Latest News

Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Tanda Baca: Bahan Dan Soal Persiapan Usbn Sd


MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA

Memperbaiki artinya membetulkan kesalahan atau  kekeliruan (http://kbbi.kata.web.id/memperbaiki/).  Tanda baca ialah tanda yang digunakan dalam sistem ejaan (seperti titik, koma, titik dua) (https://kbbi.web.id/tanda).

Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca artinya membetulkan kesalahan penggunaan tanda yang digunakan dalam sistem ejaan (seperti titik, koma, titik dua). Kesalahan penggunaan tanda baca sanggup terjadi antara lain ketika menyusun kalimat atau paragraf.


Contoh soal dan kunci jawaban

1.     Perhatikan potongan surat berikut!

Mengharap kehadiran orang renta murid dalam acara

Rapat Persatuan Orang Tua Murid dan Guru SD Negeri 1 Jetis pada:

hari, tanggal : Kamis, 15 Februari 2018

waktu : 13.00 sd 15.00 WIB

Perbaikan penulisan kependekan kata yang bergaris bawah dengan memakai tanda baca yang sempurna ialah  ....

A. s/d

B. s-d

C. s.d

D. s.d.

2. Cermatilah kalimat berikut.

Besok pagi kata ia mereka akan berangkat.

Perbaikan tanda baca yang sempurna kalimat di atas ialah …

A. “Besok pagi kata ia mereka akan berangkat.”

B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”

C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”

D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”



RINGKASAN MATERI

Tanda Baca pada Kalimat Langsung

Pemakaian tanda baca pada kalimat eksklusif antara lain sebagai berikut.

1.      Tanda petik (“…”)  dipakai untuk mengapit petikan eksklusif yang berasal dari pembicaraan.

Misalnya:

"Merdeka atau mati!" seru Bung Tomo dalam pidatonya.

"Kerjakan kiprah ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."

2.      Tanda koma digunakan untuk memisahkan petikan eksklusif dari bab lain dalam
kalimat.
Misalnya:
Kata nenek saya, “Kita harus mengembangkan dalam hidup ini.”
“Kita harus mengembangkan dalam hidup ini,” kata nenek saya, “karena insan ialah makhluk sosial.”
Catatan:
Tanda koma tidak digunakan untuk memisahkan petikan eksklusif yang berupa kalimat tanya, kalimat perintah, atau kalimat seru dari bab lain yang mengikutinya.
Misalnya:
"Di mana Saudara tinggal?" tanya Pak Lurah.
"Masuk ke dalam kelas sekarang!" perintahnya.
“Wow, indahnya pantai ini!” seru wisatawan itu.




 UNDUH KAIDAH PEMAKAIAN TANDA BACA DI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DI SINI 
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali warta tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan inspirasi pokok teks

  1. menggali warta tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi bencana menurut isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan warta tersurat pada karya sastra
a. Menentukan warta tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan warta tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan warta tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali warta tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi bencana menurut isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks

0 Response to "Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Tanda Baca: Bahan Dan Soal Persiapan Usbn Sd"

Total Pageviews