RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Buku pengayaan (nonfiksi) |
Alokasi Waktu | : 4 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai pecahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.10.1 menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.10. Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah dua buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.10.1 menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan 4.10.2 mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan, menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan.
D. Materi
Laporan buku nonfiksi
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan isu dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Inti Mengamati : · Siswa mengamati teladan buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru. · Siswa mengamati power point dan video interaktif perihal resensi buku. Menanya : · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi perihal perbedaan buku fiksi dan nonfiksi. · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi perihal unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi. Menalar : · Siswa membaca secara kritis banyak sekali cuplikan teks dari banyak sekali buku sumber. Mencoba : · Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang)) Menyajikan/mengomunikasikan: · Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur. 1. Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk membawa buku nonfiksi 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan isu dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Inti Mengamati : · Siswa mengamati teladan resensi buku yang ada di Lomba Kompetensi Siswa dan mengamati unsur serta struktur teks resensi. · Siswa mengamati power point dan video interaktif perihal menulis resensi buku serta langkah-langkahnya. Menanya : · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi perihal bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta penilaian buku). · Siswa bertanya jawab dan berdiskusi perihal langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi. Menalar : · Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat. · Siswa menuangkan hasil klarifikasi terperinci dalam catatan atau kerangka goresan pena resensi yang sudah disediakan. Mencoba : · Siswa secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang telah ditulis. · Siswa berbagi catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Menyajikan/mengomunikasikan: · Siswa secara individual memberikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku. · Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sesudah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Duaan pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
2 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Duaan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.10 | Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
Indikator | : | 3.10.1 | Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan |
Materi | : | Buku pengayaan (nonfiksi) |
Contoh Tugas:
Carilah buku nonfiksi, kemudian identifikasilah butir-butir penting dalam buku tersebut!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Duaan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.10 | Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat |
Indikator | : | 4.10.1 | Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan |
4.10.2 | Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks ekspalanasi | ||
Materi | : | Buku pengayaan (nonfiksi) |
Contoh Tugas:
1. Bacalah sebuah buku nonfiksi, kemudian rancang butir-butir penting di dalam buku tersebut!
2. Kembangkanlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan!
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah laporan yang ditulis lengkap ? | ||
2. | 3. Apakah laporan yang ditulis memuat pecahan penting dalam buku ? | ||
3. | Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? | ||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Duaan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.10 | Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
Indikator | : | 3.10.1 | Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan |
Materi | : | Buku pengayaan (nonfiksi) |
Tes Tertulis
Disediakan buku pengayaan (nonfiksi)
1. Identifikasilah butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
2. Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan sangat tepat | 4 |
a. Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan tepat | 3 | |
b. Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan kurang tepat | 2 | |
c. Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dengan tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 | |
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 | |
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Duaan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.10 | Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat |
Indikator | : | 4.10.1 | Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan |
4.10.2 | Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi | ||
Materi | : | Buku pengayaan (nonfiksi) |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Susunlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan!
2. Buatlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai | Skor |
Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan sangat baik | 4 |
g. Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan baik | 3 |
h. Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan kurang baik | 2 |
i. Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan tidak baik | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Duaan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Buku pengayaan (nonfiksi) | ||
Kompetensi dasar | : | 3.10 | Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | |
4.10 | Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | |||
Indikator | : | 3.10.1 | Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan | |
4.10.1 | Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan | |||
4.10.2 | Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang telah diberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah ialah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan semua kiprah yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didik tidak menyimpan dua pun tugas-tugas yang diberikan alasannya ialah tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.10 Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan | XI/1 | Disajikan buku nonfiksi, penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan | C4 | Uraian | 1 |
2 | 4.10 Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan | XI/1 | Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan | C2 | uraian | 3 |
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan | XI/1 | Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan | C5 | uraian | 4 |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (dua)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | Menyusun laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) |
Materi | : | Buku pengayaan (nonfiksi) |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan buku nonfiksi, penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan benar |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
0 Response to "Rpp Literasi Buku Pengayaan Nonfiksi Kd 3.10 Dan 4.10"