RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi | 3.2.1. Membedakan isi teks yang dibandingkan 3.2.2. Membedakan aspek kebahasaan teks yang dibandingkan 3.2.3. Menguraikan isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi |
4.2. Mengonstruksi teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik verbal maupun tulis | 4.2.1. Menentukan garis besar isi teks 4.2.2. Menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan aspek kebahasaan |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran diskoveri, penerima didik sanggup membedakan dan menguraikan isi dan aspek kebahasaan teks LHO, dan contoh penyajian aksara “wayang”, dan terampil menganalisis aspek kebahasaan dalam menulis teks LHO dengan rasa ingin tahu, toleransi, dan semangat kebangsaan selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.
D. Materi Pembelajaran
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
· Isi teks
· Struktur teks
· Aspek kebahasaan
· Kerangka teks
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Saintifik approach, CILL
Model : discovery learning (pertemuan pertama),
Penugasan (pertemuan ke 2)
Metode : penugasan, tanya jawab, diskusi.
F. Media/Alat Belajar
Media/Alat : Lembar Kerja, LCD
- Bahan dan Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya |
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@4 ×45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. Pendahuluan: | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerahTuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidik dengan pertanyaan : “ Apa yang kau ketahui ihwal wayang ?, Apa saja jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia?, Dari kawasan mana sajakah asal wayang-wayang itu?, Bagaimanakah ciri-ciri wayang itu ? 3. Peserta didik mendapatkan info ihwal materi dan tujuan yang akan dipelajari serta acara pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks LHO | Religius Rasa Ingin Tahu | 15 menit |
2. Inti | DISCOVERY 1. Stimulation (pemberian rangsangan) · Peserta didik membaca teks LHO yang disediakan oleh guru ialah teks LHO Wayang (hal. 9 - 15 buku Siswa) 2. Problem Statement (identifikasi masalah) Peserta didik menyimak klarifikasi pendidik untuk berdiskusi untuk mengidentifikasi persoalan yang akan dibahas dalam teks LHO Wayang, yaitu · Pertanyaan isi teks LHO Wayang; · Ciri teks LHO Wayang · Struktur teks LHO · Pola penyajian karakter wayang · Aspek kebahasaan 3. Data collection (Pengumpulan Data) Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mengumpulkan data/informasi sebanyak mungkin dari teks LHO tentang: · Ciri teks LHO wayang menurut isinya. · Struktur teks LHO; · Pola penyajian karakter wayang · Aspek kebahasaan 4. Data Processing (Pengolahan Data) Peserta didik mendiskusikan data yang didapat dari teks LHO berupa: · Merumuskan ciri teks LHO Wayang menurut isinya. · Mengklasifikaikan isi teks LHO wayang menurut strukturnya (pernyataan umum/klasifikasi, deskripsi cuilan , dan deskripsi manfaat). · Menjelaskan contoh penyajian aksara wayang dalam teks LHO. 5. Verification (Pemeriksaan data) Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain menawarkan jawaban meliputi · Ciri teksLHO wayang menurut isinya; · struktur teks LHO wayang · pola penyajian aksara wayang dalam teks LHO. 6. Generalisation (penarikan kesimpulan) Di bawah bimbingan Pendidik, penerima didik menyimpulkan · ciri teks LHO wayang menurut isinya; · struktur teks LHO wayang ; · pola penyajian aksara wayang dalam teks LHO. | Literasi Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama (Collaborative) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) Kreativitas (Creativity) | 150 menit |
3. Penutup | Kegiatan Pendidik bersama penerima didik yaitu: · menghubungkan contoh penyajian karakter wayang dalam teks LHO dengan cara seseorang memperlihatkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari. · Mengajukan pertanyaan ihwal materi yang belum dikuasai. · Meringkas hasil pembelajaran hari itu. Kegiatan guru yaitu: · Melaksanakan penilaian · Menyampaikan kiprah yang harus dikerjakan penerima didik untuk pertemuan kedua. · Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 15 menit |
Pertemuan kedua
(2 X 45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Pendahuluan: | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhandan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan pertanyaan : “ Apa yang kau ketahui ihwal wayang ?, Apa saja jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia?, Dari kawasan mana sajakah asal wayang-wayang itu?, Bagaimanakah ciri-ciri wayang itu ? 3.Peserta didik mendapatkan info ihwal materi dan tujuan yang akan dipelajari serta acara pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks LHO | Religius Rasa Ingin Tahu | 15 menit |
Inti | 1. Peserta didik membaca teks Laporan hasil observasi dari buku teks. 2. Melalui diskusi kelompok, penerima didik mengidentifikasi isi, struktur, dan aspek kebahasaan teks LHO. 3. Peserta didik menyusun kerangka teks LHO 4. Peserta didik membuatkan kerangka goresan pena menjadi goresan pena utuh dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaan. 5. Peserta didik menyunting teks laporan hasil observasi yang ditulis sahabat dari aspek struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat. 6. Peserta didik memperbaiki teks laporan hasil observasi menurut hasil suntingan. 7. Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri. 8. Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.. | Literasi Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Kerja sama (Collaborative) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
3. PENUTUP | Kegiatan Pendidik bersama penerima didikyaitu: · Membuat simpulan hasil pembelajaran. · Merefleksi manfaat pembelajaran teks LHO bagi kehidupan nyata. Kegiatan Pendidik yaitu: · Melaksanakan penilaian · Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk menyusun LHO · Menginformasikan materi pembelajaran berikutnya. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 15 menit |
I. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik evaluasi : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian :tes
b. Bentuk Penilaian :Teks tulis dan penugasan kelompok.
c. Instrumen penilaian: menulis LHO dan lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian :penugasan.
b. Bentuk :tugas tertulis.
c. Instrumen evaluasi :lembar kerja dan evaluasi presentasi
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada penerima didik untuk membenahi kiprah yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1996505041989031014 NIP 97207081998011001
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Teks Lho Kd 3.2 Dan 4.2 Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"