Berikut disajikan penentuan materi pembelajaran menurut KI, KD, dan IPK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013.
ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pembelajaran |
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan | 3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 3.1.1. Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan 3.1.2. Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan | Surat Lamaran Pekerjaan: · identifikasi surat · Isi · Sistematika · Bahasa · Lampiran Kalimat efektif |
4.1. Menyajikan tanggapan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara mulut maupun tulis | 4.1.1. Mengidentifikasi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. 4.1.2. Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan | ||
3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | 3.2.1. Menjelaskan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan 3.2.2. Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. | Surat Lamaran Pekerjaan: · unsur kebahasaan; · penulisan EYD; dan daftar riwayat hidup. | |
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | 4.2.1. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. 4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun | ||
3.3. Mengidentifikasi informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah mulut atau tulis | 3.3.1. Mendata informasi penting dalam novel sejarah 3.3.2. Menentukan struktur teks novel sejarah. 3.3.3. Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah | Teks dongeng (novel) sejarah · struktur teks dongeng sejarah; · isi teks dongeng sejarah; · nilai-nilai dongeng (novel) sejarah; dan · kebahasaan teks dongeng sejarah | |
4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi | 4.3.1. Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah 4.3.2. Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi. 4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun | ||
3.4. Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah | 3.4.1. Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah 3.4.2. Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering dipakai dalam novel sejarah | Teks dongeng (novel) sejarah · kebahasaan cerita (novel) sejarah; · unsur-unsur cerita; · topik; dan kerangka karangan. | |
4.4. Menulis dongeng sejarah eksklusif dengan memerhatikan kebahasaan | 4.4.1. Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah 4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh. 4.4.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks dongeng (novel) sejarah yang telah ditulis | ||
3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan tanggapan terhadap suatu isu) dalam teks editorial | 3.5.1. Mengidentifikasi isi dalam teks editorial. 3.5.2. Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial | Teks Editorial: · isi teks editorial; · pendapat; · ragam informasi; dan · simpulan.. | |
4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial baik secara mulut maupun tulis | 4.5.1. Menentukan informasi konkret dari banyak sekali media informasi (cetak, elektronik, maupun internet) 4.5.2. Menuliskan pendapat terhadap informasi konkret dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis). 4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan | ||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial | 3.6.1. Menentukan struktur dalam teks editorial 3.6.2. Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial | Teks Editorial: · struktur; · unsur kebahasaan; · topik; dan · kerangka karangan. | |
4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis | 4.6.1. Menyusun argumen atau pendapat terhadap informasi konkret 4.6.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap informasi aktual 4.6.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan 4.6.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun | ||
3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 3.7.1. Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca 3.7.2. Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca | Buku Pengayaan: Laporan Hasil Membaca Buku · nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll); · kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan; · amanat dalam novel; dan · laporan hasil membaca buku. | |
4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku perihal satu topik baik secara mulut maupun tulis | 4.7.1. Menyusun laporan hasil diskusi buku baik mulut maupun tulis 4.7.2. Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas. 4.7.3. Menanggapi laporan yang dipresentasikan. | ||
3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca | 3.8.1. Menemukan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 3.8.2. Menjelaskan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. | Pandangan pengarang | |
4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara mulut maupun tulis | 4.8.1. Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 4.8.2. Mempresentasikan dan menanggapi hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar | ||
3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel | 3.9.1. Menentukan isi novel menurut unsur intrinsiknya. 3.9.2. Menentukan unsur kebahasaan novel. | · Unsur intrinsik dan ekstrinsik · Unsur kebahasaan · Ungkapan · Majas Peribahasa | |
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis | 4.9.1. Merancang novel dengan memerhatikan isi. 4.9.2. Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan. 4.9.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan novel | ||
3.10. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca | 3.10.1. Menemukan informasi dalam artikel opini. 3.10.2. Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis. | Artikel · masalah · fakta dan opini · penyusunan opini · topik · masalah kerangka | |
4.10. Menyusun opini dalam bentuk artikel | 4.10.1. Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar. 4.10.2. Menyusun opini dalam bentuk paragraf. 4.10.3. Menyusun opini dalam bentuk artikel. 4.10.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel. | ||
3.11. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah | 3.11.1. Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah 3.11.2. Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah. | Artikel: • Masalah; • fakta dan opini; • penyusunan opini • topik • masalah • kerangka • Persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa. | |
4.11. Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | 4.11.1. Menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. 4.11.2. Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar, | ||
3.12. Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis | 3.12.1. Menentukan unsur-unsur kritik dan esai. 3.12.2. Membandingkan kritik dan esai menurut pengetahuan dan sudut pandang penulisnya. | Kritik dan Esai: · pengertian kritik; · jenis-jenis esai; · bagian-bagian esai (pembukaan, isi, penutup); · perbedaan kritik dan esai; dan penyusunan kritik dan | |
4.12. Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara mulut maupun tulis | 4.12.1. Menyusun kritik terhadap karya sastra 4.12.2. Menyusun pernyataan esai terhadap suatu objek atau permasalahan. 4.12.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis | ||
3.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai | 3.13.1. Menentukan sistematika kritik sastra dan esai. 3.13.2. Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai. | Kritik dan Esai · pengertian kritik dan esai; · jenis-jenis kritik dan esai; · bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup); · perbedaan kritik dan esai; dan · penyusunan kritik dan esai | |
4.13. Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara mulut maupun tulis | 4.13.1. Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 4.13.2. Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 4.13.3. Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai menurut sistematika dan kebahasaan | ||
3.14. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 3.14.1. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi). 3.14.2. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam satu buku drama (fiksi). | Laporan Hasil Membaca Buku Laporan hasil pembacaan buku nonfiksi dan drama fiksi | |
4.14. Menulis refleksi perihal nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 4.14.1. Menulis refleksi perihal nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) 4.14.2. Menulis refleksi perihal nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi) 4.14.3. Mempresentasikan laporan buku yang ditulis. |
……………., Juni 2018
Mengetahui
Kepala SMA………. Guru Mata Pelajaran
…………………….. ………………………
NIP NIP
0 Response to "Keterkaitan Ki, Kd, Ipk, Dan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xii Kurikulum 2013"