RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa dan Sastra Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Teks Eksplanasi |
Alokasi Waktu | : 6 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.4.1 Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi 3.4.2 Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara verbal ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.4.1 Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi 4.4.2 Menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik sanggup mengindentifikasi struktur teks eksplanasi, menelaah kebahasaan teks ekplanasi, memilih pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi, dan menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran..
D. Materi
Skematik Eksplanasi
· General Statement
· Sequence of explanations
· Closing
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati teladan teks eksplanasi yang dibawa. 2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Menanya 3. Peserta didik bertanya jawab wacana struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. 4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Mencoba 1. Peserta didik mencoba memilih dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. 5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati banyak sekali jenis teks eksplanasi 2. Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam banyak sekali jenis teks yang disajikan. Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab wacana jenis teks eksplanasi 2. Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar wacana pola pengembangan teks eksplanasi Menalar 1. Peserta didik memilih tema teks eksplanasi yang akan ditulisnya 2. Peserta didik memilih satu pola pengembangan teks eksplanasi dari banyak sekali teks yang sudah diidentifikasi 3. Peserta didik merancang langkah-langkah teks eksplanasi dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan teks eksplanasi secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan kiprah kepada penerima didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar evaluasi presentasi
d. Portofolio :pedoman evaluasi portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI
Teks eksplanasi mempunyai struktur baku sebagaimana halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibuat oleh bagian-bagian berikut.
1. Identifikasi fenomena
Mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.
2. Penggambaran rangkaian kejadian
Memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
a. Rincian yang berpola atas pertanyaan ‘bagaimana’ akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun menurut urutan waktu.
b. Rincian yang berpola atas pertanyaan ‘mengapa’ akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun menurut relasi lantaran akibat.
3. Ulasan (review), berupa komentar atau evaluasi wacana konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.
Skematik Eksplanasi
- General Statement, Berisi satu statemen umum wacana suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya keberadaannya, proses terjadinya terjadinya, proses terbentuknya, dsb. Harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, yang bisa membangkitkan minat pembaca untuk membaca detailnya.
- Sequence of explanations, Berisikan wacana detail klarifikasi proses keberadaan, proses terjadinya. Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan how, yang jawabannya berupa statemen atau declarative sentence. Penggunaan sequence markers sangat dimungkinkan mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.
- Closing, Berisikan kesimpulan atau statemen wacana topik/proses yang dijelaskan.
Menulis teks eksplana si merupakan sebuah komponen yang dibelajarakan dalam suatu kegiatan belajara mengajar. Kegiatan menulis teks ini merupakan kegiatan dari hasil pengamatan siswa mengenai teks tersebut. Hasil final dari sebuah pembelajaran yaitu menulis hasil observasi siswa mengenai teks ini, baik isi, struktur, maupun kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi.
Berdasarkan kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah pada teks prosedur. Sebagai teks yang berkategori factual (nonsastra), teks eksplanasi memakai banyak kata yang bermakna denotatif.
Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologis, teks tersebut memakai banyak konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
a. Konjungsi kausalitas, antara lain, sebab, karena, oleh lantaran itu, oleh lantaran itu, sehingga.
b. Konjungsi kronologis (hubungan waktu), menyerupai kemudian, lalu, sehabis itu, pada akhirnya.
Teks eksplanasi yang berpola kronologis juga memakai banyak keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
2 | | | | | | |
7 | | | | | | |
8 | | | | | | |
9 | | | | | | |
10 | | | | | | |
11 | | | | | | |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.4 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
Indikator | : | 3.4.1 | Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi |
| | 3.4.2 | Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
Materi | : | Teks Eksplanasi |
Contoh Tugas:
1. Bacalah teladan teks eksplanasi! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut menurut kelengkapannya!
Bagian-bagian Teks | Petunjuk Isi |
a. Identifikasi fenomena | ………………………………………………………. |
b. Proses kejadian | ………………………………………………………. |
c. Ulasan | ………………………………………………………. |
Simpulan ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. |
2. Presentasikanlah pendapat-pendapat kelompokmu wacana struktur itu. Kemudian, mintalah teman-teman dari kelompok lain untuk memperlihatkan evaluasi atau tanggapan-tanggapannya menurut ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!
Nama Penanggap | Tanggapan | ||
| Ketepatan | Kelengkapan | Kejelasan |
| | |
Tugas Analisis Kebahasaan
1. Kerjakanlah secara berkelompok. Untuk berlatih, tulislah masing-masing lima teladan kalimat yang memakai konjungsi kausalitas, kronologi, dan yang berketerangan waktu. Kamu bisa mengerjakan kiprah ini pada buku kerjamu!
Kaidah Kebahasaan | Contoh Penggunaan |
Konjungsi Kausalitas | |
Konjungsi Kronologis | |
Keterangan Waktu | |
2. Perhatikan kembali teks eksplanasi yang telah kau baca. Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks tersebut. Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelasuntuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain!
Judul Teks : ………………………….
Penulis : ………………………….
Sumber : ………………………….
Kaidah Kebahasaan | Kutipan Teks |
| |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.4 | Memproduksi teks eksplanasi secara verbal ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
Indikator | : | 4.4.1 | Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi |
| | 4.4.2 | Menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan |
Materi | : | Teks Eksplanasi |
Contoh Tugas:
1. Carilah kepingan paragraph dalam teks eksplanasi, cermati, kemudian amatilah teks tersebut dikembangkan dengan pola apa.
Cuplikan Teks | Topik | Pola Pengembangan |
| | |
| | |
| | |
2. Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!
No | Kalimat-kalimat | Urutan yang Benar |
1 | a. Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dari Kalimantan Barat. b. Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga. c. Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat d. Kemudian dikirim ke Jakarta, dan populer sebagai kayu jati Singapura. | |
2 | a. Bahkan, kalau goyangan atau goncangannya besar, bumi seolah-olah mau runtuh. b. Ketika itu, seolah-olah bumi ini bergerak-gerak , bukan? c. Gempa bumi sering diartikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi pada permukaan bumi. d. Ketika terjadi gempa bumi, memang kita akan mencicipi bumi yang kita diami ini bergerak atau bergoyang-goyang. | |
Tugas Individu
Lakukanlah kegiatan berikut!
1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan mencar ilmu di sekolahmu!
2. Susunlah topic-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi: identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!
3. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah karangan eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah teks eksplanasi yang ditulis lengkap ? | | |
2. | 3. Apakah terdapat uraian wacana struktur eksplanasi? | | |
3. | Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? | | |
Jumlah | | |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.4 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
Indikator | : | 3.4.1 | Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi |
| | 3.4.2 | Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
Tes Tertulis
Disediakan teks eksplanasi
1. Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi!
b. Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan memuat struktur dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan sangat tepat | 4 |
a. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tepat | 3 | |
b. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan kurang tepat | 2 | |
c. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
3 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
| d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 |
| e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 |
| f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis dan memerankan obrolan eksplanasi | ||
Kompetensi dasar | : | 4.4 | Memproduksi teks eksplanasi secara verbal ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | |
Indikator | : | 4.4.1 | Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi | |
| | 4.4.2 | Menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks eksplanasi! Langkah-langkah penyusunan teks eksplanasi sebagai berikut.
a. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau sanggup dilakukan.
b. Menentukan tema kegiatan
c. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan gampang dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan bahan-bahan.
f. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang terperinci dan lengkap.
Buatlah sebuah teks eksplanasi dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai | Skor |
Peserta didik membuat teks eksplanasi dengan sangat baik | 4 |
g. Peserta didik membuat teks eksplanasi dengan baik | 3 |
h. Peserta didik membuat teks eksplanasi kurang baik | 2 |
i. Peserta didik membuat teks eksplanasi tidak baik | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Teks eksplanasi | ||
Kompetensi dasar | : | 3.4 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | |
| | 4.4 | Memproduksi teks eksplanasi secara verbal ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | |
Indikator | : | 3.4.1 | Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi | |
| | 3.4.2 | Menelaah kebahasaan teks ekplanasi | |
| | 4.4.1 | Menyusun rancangan garis besar suatu eksplanasi | |
| | 4.4. 2 | Mengembangkan teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan semua kiprah yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan lantaran tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi | Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi | XI/1 | Disajikan teks eksplanasi, penerima didik sanggup mengindentifikasi struktur teks eksplanasi | C4 | Uraian | 1 |
2 | Menelaah kebahasaan teks ekplanasi | XI/1 | Disajikan teks eksplanasi, penerima didik sanggup menelaah kebahasaan teks ekplanasi | C5 | uraian | 2 | |
3 | 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara verbal ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi | XI/1 | Disajikan teks eksplanasi peserta didik sanggup memilih pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi | C2 | Uraian | 3 |
4 | Menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan | XI/1 | Disajikan teks eksplanasi peserta didik sanggup menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan | C5 | Uraian | 4 | |
5 | | Mengomentari teks eksplanasi | XI/1 | Disajikan penampilan siswa membaca teks eksplanasi, penerima didik dapat memperlihatkan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar | C2 | Uraian | 5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara verbal ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
Materi | : | Teks eksplanasi |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan teks eksplanasi, penerima didik sanggup mengindentifikasi struktur teks eksplanasi dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan teks eksplanasi, penerima didik sanggup menelaah kebahasaan teks ekplanasi dengan benar |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan teks eksplanasi peserta didik sanggup memilih pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi dengan benar |
Indikator Soal Nomor 4 | : | Disajikan teks eksplanasi peserta didik sanggup menulis teks eksplanasi menurut struktur dan kebahasaan dengan benar |
Indikator Soal Nomor 5 | : | Disajikan penampilan siswa membaca teks eksplanasi, penerima didik dapat memperlihatkan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 1 Edisi Revisi Tahun 2018 Kd 3.4 Dan 4.4 Teks Eksplanasi"