Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Ejaan
Memperbaiki artinya membetulkan kesalahan atau kekeliruan (http://kbbi.kata.web.id/memperbaiki/). Ejaan yaitu kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk goresan pena (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca; (https://kbbi.web.id/eja)
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan artinya membetulkan kesalahan atau kekeliruan penggunaan kaidah-kaidah kebahasaan/ejaan. Kesalahan pengguanaan ejaan sanggup terjadi pada pembentukan kata, kalimat, dan paragraf.
Contoh soal dan pembahasan
1. Perhatikan cuplikan laporan berikut !
Laporan Kunjungan ke Museum Kereta Api
Pada hari Sabtu, 3 November 2012 kami mengadakan kunjungan ke Museum Kereta Api. Museum tersebut berada di tempat Kota Ambarawa. Kami tidak sekedar melaksanakan kunjungan, tetapi juga berguru banyak hal perihal perlengkapan sarana transportasi Kereta Api. Kami sangat senang sekali dikarenakan kami sanggup mengetahui banyak sekali macam perlengkapan sarana transportasi Kereta Api.
Perbaikan kata yang dicetak miring dalam laporan di atas yaitu . . . .
A. sekedar, sangat senang sekali, dikarena.
B. sekadar, sangat senang, karena.
C. sekadar, senang sekali, sebabnya.
D. sekedar, sangat senang, karena
2. Bacalah paragraf berikut!
setelah lulus dari sd adiluhung tessa berencana melanjutkan pendidikan ke smp putra bangsa.
Tessa rajin mengikuti bimbingan berguru di luar sekolah, supaya sanggup lolos seleksi masuk sekolah.
Tessa ingin sekali membahagiakan kedua orang tuanya dengan masuk ke Sekolah Menengah Pertama favorit di kotanya
tersebut.
Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring yaitu . . .
A. Setelah lulus dari sd Adiluhung, tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Putra Bangsa.
B. Setelah lulus dari SD Adiluhung , Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama putra bangsa
C. sehabis lulus dari SD Adiluhung , Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama putra bangsa.
D. Setelah lulus dari SD Adiluhung, Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Putra Bangsa.
setelah lulus dari sd adiluhung tessa berencana melanjutkan pendidikan ke smp putra bangsa.
Tessa rajin mengikuti bimbingan berguru di luar sekolah, supaya sanggup lolos seleksi masuk sekolah.
Tessa ingin sekali membahagiakan kedua orang tuanya dengan masuk ke Sekolah Menengah Pertama favorit di kotanya
tersebut.
Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring yaitu . . .
A. Setelah lulus dari sd Adiluhung, tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Putra Bangsa.
B. Setelah lulus dari SD Adiluhung , Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama putra bangsa
C. sehabis lulus dari SD Adiluhung , Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama putra bangsa.
D. Setelah lulus dari SD Adiluhung, Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Putra Bangsa.
UNDUH KAIDAH PEMAKAIAN TANDA BACA DI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DI SINI
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali isu tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan pandangan gres pokok teks
- menggali isu tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi insiden menurut isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan isu tersurat pada karya sastra
a. Menentukan isu tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan isu tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan isu tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, susila tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali isu tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai cuilan teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi insiden menurut isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK /search?q=menentukan-makna-kataistilah-pada-teks
UNDUH KAIDAH PEMAKAIAN TANDA BACA DI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DI SINI
0 Response to "Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Ejaan: Seri Persiapan Usbn Sd"