Latest News

Rpp Bahasa Indonesia Kd 2.1 Mengkritik Karya Seni Kurikulum 2006



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3



Nama Sekolah
:
SMP ----------------------------
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu           
:
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan warta dalam bentuk komentar dan laporan



B.     Kompetensi Dasar

      2.1 Mengkritik/memuji banyak sekali karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun.



C.     Indikator Pencapaian KD

1.      Mampu mengkritik karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun.

2.      Mampu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun disertai  alasan yang logis.



D.    Tujuan Pembelajaran

Siswa bisa mengkritik/memuji banyak sekali karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas, santun dan komunikatif.





E.     Nilai PBKB

1.      Menghargai Karya Orang Lain

2.      Santun

3.      Komunikatif



F.      Indikator Pencapaian PBKB

  1. Menghargai Karya Orang Lain

a.      mampu memuji karya seni

b.      mencermati teladan puisi

  1. Santun

a.      mampu menunjukkan kritik dengan bahasa yang santun

b.      mampu memuji karya seni dengan bahasa yang santun

  1. Komunikatif

a.      mampu menunjukkan kritik dengan bahasa yang lugas dan komunikatif

b.      mapu memuji karya seni dengan bahasa yang lugas dan komunikatif



G.    Materi Pembelajaran

  1. Kritik terhadap karya seni
  2. Pujian terhadap karya seni











H.    Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Penugasan

4.      Tanya jawab



I.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang kondisi fisik sebuah karya seni (materi tanya jawab mengarah ke kritikan dan pujian)
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.          Guru memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai  silabus.



B.
Inti
55’


Eksplorasi
1.      Guru dan siswa bertanya jawab perihal hal-hal yang bekerjasama dengan menilai karya seni dengan pertanyaan,”Siapa yang suka membaca puisi, cerpen. melukis? Siapa yang suka menulis puisi, cerpen, melukis, atau menciptakan karya seni yang lain? Apakah semua karya seni yang pernah kita baca atau yang kita buat niscaya bagus? Apa reaksi kita terhadap karya seni yang kita cermati? Apa apresiasi orang dikala menikmati karya seni kita? Mengkritik atau memuji?  (komunikatif)
2.      Secara berkelompok siswa mencermati karya seni( c.q puisi) yang sudah disiapkan guru

Elaborasi
3.      Masih dalam kelompok  masing-masing siswa menentukan materi yang sanggup dijadikan bahan kritikan dan kebanggaan terhadap karya seni disertai dengan alasan logisnya.
4.      Secara perseorangan siswa menciptakan kalimat kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga terdapat alasan logis. (santun)
5.      Siswa saling bertukar pekerjaan dengan sahabat lain dalam satu kelompok untuk saling menunjukkan balasan dan menentukan kalimat kritikan dan kalimat kebanggaan terbaik. (menghargai karya orang lain)
6.      Siswa saling menukar hasil kerja terbaik ke kelompok lain.
7.      Setiap kelompok menunjukkan evaluasi terhadap hasil kerja kelompok lain( satu kelompok dinilai oleh dua kelompok yang berbeda)
  1. Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja  teman kelompok lain
  2. Siswa mengoreksi hasil kerja teman kelompok lain
Konfirmasi
  1. Guru menunjukkan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
  2. Dengan isyarat dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau final mengenai kritikan dan kebanggaan terhadap karya seni.


C.
Penutup
5’


1.    Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.    Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian sehabis mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mengkritik dan memuji karya seni?
3.     Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.     Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif
5.     Siswa mendapatkan warta mengenai rencana pembelajaran berikutnya.







Pertemuan kedua

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Secara sekilas guru bertanya jawab dengan siswa perihal capaian materi/kompetensi pada pertemuan pertama.
3.        Guru mengingatkan kembali  tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.          Guru memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai  silabus.



B.
Inti
55’


Eksplorasi
1.        Secara lebih intensif guru dan siswa bertanya jawab perihal capaian kompetensi siswa pada pertemuan pertama (kalimat kritikan dan pujian)
2.        Siswa mencermati sebuah puisi (puisi yang berbeda dengan pertemuan pertama) yang diperlihatkan oleh guru

Elaborasi
3.      Secara perseorangan siswa menentukan materi yang sanggup dijadikan bahan kritikan dan kebanggaan terhadap puisi disertai dengan alasan logisnya.
4.      Secara perseorangan siswa menciptakan kalimat kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun yang di dalamnya juga terdapat alasan logis. (santun)
5.      Siswa saling bertukar pekerjaan dengan sahabat sebangku untuk saling menunjukkan tanggapan. (menghargai karya orang lain)


Konfirmasi
  1. Beberapa siswa  (ditunjuk guru) mempresentasikan hasil pekerjaannya (komunikatif)
  2. Guru menunjukkan konfirmasi terhadap hasil kerja siswa yang dipresentasikan.
  3. Siswa mengoreksi hasil kerja masing sesuai dengan konfirmasi dari guru.
#  Selanjutnya siswa melaksanakan evaluasi untuk pengukuran pencapaian kompetensi.



C.
Penutup
5’


1.      Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang kalimat kritikan dan pujian.
2.    Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian sehabis mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mengkritik dan memuji karya seni?
3.     Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.     Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Menghargai Karya Orang Lain, Santun dan Komunikatif
5.     Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.     Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (Siswa menulis kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang ditunjukkan guru dan aktivitas berdikari tidak terstruktur (Siswa menulis kritikan dan kebanggaan dengan bahasa yang lugas dan santun terhadap cerpen tertentu yang dipilih siswa).
7.     Siswa mendapatkan warta mengenai rencana pembelajaran berikutnya.





J.        Sumber Pembelajaran

1.        Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 4 – 5)

2.        Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.

3.         Hasil karya seni (beberapa teladan puisi dan cerpen)

4.        E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 9-16

5.         Hasil karya siswa



K.    Penilaian

1.      Penilaian Pencapaian KD

a.      Teknik                     :  Tes Tulis

b.      Bentuk Instrumen :  Tes Uraian

c.       Soal/ Instrumen    : 

                                   

1)             Buatlah kritikan atau kebanggaan terhadap karya seni berikut disertai dengan alasan yang logis dan bahasa yang lugas dan santun.

Pedoman Penskoran



No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
Keberadaan materi yang dikritik
1
2
3
4
2
Kejelasan kritikan/pujian
1
2
3
4
3
Kelogisan alasan
1
2
3
4
4
Keberadaan saran/penghargaan
1
2
3
4
5

Kelugasan dan kesantunan bahasa
1
2
3
4

Skor Maksimal
20








Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


20






2.      Penilaian PBKB

No.
Pencapaian Penilaian PBKB
Nilai PBKB
Skor
Menghargai Karya Orang Lain
Santun
Komunikatif
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat
2
2
2
6
4
BT (belum terlihat)
1
1
1
3

Skor Maksimal
4
4
4
12





                                                                                                                                                            ----------------------------



Mengetahui

Kepala Sekolah,                                             Guru Bahasa Indonesia,







----------------------------                                      ----------------------------

----------------------------                                      ----------------------------


0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kd 2.1 Mengkritik Karya Seni Kurikulum 2006"

Total Pageviews