Latest News

Besok Dini Hari, Gerhana Bulan Dengan Durasi Terlama Masa Ini

 gerhana bulan total kali ini durasinya paling usang di kala  Besok Dini Hari, Gerhana Bulan dengan Durasi Terlama Abad Ini






Sabtu (28/7/201) dini hari nanti, gerhana bulan total bakal terjadi. Istimewanya, gerhana bulan total kali ini durasinya paling usang di kala 21.

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto mengatakan, gerhana bulan total kali ini bakal berdurasi 1 jam 43 menit.

Gerhana bulan total 28 Juli ini terjadi alasannya bulan berada pada titik Apogee, atau titik terjauh dari Bumi. Gerhana bulan total menyerupai ini juga dikenal dengan istilah Micromoon alasannya penampakannya yang kecil, kebalikan dari gerhana bulan total yang terjadi pada Januari kemudian yang dikenal sebagai Super Blue Blood Moon. Disebut Super Blue Blood Moon alasannya ketika itu ukuran bulan terlihat lebih besar dan cerah.

Baca juga: Sholat Gerhana Bulan

Puncak dari gerhana bulan total 28 Juli sedikit lebih usang ketimbang gerhana bulan total biasa, ialah terjadi di pukul 03.23 WIB. Hal ini dikarenakan Bulan sedang berada di titik terjauh dari Bumi. Jarak Bulan dan Bumi yang menjadikan terjadinya gerhana bulan total Micro Blood Moon ini sejauh 406.223 kilometer.





Posisi jauhnya Bulan dari Bumi ini juga mensugesti pergerakan Bulan yang berjalan makin lambat di orbitnya. Hal ini menciptakan gerhana bulan total 28 Juli bakal menjadi gerhana bulan total dengan ukuran bulan terkecil dan durasi terlama di tahun 2018. Bahkan durasi ini tercatat sebagai durasi terlama di kala ke 21.
 gerhana bulan total kali ini durasinya paling usang di kala  Besok Dini Hari, Gerhana Bulan dengan Durasi Terlama Abad Ini

Diprediksi, kita gres bakal menemui gerhana bulan dengan durasi selama ini pada 9 Juni 2123 mendatang.

Bagi yang ingin kembali membaca tata Caranya sholat gerhana bulan, silahkan baca di Tata Caranya Sholat Gerhana Bulan







0 Response to "Besok Dini Hari, Gerhana Bulan Dengan Durasi Terlama Masa Ini"

Total Pageviews