ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….
UNDUH FILE WORD DRAF ANALISIS SKL KLIK https://drive.google.com/open?id=1or11TQOCGpT4yL73z8itiwvqWv9EtSF5
ANALISIS SKL REVISI
UNDUH REVISI ANALISIS SKL KLIK https://drive.google.com/open?id=1uwE4DZyJ6q3pY4SZjIjSVVDHTLVnhgSx
ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI (SKL), KOMPETENSI INTI (KI),
KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….
Standar Kompetensi Lulusan | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
Pengetahuan Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan bencana Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri | 3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan | 3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 3.1.1. Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan 3.1.2. Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan | Surat Lamaran Pekerjaan: · identifikasi surat · Isi · Sistematika · Bahasa · Lampiran Kalimat efektif | · Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan · Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan · mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan |
4.1. Menyajikan final sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara verbal maupun tulis | 4.1.1. Mengidentifikasi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan. 4.1.2. Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan | ||||
3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | 3.2.1. Menjelaskan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan 3.2.2. Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. | Surat Lamaran Pekerjaan: · unsur kebahasaan; · penulisan EYD; dan daftar riwayat hidup. | · Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun | ||
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | 4.2.1. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. 4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun | ||||
3.3. Mengidentifikasi informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian bencana yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam dongeng sejarah verbal atau tulis | 3.3.1. Mendata informasi penting dalam novel sejarah 3.3.2. Menentukan struktur teks novel sejarah. 3.3.3. Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah | Teks dongeng (novel) sejarah · struktur teks dongeng sejarah; · isi teks dongeng sejarah; · nilai-nilai dongeng (novel) sejarah; dan · kebahasaan teks dongeng sejarah | · Mendata struktur (orientasi, rangkaian bencana yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam dongeng (novel) sejarah. · Menyusun kembali nilai-nilai dari dongeng (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi · Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun | ||
4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi dongeng sejarah dalam sebuah teks eksplanasi | 4.3.1. Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah 4.3.2. Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi. 4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun | ||||
3.4. Menganalisis kebahasaan dongeng atau novel sejarah | 3.4.1. Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah 3.4.2. Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering dipakai dalam novel sejarah | Teks dongeng (novel) sejarah · kebahasaan cerita (novel) sejarah; · unsur-unsur cerita; · topik; dan kerangka karangan. | · Mendata kebahasaan dan unsur-unsur cerita sejarah yang tersaji · Menyusun teks dongeng (novel) sejarah pribadi · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks dongeng (novel) sejarah yang telah ditulis | ||
4.4. Menulis dongeng sejarah langsung dengan memerhatikan kebahasaan | 4.4.1. Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah 4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh. 4.4.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks dongeng (novel) sejarah yang telah ditulis | ||||
3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan final terhadap suatu isu) dalam teks editorial | 3.5.1. Mengidentifikasi isi dalam teks editorial. 3.5.2. Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial | Teks Editorial: · isi teks editorial; · pendapat; · ragam informasi; dan · simpulan.. | · Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai materi teks editorial · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai materi teks editorial | ||
4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial baik secara verbal maupun tulis | 4.5.1. Menentukan warta nyata dari banyak sekali media informasi (cetak, elektronik, maupun internet) 4.5.2. Menuliskan pendapat terhadap warta nyata dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis). 4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan | ||||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial | 3.6.1. Menentukan struktur dalam teks editorial 3.6.2. Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial | Teks Editorial: · struktur; · unsur kebahasaan; · topik; dan · kerangka karangan. | · Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial · Menyusun teks editorial yang sesuai topik, struktur, dan kebahasaan · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun | ||
4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis | 4.6.1. Menyusun argumen atau pendapat terhadap warta nyata 4.6.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap warta aktual 4.6.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan 4.6.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun | ||||
3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 3.7.1. Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca 3.7.2. Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca | Buku Pengayaan: Laporan Hasil Membaca Buku · nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll); · kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan; · amanat dalam novel; dan · laporan hasil membaca buku. | · Laporan Hasil Membaca Buku · Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca. · Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas. · Menanggapi laporan yang dipresentasikan | ||
4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku wacana satu topik baik secara verbal maupun tulis | 4.7.1. Menyusun laporan hasil diskusi buku baik verbal maupun tulis 4.7.2. Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas. 4.7.3. Menanggapi laporan yang dipresentasikan. | ||||
3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca | 3.8.1. Menemukan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 3.8.2. Menjelaskan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. | Pandangan pengarang | o Menentukan pandangan pengarang terhadap kehidupan nyata dalam novel yang dibaca · Mempresentasikan dan menanggapi pandangan pengarang. | ||
4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara verbal maupun tulis | 4.8.1. Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel. 4.8.2. Mempresentasikan dan menanggapi hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar | ||||
3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel | 3.9.1. Menentukan isi novel menurut unsur intrinsiknya. 3.9.2. Menentukan unsur kebahasaan novel. | · Unsur intrinsik dan ekstrinsik · Unsur kebahasaan · Ungkapan · Majas Peribahasa | · Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) novel · Menyusun novel menurut rancangan · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan novel | ||
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis | 4.9.1. Merancang novel dengan memerhatikan isi. 4.9.2. Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan. 4.9.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan novel | ||||
3.10. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca | 3.10.1. Menemukan informasi dalam artikel opini. 3.10.2. Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis. | Artikel · masalah · fakta dan opini · penyusunan opini · topik · masalah kerangka | • Mengkritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel. • Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel. • Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel. | ||
4.10. Menyusun opini dalam bentuk artikel | 4.10.1. Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar. 4.10.2. Menyusun opini dalam bentuk paragraf. 4.10.3. Menyusun opini dalam bentuk artikel. 4.10.4. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel. | ||||
3.11. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah | 3.11.1. Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah 3.11.2. Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah. | Artikel: • Masalah; • fakta dan opini; • penyusunan opini • topik • masalah • kerangka • Persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa. | • Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah • Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta • Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun, | ||
4.11. Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | 4.11.1. Menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. 4.11.2. Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar, | ||||
3.12. Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis | 3.12.1. Menentukan unsur-unsur kritik dan esai. 3.12.2. Membandingkan kritik dan esai menurut pengetahuan dan sudut pandang penulisnya. | Kritik dan Esai: · pengertian kritik; · jenis-jenis esai; · bagian-bagian esai (pembukaan, isi, penutup); · perbedaan kritik dan esai; dan penyusunan kritik dan | • Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan • Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis • Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis | ||
4.12. Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara verbal maupun tulis | 4.12.1. Menyusun kritik terhadap karya sastra 4.12.2. Menyusun pernyataan esai terhadap suatu objek atau permasalahan. 4.12.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis | ||||
3.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai | 3.13.1. Menentukan sistematika kritik sastra dan esai. 3.13.2. Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai. | Kritik dan Esai · pengertian kritik dan esai; · jenis-jenis kritik dan esai; · bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup); · perbedaan kritik dan esai; dan · penyusunan kritik dan esai | • Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai • Menyusun kritik dan esai menurut konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan • Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai menurut sistematika dan kebahasaan | ||
4.13. Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis | 4.13.1. Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 4.13.2. Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya. 4.13.3. Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai menurut sistematika dan kebahasaan | ||||
3.14. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 3.14.1. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi). 3.14.2. Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam satu buku drama (fiksi). | Laporan Hasil Membaca Buku Laporan hasil pembacaan buku nonfiksi dan drama fiksi | • Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca. • Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya | ||
4.14. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 4.14.1. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) 4.14.2. Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi) 4.14.3. Mempresentasikan laporan buku yang ditulis. |
BACA DAN UNDUH
BUKU KERJA GURU 1
BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK /search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
0 Response to "Analisis Skl Bahasa Indonesia Kelas Xii Kurikulum 2013: Keterkaitan Skl, Ki, Kd, Materi, Dan Acara Pembelajaran"