BACA JUGA RPP LENGKAP KELAS X, XI, XII KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai belahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis. | 3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi 3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis. | 4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi 4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik sanggup Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan 1
1. Teks laporan hasil observasi
2. Isi teks laporan hasil observasi
3. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model : discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan (pertemuan 2)
Metode : penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
G. Bahan dan Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya |
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memperlihatkan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kau lakukan saat menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?” 3. Peserta didik mendapatkan isu wacana materi dan tujuan yang akan dipelajari serta aktivitas yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi. | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
2. INTI | Discovery 1. Stimulasi ( pinjaman rangsangan) a. Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa). b. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang. 2. Identifikasi Masalah Peserta didik menyimak klarifikasi pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi duduk kasus yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu 1. Isi pokok teks laporan hasil observasi 2. Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi 3. Pengumpulan data Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. 4. Pengolahan data a. Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi b. Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi 5. Pemeriksaan data a. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain wacana isi pokok teks laporan hasil observasi b. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain wacana ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi 6. Penarikan kesimpulan Di bawah bimbingan pendidik, penerima didik menyimpulkan: a. Isi teks laporan hasil observasi b. Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi | Literasi Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) Kreativitas (Creativity) | 70 menit |
3. Penutup | Kegiatan pendidik bersama penerima didik yaitu : a. Memberi penghargaan kepada satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai tanggapan yang paling benar dan bisa bekerja sama secara tim. b. Pendidik melakukan penilaian c. Pendidik memperlihatkan tugas d. Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya. | HOTS | 10 menit |
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi waktu |
1. Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik wacana materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian wacana teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi. 3. Peserta didik mendapatkan isu wacana materi dan tujuan yang akan dipelajari serta aktivitas yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini. | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
2. Inti | 1. Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa. 2. Peserta didik dikelompokkan menjadi bebebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri. 3. Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing. 4. Siswa lain menilai temannya dengan mengisi rubrik evaluasi yang dibagikan guru 5. Setiap kelompok menentukan ringkasan yang terbaik 6. Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas. | Literasi Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Penutup | Kegiatan penerima didik bersama pendidik, yaitu: a. Membuat kesimpulan bahu-membahu wacana cara menciptakan ringkasan yang benar b. Pendidik melakukan penilaian c. Pendidik memperlihatkan kiprah untuk memperkuat hasil belajar d. Mengingatkan wacana pembelajaran di hari berikutnya. | Kreativitas HOTS | 10 menit |
G. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik evaluasi : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b. Bentuk Penilaian : kiprah individu dan kiprah kelompok.
c. Instrumen penilaian: lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian : tes penugasan
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen evaluasi : lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada penerima didik untuk membenahi kiprah yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : X/ 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 |
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis.
Indikator : 3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi : 1. Isi teks laporan hasil observasi
2. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
1. Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a. Apakah wayang itu?
b. Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c. Ada berapa jenis wayang menurut pembuatannya?
d. Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2. Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3. Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan memakai bagan berikut!
No | Hal | Pengertian | Contoh |
1 | Nomina | Kata : Frasa: | |
2 | Verba | Kata: Frasa: | |
3 | Kalimat definisi dan kalimat deskripsi | ||
4 | Kalimat simpleks | ||
5 | Kalimat kompleks |
4. Lalu presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman penyekoran:
No soal | Deskripsi | Skor | Skor maksimal |
1a | Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat | 5 | ||
1b | Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat | 5 | ||
1c | Menjawab dengan benar disertai 3 contoh. | 10 | 10 |
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh | 5 | ||
Menjawab dengan benar disertai 1 contoh | 3 | ||
1d | Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang sempurna . | 5 | ||
2 | Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat | 5 | ||
3.1 | Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang kurang tepat | 5 | ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan teladan yang tidak tepat | 3 | ||
3.2 | Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang kurang tepat | 5 | ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan teladan yang tidak tepat | 3 | ||
3.3 | Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang kurang tepat | 5 | ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan teladan yang tidak tepat | 3 | ||
3.4 | Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang kurang tepat | 5 | ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan teladan yang tidak tepat | 3 | ||
3.5 | Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang tepat | 10 | 10 |
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan teladan yang kurang tepat | 5 | ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan teladan yang tidak tepat | 3 | ||
Total | 100 |
Kunci
1.a. wayang yaitu suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya orisinil Indonesia
1.b.fungsi pertunjukkan wayang yaitu sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket yaitu wayang yang merupakan tirua dari aneka macam figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi alasannya ditulis menurut hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No | Hal | Pengertian | Contoh |
1 | Nomina | Nomina yaitu kata benda Kata yaitu satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas Frasa yaitu unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif | Kata : wayang Frasa: wayang orang |
2 | Verba | Verba yaitu kata kerja | Kata: adalah Frasa: sudah membagi |
3 | Kalimat definisi | Kalimat yang memakai verba definitif | Wayang yaitu seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya orisinil Indonesia |
Kalimat simpleks | Kalimat yang memakai verba deskriptif | Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari materi tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit | |
4 | Kalimat kompleks | Kalimat yang mempunyai dua atau lebih kompleks | Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik |
5 | Kalimat simpleks | Kalimat yang hanya mempunyai satu klausa | Kelelawar merupakan binatang unik |
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang kemudian buatlah ringkasannya!
2. Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi dasar :
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik evaluasi presentasi ringkasan
No | Nama | Aspek penilaian | Total nilai | ||
kelancaran | Kelengkapan informasi | Kebenaran isi | |||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
Aspek evaluasi | kriteria | Rentang skor | Skor maksimal |
Kelancaran | Sangat lancar menyamapiakn isi teks | 85-100 | 100 |
Cukup lancar memberikan isi teks | 70-84 | ||
Kurang lancar memberikan isi teks | 55-69 | ||
Tidak lancar memberikan isi teks | 54-40 | ||
Kelangkapan informasi | Isi teks yang disampaikan sangat lengkap | 85-100 | 100 |
Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap | 70-84 | ||
Hanya separuh isi teks yang disampaikan | 55-69 | ||
Isi teks yang disampaikan hanya sedikit | 54-40 | ||
Kebenaran isi | Isi teks yang disampaikan benar semua | 85-100 | 100 |
Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar | 70-84 | ||
Isi teks yang disampaikan separuh yang benar | 55-69 | ||
Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah | 54-40 | ||
Total |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis | Menentukan isi pokok laporan hasil observasi | X/1 | Disajikan teks laporan hasil observasi, penerima didik sanggup menentukan isi pokok laporan hasil observasi | C4 (menganalisis) | Uraian | 1 |
Menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi | X/1 | Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik sanggup menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi | C4 (menganalisis) | uraian | 2 |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Nomor | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Keterampilan | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulisan | Isi pokok laporan hasil observasi | X/1 | Disajikan teks laporan hasil observasi , penerima didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraf | P3; Presisi Menunjukkan | Uraian | 3 |
Disajikan teks laporan hasil observasi, penerima didik bisa menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan | P5: naturalisasi Mendesain | uraian | 4 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar : 3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis
Materi : teks laporan hasil observasi
Indikator soal no:
1. Disajikan teks laporan hasil observasi, penerima didik sanggup menentukan isi pokok laporan hasil observasi
2. Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik sanggup menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3. Disajikan teks laporan hasil observasi , penerima didik bisa menentukan gagasan utama tiap paragraph
4. Disajikan teks laporan hasil observasi, penerima didik bisa menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah ringkasan
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1996505041989031014 NIP 197207081998011001
BACA MATERI PEMBELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
BACA MATERI PEMBELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK /search?q=rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Teks Laporan Hasil Observasi"