Latest News

Rpp Kd 3.9 Dan 4.9 Bahasa Indonesia Kelas X Sma/Ma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi)
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
 
B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.9.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9.1   mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2    mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.9.1  menyusun rancangan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
4.9.2  mengembangkan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan nonfiksi dan fiksi
4.9.3  mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.


C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik sanggup mengungkapkan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca (nonfiksi dan fiksi) , menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca dan mempresentasikannya.
D.    Materi
Laporan buku nonfiksi dan fiksi
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan warta dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Mengamati :
·         Siswa mengamati teladan buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif ihwal resensi buku.
Menanya :
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi ihwal perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi ihwal unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Menalar :
·         Siswa membaca secara kritis banyak sekali cuplikan teks dari banyak sekali buku sumber.
Mencoba :
·         Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang))

Menyajikan/mengomunikasikan:
·         Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.
1.      Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur.


Literasi




Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)


Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama penerima didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk membawa buku nonfiksi
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan berguru mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan warta dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Mengamati :
·         Siswa mengamati teladan resensi buku yang ada di Lomba Kompetensi Siswa dan mengamati unsur serta struktur teks resensi.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif ihwal menulis resensi buku serta langkah-langkahnya.
Menanya :
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi ihwal bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta penilaian buku).
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi ihwal langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi.
Menalar :
·         Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.
·         Siswa menuangkan hasil klarifikasi terperinci dalam catatan atau kerangka goresan pena resensi yang sudah disediakan.
Mencoba :
·         Siswa secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang telah ditulis.
·         Siswa membuatkan catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.
Menyajikan/mengomunikasikan:
·         Siswa secara individual memberikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.
·         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur.


Literasi






Rasa ingin tahu







Kerja sama (Collaborative)






Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)



Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama penerima didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan berguru mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

H.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.       Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Duaan pendidikan        : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : X / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11









INSTRUMEN PENUGASAN 1

Duaan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
X
Kompetensi dasar
:
3.9 
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca
Indikator
:

3.9.1   mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2    mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi

Contoh Tugas:
Carilah buku nonfiksi dan fiksi, kemudian identifikasilah butir-butir penting dalam buku tersebut!









INSTRUMEN PENUGASAN 2

Duaan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Indikator
:
4.9.1  
menyusun rancangan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi


4.9.2  
mengembangkan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan nonfiksi dan fiksi
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi

Contoh Tugas:
1.      Bacalah sebuah buku nonfiksi dan buku fiksi, kemudian rancang butir-butir penting di dalam buku tersebut!
2.      Kembangkanlah  laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan non fiksi dan buku fiksi.


RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………
Kelas                                                   : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah laporan yang ditulis lengkap ?


2.
3. Apakah laporan yang ditulis memuat potongan penting dalam buku ?


3.
Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang






INSTRUMEN TES TERTULIS
Duaan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
X
Kompetensi dasar
:
3.19 
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Indikator
:
3.9.1  
Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan yang dibaca (nonfiksi) dan fiksi.
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi) dan fikdi

Tes Tertulis
Disediakan buku pengayaan (nonfiksi)
1.      Identifikasilah butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi yang dibaca
2.      Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!

RUBRIK PENILAIAN
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dan fiksi dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan tepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dan fiksi dengan kurang tepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dan fiksi dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4
d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3
e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2
f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1




INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Duaan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Kompetensi dasar
:
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Indikator
:
4.9.1  
menyusun rancangan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi


4.9.2  
mengembangkan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan nonfiksi dan fiksi
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi

1.      Lembar Soal Keterampilan
1.      Susunlah laporan butir-butir penting dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi!
2.      Buatlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai
Skor
Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan sangat baik
4
g.                      Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi dengan  baik
3
h.                      Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi kurang baik
2
i.                        Peserta didik membuat laporan butir-butir penting dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi tidak baik
1


INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Duaan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Materi
:
Menganalisis Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
Kompetensi dasar
:
3.9 
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan satu novel yang dibaca



4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.

Indikator
:
3.9.1  
Mengungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan nonfiksi dan fiksi



4.9.1
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi



4.9.2
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi dan fiksi.

Tugas I
1.             Simpan setiap kiprah yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.             Buat rangkuman dari setiap kiprah yang telah diberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3.             Batas waktu pengumpulan kiprah ialah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didik menyimpan semua kiprah yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu
1
Peserta didik tidak menyimpan dua pun tugas-tugas yang diberikan alasannya ialah tidak pernah mengumpulkan kiprah
0

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :
Kelas                                       : X
Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019

No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru

























































KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  X
Semester                      :  1 (dua)
Kurikulum                   :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.9 Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca
Mengungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
X/1
Disajikan buku nonfiksi/fiksi penerima didik sanggup mengungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
C4
Uraian
1
2
4.9  Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
X/1
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta didik sanggup menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi/fiksi
C2
uraian
3

Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
X/1
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta didik sanggup mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi/fiksi
C5
uraian
4


Boyolali,     2 Juli 2018
Mengetahui,
 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,




     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
     NIP 196505041989031014                                   NIP 197207081998011001


KARTU  SOAL HOTS



Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : X / 1 (dua)

Kurikulum                 : 2013



Kompetensi Dasar
:
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca.
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan buku nonfiksi/fiksi, penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan buku nonfiksi/fiksi peserta didik sanggup menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi/fiksi
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan buku nonfiksi/fiksi,  peserta didik sanggup mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan nonfiksi/fiksi dengan benar



Boyolali,     2 Juli 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,





     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

     NIP 196505041989031014                                   NIP 197207081998011001










0 Response to "Rpp Kd 3.9 Dan 4.9 Bahasa Indonesia Kelas X Sma/Ma"

Total Pageviews