Latest News

Kkm Bahasa Indonesia Kelas Xii Kurikulum 2013



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : XII 
Tahun Pelajaran : 2018/ 2019
KKM : 75
Kompetensi Inti    : 

1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kriteria Penentuan Ketuntasan
Komplek sitas Sarana pendukung Intake siswa
3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca 76
3.1.1  Mendata isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan 76 77 78 73
3.1.2. Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan 76 76 79 73
4.1. Menyajikan akibat sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara mulut maupun tulis 74
4.1.1. Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. 74 73 76 73
4.1.2. Mempresentasikan akibat sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. 74 74 75 73
3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan 76
3.2.1. Menentukan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan 77 78 80 73
3.2.2. Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. 75 75 77 73
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan 74
4.2.1. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. 75 74 78 73
4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun 73 72 74 73
3.3. Mengidentifikasi informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian insiden yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah mulut atau tulis 76
3.3.1. Mendata informasi penting dalam novel sejarah 76 76 79 73
3.3.2. Menentukan struktur teks novel sejarah. 76 77 78 73
3.3.3. Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah 76 77 78 73
4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi 74
4.3.1. Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah 74 74 75 73
4.3.2. Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi. 74 73 76 73
4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun 74 73 76 73
3.4. Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah 76
3.4.1. Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah 75 75 77 73
3.4.2. Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering dipakai dalam novel sejarah 77 78 80 73
4.4. Menulis dongeng sejarah langsung dengan memerhatikan kebahasaan 74
4.4.1. Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah 74 73 76 73
4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh. 74 74 75 73
4.4.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks dongeng (novel) sejarah yang telah ditulis 74 73 76 73
3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan akibat terhadap suatu isu) dalam teks editorial 76
3.5.1. Mengidentifikasi isi dalam teks editorial. 75 75 77 73
3.5.2. Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial 77 78 80 73
4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial baik secara mulut maupun tulis 74
4.5.1. Menentukan informasi positif dari banyak sekali media informasi (cetak, elektronik, maupun internet) 74 73 76 73
4.5.2. Menuliskan pendapat terhadap informasi positif dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis). 74 74 75 73
4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai materi teks editorial. 74 74 75 73
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial 76
3.6.1. Menentukan struktur dalam teks editorial 76 77 78 73
3.6.2. Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial 76 76 79 73
4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis 74
4.6.1. Menyusun argumen atau pendapat terhadap informasi aktual  74 74 75 73
4.6.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap informasi aktual 75 74 78 73
4.6.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan 73 72 74 73
4.6.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun 74 74 75 73
3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 76
3.7.1. Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca 76 77 78 73
3.7.2. Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca  76 77 78 73
4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku ihwal satu topik baik secara mulut maupun tulis 74
4.7.1. Menyusun laporan hasil diskusi buku baik mulut maupun tulis 74 73 76 73
4.7.2. Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas. 74 73 76 73
4.7.3. Menanggapi laporan yang dipresentasikan. 74 74 75 73
KKM SEMESTER I 75
3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca 76
3.8.1. Menemukan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 77 78 80 73
3.8.2. Menjelaskan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 75 75 77 73
4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara mulut maupun tulis 74
4.8.1. Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 75 74 78 73
4.8.2. Mempresentasikan dan menanggapi hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar 73 72 74 73
3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel 76
3.9.1. Menentukan isi novel menurut unsur intrinsiknya. 76 76 79 73
3.9.2. Menentukan unsur kebahasaan novel.  76 76 79 73
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis 74
4.9.1. Merancang novel dengan memerhatikan isi. 74 74 75 73
4.9.2. Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan.  74 74 75 73
4.9.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan  novel 74 74 75 73
3.10. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca 76
3.10.1. Menemukan informasi dalam artikel opini. 76 76 79 73
3.10.2. Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis. 76 77 78 73
4.10. Menyusun opini dalam bentuk artikel 74
4.10.1. Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar. 73 72 74 73
4.10.2. Menyusun opini dalam bentuk paragraf. 75 74 78 73
4.10.3. Menyusun opini dalam bentuk artikel. 74 74 75 73
4.10.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel. 74 74 75 73
3.11. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah 76
3.11.1. Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah 76 76 79 73
3.11.2. Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah. 76 76 79 73
4.11. Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan 74
4.11.1. Menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. 74 74 75 73
4.11.2. Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar,  74 73 76 73
3.12. Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis 76
3.12.1. Menentukan unsur-unsur kritik dan esai. 76 77 78 73
3.12.2. Membandingkan kritik dan esai berdasarkan  pengetahuan dan sudut pandang penulisnya. 76 76 79 73
4.12. Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara mulut maupun tulis 74
4.12.1. Menyusun kritik terhadap karya sastra 74 73 76 73
4.12.2. Menyusun pernyataan esai terhadap suatu objek atau permasalahan. 74 73 76 73
4.12.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis 74 74 75 73
3.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai 76
3.13.1. Menentukan sistematika kritik sastra dan esai. 75 75 77 73
3.13.2. Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai. 77 78 80 73
4.13. Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis 74
4.13.1. Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 74 73 76 73
4.13.2. Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.  74 73 76 73
4.13.3. Mempresentasikan, memperlihatkan penilaian terhadap kritik dan esai menurut sistematika dan kebahasaan 74 73 76 73
3.14. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) 76
3.14.1. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi). 76 77 78 73
3.14.2. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam satu buku drama (fiksi). 76 77 78 73
4.14. Menulis refleksi ihwal nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) 74
4.14.1. Menulis refleksi ihwal nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) 74 73 76 73
4.14.2. Menulis refleksi ihwal nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)  74 74 75 73
4.14.3. Mempresentasikan laporan buku yang ditulis. 74 73 76 73
KKM SEMESTER 275
KKM SEMESTER 1 & 2 75
Mengetahui, Boyolali, 2 Juli 2018
Kepala Sekolah Menengan Atas N 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP  197207081998011001

UNDUH FILE KKM KLIK https://drive.google.com/open?id=1nvmIr5GMj5fL19mUPiVSsiK4-DBYGaij


BACA DAN UNDUH

BUKU KERJA GURU 1

BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

1. PENGEMBANGAN INDIKATOR KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

2. KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian


4. PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

5. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian


7. RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

8. PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

14. RPP 5 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

15. RPP 6 TEKS EDITORIAL KD 3.6 DAN 4.6 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian

16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian 


0 Response to "Kkm Bahasa Indonesia Kelas Xii Kurikulum 2013"

Total Pageviews