Latest News

Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X



PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti

3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah nyata dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan


No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
3.1       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan ekspresi dan tulis.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.1.1.  Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2.      Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
2.
4.1       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara ekspresi maupun tulis.
4.1.1  Menafsirkan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
4.1.2   Mempresentasikan teks laporan hasil observasi
3.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.      Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.2.1.  Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.2.  Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.3.  Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
4.
4        
4.1        
4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik ekspresi maupun tulis.
4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3   Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah disusun..
5.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.      Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.3.1.  Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2.  Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3.  Menggali  kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
6.
4.3       Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara ekspresi dan / tulis.
4.3.1  Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi
4.3.2   Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
7.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.      Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.4.1.  Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca.
3.4.2.  Menumukan kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3.  Membandingkan dua teks eksposisi
8.
4.4       Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
4.4.1  Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan.
4.4.2   Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
9.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.      Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.5.1.  Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2.  Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
10.
4.5       Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik ekspresi maupun tulis
4.5.1   Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2   Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun.
11.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.6.1.  Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot
3.6.2.  Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
12.
4.6       Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik ekspresi maupun tulis
4.6.1  Menyusun teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2   Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
13.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.      Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik ekspresi maupun tulis.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.7.1.  Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat.
3.7.2.  Mendata karakteristik dalam hikayat.
3.7.3.  Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
14.
4.7       Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
4.7.1  Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok isi dalam hikayat.
4.7.2  Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.3   Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun

15.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.      Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.8.1.  Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan dongeng rakyat.
3.8.2.  Menjelaskan perbedaan dan persamaan  nilai-nilai dalam cerpen dan dongeng rakyat.  
16.
4.8       Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.1 Menyusun kembali isi dongeng rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2   Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun..
17.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.       
3.9.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.9.1   mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 3.9.2    mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca 
18.
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
4.9.1  Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.2   Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.
19.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.  Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan ekspresi maupun tertulis.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.10.1.  Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pengajuan dalam bernegosiasi.
3.10.2.  Menilai masalah, bagaimana cara memberikan penawaran dalam bernegosiasi.
3.10.3.  Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
20.
4.10    Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara ekspresi atau tulis.
4.10.1    Mengungkapkan cara pengajuan dalam bernegosiasi.
4.10.2    Mengungkapkan cara penawaran dalam bernegosiasi.
4.10.3    Mengungkapkan cara pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
4.10.4    Memberikan tanggapan hasil kerja sahabat atau kelompok lain secara ekspresi berupa kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi dan kalimat
21.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.  Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.11.1.  Menentukan struktur: orientasi (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
3.11.2.  Menentukan struktur: permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
3.11.3.  Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
22.
4.11    Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan.
4.11.1   Menyusun teks perundingan dengan memerhatikan struktur teks.
4.11.2   Menyusun teks perundingan dengan memerhatikan aspek kebahasaan.
4.11.3    Mempresentasikan teks perundingan yang telah disusun.
23.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.  Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan tanggapan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.12.1.  Mengidentifikasi permasalahan dari simulasi debat yang menjadikan pro dan kontra yang diperankan oleh akseptor didik..
3.12.2.  Mengidentifikasi tanggapan dari simulasi debat yang menjadikan pro dan kontra yang diperankan oleh akseptor didik.
24.
4.12    Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan tanggapan dari debat secara ekspresi untuk memberikan esensi dari debat.
4.12.1    Melaksanakan debat
4.12.2    Mengevaluasi pelaksanaan debat.
25.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.  Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.13.1.  Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).
3.13.2.  Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat..
26.
4.13    Mengembangkan permasalahan/isu dari aneka macam sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
4.13.1    Melaksanakan debat.
4.13.2    Mengevaluasi pelaksanaan debat.

27.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.  Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.14.1.  Mengidentifikasi tragedi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
28.
4.14    Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.
4.14.1    Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tragedi yang tertuang dalam dalam teks biografi 
4.14.2    Memberikan komentar secara ekspresi terhadap hasil kerja sahabat atau kelompok lain.
4.14.3    Memberikan komentar secara  tertulis terhadap hasil kerja sahabat atau kelompok lain.

29.
3.15.  Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.15.1.  Mendata  pokok-pokok isi biografi dalam teks biografi.
3.15.2.  Mendata  ciri kebahasaan dalam teks biografi.
30.
4.15    Menceritakan kembali isi teks biografi baik ekspresi maupun tulis
4.15.1    Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan, pendidikan, karier, perjuangan)
4.15.2    Memberikan tanggapan secara ekspresi terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman

31.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.16.  Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.16.   
3.16.1.  Mendata suasana dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
3.16.2.  Mendata tema dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
3.16.3.  Mendata makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
32.
4.16    Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.16.1    Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal
4.16.2    Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan ekspresi
4.16.3    Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
33.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.16.   
3.17.  Menganalisis  unsur pembangun puisi.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.16.   
3.17.   
3.17.1.  Mendata kata-kata yang memberikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); dalam puisi. 
3.17.2.  Mendata kata-kata yang memberikan rasa (feeling), nada, dan amanat dalam puisi. 

34.
4.17    Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
4.17.1   Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense). 
4.17.2   Menulis puisi dengan memerhatikan rasa (feeling), nada, dan amanat  
4.17.3    Mempresentasikan puisi yang telah ditulis  
35.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.16.   
3.17.   
3.18.  Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.15.   
3.16.   
3.17.   
3.18.   
3.18.1.  Menganalisis kelebihan buku yang dibaca
3.18.2.  Menganalisis kekurangan buku yang dibaca
36.
4.18    Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
4.18.1    Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
4.18.2    Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis

                                                                                     Boyolali, 2 Juli 2018

Mengetahui

Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali                                   Guru Mata Pelajaran


Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.    
NIP 196505041998031014                                         NIP 197207081998011001


0 Response to "Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X"

Total Pageviews