Latest News

Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi Tahun Pelajaran 2018/2019


PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Semester Kompetensi Dasar Jumlah Jam
1 3.1. Mengonstruksi warta berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur 2
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis 4
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur 2
4.2. Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan 4
3.3. Mengidentifikasi warta (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi verbal dan tulis 2
4.3. Mengkonstruksi warta (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis 4
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 2
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 4
3.5. Mengidentifikasi warta berupa permasalahan konkret yang disajikan dalam ceramah 2
4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan konkret sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah 4
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah 2
4.6. Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan konkret dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat 4
3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 2
4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) 2
3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca 2
4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek 4
3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun dongeng pendek dalam buku kumpulan dongeng pendek 2
4.9. Mengkonstruksi sebuah dongeng pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 4
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 2
4.10. Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat 4
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca 2
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca 4
JUMLAH 64
2 3.12 Mengidentifikasi gugusan penting yang ada dalam tawaran aktivitas atau penelitian yang dibaca 2
4.12 Melengkapi warta dalam tawaran secara verbal agar lebih efektif 4
3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal 2
4.13 Merancang sebuah tawaran karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan 4
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca 2
4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah 4
3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah 2
4.15 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan 4
3.16 Membandingkan isi aneka macam resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi 2
4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi 4
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda 2
4.17 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan dongeng pendek atau novel yang sudah dibaca 4
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton 2
4.18 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan 4
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton 2
4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan 4
3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca 2
4.20 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian 4
JUMLAH 54
                                                                                                     Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                        Guru Bahasa Indonesia,
Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                              Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.                    
NIP 196505041989031014                                                     NIP  197207081998011001 


UNDUH FILE KLIK https://drive.google.com/open?id=1ZDyMo5kY96W5gsKXDkGnuIoJ8u8oXsMq

0 Response to "Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi Tahun Pelajaran 2018/2019"

Total Pageviews