Latest News

Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xii K13 Tahun Pelajaran 2018/2019: Surat Lamaran Pekerjaan Kd 3.2 Dan 4.2





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah                                 : SMA ...

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                    : XII / Ganjil

Materi Pokok                       : Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Alokasi Waktu                     : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti

·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan


B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.2     Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
·     Memahami unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
·     Mengidentifikasi penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD
·     Mengidentifikasi isi daftar riwayat hidup
4.2     Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
·     Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan
·     Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·     Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL penerima didik sanggup memahami unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan, mengidentifikasi penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan eyd, mengidentifikasi isi daftar riwayat hidup, mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan, menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun

D.      Materi Pembelajaran

·         Unsur kebahasaan

·         Penulisan EYD

·         Daftar riwayat hidup

E.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.       Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :

·         Penggaris, spidol, papan tulis

·         Laptop & infocus

G.      Sumber Belajar

·         Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

·         Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

·         Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit)
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



Religious

Disiplin









Rasa Ingin Tahu




















15 menit
Kegiatan Inti


Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
v Mendengar
Pemberian materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru menunjukkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan wacana materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam tumpuan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi wacana materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi wacana data dari Materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
v Mengolah informasi dari materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda wacana materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi wacana materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
v Menjawab pertanyaan wacana materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Literasi






















































Critical Thinking (Berpikir Kritis)





























Literasi























































































Collaborative























Collaborative dan critical thinking

























Critical thinking













Communicative



















Creativity
























HOTS

150 menit
Catatan : Selama pembelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan


Kegiatan Penutup


Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.


Creativity


15 menit


2 . Pertemuan Kedua (4 x 45 Menit)


Kegiatan Pendahuluan


Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi :
Ø Daftar riwayat hidup
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



Religious

Disiplin









Rasa Ingin Tahu



















15 menit
Kegiatan Inti ( 150 Menit )


Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Daftar riwayat hidup dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Daftar riwayat hidup.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Daftar riwayat hidup untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Daftar riwayat hidup.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Daftar riwayat hidup.
v Mendengar
Pemberian materi Daftar riwayat hidup oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :
Ø Daftar riwayat hidup
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru menunjukkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan wacana materi :
Ø Daftar riwayat hidup
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Daftar riwayat hidup yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam tumpuan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Daftar riwayat hidup yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Daftar riwayat hidup yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Daftar riwayat hidup yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Daftar riwayat hidup.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi wacana materi Daftar riwayat hidup yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Daftar riwayat hidup sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Daftar riwayat hidup
dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi wacana data dari Materi :
Ø Daftar riwayat hidup
v Mengolah informasi dari materi Daftar riwayat hidup yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Daftar riwayat hidup.
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda wacana materi :
Ø Daftar riwayat hidup
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Daftar riwayat hidup berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :
Ø Daftar riwayat hidup
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Daftar riwayat hidup dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi wacana materi Daftar riwayat hidup yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :
Ø Daftar riwayat hidup
v Menjawab pertanyaan wacana materi Daftar riwayat hidup yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Daftar riwayat hidup yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Daftar riwayat hidup yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Literasi








































Critical Thinking (Berpikir Kritis)






























Literasi














































































Collaborative




















Collaborative dan critical thinking























Critical thinking
















Communicative












Creativity




















HOTS






Catatan : Selama pembelajaran Daftar riwayat hidup berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan


Kegiatan Penutup (15 Menit)


Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Daftar riwayat hidup yang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Daftar riwayat hidup yang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Daftar riwayat hidup.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Daftar riwayat hidup.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Daftar riwayat hidup kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.


Creativity



I.          Penilaian Hasil Pembelajaran

1.       Teknik Penilaian (terlampir)

a.     Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan eksklusif dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Zuhri Indonesia
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :

    BS : Bekerja Sama

    JJ : Jujur

    TJ : Tanggun Jawab

    DS : Disiplin


Catatan :

1.  Aspek sikap dinilai dengan kriteria:

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Cukup

25      = Kurang

2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

5.  Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun supaya evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan :

1.  Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

5.  Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sobat sebaya :


Nama yang diamati      : ...

Pengamat                        : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapatkan pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah ketika diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan :

1.  Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

b.     Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik

b.   Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik

c.   Peserta didik mengumpulkan tanggapan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.


c.     Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan






Kriteria evaluasi (skor)

100       = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi

No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan :

100       = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, ibarat catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.       Instrumen Penilaian (terlampir)

a.     Pertemuan Pertama

b.     Pertemuan Kedua

c.     Pertemuan Ketiga

3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.       Remedial

Bagi penerima didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menunjukkan soal pelengkap contohnya sebagai berikut :

1)       Jelaskan wacana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)       Jelaskan wacana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)       Jelaskan wacana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI



Sekolah                                      :  ……………………………………………..

Kelas/Semester                         :  ……………………………………………..

Mata Pelajaran                         :  ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke                  :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian        :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian          :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian           :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)                        :  ……………………………………………..

KKM                                           :  ……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst








b.       Pengayaan

Guru menunjukkan nasihat supaya tetap rendah hati, dikarenakan telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menunjukkan soal pengayaan sebagai berikut :

1)       Membaca buku-buku wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)       Mencari informasi secara online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)       Membaca surat kabar, majalah, serta info online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4)       Mengamati eksklusif wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.



                                                                                                                                    ……………,  Juli 2018



Mengetahui

Kepala SMAN ………….                                                       Guru Mata Pelajaran




……………………………………                                        …………………………………….

NIP                                                                                              NIP

Catatan Kepala Sekolah

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

Baca Juga
Lampiran Materi PEMBELAJARAN Surat Lamaran Pekerjaan Klik  /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran


BACA DAN UNDUH

BUKU KERJA GURU 1

BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

1. PENGEMBANGAN INDIKATOR KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

2. KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran


4. PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

5. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran


7. RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

8. PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

14. RPP 5 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

15. RPP 6 TEKS EDITORIAL KD 3.6 DAN 4.6 KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran

16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK /search?q=materi-pembelajaran-surat-lamaran








0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xii K13 Tahun Pelajaran 2018/2019: Surat Lamaran Pekerjaan Kd 3.2 Dan 4.2"

Total Pageviews