Latest News

Kisi-Kisi Ukk / Pat Tahun Pelajaran 2017/2018 Bahasa Indonesia Sma Kelas Xi Kurikulum 2013



KISI-KISI UKK TAHUN PELAJARAN 2017/2018  MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013/ KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BACA JUGA KISI-KISI UKK/PAT KELAS X BAHASA INDONESIA KLIK 
A. TEKS PROPOSAL

1.      Menentukan informasi yang terdapat di dalam penggalan proposal.

2.      Melengkapi penggalan tawaran yang dirumpangkan sebagian informasinya.

3.      Menentukan informasi yang sesuai dengan penggalan proposal.

4.      Menentukan penggalan sistematika penggalan proposal.

5.      Menyusun pendahuluan tawaran kegiatan.

6.      Menyusun latar belakang masalah dalam tawaran kegiatan .

7.      Menentukan kata kerja tindakan dalam tawaran .

8.      Menyusun penggalan argumentatif dalam tawaran .

9.      Menyunting kata serapan yang salah dalam penggalan proposal.

10.  Menyusun latar belakang tawaran kegiatan .



B. TEKS KARYA ILMIAH

1.      Menentukan informasi yang tidak sesuai dengan penggalan karya ilmiah.

2.      Menentukan alasan kesalahan bahasa dalam penggalan karya ilmiah .

3.      Menentukan tujuan yang terdapat di dalam penggalan karya ilmiah.

4.      Menentukan karakteristik karya ilmiah.

5.      Mengembangkan gambaran masalah sosial menjadi judul karya ilmiah .

6.      Melengkapi tabel data karya ilmiah .

7.      Menjelaskan tabel data dengan urain secara tepat.

8.      Merevisi rumusan masalah karya ilmiah yang salah.

9.      Menentukan data primer yang dibutuhkan untuk menyusun karya ilmiah .

10.  Menentukan alasan penggunaan metode tertentu dalam menyusun karya ilmiah .

11.  Menentukan kalimat yang baku dalam karya ilmiah.

12.  Menentukan penulisan penomoran penggalan yang baku dalam karya ilmiah .

13.  Menyusun daftar pustaka dalam karya ilmiah.

14.  Menyusun lima daftar pertanyaan untuk pengumpulan data dengan metode wawancara secara tepat.

C. TEKS RESENSI

1.      Menemukan persamaan isi dua kutipan resensi.

2.      Menemukan perbedaan sistematika dua resensi.

3.      Menemukan perbedaan kebahasaan kedua resensi  .

4.      Menentukan penggalan unsur resensi  .

5.      Menentukan kalimat yang menyatakan kelebihan buku .

6.      Menemukan ciri kebahasaan teks resensi .

7.      Menemukan konjungsi temporal dalam teks resensi .

8.      Menemukan kata/kalimat rekomendasi dalam teks resensi.

9.      Melengkapi teks resensi.

10.  Menentukan isi dan ciri kebahasaan teks resensi .



D. TEKS DRAMA

1.      Menentukan alur kisah kutipan teks drama.

2.      Menentukan konflik dalam teks drama.

3.      Menentukan isi kutipan teks drama

4.      Menentukan tabiat tokoh dalam teks drama.

5.      Menenetukan pesan moral dalam teks drama .

6.      Melengkapi teks drama dengan peribahasa yang tepat.

7.      Menentukan amanat kutipan teks drama.

8.      Menentukan ciri kebahasaan teks drama.

9.      Menyusun teks drama berdasarkan suatu peristiwa.

E. TEKS ULASAN (PENGEMBANGAN LITERASI)

1.      Menentukan kalimat kritik terhadap ulasan novel.

2.      Menyusun ulasan puisi  .

SUMBER BELAJAR KELAS XI (SMA/SMK) SEMESTER 2 

Meliputi teks proposal, karya ilmiah, resensi, dan drama.

Pembahasan rujukan teks dan analisis teks : pengertian, fungsi, struktur, ciri kebahasaan. 
.  Teks Proposal
1.    Struktur Teks Proposal
2.    Ciri Kebahasaan Teks Proposal
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1.      Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan 
2.      Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan 
3.      Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
D. Teks Drama
1.      Pengertian dan jenis-jenis drama
2.      Struktur teks drama
3.      Unsur-unsur teks drama
4.      Ciri Kebahasaan teks drama



                             SOAL UKK SEMESTER 2

2017/2018 K13





      Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Kasus gizi bruk ditemukan di kecamatan Jakenan, tepatanya di Desa Karangrejo Lor. Di Desa Karangrejo Lor terdapat enam masalah gizi buruk pada baliata. Data tersebut memperlihatkan bahwa masalah gizi buruk di Desa Karangrejo Lor tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita, khususnya di Desa Karangrejo Lor. Selain itu, penelitian ini bertujua untuk mencegah dan menurunkan angka gizi buruk pada balita di Desa Karangrejo Lor. 
      Gizi buruk pada anak hingga dikala ini masih menjadi masalah di Indonesia. Hingga tahun 2011 ada sekitar satu juta anak di Indonesia yang mengalami gizi buruk. Hingga dikala ini Indonesia masuk dalam lima besar untuk masalah gizi buruk. Gizi buruk akan mempengaruhi banyak organ dan system organ yang akan merusak system pertahanan tubuh terhadap penyakit. Gizi buruk juga sanggup mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mental serta penurunan     IQ.

      








Disadur dari: http//anysws.blogspot.co.id/2015/02/makalah-gizi-buruk.html, diunduh 20 juli 2017            

1.      Informasi yang dibahas dalam kutipan tawaran di atas yakni …

A.    Gizi buruk di Desa Karangrejo diakibatakan saluran pelayanan yang sulit dijangkau oleh masyarakat desa.

B.     Masyarakat Desa Karangrejo Lor kurang memperhatikan gizi anak balitanya.

C.    Tingginya angka masalah gizi buruk di Desa Karangrejo Lor, Kecamatan Jakenan.

D.    Gizi buruk yang terjadi di Desa Krangrejo Lor sanggup mempengaruhi pertumbuhaan dan perkembangan balita di Desa Karangrjo Lor.

E.     Anggka gizi buruk di Desa Kaeangrejo Lor, Kecamatan Jakenan yang sulit turun.

2.      Informasi yang sesuai dengan kutipan tawaran di atas yakni …

A.    Anak yang bergizi buruk akan mengalami ganguan pertumbuhan dan penurunan IQ.

B.     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita di Indonesia.

C.     Data angka gizi buruk di Desa Karngrejo Lor terus bertambah.

D.    Gizi buruk pada anak masih menjadi masalah terbesar bagi bangsa Indonesia.

E.     Indonesia termasuk kedalam lima Negara yang memeranggi gizi buruk. 
         3.      

    
Remaja yakni generasi penerus yang akan membangun bangsa ke arah lebih baik. Oleh alasannya yakni itu, maka sampaumur harus mendapat perhatiaan khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar. Agar tidak terpengaruh oleh pergaualan yang salah.
Perbaikan kaliamat kedua dalam paragaraf latar belakang tersebut yakni …

A.    Oleh alasannya yakni itu, maka sampaumur harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.a

B.     Oleh alasannya yakni itu, sampaumur harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.

C.     Oleh alasannya yakni itu sampaumur harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar.

D.    Oleh alasannya yakni itu, maka sampaumur tersebut harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar.

E.     Oleh alasannya yakni itu sampaumur harus mendapat perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, maupun masyarakat sekitar.

4.      Perhatiakan pernyataan-pernyataan berikut!

1)      Jenis pendekatan yang dipakai dalam penelitian ”Hubungan Penurunan Populasi Capung dan Penurunan Kualitas Air” yakni observasi.

2)      Objek penelitian ini yakni capung dan kualitas air.

3)      Sumber data primer diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Sumber data sekunder atau data embel-embel diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, dan internet.

4)      Metode pengumpulan dalam penelitian ini yakni dengan metode dokumentasi.

5)      Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni dengan mengunakan teknik deskripsi.

Pernyatan-pernyataan tersebut merupakan bagaian dari ….

A.    Latar Belakang

B.     Rumusan Masalah

C.     Tinjauan Pustaka

D.    Metode Penelitian

E.     Hipotesisi                              

5.      Kaliamat yang berisi pernyataan maksud dan tujuan tawaran kegiatan karya wisata kelas XI Sekolah Menengan Atas Permata Mulia yakni …..

A.    Tujuan umum penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan pengetahuan akseptor didik terhadap materi di dalam kelas dan meningkatakan kreativitas akseptor didik di luar sekolah.

B.     Kegiatan karya wisata bertujuan menambah ilmu pengetahuan akseptor didik, membantu akseptor didik dalam mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di dingklik sekolah, dan menggali ilmu-ilmu di luar sekolah.

C.     Kegiatan ekstrakulikuler sanggup menjadi bekal bagi akseptor didik untuk terjun di tengah masyarakat sesudah merampungkan studinya nanti.

D.    Program “Satu Hari di Desa” ini bertujuan mengajak akseptor didik untuk mengenal wilayah perdesaan sekaligus sebagai karya wisata.

E.     Kepala sekolah beserta komite sekolah telah tetapkan kegiatan karya wisata sebagai kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh akseptor didik kelas XI.

6.      Perhatiakan ilustrasi berikut!

Warga Sekolah Menengan Atas Suka Maju akan mengadakan rehabilitasi lingkungan dalam bentuk kegiatan kerja bakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 23 Juli 2018.

Latar belakang tawaran yang sesuai dengan gambaran kegiatan tersebut yakni ….

A.    Kebersihan lingkungan harus dijaga. Lingkungan yang higienis dan terjaga pelestariannya sanggup menjaga kualitas udara. Salah satau cara menjaga kelestarian lingkungan yakni dengan merehabilitasi lingkungan.

B.     Kegiatan rehabilitasi lingkungan ini melibatakan seluruh warga Sekolah Menengan Atas Suka Maju. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap kebersiahan dan lingkungan. Rehabliatas lingkungan ini penting untuk masa depan warga Sekolah Menengan Atas Suka Maju.

C.     Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2017, diwilayah Sekolah Menengan Atas Suka Maju. Rician kegiatan tersebut yaitu kerjabakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dibuka oleh kepala Sekolah Menengan Atas Suka Maju.

D.    Kegiatan kerjabakti dan penanaman pohon pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2018 di Sekolah Menengan Atas Suka Maju bertujuan untuk merehabilitasi lingungan yang mulai tercemar. Kegiatan ini digagas oleh warga Sekolah Menengan Atas Suka Maju.

E.     Pelaksanaan kegiatan ini diserahkan kepada penggurus Sekolah Menengan Atas Suka Maju. Kesiswaan Sekolah Menengan Atas Suka Maju berharap biar kegiatan kerjabakti dan penanaman pohon ini sanggup rutin diadakan. Dengan demikian, rehabilitasi lingkungan Sekolah Menengan Atas Suka Maju sanggup terus berlangsung.
7. 

(1)   Setiap perkembangan di sekitar selalu menuntut akseptor didik untuk tanggap dan peka terhadapnya. (2) Oleh alasannya yakni itu, selakyaknya akseptor didik memahami segala fenomena yang muncul di tengah masyarakat. (3) Dengan studi wisata ini, wawasan dan pengetahuan akseptor didik sanggup bertambah. (4) kegiatan studi wisata juga diharapkan bisa menyebarkan kreativitas akseptor didik dalam membandingkan teori di sekolah dengan dunia nyata. (5) Selain itu akseptor didik diharapkan sanggup mengamati dan berlatih dalam kegiatan studi wisata.

Kata kerja tindakan yang tepat ditunjukkan oleh angka …..

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

8. 

Sebagai pribadi, generasi muda perlu menyebarkan diri. Keperibadian sanggup dirumuskan sebagai tahap pengembangan diri generasi muda sebagai pribadi yang mempunyai totalitas yang mantap dan harmonis. Apabila generasi muda sudah menyebarkan dirinya sebagai pribadi yang melaksanakan dorongan-dorongan yang positif dan menolak dorongan-dorongan yang negatif untuk mencapi suatu tahap yang mantap dan serasi, maka generasi muda tersebut akan menjadi insan yang mempunyai kepribadian yang utuh dan kuat.

Bacaan di atas termasuk karangan ilmiah alasannya yakni mempunyai karakteristik berikut, kecuali …..

A.    Penggunaan kata-kata kias

B.     Mengguanakan bahasa baku

C.     Objektif

D.    Bersifat lugas

E.     Menggunakan kata-kata denotative



9.      Cermati rumusan masalah berikut dengan saksama!

1.      Apakah ada pengaruhnya antara sistim peredaran darah dengan pencernaan?

2.      Seberapa tinggi motifasi siswa untuk meraih kelulusan UNBK ?

3.      Adakah perbedaan kuwalitas padi yang di beri pupuk kimia dengan padi yang diberikan pupuk organik?

Penulisan kata serapan yang tepat adalah…

A. Sistim, motivasi, kualitas

B. Sistim, motifasi, kuwalitas

C. Sistem, motivasi, kualitas

D. Sestim, motivasi, kuwalitas

E. Sistim, motifasi, kualitas

10.  
Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang terkotori alasannya yakni bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus.  Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.

Informasi yang tidak sesuai dengan paragraf di atas yakni ....

A. Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.

B.  Terdapat AMDK gelas yang tidak layak minum berdasarkan penelitian YLKI.

C.  Kandungan koloni jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.

D. YLKI melaksanakan penelitian 21 perusahaan dan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum.

E. Ditemukannya AMDK gelas yang terkotori alasannya yakni bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus.

Keberhasilan perjuangan tanitidak hanya dilihat dari keberhasilan produksi yang ditunujkkan denganbesarnya produksi persatuan luas. Usaha tani dikatan berhasil jikalau pelaku juga menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memperoleh keuntungan. Oleh alasannya yakni itu, dibutuhkan seni administrasi pemasaran yang lebih baik alasannya yakni harga hasil pertanian sanggup berubah-ubah sesuai kondisi pasar. Dengan demikian, forum pemasaran merupakan tubuh aturan atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.

Paragraf tersebut terdapat kesalahan alasannya yakni .....

A.    Penggunaan kalimat tidak efektif

B.      Penggunaan kalimat tidak baku

C.     Penggunaan kalimat berlebihan

D.    Penggunaan kalimat tidak padu

E.     Penggunaan kalimat tidak komunikatif

12.
Sampah selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah akan bermanfaat bagi manusia. Bagaimana mengelola sampah biar bermanfaat? Hal itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah ini

Tujuan karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi tersebut yakni …

A.    Apakah sampah sanggup dimanfaatkan?

B.     Untuk mengidentifikasi bagaimana pengelolaan sampah agar tidak bermanfaat.

C.     Untuk mengetahuai dampak sampah bagi kesehatan.

D.    Untuk mengetahui bagaimana cara pengolahan sampah biar bermanfaat.

E.     Untuk mengetahui jenis-jenis sampah.

13.  Laporan karya ilmiah yang kita sampaikan harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, berarti penyampaian laporan tersebut bersifat....

A.    Factual

B.     Actual

C.     Denotatif

D.    Objektif

E.     Informatif

14.  Cermati paragraf berikut!

Bangsa Indonesia pada umumnya bahagia menjadi nomor satu. Jadi, kalau melemparkan isu ingin dianggap yang pertama. Buktinya, kirim lewat WA, Facebook, Twitter, dan sebagainya, ujar Rudiantara dalam sebuah program diskusi. Jauh sebelum kata “hoax” itu sendiri berkembang dan “viral”, kita sering menemukan penggunaan kata isu untuk berita-berita yang bergotong-royong masih diragukan kebenarannya. Kata isu juga dikaitkan dengan kata gosip yang bergotong-royong makna artinya tidak sama atau berbeda. Namun, hanya saja pada waktu ini penggunaan kata hoax itu sendiri lebih terkenal dan dimengerti dikalangan masyarakat kita.








Ilustrasi berupa masalah sosial di atas sanggup dikembangkan menjadi judul karya ilmiah dengan tepat yakni …

A.    Pengaruh Hoax dari Media Sosial Dikehidupan Masyarakat

B.     Pengaruh dari Media Sosial Dikehidupan Masyarakat Tentang Hoax

C.     Perkembangan Teknologi Media Hoax Dikehidupan Masyarakat

D.    Dampak Negatif Hoax di Media Masa Masyarakat

E.     Pengaruh Media Sosial Dikehidupan Masyarakat Tentang Hoax

15.  Perhatikan tabel berikut ini! 

        Kalimat yang sesuai dengan isi tabel yakni …

A. Kalimantan mempunyai danau lebih luas dibanding Sumatera.

B. Lahan perairan paling sedikit berada di wilayah Maluku dan Irja.

C. Jawa masih mempunyai luas sungai lebih kecil dibanding Maluku dan Irian Jaya.

D. Kalimantan mempunyai sungai lebih sedikit dibanding Bali dan Nusa Tenggara.

E. Bali dan Nusa Tenggara mempunyai perairan lebih besar dibanding Maluku dan Irian Jaya


16.  


Perhatikan grafik berikut ini!

















Berdasarkan data grafik, hal yang digambarkan yakni ….

A.    Pengguna blackberry di luar Bandung lebih banyak bila dibandingkan dengan Bandung 29%.

B.     Komposisi  blackberry tidak merata di Jawa.Barat.

C.     Pelanggan blackberry di Cimahi 29% lebih banyak dibandingkan dengan Cianjur 17%.

D.    Blackberry di Jawa Barat sudah merata pelanggannya.

E.     Persentase pengguna blackberry di beberapa kota tempat Jawa Barat.

17.  Bacalah rumusan masalah karya ilmiah berikut!

Bagai mana efek keluarga terhadap sikap sosial siswa dikelas!

Rumusan masalah dari tema tersebut yang tepat adalah ...

A. Bagaimana efek keluarga terhadap sikap sosial siswa dikelas.

B. Bagaimana efek keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas!

C. Apakah keluarga ada pengaruhnya terhadap sikap siswa di kelas?

D. Bagaimana efek keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas?

E. Bagaimana efek ke luarga terhadap sikap sosial siswa di kelas?

18.  Perhatikan topik karya ilmiah berikut!

Tema karya ilmiah: Efek negatif pergaulan bebas di kalangan remaja.

Data primer yang dibutuhkan untuk menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan tema tersebut yakni . . .

A.    Observasi, wawancara, artikel, dan angket.

B.     Observasi, buku, laporan, dan penyebaran kuesioner.

C.     Buku, laporan, jurnal, dan majalah.

D.    Observasi, wawancara, diskusi terfokus, dan penyebaran kuesioner.

E.     Buku, majalah, diskusi terfokus, dan penyebaran kuesioner.

19.  Perhatikan judul karya ilmiah berikut!

Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Koleksi Buku Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA

Metode yang tepat untuk menyusun karya ilmiah berdasarkan judul di atas yakni ...

A.    Kualitatif

B.     Kuisioner

C.    Kuantitatif

D.    Wawancara

E.     Historis

20.  Perhatikan penggalan karya ilmiah beriakut dengan saksama!

(1)Dukungan masyarakat merupakan modal yang cukup setrategis untuk meningkatkan keberhasilan kiprah polisi. (2) Bersikap santun dikala menangani duduk kasus masyarakat sanggup menjadikan sempati, sekaligus memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3) Polisi yang kurang profesionalisme dalam menjalankan kiprah akan menjadikan rasa tidak puas dari masyarakat. (4) Memang, ini tidak gampang alasannya yakni penuh dengan dinamis yang harus didesain biar sejalan dengan kondisi masyarakat. (5) Di samping itu, polisi juga harus bisa mengelaborasi kebutuhan masyarakat atas jaminan keamanan dan perlindungan.

Kalimat yang memakai kata baku terdapat pada nomor ….

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.       (5)


21.  Perhatikan sistematika karya ilmiah beriakut dengan saksama!

HALAMAN JUDUL.................................................................................i


KATA PENGANTAR ..............................................................................ii

DAFTAR ISI ...........................................................................................iii

BAB 1 PENDAHULUAN ........................................................................1

BAB 2 LANDASAN TEORI……………………….................................5

BAB 3 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN .................................... 10

BAB 4 KESIMPULAN DAN SARAN ................................................... 24

DAFTAR PUSTAKA

Kesalahan penulisan penomoran penggalan pada daftar isi di atas yakni ...

A.    Bab ditulis dengan karakter kapital semua.

B.     Penulisan subbab dan anak subbab memakai karakter kapital pada setiap awal kata.

C.    Bab ditulis dengan angka romawi.

D.    Subbab ditulis dengan angka romawi.

E.     Subbab ditulis dengan angka arab.

22.  Berikut ini yakni identitas buku yang dipakai sebagai sumber pustaka.

No
Judul Buku
Penulis
Penerbit
Kota
Tahun
1
Horizon Manusia
Yusuf Anas
Al-Huda
Jakarta
2006
2
Kalimat Efektif
Ida Bagus Putrayasa
Rapika Aditama
Bandung
2007

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data di atas adalah…

A.    Anas, Yusuf, 2006, Horizon Manusia, Jakarta; Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus, 2007, Kalimat efektif, Bandung; Rapika Aditama.

B.     Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung: Rapika Aditama.

C.     Anas, Yusuf. 2006, Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus.2007, Kalimat efektif. Bandung: Rapika Aditama.

D.    Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta: Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung: Rapika Aditama.

E.     Anas, Yusuf. 2006. Horizon Manusia. Jakarta; Al-Huda.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat efektif. Bandung; Rapika Aditama.

23.  Bacalah kutipan berikut!

Kutipan I

Penulis menentukan buku ini alasannya yakni sangat digemari oleh anak muda terutama penggemar otomotif. Selain itu, buku tersebut yang mengungkapkan belakang layar perpindahan Valentino Rossi dari tim Honda ke tim Yamaha yang selama ini tidak terungkap oleh media.

Kutipan II

Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat terkenal dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang membuat kreasi meluap tak kenal waktu, yang mungkin sejenis perguruan hanya sebatas formalitas belaka, akan tetapi nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita – citakan.

Persamaan kedua kutipan tersebut yakni keduanya merupakan bagian  … .

A.    orientasi

B.     identitas

C.     evaluasi

D.    keunggulan

E.     pendahuluan

24.  Bacalah kutipan berikut!

Kutipan I

Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan talenta seseorang. Padahal, tidak selamanya talenta sanggup membuat acara tulis-menulis menjadi selancar dan semudah yang kita bayangkan.

Berulang kali para pakar menyatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di dingklik sekolah dasar bahkan di taman kanak-kanak. Dengan kata lain, mengarang yakni keterampilan sekolah dasar.

Kutipan II

Keunggulan lain dari novel ini yakni penggambaran suasana yang detail mengenai kota Surabaya di tahun 1944 (zaman pendudukan Jepang), malah ada lampiran petanya segala! Suasana kota Surabaya di zaman itu juga “direkam” dengan indah oleh Suparto Brata. Kita bisa membayangkan bagaimanan keadaan kampung SS Pacarkeling yang kala itu masih “berbau” Hindia Belanda alasannya yakni nama-nama jalannya masih memakai nama-nama Belanda.

Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah:

A.    Kutipan I pendahuluan, kutipan II penggalan keunggulan buku

B.     Kutipan I pendahuluan, kutipan II penggalan penilaian buku

C.     Kutipan I orientasi , kutipan II penggalan pendahuluan

D.    Kutipan I orientasi, kutipan II penggalan keunggulan buku

E.     Kutipan I evaluasi, kutipan II penggalan identitas buku

25.  Bacalah kutipan teks berikut!

Kutipan I

Sejak dulu, kisah Layla-Majnun merupakan kisah yang paling terkenal di Timur Tengah maupun Asia Tengah, di antara bangsa-bangsa Arab, Turki, Persia, Afgan, Tajiks, Kurdi, India, Pakistan, dan Azerbaijan. Kepopuleran kisah ini memberi ide banyak seniman, baik pelukis, pemusik, maupun pembuat flm, membuat bermacam-macam karya seni yang menggambarkan kisah-kasih Layla dan Majnun.

Kutipan II

Dalam Saksi Mata, yang menjadi “jagoan” alias tokoh utamanya yakni bocah berusia dua belas tahun berjulukan Kuntara, seorang pelajar sekolah rakyat Mohan-gakko dan mengambil seting kota Surabaya di zaman penjajahan Jepang dengan penggambaran yang sangat apik, detail dan sangat memikat. Novel setebal 434 halaman ini sendiri bergotong-royong merupakan kisah bersambung yang dimuat di Harian Kompas

Perbedaan ciri kebahasaan kedua teks resensi tersebut yakni … .

A.    Kutipan I memakai konjungsi penyebaban, kutipan II memakai konjungsi temporal

B.     Kutipan I memakai konjungsi penerang, kutipan II memakai konjungsi temporal

C.     Kutipan I memakai konjungsi temporal, kutipan II memakai konjungsi penerang

D.     Kutipan I memakai konjungsi penerang, kutipan II memakai konjungsi penyebaban

E.     Kutipan I memakai konjungsi penyebaban, kutipan II memakai konjungsi penerang

26.  Bacalah kutipan teks berikut!

Jalan kisah novel ini hampir sama dengan kisah dalam flm dan novel yang berjudul Twillight. Bagi pembaca yang sudah pernah menonton atau membaca novel tersebut akan gampang menebak kisah dan konflik-konfliknya sehingga akan merasa kurang tertarik untuk membacanya.

Kutipan penggalan pada teks resensi tersebut berisi … buku.

A.    Isi

B.     Identitas

C.     Orientasi

D.    Kelemahan

E.     Pendahuluan 

27.  Bacalah teks berikut!

(1) Buku ini mempunyai keunggulan dari segi karakteristik tokoh-tokohnya sehingga pembaca sanggup dengan gampang menyelami karakter para tokohnya itu. (2) Novel ini juga dibumbui oleh cerita-cerita lucu yang membuat pembaca tidak akan merasa bosan untuk menuntaskannya. (3) Hanya saja pemilihan kata-kata di dalan novel ini memakai ragam bahasa remaja, ibarat gue, elo. (4) Hal itu menjadikan novel ini seakan-akan dikhususkan untuk kalangan sampaumur saja.
Kalimat yang menyatakan keunggulan buku yakni kalimat bernomor…

A.    1 dan 4

B.     2 dan 3

C.     1 dan 2

D.    2 dan 4

E.     1 dan  3

Bacalah penggalan teks resensi berikut untuk menjawab soal nomor 28-29

(1) Ketika hingga kampung halaman, Al-Mulawwah bergegas menemui ayah Layla dan memperlihatkan 100 unta sebagai pengganti uang 1.000 dinar yang telah diberikan Sa’d bin Munif .  (2) Akan tetapi, dengan sombongnya, ayah Layla menolak lamaran Al-Mulawwah. (3) Tak berapa usang kemudian, pesta perkawinan Layla dan Sa’d bin Munif diselenggarakan secara besar-besaran. (4) Maka, hancur luluhlah hati Qais. Tak ada satu obat pun yang bisa menyembuhkan sakitnya ini, meskipun orangtuanya telah mendatangkan banyak tabib ternama. (5) Sejak itu Qais tidak mau berbicara kepada orang lain, ia sibuk dengan dirinya sendiri dan sering kali terlihat berbicara sendiri. (6) Karena sikap asing inilah orang sekampungnya memanggil Qais dengan Majnun, yang berarti kurang tepat pikirannya (Laila-Madjnoen).

28.  Ciri kebahasaan teks resensi yang memakai konjungsi penyebaban terdapat pada kalimat nomor … .

A.    2

B.     3

C.     4

D.    5

E.     6

29.  Kalimat nomor (1) dan (5) pada teks tersebut memperlihatkan ciri kebahasaan teks resensi yang banyak memakai konjungsi…

A.    pilihan

B.     penerang

C.     temporal

D.    pertentangan

E.     penyebaban

30.  Bacalah penggalan teks resensi berikut!

Secara umum, album ini bergotong-royong sudah bisa mendekati apa yang dikerjakan Atlesta, yakni kesan klasik. Atlesta jauh lebih matang, penuh gairah dan namun tetap catchy. Sangat layak untuk dikoleksi tentunya! (Winda Carmelita, kapanlagi.com dengan beberapa penyesuaian).

Kutipan teks tersebut memperlihatkan ciri kebahasaan teks resensi yang banyak menggunakan…

A.    konjungsi penerang

B.     konjungsi pilihan

C.     konjungsi temporal

D.    konjungsi penyebaban

E.     saran (rekomendasi

31.  Perhatikan paragraf resensi rumpang berikut!

Buku Matematika Aplikasi yang Diperuntuk­kan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII Program Studi Ilmu Alam ini dipakai sebagai sum­ber pengetahuan biar siswa sanggup mendalami pelajaran Matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H.F.S., dimana dalam buku ini, siswa sanggup berguru aktif melalui acara di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa lugas dan gambaran menarik. [....] Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan gambaran menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kalimat tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut yakni ...

A.    Gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga bisa saja sanggup menjadikan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut.

B.     Kualitas kertas yang dipakai untuk men­cetak buku ini juga kurang elok sehingga gampang cacat atau robek.

C.     Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa komunikatif sehingga gampang di­pahami oleh siswa.

D.    Info Math digunakan sebagai informasi untuk membuka wawasan informasi mate­matika dan perkembangan teknologi.

E.     Glosarium  disajikan  untuk  memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

32.  Cermatilah data buku berikut ini!

·         Buku ini menyoroti komik Indonesia mulai dari sejarahnya.

·         Komik Indonesia patut dinikmati mulai sekarang, jangan lagi hanya menjadi  kenangan masa lalu.

·         Buku ini meluruskan pandangan keliru dari sisi pengamat komik.

·         Buku ini memakai bahasa yang ringan.

·         Tidak ada daftar isi, tetapi ada daftar pustaka dalam buku ini.

Kalimat resensi yang sesuai dengan data tersebut yakni ...

A.    Terlepas dari kekurangannya. buku ini patut dihargai sebagai ikhtiar mulia menghargai seni komik Indonesia.

B.     Penyajian buku ini beberapa di antaranya memakai bahasa yang komunikatif.

C.     Komik bukan hanya hiburan dan bacaan bawah umur sehingga bahasanya disajikan dengan ringan.

D.    Tidak adanya daftar isi digantikan dengan daftar pustaka yang merujuk kepada referensi.

E.     Komik Indonesia mengalami zaman keemasan pada kurun Ganes, Yan Mintaraga, R.A. Kosasih, Rizaldy.

33.  Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!

Teirisitas          :           Sekarang hujatlah Creon! Hujatlah pula saya, yang akan berkata: Paduka akan binasa dan derita paduka di atas bumi tak ada tandingannya!

Oidipus           :           Cukup! Apakah ini bisa ditanggung lagi? Enyahlah kau! Terkutuklah! Pergi dari istana saya!

Teirisitas                    Aku pun  tak akan datang, kalau tadi tak diminta!

Oidipus                     Kalau tahu akan begini jadinya kau mengacau dan mengigau,takkan kupanggil kau ke istana!

Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah….

A.    hujatan Teirisitas terhadap Creon

B.     kemarahan Oidipus kepada Teirisitas

C.     kemarahan Oidipus kepada Creon

D.    kemarahan Teirisitas kepada Oidipus

E.     hujatan Oidipus kepada Teirisitas dan Creon

34.  Cermati kutipan drama berikut!   

Panggung menggambarkan sebuah kamar reot. Di .dalarnnya terdapat sebuah dipan dan dua buah kursi yang sudah rusak pula. Suasana kemiskinanlah yang tampil di situ.

Istri     :           (mengharap) Banyakkah hasil yang kamu terima hari ini?

Suami :           Bah, kosong sama sekali, seperempat rupiah pun tak dapat, dan kamu bagaimana?

Istri                  :           Ada seorang perempuan muda memberi makan kepada kita.

Suami  :           Terima kasih moga-moga Tuhan memberkahinya. Apa yang diberikannya?

Istri     :           Sepotong roti.

Suami :           Kalau begitu, masih adakah simpanan untuk esok pagi?

Istri      :           Masih, tetapi hanya untuknya.

Suami              :           Tak ada yang lain? Ah, maksudku selain dari roti itu.

Istri      :           Ada Sepotong nasihat, supaya jangan membawa anak itu keluar alasannya yakni udara terlalu lembab.

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut yakni ....

A.    harapan seorang pengemis terhadap masa depannya

B.     penghasilan sepasang pengemis yang tidak memadai

C.     pekerjaan yang dilakukari setiap hari oleh manusia

D.    pertanyaan seorang suami kepada istri dan'anaknya

E.     suami istri saling menasihati dan menyayangi

Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!

Reni, Ria, Untari, dan Susi sedang duduk-duduk di teras rumah Ria. Di atas meja terhidang minuman dan sepiring pisang goreng.Peristiwa itu terjadi pada suatu sore hari.

Reni     :           Bagaimana Ri, kamu sudah mendapat ide?

Ria       :           (penuh tanda tanya) sebetulnya sudah, tapi…. Apakah kalian sepakat dengan ideku ini?

Untari dan Susi           :           (hampir bersamaan) Coba katakan, apa idemu?

Ria       :           Begini (diam sebentar). Kita buat saja kuliner dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Kebetulan kami panen pisang dan singkong, kemarin.Nah, kita bisa memanfaatkan kedua materi itu.

Untari :           Tapi….apakah kuliner kita tidak memalukan? Sebab, singkong dan pisang hanya materi murah.

35.  Kutipan teks drama tersebut yakni penggalan ….

A.    konflik

B.     komplikasi

C.     perkenalan

D.    resolusi

E.     orientasi

36.  Watak tokoh Untari dalam kutipan teks drama tersebut adalah…

A.    peragu

B.     optimis

C.     penakut

D.    pemberani

E.     pengecut

Cermati kutipan drama berikut untuk menjawab nomor 37 dan 38!

Hendra            :           Apa yang sedang kamu pikirkan Syam? (duduk di samping Syamsu)

Syamsu            :           Kalau saya mendengar pesan yang tersirat ibuku dulu, tentu saya sudah sukses sepertimu, Hidupmu sudah hening sekarang!

Hendra            :           Semua ini kudapat dengan kerja keras, Kautahu kan kehidupan orang tuaku.             Dapat pagi habis petang.

Syamsu            :           Aku tahu itu. Lihatlah kehidupanku sekarang. Bagai kerakap tumbuh di batu.

Hendra            :           Tidak usah kausesali lagi. ... Yang penting kaupikirkan kelanjutan hidupmu untuk masa yang akan datang. Aku akan membantumu, melepaskanmu dari kesulitan ini.                                                      

Syamsu            :           Terima kasih. Kau benar-benar sahabat sejati

37.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut yakni ....

A.    Ada batang cendawan tumbuh

B.     Bagai makan buah simalakama

C.     Seperti membuang garam ke laut

D.    Nasi sudah menjadi bubur

E.     Tiada rotan akar pun jadi

38.  Amanat kutipan teks drama tersebut adalah…

A.    Jadilah anak yang mematuhi pesan yang tersirat orang tuanya.

B.     Janganlah berputus asa menjalani kesulitan hidup.

C.     Jadilah sahabat yang bisa membantu kesulitan orang lain.

D.    Jadilah  orang bisa berterima kasih atas tunjangan orang lain.

E.     Jadilah pekerja keras sehingga gampang mendapat kesuksesan

39.  Bacalah teks berikut!

(1) Citra           :           Nah! Mendekati hal itu, Ar!

(2) Ardi           :           O, soal yang khusus-khususan itu, toh?

(3) Citra           :           Ya. Bahkan sangat khusus dan sangat pribadi!

(4) Ardi           :           Apa itu?

(5) Citra           :           Aku kagum dan tidak mengerti terhadap dirimu, Ardi!  Kamu tidak naik kelas, tetapi begitu besar perhatianmu padaku.Kamu tidak naik kelas, tetapi tampak tidak merasa kecewa, bahkan tenang-tenang saja. Itulah yang membuat saya bingung!

Ciri kebahasaan teks drama yang memakai kata-kata sifat (descriptive language) untuk menggabarkan tokoh, tempat, atau suasana terdapa dalam kalimat nomor … .

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

40. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Dalam karya Iwan Simatapahg, Ziarah, misalnya setiap insiden yang menimpa tokoh kita terjalin dalam rangkaian yang tidak memperlihatkan korelasi kualitas, alasannya yakni insiden itu hanya terjadi dalam pikiran atau batin tokoh itu. Khayalan dan imajinasi. tumpang tindih dengan insiden yang dialami oleh tokoh ini. Teknik penceritaan tersebut juga dipakai oleh tokoh Putu Wijaya, Hampir semua novelnya bercirikan teknik penceritaan demikian. Dalam Publik, misalnya, Putu Wijaya bercerita ihwal banyak tokoh dan para tokohnya menyebarkan peristiwanya sendiri-sendiri.

Kalimat kritik yang sesuai dengan klarifikasi dalam paragraf tersebut yakni ...

A.    Di sini hadir banyak tokoh yang seakan-akan ia berada-dalam diri tokoh yang lain.

B.     Di sini hadir banyak tokoh, tetapi tidak terang siapa nama tokoh yang menjadi tokoh utamanya.

C.     Pikiran pengarang dipakai oleh tokoh-tokoh yang dihadirkan dari aneka macam tingkat dan lingkungan.

D.    Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam keinginan para tokoh kisah dihentikan diangggap sebagai insiden nyata.

E.     Karena banyak tokoh dalam sebuah kisah dan memmbingungkan, seyogyanya dijadikan cerpen saja.

URAIAN

41    
PROPOSAL PERINGATAN BULAN BAHASA

28 OKTOBER 2018

DI PENDOPO KABUPATEN BOYOLALI

(Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan dalam tawaran ini yakni perlombaan yang meliputi lomba cerdas cermat, lomba membaca puisi kepahlawanan, lomba pidato, lomba mengarang puisi, dan lomba memparafrasikan puisi).

Dari judul tawaran kegiatan di atas buatlah latar belakang masalah dengan tepat …



42.  Judul: Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Untuk Kesehatan Bersama

Metode pengumpulan data karya ilmiah ini dengan wawancara kepada responden. Buatlah lima daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada responden!

43. Bacalah penggalan teks resensi berikut.

Sebagai arek Suroboyo yang tentunya mengenal seluk beluk kota Buaya ini, Suparto Brata terang tidak mengalami kesulitan untuk melukiskan keadaan ini. Apalagi ia yakni penulis yang hidup dalam tiga zaman- kolonialisme Belanda, pendudukan Jepang dan kurun kemerdekaan. Penggambaran suasana yang detail ini juga berkonsekuensi kepada cerita
yang cukup panjang meski tetap tanpa adanya maksud untuk bertele-tele.
Novel ini juga diperkaya dengan adanya kosakata dan lagu-lagu Jepang yang makin menghidupkan suasana zaman pendudukan balatentara Jepang di Indonesia. Tetapi uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Makara bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, ibarat saya juga, ya tebak-tebak saja sendiri.

a. Tuliskan kelebihan dan kekurangan novel diresensi berdasarkan kutipan tersebut.

b. Jelaskan aspek kebahasaan teks resensi berdasarkan kutipan tersebut.

44. Cermati kutipan kisah berikut!

Muhammad Arief anak yang paling buruk tampangnya di antara teman-temannya sesekolah dan sepermainan di Koto dulu. ... ibarat kaleng terinjak kerbau berdasarkan olok-olokan bawah umur sebayanya di kala itu.

Bila kini ini kebanggaan dan pujaan tadi dikatakan pribadi kepadanya, Arief selalu menjawab, ”Aku beruntung saja.”

”Beruntung bagaimana maksudmu?” tanya Imran suatu kali. Imran yakni seorang temannya semenjak mereka kanak-kanak dulu, yang dianggapnya sahabat baiknya, sesuatu yang tidak banyak dimiliki Arief. Imran tidak termasuk dalam kelompok yang mencemooh atau mengejeknya.

”Aku beruntung punya orang renta yang saya miliki.”

”Orang tuamu punya sepuluh anak,” kata Imran sambil mengernyitkan dahinya. ”Kamu dulu suka mengeluh bagaimana mereka tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan setiap bawah umur mereka.  Suka marah.”

”Ya, itu maksudku. Karena itulah saya bisa berbuat semauku semenjak kecil. Kamu kan tahu, adakala saya tidak perlu pulang semalaman, tidur di surau atau di rumahmu.”

Ubahlah kisah tersebut menjadi teks drama…

45. Cermati puisi berikut!

Perempuan–Perempuan Perkasa

Hartoyo Andangjaya

Perempuan – perempuan yang membawa bakul di pagi buta,

dari manakah mereka

Ke stasiun kereta mereka tiba dari bukit-bukit desa sebelum

peluit kereta pagi terjaga

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja

Buatlah teks ulasan berkaitan dengan isi dan pemilihan kata puisi tersebut.



0 Response to "Kisi-Kisi Ukk / Pat Tahun Pelajaran 2017/2018 Bahasa Indonesia Sma Kelas Xi Kurikulum 2013"

Total Pageviews