RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan warta dalam bentuk komentar dan laporan
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengkritik/memuji banyak sekali karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun.
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mengkritik karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun.
2. Mampu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun disertai alasan yang logis.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa bisa mengkritik/memuji banyak sekali karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas, santun dan komunikatif.
E. Nilai PBKB
1. Menghargai Karya Orang Lain
2. Santun
3. Komunikatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Menghargai Karya Orang Lain
a. mampu memuji karya seni
b. mencermati teladan puisi
- Santun
a. mampu menunjukkan kritik dengan bahasa yang santun
b. mampu memuji karya seni dengan bahasa yang santun
- Komunikatif
a. mampu menunjukkan kritik dengan bahasa yang lugas dan komunikatif
b. mapu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan komunikatif
G. Materi Pembelajaran
- Kritik terhadap karya seni
- Pujian terhadap karya seni
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang kondisi fisik sebuah karya seni (materi tanya jawab mengarah ke kritikan dan pujian) 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Guru dan siswa bertanya jawab perihal hal-hal yang bekerjasama dengan menilai karya seni dengan pertanyaan,”Siapa yang suka membaca puisi, cerpen. melukis? Siapa yang suka menulis puisi, cerpen, melukis, atau menciptakan karya seni yang lain? Apakah semua karya seni yang pernah kita baca atau yang kita buat niscaya bagus? Apa reaksi kita terhadap karya seni yang kita cermati? Apa apresiasi orang dikala menikmati karya seni kita? Mengkritik atau memuji? (komunikatif) 2. Secara berkelompok siswa mencermati karya seni( c.q puisi) yang sudah disiapkan guru Elaborasi 3. Masih dalam kelompok masing-masing siswa menentukan materi yang sanggup dijadikan bahan kritikan dan kebanggaan terhadap karya seni disertai dengan alasan logisnya. 4. Secara perseorangan siswa menciptakan kalimat kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga terdapat alasan logis. (santun) 5. Siswa saling bertukar pekerjaan dengan sahabat lain dalam satu kelompok untuk saling menunjukkan balasan dan menentukan kalimat kritikan dan kalimat kebanggaan terbaik. (menghargai karya orang lain) 6. Siswa saling menukar hasil kerja terbaik ke kelompok lain. 7. Setiap kelompok menunjukkan evaluasi terhadap hasil kerja kelompok lain( satu kelompok dinilai oleh dua kelompok yang berbeda)
Konfirmasi
| |||
C. | Penutup | 5’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sehabis mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mengkritik dan memuji karya seni? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif 5. Siswa mendapatkan warta mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa perihal capaian materi/kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru mengingatkan kembali tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Secara lebih intensif guru dan siswa bertanya jawab perihal capaian kompetensi siswa pada pertemuan pertama (kalimat kritikan dan pujian) 2. Siswa mencermati sebuah puisi (puisi yang berbeda dengan pertemuan pertama) yang diperlihatkan oleh guru Elaborasi 3. Secara perseorangan siswa menentukan materi yang sanggup dijadikan bahan kritikan dan kebanggaan terhadap puisi disertai dengan alasan logisnya. 4. Secara perseorangan siswa menciptakan kalimat kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga terdapat alasan logis. (santun) 5. Siswa saling bertukar pekerjaan dengan sahabat sebangku untuk saling menunjukkan tanggapan. (menghargai karya orang lain) Konfirmasi
# Selanjutnya siswa melaksanakan evaluasi untuk pengukuran pencapaian kompetensi. | |||
C. | Penutup | 5’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang kalimat kritikan dan pujian. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sehabis mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mengkritik dan memuji karya seni? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (Siswa menulis kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang ditunjukkan guru dan aktivitas berdikari tidak terstruktur (Siswa menulis kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang dipilih siswa). 7. Siswa mendapatkan warta mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 4 – 5)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Hasil karya seni (beberapa teladan puisi dan cerpen)
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 9-16
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
1) Buatlah kritikan atau kebanggaan terhadap karya seni berikut disertai dengan alasan yang logis dan bahasa yang lugas dan santun.
Pedoman Penskoran
No. | Aspek yang dinilai | Skor | |||
1 | Keberadaan materi yang dikritik | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Kejelasan kritikan/pujian | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Kelogisan alasan | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Keberadaan saran/penghargaan | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Kelugasan dan kesantunan bahasa | 1 | 2 | 3 | 4 |
Skor Maksimal | 20 |
Perolehan Skor | ||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
20 |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | ||
Menghargai Karya Orang Lain | Santun | Komunikatif | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kd 2.1 Mengkritik Karya Seni Kurikulum 2006"