S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Kompetnsi inti
1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | IPK | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | · Isi Teks Prosedur. | · Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur. · Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur | 3.1.1. Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur. 3.1.2. Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | · Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya · Internet · Alam sekitar dan sumber lain yang relevan |
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara ekspresi dan tulis | 4.1.1. Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara ekspresi dan tulis 4.1.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | Teks Prosedur: · struktur; · kebahasaan; · konjungsi ; · jenis kalimat; dan · verba material dan verba tingkah laku. | · Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi teks prosedur · Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang mayoritas · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun. | 3.2.1. Mengidentifikasi struktur teks prosedur 3.2.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.2. Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | 4.2.1. Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan 4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.3. Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi ekspresi dan tulis | Teks Eksplanasi: · pengertian; · isi; dan · kejadian yang memperlihatkan korelasi kausalitas. | · Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, korelasi kausalitas, dan topik. · Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara ekspresi dan tulis · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun | 3.3.1. Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, korelasi kausalitas, dan topik. 3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara ekspresi dan tulis. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.3. Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara ekspresi dan tulis | 4.3.1. Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara ekspresi dan tulis 4.3.2. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun | Produk, Praktik | ||||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | Teks Eksplanasi: · Struktur; · Kebahasaan; dan · Konjungsi. | · Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang memperlihatkan korelasi kausalitas. · Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. · Mempresentasikan, memperlihatkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok. | 3.4.1. Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang memperlihatkan korelasi kausalitas. 3.4.2. Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi 3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara ekspresi atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | 4.4.1. Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. 4.4.2. Mempresentasikan, memperlihatkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok. | Produk, Praktik | ||||
3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan positif yang disajikan dalam ceramah | Ceramah: · unsur-unsur; · kebahasaan; dan · isi. | · Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan, · Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah. · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun | 3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan, 3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan positif dalam teks ceramah | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan positif sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | 4.5.1. Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah. 4.5.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun | Produk, Praktik | ||||
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | Teks ceramah: · isi; · struktur; · kebahasaan; dan · teknik orasi ceramah. | · Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah. · Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur. · Menyampaikanteks ceramah yang telah dibentuk dalam bentuk ekspresi dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai. · Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya. | 3.6.1. Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah. 3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.6. Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan positif dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | 4.6.1. Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur. 4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibentuk dalam bentuk ekspresi dengan memperhatikan teknik cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai. 4.6.3. Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya. | Portofolio, praktik | ||||
3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | Buku pengayaan nonfiksi: · isi buku; · keunggulan buku; · kelemahan buku; dan · simpulan. | · Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya. · Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. · Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas. | 3.7.1. Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya. 3.7.2. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 4x 45’ | |
4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) | 4.7.1. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 4.7.2. Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas. | Proyek, praktik | ||||
3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca | Cerpen: · Isi cerpen · Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen · Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen · Kebahasaan cerpen · Majas · peribahasa · ungkapan | · Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan nilai-nilai dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari. · Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | 3.8.1. Menentukan unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen 3.8.2. Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek | 4.8.1. Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek 4.8.2. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan 4.8.3. Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun dongeng pendek dalam buku kumpulan dongeng pendek | Cerpen: · Unsur-unsur pembangun cerpen · Merekonstruksi cerpen. | · Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen · Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 3.9.1. Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 3.9.2. Menelaah teks dongeng pendek menurut struktur dan kaidah | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.9. Mengkonstruksi sebuah dongeng pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen | 4.9.1. Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 4.9.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | Buku nonfiksi: · isi buku pengayaan; · keunggulan buku; · kelemahan buku; dan · simpulan. | · Membuat tamat wacana isi buku nonfiksi yang dibaca. · Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. · Memberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok. | 3.10.1. Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca 3.10.2. Membuat tamat wacana isi buku nonfiksi yang dibaca. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 4x 45’ | |
4.10. Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | 4.10.1. Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. 4.10.2. Memberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok. | Produk, Praktik | ||||
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | Buku Fiksi: · isi buku fiksi; · bagian-bagian dalam buku fiksi; dan · ulasan terhadap buku fiksi. | · Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun dongeng fiksi yang dibaca. · Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca. · Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas | 3.11.1. Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun dongeng fiksi yang dibaca. 3.11.2. Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 4x 45’ | |
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 4.11.1. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca. 4.11.2. Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | Proyek, Praktik |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
BACA DAN UNDUH SILABUS KELAS XI SEMESTER 2 KLIK /search?q=silabus-bahasa-indonesia-smasmk-7-kolom
0 Response to "Silabus Bahasa Indonesia Kelas Xi Sesuai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 (7 Kolom)"