Latest News

Tugas (Ipa) Atrik Insan yg Mempengaruhi Ekosistem

Kegiatan Manusia yg Mempengaruhi Ekosistem


 Kegiatan Manusia yg Mempengaruhi Ekosistem Tugas (IPA) Kegiatan Manusia yg Mempengaruhi Ekosistem

Manusia memang  tidak sama dengan binatang dan tumbuhan. Manusia mempunyai daya pikir tinggi. Oleh karnanya, insan mulai membuat alat yg  mendukung dan mempermudah kehidupannya. Dalam bidang pertanian insan membuat traktor. Traktor tersebut menggantikan kerbau. Apa dampaknya terhadap lingkungan

Dulu insan menggunakan binatang sebagai alat transportasi. Kuda, keledai, dan sapi dipakai untuk menyeret pedati. Hewan-hewan itu juga sanggup ditunggangi setrik langsung. Dengan daya pikirnya, insan mulai mencari trik untuk mempermudah transportasi. Sekarang ada sepeda, motor, dan kendaraan beroda empat untuk mempermudah atrik manusia. Manusia bahkan telah membuat alat transportasi yg lebih canggih. Pesawat terbang, helikopter, dan pesawat jet merupakan bukti kepandaian manusia.

Kehidupan insan berubah seiring dengan perkembangan dan peradaban manusia. Manusia dengan kepandaiannya menemukan banyak sekali hal. Perubahan-perubahan itu mempermudah kehidupan manusia. Bakal tetapi, kemajuan itu juga memengaruhi keseimbangan lingkungan. Mengapa? Karena seringkali insan tidak memerhatikan lingkungan dan sumber daya alam yg terdapat di dalamnya. Manusia cenderung merusaklingkungan.

Berbagai atrik insan yg seringkali merusak lingkungan, contohnya sebagai berikut.
Dampak kemajuan di bidang transportasi ialah timbulnya polusi. Polusi udara ditimbulkan oleh asap kendaraan. Polusi bunyi berupa kebisingan mesin kendaraan. Polusi menjadikan ketidakseimbangan lingkungan.

Pengambilan kayu setrik besar-besaran mempengaruhi dan merusak lingkungan. Hutan gundul bakal membawa bencana. Pohon tidak hanya menyediakan oksigen, tetapi juga memberi banyak manfaat lain. Akar pohon berfungsi menahan air dan tanah. Jika hutan gundul, tanah bakal Mudah terbawa oleh pedoman air. Dampaknya ialah tanah longsor dan terjadinya banjir. Bagaimana dengan binatang dan tumbuhan yg hidup di hutan itu?

Penggunaan materi kimia setrik berlebihan mengakibatkan rusaknya lingkungan. Busa deterjen yg dibuang sembarangan ke sungai bakal membunuh organisme di sungai. Busa deterjen bakal menutupi permukaan sungai. Cahaya matahari tidak sanggup masuk dan fotosintesis tumbuhan dalam air bakal terganggu. Selain itu, limbah detergen bakal meracuni ikan-ikan sungai. Pembuangan limbah pabrik ke dalam sungai juga berakibat jelek bagi ekosistem sungai. Limbah pabrik ini mengandung materi berbahaya dan beracun. Penggunaan pupuk yg berlebihan mengganggu keseimbangan ekosistem sawah. Petani menyemprotkan materi kimia beracun yg disebut pestisida. Pestisida dipakai petani untuk membunuh hama.Bakal tetapi, pestisida juga sanggup membunuh makhluk hidup lainnya


untuk membunuh serangga (insektisida), dan untuk membunuh tumbuhan pengganggu (herbisida). Penggunaan pupuk yg melebihi dosis sangat merugikan. Penyemprotan insektisida setrik berlebihan juga menjadikan berkurangnya jumlah serangga. Padahal serangga juga membantu dalam penyerbukan.
Pembakaran hutan untuk lahan perkebunan dan pemukiman bakal kuat bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Dampak yg muncul alasannya kejadian pembakaran hutan ialah sebagai berikut Pencemaran udara alasannya asap kebakaran bakal menjadikan ISPA (infeksi kanal pernapasan atas).
Hewan-hewan yg ada dalam ekosistem hutan bakal keluar dari hutan dan masuk perkampungan memangsa binatang ternak dan tumbuhan perkebunan
 Rantai masakan terputus, alasannya Keliru satu komponen ekosistem rusak. Bahkan binatang herbivor dan karnivor mati. Pembuangan limbah pabrik ke sungai. Senangkah kau dengan sungai di daerahmu yg terkotori oleh limbah? Pembuangan limbah pabrik ke sungai bakal mengakibatkan hal-hal berikut ini.
  • Ikan di sungai mati, alasannya air sungai terkotori zat kimia.
  • Air tanah dalam sumur di sekitar sungai terkotori dan kualitas air tanah makin jelek
  •  Kualitas udara di sekitar sungai jelek dan mengeluarkan anyir yg tak sedap.
  • Penangkapan ikan menggunakan materi peledak dan racun bakal mengganggu keseimbangan ekosistem di lingkungan tersebut
 Kegiatan Manusia yg Mempengaruhi Ekosistem Tugas (IPA) Kegiatan Manusia yg Mempengaruhi Ekosistem




Dampak dari penggunaan materi peledak dan racun tersebut antara lain sebagai berikut:
  •  Semua jenis ikan yg bermacam-macam ukurannya bakal mati
  •  Ekosistem maritim (air) bakal rusak alasannya terkotori materi peledak dan racun
  •  Rusaknya terumbu karang di lautan
  • Populasi ikan bakal berkurang alasannya tempat bertelur dan berlindung ikan-ikan rusak. Percobaan senjata nuklir bakal menjadikan radiasi zat kimia yg sangat membahayakan kelangsungan hidup makhluk hidup. Akibat  yg muncul dari percobaan senjata nuklir antara lain sebagai berikut.
  •  Pemanasan global yg berakibat es di kutub utara makin cepat mencair.
  • Pencemaran zat radioaktif yg sangat mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup yg ada di bumi.

Efek rumah beling ialah peningkatan suhu di permukaan bumi alasannya kurangnya peresapan energi panas dan cahaya matahari. Mengapa? Tumbuhan hijau yg menggunakan energi matahari tinggal sedikit. Penggundulan hutan bakal memusnahkan populasi tumbuhan. Ditambah lagi berkurangnya jalur hijau dan taman-taman kota. Belum lagi CO2 dan CO dari sisa pembakaran kendaraan dan mesin pabrik yg bersifat mengikat panas. Jika jumlah tumbuhan hijau sebagai penetral sisa pembakaran semakin berkurang, maka panas dari matahari tidak sanggup dipantulkan keluar dari permukaan bumi. Dampak dari kejadian imbas rumah beling ialah terjadinya pemanasan global. Pemanasan global menjadikan cairnya es di kutub utara dan selatan. Bakal tetapi jikalau tidak terjadi imbas rumah kaca, permukaan bumi  yg kita tempati bakal membeku. 

supaya ber,anfaat :)












0 Response to "Tugas (Ipa) Atrik Insan yg Mempengaruhi Ekosistem"

Total Pageviews