Latest News

Bedah Kisi-Kisi Usbn Sma/Ma Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2017/2018



DRAF KISI-KISI SOAL USBN SMA/MA 
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 
TAHUN PELAJARAN 2017/2018


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf dengan tepat.
2.       
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa mengidentifikasi tanggapan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan teks biografi, penerima bimbing bisa memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dengan tepat
4.       
Disajikan teks biografi, penerima bimbing bisa mengidentifikasi tanggapan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
5.       
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa memilih pokok isi paragraf
6.       
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
Menemukan inspirasi pokok
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa menemukan inspirasi pokok  paragraf dengan tepat.
7.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat kompleks, penerima bimbing bisa menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
.
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk, penerima bimbing bisa memilih opini /pendapat penulis menurut kutipan dengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk, penerima bimbing bisa menyimpulkan pihak yang dituju  penulis menurut kutipan dengan tepat.
11.   
Disajikan kutipan tajuk, penerima bimbing bisa menyimpulkan keberpihakan (pihak yang dibela) penulis menurut kutipan dengan tepat.
12.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
Disajikan beberapa paragraf, penerima bimbing bisa memilih rangkuman isi informasi dengan tepat.
13.   
mengomentari isi paragraf
Disajikan kutipan teks, penerima bimbing bisa mengomentari isi teks dengan tepat.
14.   
menunjukkan
bukti suatu
simpulan
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa menujukkan bukti suatu selesai dalam paragraf
15.   
Membandingkan paragraf induktif dan deduktif
Disajikan paragraf induktif dan deduktif, penerima bimbing bisa memilih perbedaan kedua paragraf dengan tepat.
16.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua buah kutipan teks berita, penerima bimbing bisa menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
17.   
Membandingkan penggunan bahasa dan tumpuan penyajian beberapa jenis paragraf
Disajikan dua paragraf, penerima bimbing bisa memilih perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
18.   
meringkas isi teks nonsastra
Disajikan paragraf, penerima bimbing bisa memilih ringkasan paragraf dengan tepat
19.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan cerpen , penerima bimbing bisa mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
20.   
Disajikan kutipan cerpen, penerima bimbing bisa mengidentifikasi kalimat  yang bermajas dalam kutipan cerpen dengan tepat.
21.   
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
Disajikan puisi kontemporer, penerima bimbing bisa memilih tema puisi tersebut dengan tepat
22.   
Disajikan puisi kontemporer, penerima bimbing bisa memilih ciri-ciri puisi tersebut dengan tepat
23.   
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, penerima bimbing bisa memilih unsur ekstrinsik kutipan tersebut dengan tepat
24.   
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, penerima bimbing bisa memilih unsur intrinsik kutipan tersebut dengan tepat.
25.   

Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• memakai
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, penerima bimbing bisa memilih konflik dengan tepat.
26.   
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, penerima bimbing bisa memilih penyebab konflik dengan tepat.
27.   
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, penerima bimbing bisa memilih nilai budaya dongeng dengan tepat.
28.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
Disajikan novel dan hikayat, penerima bimbing bisa memilih perbedaan unsur intrisik/ekstrinsik kutipan tersebut dengan tepat
29.   
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan novel, penerima bimbing bisa memperlihatkan keunggulan dongeng dengan tepat.
30.   
Disajikan sebuah puisi, penerima bimbing bisa memperlihatkan tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut dengan tepat
31.   
Membandingkan isi, tumpuan penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks kutipan cerpen, penerima bimbing bisa membandingkan kedua kutipan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat
32.   
membuktikan selesai dengan data pada karya
sastra (bukti watak,
seting, nilai)
Disajikan kutipan cerita, penerima bimbing bisa memperlihatkan kalimat yang menunjukan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
33.   
Disajikan kutipan cerita, penerima bimbing bisa memperlihatkan kalimat bukti ihwal seting/latar dongeng dengan tepat.
34.   
Disajikan kutipan cerpen/ novel, penerima bimbing bisa memperlihatkan kalimat bukti ihwal nilai dengan sempurna
35.   
mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Disajikan kutipan cepen/novel/hikayat, penerima bimbing bisa mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat.
36.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan novel, penerima bimbing bisa meringkas isi kutipan novel  dengan tepat.
37.   
menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Disajikan kutipan novel Indonesia/terjemahan, penerima bimbing bisa memilih unsur intrinsik dan ekstrinsik
38.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
menentukan istilah/ kata yang sempurna dalam resensi, kritik, atau esai
Disajikan kutipan resensi/kritik/esai yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa memilih istilah/kata yang sempurna untuk melengkapi kutipan tersebut.
39.   
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
menyusun paragraf padu
Disajikan kalimat acak, siswa bisa menyusun menjadi paragraf padu
40.   
melengkapi paragraf
eksposisi/narasi/deskripsi
Disajikan kutipan teks eksposisi yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan unsur/kalimat yang tepat.
41.   
Disajikan kutipan teks deskripsi yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
42.   
Disajikan kutipan teks narasi yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
43.   
melengkapi resensi
Disajikan kutipan resensi yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
44.   
melengkapi
proposal/notulen
Disajikan kutipan teks usulan yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
45.   
Disajikan kutipan notulen yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
46.   


Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
memvariasikan kata yang bermakna sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, penerima bimbing sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
47.   
memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, penerima bimbing sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
48.   
menulis puisi gres dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Disajikan gambaran gambar/peristiwa, siswa bisa menulis puisi gres dengan memperhatikan bait, irama, dan rima sesuai gambaran
49.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Disajikan paragraf dengan empat kata yang dipakai secara tidak tepat, penerima bimbing bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
50.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, penerima bimbing bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
51.   
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan






menggunakan
istilah dalam
kalimat
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan rumpang dengan istilah yang tepat.
52.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
53.   
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, penerima bimbing bisa melengkapi cuilan rumpang dengan kata ulang yang tepat.
54.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Disajikan paragraf, siswa bisa memperbaiki penggunaan kata yang tidak sempurna dalam paragraf
55.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, penerima bimbing bisa memilih perbaikan kalimat dengan tepat.
56.   

memperbaiki
kesalahan
paragraf

57.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat, dan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, penerima bimbing bisa memilih alasan kesalahan dari segi pilihan kata  dengan tepat.
58.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
Disajikan judul karya ilmiah, penerima bimbing bisa mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
59.   
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, penerima bimbing bisa memilih kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat
60.   
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan abjad kapital, penerima bimbing bisa memakai abjad kapital dengan tepat
61.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, penerima bimbing bisa memakai tanda koma dengan tepat.
62.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, penerima bimbing bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
63.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/ istilah, penerima bimbing bisa memilih perbaikan kata/istilah  dengan tepat.
64.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, penerima bimbing bisa memilih perbaikan kata serapan  dengan tepat.
65.   
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca,  siswa bisa memilih perbaikan tanda baca dengan tepat
66.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan abjad kapital dan tanda koma,  peserta bimbing bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
67.   


0 Response to "Bedah Kisi-Kisi Usbn Sma/Ma Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2017/2018"

Total Pageviews