Latest News

Bacaan Sholat Komplit 5 Waktu Bahasa Indonesia

Bacaan Sholat Komplit 5 Waktu 


Tuntunan Tata Caranya Doa Niat dan Terjemahannya - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Alhamdulillah segala puji bagi Allah dengan melalui karunianya kita semua masih diberikan kesempatan untuk bisa bersilaturrahmi walau hanya melalui MaknakelMaknakel ini, dan yg lebih pada dasarnya kita masih diberikan kesempatan untuk bisa berguru bersama dalam mengkaji sebahagian dari sekian banyak kajian islam mengenai apa yg kita perlukan dalam praktek sehari-hari, mirip halnya di halaman ini saya bakal menuliskan tuntunan bacaan sholat Musti/harus Komplit dengan terjemahannya.
Sebelumnya saya reset pada pencarian di google untuk menemukan apa yg saudara/i carikan terkait bacaan sholat ada beberapa kata pencarian yg saya temukan, antara lain bacaan sholat dan terjemahannya, tuntunan bacaan sholat, bacaan niat sholat magrib, sholat subuh, bacaan sholat atau bacaan niat sholat itu semua merupakan suatu keharusan untuk kita kerjakan dalam sehari-hari dalam mengerjakan sholat alasannya yaitu niat menjadi sebuah kewajiban atau rukun dalam mengerjakan sholat.  

Pada kesempatan ini saya bakal membawakan konten sesuai apa yg ditulis pada tema diatas, namun saya bukan bermaksud menggurui hanya kita sama-sama berguru ya, mengenai tema tertulis diatas yakni bacaan sholat 5 waktu, bacaan niat sholat sendiri di rumah namun sebagai seorang pria utamakanlah untuk menunaikan sholat berjamaah di masjid, atau juga niat sholat lima waktu berjamaah sebagai makmum, baik waktu sholat dzuhur, ashar, maghrib, isya, sholat shubuh disini bakal saya tuliskan. 
 
Sholat mempunyai kedudukan yg sangat tinggi alasannya yaitu itu sholat merupakan ibadah yg paling utama untuk dikerjakan dan jangan sekali-kali untuk coba meninggalkannya, sholat itu tiangnya agama maka bilamana ada seorang muslim yg dengan sengaja meninggalkannya maka ia sama halnya dengan merobohkan agama islam. Sholat juga merupakan rukun islam yg kedua setelah bersyahadat, dalam sholat juga terdapat bacaan dua kalimah syahadat, namun bukan berMakna yg ke tiga, empat dan lima juga bukan utama, tentu saja itu merupakan sesuatu yg Musti diutamakan juga, bakal tetapi yg tiga rukunnya itu ada waktunya yg khusus, jakat yg Musti/harus dikala bakal menjelang idul fitri, puasa di bulan ramadhan, dan menunaikan ibadah haji diutamakan bagi seseorang yg mampuh dalam segala halnya. Bakal lebih baik jugi jikalau kita di iringi dengan melakukan dan memperbanyak sholat sunnah, berinfak dan memanfaatkan kesempatan untuk menunanaikan puasa-puasa sunnah yg telah di tentukan dalam aliran islam dan tidak melaksanakannya pada waktuwaktu khusus yg diharamkan untuk mengerjakan Wirid atau Bacaan-Wirid atau Bacaan tersebut. Nah berikt dibawah ini bakal saya tuliskan untuk niat bacaan shalat Musti/harus 5 waktu dzuhur, ashar, maghrib, isya dan shubuh dalam bahasa arab latin dan Maknanya
(Bacaan niat sholat fardhu 5 waktu sebagai makmum)

 

 Bacaan Niat Sholat Dzuhur :

USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA. 
Maknanya : "Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karen  Allah Ta'ala"

 Bacaan Niat Sholat Ashar :

USHOLLII FARDHOL 'ASHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Maknanya : "Aku berniat shalat fardu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya yaitu Allah Ta'ala" 

Bacaan Niat Sholat Maghrib :



USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAAAN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Maknanya : "Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya yaitu Allah Ta'ala" 

Bacaan Niat Sholat Isya :

 ُ USHOLLII FARDHOL 'ISYAA'I ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA. 
Maknanya : "Aku berniat shalat fardu 'Isya empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya yaitu Allah Ta'ala" Bacaan 

Niat Sholat Shubuh :


USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA. 
Maknanya : "Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya yaitu Allah Ta'ala" 
Itulah untuk pola bacaan niat sholat 5 waktu sebagai seorang makmum yg dilaksanakan setrik berjamaah dan berikut dibawah ini saya tuliskan juga untuk contoh.
 sebagai seorang imam yg memimpin sholat, namun disini bakal saya tuliskan salahsatu pola niat imam dari lima waktu sholat, alasannya yaitu bacaanya sama mirip yg tertulis diatas , hanya ada sedikit saja yg di ubah antara adaa-an ma'muuman menjadi ada-an imaaman sebagai seorang imam.
 (Bacaan niat sholat fardhu sebagai imam)
 
USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA. 
Maknanya : "Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai Imam alasannya yaitu Allah Ta'ala" 
Dan berikut dibawah ini sengaja saya tuliskan juga untuk pola bacaan niat sholat yg di kerjakan secar sendirian atau (munfaridz)
1. munfaridz  َ
USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA. 
Maknanya : "Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat alasannya yaitu Allah Ta'ala" 
Seperti apa yg telah kita ketahui dalam mengedalkan niat sholat terpenting niatnya di dalam hati dengan khusyu, dan untuk mengucapkan setrik mulut hukumnya sunnat, namun untuk meraih kesempurnaan bacalah setrik mulut dan baca di dalam hati, dalam bacaan sholat berikutnya di lanjutkan dengan membaca bacaan doa iftitah, dan berikut untuk bacaannya. 
2. Bacaan Doa Iftitah
 Alla-ahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lil-laahi katsi-iran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Inni-i waj-jahtu wajhiya lilladzii fatharas-sama-awa-ati wal ardha haniifam-muslimawwama-a anaa minal musyriki-ina. Inna shala-atii wa nusukii wa mahyaa-ya wa mama-atii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimi-ina. 
Maknanya : "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yg sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yg telah membuat langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan saya bukanlah termasuk orang-orang yg menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yg tiada satu pun sekutu bagi-Nya.
 Dengan semua itulah saya diperintahkan dan saya yaitu termasuk orang-orang yg berserah diri (muslim)".
 3. Selanjutnya Membaca Surat Al-Fatihah Bacaan Surat fatihah

Dalam Tulisan Arab : Bismilla_hir rahma_nir rahim /i. Alhamdu lilla_hi rabbil 'a_lamin /a 1. Ar rahma_nir rahim /i. 2. Ma_liki yaumid din /i. 3. Iyyaaka na’budu wa-iyyaaka nasta’iin /u. 4. Ihdinaa alshshiraatha almustaqiim /a. 5. Shiraathalladziina an’amta ‘alayhim ghayrilmaghdhuubi ‘alayhim walaaldhdhaalliin /a. 6. Maknanya : "Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam". Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. yg menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yg saya sembah, dan hanya kepada Engkaulah saya meminta pertolongan. Tunjukilah saya jalan yg lurus. yaitu Jalan orang-orang yg telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan mereka yg dimurkai dan bukan pula jalan mereka yg sesat". 
4. Di Lanjut Dengan Membaca Keliru satu surat dari al-qur'an, boleh apa saja sekemampuan masing-masing contohnya membaca surat pendek mirip al-akhlas.
Qul huwa allaahu ahadun, allaahu shamadu, lam yalid walam yuuladu, walam yakun lahu kufuwan ahadun.
 Maknanya : Katakanlah: Dia-lah Allah, yg Maha Esa Allah yaitu Tuhan yg bergantung kepada-Nya segala sesuatu Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan Dan tidak ada seorangpun yg setara dengan  dia

0 Response to "Bacaan Sholat Komplit 5 Waktu Bahasa Indonesia"

Total Pageviews