SILABUS
Silabus merupakan pola penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran.
Silabus merupakan pola penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran.
Silabus dikembangkan menurut Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun pedoman tertentu. Silabus dipakai sebagai pola dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.
a. Identitas mata pelajaran (khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
b. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti, merupakan citra secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari penerima didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
d. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
e. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
f. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
g. pembelajaran, ialah aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan penerima didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan; h. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk memilih pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik;
i. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
j. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber mencar ilmu lain yang relevan.
(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah)
(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah)
CONTOH SILABUS
Berikut contoh pengembangan silabus oleh guru.
S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Kompetnsi inti
1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, tempat regional, dan tempat internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | IPK | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | · Isi Teks Prosedur. | 3.1.1. Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur. 3.1.2. Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat | · Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur. · Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | · Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya · Internet · Alam sekitar dan sumber lain yang relevan |
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis | 4.1.1. Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis 4.1.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | Teks Prosedur: · struktur; · kebahasaan; · konjungsi ; · jenis kalimat; dan · verba material dan verba tingkah laku. | 3.2.1. Mengidentifikasi struktur teks prosedur 3.2.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur | · Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi teks prosedur · Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang secara umum dikuasai · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.2. Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | 4.2.1. Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan 4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.3. Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi verbal dan tulis | Teks Eksplanasi: · pengertian; · isi; dan · kejadian yang memperlihatkan hubungan kausalitas. | 3.3.1. Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik. 3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis. | · Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik. · Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.3. Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis | 4.3.1. Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis 4.3.2. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun | Produk, Praktik | ||||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | Teks Eksplanasi: · Struktur; · Kebahasaan; dan · Konjungsi. | 3.4.1. Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang memperlihatkan hubungan kausalitas. 3.4.2. Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi 3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi | · Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang memperlihatkan hubungan kausalitas. · Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menawarkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | 4.4.1. Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. 4.4.2. Mempresentasikan, menawarkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok. | Produk, Praktik | ||||
3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan nyata yang disajikan dalam ceramah | Ceramah: · unsur-unsur; · kebahasaan; dan · isi. | 3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan, 3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan nyata dalam teks ceramah | · Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan, · Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah. · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan nyata sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | 4.5.1. Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah. 4.5.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun | Produk, Praktik | ||||
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | Teks ceramah: · isi; · struktur; · kebahasaan; dan · teknik orasi ceramah. | 3.6.1. Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah. 3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah | · Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah. · Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur. · Menyampaikanteks ceramah yang telah dibentuk dalam bentuk verbal dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai. · Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.6. Mengkonstruksi ceramah perihal permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | 4.6.1. Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur. 4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibentuk dalam bentuk verbal dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai. 4.6.3. Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya. | Portofolio, praktik | ||||
3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | Buku pengayaan nonfiksi: · isi buku; · keunggulan buku; · kelemahan buku; dan · simpulan. | 3.7.1. Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya. 3.7.2. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. | · Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya. · Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. · Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 4x 45’ | |
4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) | 4.7.1. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 4.7.2. Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas. | Proyek, praktik | ||||
3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan kisah pendek yang dibaca | Cerpen: · Isi cerpen · Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen · Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen · Kebahasaan cerpen · Majas · peribahasa · ungkapan | 3.8.1. Menentukan unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen 3.8.2. Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam kisah pendek | · Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan nilai-nilai dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari. · Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam kisah pendek | 4.8.1. Menentukan nilai kehidupan dalam teks kisah pendek 4.8.2. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan 4.8.3. Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun kisah pendek dalam buku kumpulan kisah pendek | Cerpen: · Unsur-unsur pembangun cerpen · Merekonstruksi cerpen. | 3.9.1. Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 3.9.2. Menelaah teks kisah pendek menurut struktur dan kaidah | · Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen · Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.9. Mengkonstruksi sebuah kisah pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen | 4.9.1. Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 4.9.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | Buku nonfiksi: · isi buku pengayaan; · keunggulan buku; · kelemahan buku; dan · simpulan. | 3.10.1. Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca 3.10.2. Membuat akibat perihal isi buku nonfiksi yang dibaca. | · Membuat akibat perihal isi buku nonfiksi yang dibaca. · Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. · Memberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 4x 45’ | |
4.10. Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | 4.10.1. Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. 4.10.2. Memberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok. | Produk, Praktik | ||||
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | Buku Fiksi: · isi buku fiksi; · bagian-bagian dalam buku fiksi; dan · ulasan terhadap buku fiksi. | 3.11.1. Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun kisah fiksi yang dibaca. 3.11.2. Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | · Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun kisah fiksi yang dibaca. · Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca. · Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 4x 45’ | |
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 4.11.1. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca. 4.11.2. Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | Proyek, Praktik |
0 Response to "Silabus Terbaru Edisi Tahun 2018 (Pengembangan Oleh Guru)"