Salah kiprah guru yaitu menyusun perangkat pembelajaran. Berikut disajikan pola jadwal tahunan (prota) tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 UNDUH FILE PROTA KLIK https://drive.google.com/open?id=1Q5GYP83Q-PZVnXd9QvFBQ3PpoU6bo94l PROGRAM TAHUNAN | ||
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA | ||
TAHUN 2018/2019 | ||
Semester | Kompetensi Dasar | Jumlah Jam |
1 | 3.1 Mengidentifikasi unsur unsur teks informasi (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca | 4 |
4.1 Menyimpulkan isi dari informasi (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | 6 | |
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks informasi (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita | 4 | |
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara ekspresi dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek ekspresi (lafal, intonasi, mimik, kinesik) | 6 | |
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang menciptakan besar hati dan memotivasi) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar | 4 | |
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari banyak sekali sumber | 4 | |
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang menciptakan besar hati dan memotivasi) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar | 4 | |
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, seruan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara ekspresi dan tulis | 8 | |
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah terkenal dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca | 4 | |
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah terkenal dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca | 4 | |
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah terkenal dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca | 4 | |
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi yang berupa artikel ilmiah terkenal (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara ekspresi dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan | 6 | |
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca | 4 | |
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca | 4 | |
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca | 4 | |
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi | 6 | |
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis | 4 | |
4.9 Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari bermacam-macam sumber yang didengar dan dibaca | 6 | |
3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca | 4 | |
4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara ekspresi dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan | 6 | |
JUMLAH | 96 | |
2 | 3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan perihal kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan | 6 |
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan perihal kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar | 6 | |
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca | 6 | |
4.12 Menyajikan jawaban perihal kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara ekspresi dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan | 6 | |
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan perihal banyak sekali hal positif atas permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca | 6 | |
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan perihal banyak sekali hal positif permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca | 6 | |
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan perihal banyak sekali permasalahan faktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari banyak sekali sumber yang didengar dan dibaca | 6 | |
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan | 8 | |
3.15 Mengidentifikasi unsurunsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah | 6 | |
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar | 6 | |
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas | 6 | |
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah | 8 | |
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca | 6 | |
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca | 6 | |
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca | 6 | |
4.18 Menyajikan jawaban terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/tertulis | 8 | |
JUMLAH | 102 | |
Kartasura, 14 Juli 2018 | ||
Mengetahui | ||
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, |
Home » PEMBELAJARAN
» Prota Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp/Mts
Prota Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp/Mts
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Prota Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp/Mts"