Latest News

Pengalaman Pra Ojt Alfamart

 Pengalaman Melamar Kerja di Alfamart

 Kali ini saya bakal menceritakan pengalaman saya melamar pekerjaan di PT Pengalaman Pra OJT Alfamart

 Selamat Pagi… Kali ini saya bakal menceritakan pengalaman saya melamar pekerjaan di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. atau disingkat jadi (PT. SAT) yg lebih dikenal dengan nama Alfa Mart. Mengapa saya pilih PT. SAT? itu sebab PT. SAT ini merupakan Keliru satu perusahaan retail terbesar dan terbaik di Indonesia, yg saya rasa potensi saya bakal lebih berkembang disana, Mengapa? Karena PT. SAT yakni sebuah perusahaan besar, jadi apabila kita bekerja di perusahaan besar maka kita bakal banyak kesempatan berguru mengenai hal-hal yg besar, Keliru satunya masalah-masalah yg bakal kita hadapi tentunya bakal lebih besar pula, nah apabila kita terbiasa mengatasi masalah-masalah yg besar bakal membuat kita menjadi lebih berkembang.

Oke guys,,, kini saya bakal menceritakan pengalaman saya dari awal melamar pekerjaan ke PT. SAT hingga Saat ini,,, (saat menulis ini saya sedang mengikuti in class pelatihan hari ke 3).
Jadi begini,,, saya lulus kuliah di bulan April 2018, setelah itu mulai deh tuh saya mencari pekerjaan, yg pertama tujuan saya yakni melamar ke PT. SAT, cari-cari info lowongan belum ada, job fair pun belum ada, hingga karnanya saya pun teringat teman seperjuangan saya yg kerja di PT. SAT, karnanya saya datangin ke rumahnya malam-malam untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di PT. SAT. pada malam itu beliau masih belum tau lowongan apa saja yg sedang dibuka, saya disuruh tiba kembali esok harinya, kemudian malamnya saya tiba lagi kerumahnya dan kita mulai ngobrol-ngobrol mengenai lowongan pekerjaan di PT. SAT. saya eksklusif melamar di posisi CT (Coordinator Trainee).

Saya menunggu kabar selanjutnya, setelah beberapa hari karnanya ada kabar untuk ikut proses seleksi tes psikotes di kantor cabang SAT (Branch Bandung 1) yg terletah di tempat Cisaranten Gede Bage pada tanggal 28 Mei 2018 (2 ahad setelah saya melamar). setelah menunggu 2 minggu, karnanya waktu psikotes tiba, saya berangkat dari rumah pagi-pagi sekali sebab jarak dari rumah saya ke kantor SAT cukup jauh, sekitar 1 jam. setelah hingga di kantor SAT banyak juga penerima yg ikut seleksi tes psikotes sekitar 100 orng, itu di satuain sama yg melamar di posisi MT juga. Sebelum tes dimulai tim recruitment menjelaskan terlebih dahulu wacana aktivitas CT (Coordinator Trainee), jujur aja saya gres denger istilah itu, tapi setelah dijelaskan panjang lebar bahwa CT (Coordinator Trainee) yakni sebuah aktivitas akselerasi yg dipersiapkan oleh perusahaan untuk Area Coordinator dan sebagai calon leader di masa depan hanya dalam waktu 1 tahun, satu tahun berikutnya yakni ikatan dinas, dan setelah ikatan dinas eksklusif diangkat jadi pegawai tetap, nah setelah mendengarkan klarifikasi itu saya semakin yakin untuk sanggup diterima kerja di SAT.

Proses Psikotes tidak mengecewakan usang juga, setelah selesai kemudian eksklusif diumumkan hasilnya, dari sekian banyak peserta, ada sekitar 70 orang yg lolos termasuk saya (terdiri dari penerima CT, MT dan karyawan toko). Kemudian eksklusif dilanjutkan tes toefle (untuk posisi CT dan MT), dan akhinya saya lolos juga, kemudian eksklusif interview HRD, tidak mengecewakan usang juga nih menunggu giliran interview sebab banyaknya peserta. setelah sekian usang menunggu karnanya giliran saya (sekitar jam 5 sore), waktu itu yg menginterview saya yakni Ibu Pretty, saya ditanya wacana profil diri, tau lowogan SAT dari mana, kegiatan sehari-hari apa, alasan melamar ke SAT, pengalaman organisasi, apa saja yg dilakukan Saat menjabat di organisasi, dan banyak lagi pokoknya, sekitar 30 menit interviewnya. Kemudian setelah itu katanya bakal dikabarin lagi dalam 2 minggu.

Satu bulan berlalu setelah interview HRD masih belum ada kabar juga, karnanya saya simpulkan bahwa saya gak lolos tuh. Akhirnya saya mencoba lagi melamar kesana kemari, setelah beberapa bulan, saya sanggup telpon dari SAT untuk interview USER pada tanggal 26 Agustus 2018, gak nyangka banget, soalnya udah usang juga kan. Pada waktu interview USER cuma ada sekitar 11 orang yg barengan sama saya, interviewnya gak usang kok, Cuma 10 menit doang, Cuma menceritakan profil diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, udah deh, tapi yg unik interview nya pake skype, video call gitu, hehe…. setelah itu, ibarat biasa tim recruitment bilang bakal dikabari lagi secepatnya, tapi sudah 1 bulan masih belum ada panggilan juga, saya sudah mulai hampir frustasi tuh,,, karnanya dipertengahan bulan oktober saya sanggup telpon dari SAT untuk mengikuti Medical Check Up pada hari jumat tanggal 23 Oktober 2018, pada Saat itu saya dikasih tau mengenai aktivitas CT yg bakal saya lalui setrik lebih detail . Saat medical check up ane terkejut juga sebab gak ada satu pun penerima tes yg dari awal bareng sama saya yg lolos, Cuma saya aja, yg lainnya yakni yg melamar di job fair bulan September.

Gak usang setelah medcheck karnanya saya di telpon dan diberi kabar bahwa saya lolos medcheck dan diundang untuk penandatanganan kontrak di cileungsi pada tanggal 6 November 2018, waktu di telpon saya dijelaskan apa saja yg Musti dibawa Saat penandatanganan kontrak. Sore hari saya menerima email dari SAT wacana pemberitahuan lolos seleksi dan ajakan penandatanganan kontrak, disana dilampirkan juga data pesertanya, nah saya hubungi aja tu penerima yg dari bandung, semoga ada teman untuk berangkat menuju Cileungsi, kemudian kita berkumpul di sebuah maal di bandung, dan karnanya saya memutuskan untuk merental kendaraan beroda empat dengan perhitungan lebih ekonomis dari pada naik kendaraan beroda empat umum, ada 7 orang berangkat yg dari bandung.

Kami mulai berangkat hari jum’at shubuh dan hingga tujuan sempurna waktu, proses penandatanganan kontrak dibuka oleh GM SAT eksklusif dan juga BM, disana dijelaskan wacana aktivitas yg bakal dijalani, uang saku, dan lain sebagainya. setelah itu saya kembali ke bandung dan pada hari senin saya berangkat dari bandung menuju mess di cileungsi, saya menggunakan motor ke cileungsi, seru banget pokoknya di perjalanan, hee

Sampai di mess kita istirahat, di mes ada 12 tempat tidur, pas banget soalnya penerima CT nya ada 12 orng, selain tempat tidur ada juga kemudahan lain ibarat TV, dispenser, pedingin ruangan, dll,,, pokoknya yummy banget deh,,, hee
Tiba saatnya hari pertama kita masuk (1 bulan in class training), udah kayak kuliah lagi deh,, heee… selama in class pelatihan kita bakal diberikan materi-materi mengenai seluk beluk wacana SAT, profile perusahaan, mempelajari berberapa divisi yg ada di SAT, dll…  seruu banget pokoknya, apalagi selama in class pelatihan kita sanggup snack dan makan siang, yummy banget kan hehe…. “Kami yakni CT 39..!!!!”. Sudah dulu yaaa,,,, nanti kalo ada waktu saya bakal ceritakan kembali wacana pengalaman saya di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. atau lebih dikenal dengan Alfa Mart. Terima kasih guys. “Kami Senang Melayani Anda”.

0 Response to "Pengalaman Pra Ojt Alfamart"

Total Pageviews