BACA JUGA RPP LENGKAP BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi Pokok : Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | · Mengidentifikasi surat lamaran pekerjaan · Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan · Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan · Mengidentifikasi lampiran surat lamaran pekerjaan |
4.1 Menyajikan final sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara ekspresi maupun tulis | · Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan · Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL penerima didik sanggup mengidentifikasi surat lamaran pekerjaan, isi dan sistematika, bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan, mengidentifikasi lampiran surat lamaran pekerjaan, mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan, menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
D. Materi Pembelajaran
· Identifikasi surat
· Isi surat lamaran pekerjaan
· Sistematika surat lamaran pekerjaan
· Bahasa surat lamaran pekerjaan
· Lampiran surat lamaran pekerjaan
· Kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
· Worksheet atau lembar kerja (siswa)
· Lembar penilaian
· LCD Proyektor
Alat/Bahan :
· Penggaris, spidol, papan tulis
· Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
· Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit) | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | Religiusitas Disiplin Rasa ingin tahu | 5 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti | ||||||||||||||||
| Literasi Critical thinking (berpikir kritik) Literasi Collaboration (kerjasama) Collaboration Critical thinking (berpikir kritik) Communication (berkomunikasi) Creativity (kreativitas) HOTS | 70 Menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||||
Kegiatan Penutup | ||||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | Creativity | 15 Menit |
2 . Pertemuan Kedua (4 x 45 Menit) | ||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan | ||||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | Religiusitas Disiplin Rasa ingin tahu | 5 Menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti | ||||||||||||||||
| Literasi Critical thinking (berpikir kritik) Literasi Collaboration (kerjasama) Collaboration Critical thinking (berpikir kritik) Communication (berkomunikasi) Creativity (kreativitas) HOTS | 70 Menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||||
Kegiatan Penutup | ||||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan yang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Bahasa dan Kalimat Efektif Surat Lamaran Pekerjaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | Creatuvity | 15 Menit |
3 . Pertemuan Ketiga (4 x 45 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan | ||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | Religiusitas Disiplin Rasa ingin tahu | 15 Menit |
Kegiatan Inti |
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Lampiran Surat Lamaran Kerja dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Lampiran Surat Lamaran Kerja. Ø Pemberian contoh-contoh materi Lampiran Surat Lamaran Kerja untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Lampiran Surat Lamaran Kerja. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Lampiran Surat Lamaran Kerja. v Mendengar Pemberian materi Lampiran Surat Lamaran Kerja oleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. |
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan perihal materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. |
Data collection (pengumpulan data) | Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas pola dalam buku paket mengenai materi Lampiran Surat Lamaran Kerja. v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi perihal materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Lampiran Surat Lamaran Kerja sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. |
Data processing (pengolahan Data) | Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi perihal data dari Materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja v Mengolah informasi dari materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Lampiran Surat Lamaran Kerja. |
Verification (pembuktian) | Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas : v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik. |
Generalization (menarik kesimpulan) | Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Lampiran Surat Lamaran Kerja berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Lampiran Surat Lamaran Kerja dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi perihal materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : Ø Lampiran Surat Lamaran Kerja v Menjawab pertanyaan perihal materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
Literasi
Critical thinking (berpikir kritik)
Literasi
Collaboration (kerjasama)
Collaboration
Critical thinking (berpikir kritik)
Communication (berkomunikasi)
Creativity (kreativitas)
HOTS
150 Menit
Catatan : Selama pembelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Lampiran Surat Lamaran Kerja yang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja yang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Lampiran Surat Lamaran Kerja kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
Creatuvity
15 Menit
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | Zuhri Indonesia | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun biar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah ketika diberi kritik. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | |||||||
2 | Pelafalan | |||||||
3 | Kelancaran | |||||||
4 | Ekspresi | |||||||
5 | Penampilan | |||||||
6 | Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan balasan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | ||||
2 | Keserasian pemilihan kata | ||||
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa | ||||
4 | Pelafalan |
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | ||||
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan | ||||
3 | Kemampuan mengolah kata | ||||
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, ibarat catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi penerima didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menawarkan soal pemanis contohnya sebagai berikut :
1) Jelaskan perihal Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan perihal Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan perihal Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru menawarkan pesan tersirat biar tetap rendah hati, alasannya yaitu sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menawarkan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara online perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta gosip online perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati pribadi perihal Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
……………, Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMAN …………. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP NIP
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
BACA JUGA
LAMPIRAN MATERI PEMBELAJARAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
LAMPIRAN MATERI PEMBELAJARAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
BACA DAN UNDUH
BUKU KERJA GURU 1
BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
2. KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
5. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
6. PROGRAM TAHUNAN KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
7. RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
8. PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
INFO TERBARU PEDOMAN UMUM PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU (PROGRAM DIKLAT GURU) TAHUN 2018 KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
UNDUH PEMBAHASAN TEKS MATERI PEMBELAJARAN JENIS-JENIS TEKS BAHASA INDONESIA SMA/SMK DALAM BENTUK TAYANGAN POWERPOINT BERIKUT.
Kelas X :
1. Teks Laporan Hasil Observasi Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
2. Teks Eksposisi Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
3. Teks Anekdot /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
4. Teks Cerita Rakyat (Hikayat) Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
Kelas XI:
1. Teks Prosedur Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
2. Teks Eksplanasi Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
3. Teks Ceramah Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
4. Teks Cerpen Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
Kelas XII:
1. Teks Surat Lamaran Pekerjaan Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
2. Teks Novel Sejarah Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
3. Teks Editorial Klik /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xii K13 Surat Lamaran Pekerjaan Kd 3.1 Dan 4.1 Tahun Pelajaran 2018/2019"