RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
1. Memahami obrolan interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
B. Kompetensi Dasar
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam obrolan interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
2. Mampu mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa sanggup mendata pendapat tiap-tiap narasumber secara cermat.
- Siswa sanggup mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang logis dan komunikatif.
E. Nilai PBKB
- Cermat
- Berpikir Logis
3. Komunikatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Cermat
a. mendengarkan rekaman obrolan interaktif dengan seksama
b. mampu mendata pendapat tiap narasumber
- Berpikir Logis
a. mampu menemukan pendapat narasumber
3. Komunikatif
a. mampu mengomentari pendapat narasumber
G. Materi Pembelajaran
- Pendataan pendapat narasumber
- Komentar terhadap pendapat narasumber
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang obrolan interaktif secara sekilas. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming perihal hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif . 2. Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan obrolan interaktif. Elaborasi 3. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam obrolan interaktif. (berpikir logis, cermat) 4. Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis Konfirmasi 5. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru perihal hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab. 6. Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 7. Dengan isyarat dan bimbingan guru siswa membuat komentar mengenai hal-hal penting dalam obrolan interaktif (komunikatif) | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam memilih hal-hal penting dalam obrolan interaktif? dll. 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir Logis, Komunikatif 5. Siswa mendapatkan isu mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | |
A. | Pendahuluan (10’) | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas. 3. Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai silabus. | |
B. | Inti (55’) | |
| Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa perihal hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif (fokus pada mengomentaripendapat narasumber pada obrolan interaktif) 2. Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman obrolan interaktif Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif 4. Wakil setiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain menawarkan penilaian. (komunikatif) Elaboras Konfirmasi 5. Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 6. Dengan isyarat dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau kesimpulan mengenai hal- hal penting dan komentar terhadap pendapat narasumber dalam dialog interaktif # Selanjutnya siswa melaksanakan evaluasi untuk mengukur pencapaian KD | |
C. | Penutup (15’) | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? § Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mendengarkan obrolan interaktif? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir Logis, Komunikatif 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur ( mengomentari pendapat narasumber dalam obrolan interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu dan waku tertentu) dan aktivitas sanggup bangun diatas kaki sendiri tidak terstruktur (Siswa membiasakan diri untuk mengomentari isi dialog interapendapat narasumber pada dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan menciptakan laporan tertulis). 7. Siswa mendapatkan isu mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 40 – 42)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Siaran obrolan interaktif pada tayangan televisi tertentu
4. VCD rekaman dialog interaktif,
5. Teks obrolan interaktif
6. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8
7. Hasil Karya Siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkanlah dengan saksama rekaman obrolan interaktif berikut kemudian jawablah pertanyaannya!
1) Temukan pendapat narasumber yang Kalian dengar!
2) Berikan komentar perihal isi obrolan interaktif yang Kalian dengar dengan alasan yang meyakinkan !
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
No | Kegiatan | Skor |
1 2 3 4 5 | Siswa menuliskan 5 pendapat atau lebih Siswa menuliskan 4 pendapat Siswa menuliskan 3 pendapat Siswa menuliskan 2 pendapat Siswa menuliskan 1 pendapat | 5 4 3 2 1 |
Soal Nomor 2)
No. | Kegiatan | Skor |
1 2 3 4 5 | Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan sangat logis Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan logis Siswa menawarkan 1 komentar tetapi alasan kurang logis Siswa menawarkan 1 komentar tetapi alasan tidak logis Siswa menawarkan 1 komentar tetapi tidak ada alasan | 5 4 3 2 1 |
Skor maksimal
No. 1) = 5
No. 2) = 5
Jumlah 10
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 10 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | ||
Cermat | Berpiki Logis | Komunikatif | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kd 1.2 Mengomentari Pendapat Narasumber (Kurikulum 2006)"