4
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan pola yang tepat
10
10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan pola yang  kurang tepat
5


Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan pola yang tidak  tepat
3

3.5
Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan pola yang tepat
10
10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan pola yang  kurang tepat
5


Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan pola yang tidak  tepat
3


Total

100
Kunci

1.a. wayang ialah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya orisinil Indonesia
1.b.fungsi pertunjukkan wayang ialah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket ialah wayang yang merupakan tirua dari aneka macam figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa :  suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi lantaran ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No
Hal
Pengertian
Contoh
1
Nomina
Nomina ialah kata benda
Kata ialah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas
Frasa ialah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif
Kata : wayang
Frasa: wayang orang
2
Verba
Verba ialah kata kerja
Kata: adalah
Frasa: sudah membagi
3
Kalimat definisi
Kalimat yang memakai verba definitif
Wayang ialah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya orisinil Indonesia

Kalimat simpleks
Kalimat yang memakai verba deskriptif
Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari materi tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit
4
Kalimat kompleks
Kalimat yang mempunyai dua atau lebih kompleks
Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik
5
Kalimat simpleks
Kalimat yang hanya mempunyai satu klausa
Kelelawar merupakan binatang unik



Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,





INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas                           : X IPA-IPS
Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara verbal maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.3         Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.4         Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1.             Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang kemudian buatlah ringkasannya!
2.             Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!



RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas                           : X IPA-IPS
Kompetensi dasar        :
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara verbal maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.5         Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.6         Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik penilaian presentasi ringkasan
No
Nama
Aspek penilaian
Total nilai
kelancaran
Kelengkapan informasi
Kebenaran isi
1





2





3





4







Aspek penilaian
kriteria
Rentang skor
Skor maksimal
Kelancaran
Sangat lancar menyamapiakn isi teks
85-100
100
Cukup lancar memberikan isi teks
70-84
Kurang lancar memberikan isi teks
55-69
Tidak lancar memberikan isi teks
54-40
Kelangkapan  informasi
Isi teks yang disampaikan sangat lengkap
85-100
100
Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap
70-84
Hanya separuh isi teks yang disampaikan
55-69
Isi teks yang disampaikan hanya sedikit
54-40
Kebenaran isi
Isi teks yang disampaikan benar semua
85-100
100
Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar
70-84
Isi teks yang disampaikan separuh yang benar
55-69
Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah
54-40
Total






Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,



KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  X
Semester                      :  1 (satu)
Kurikulum                   :  2013







No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis
Menentukan  isi pokok laporan hasil observasi
X/1
Disajikan teks laporan hasil observasi, akseptor didik sanggup menentukan isi pokok laporan hasil observasi
C4 (menganalisis)
Uraian
1


Menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi
X/1
Disajikan teks  laporan hasil observasi,  peserta didik sanggup menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
C4 (menganalisis)
uraian
2




KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  X
Semester                      :  1 (satu)
Kurikulum                   :  2013





Nomor
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Keterampilan
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara verbal maupun tulisan
Isi pokok laporan hasil observasi
X/1
Disajikan teks laporan hasil observasi , akseptor didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraf
P3; Presisi

Menunjukkan
Uraian
3




Disajikan teks  laporan  hasil observasi, akseptor didik bisa menyusun  gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah  ringkasan
P5: naturalisasi

Mendesain
uraian
4


0 Response to "Contoh Rpp Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018 Integrasi Ppk, Literasi, Pembelajaran Kurun 21 Atau 4C, Hots"

Total Pageviews