Latest News

Rpp Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kd 1.2 Mengomentari Pendapat Narasumber (Kurikulum 2006)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2



Nama Sekolah
:
SMP ----------------------------
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu           
:
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

1.  Memahami obrolan interaktif pada tayangan televisi/siaran radio



B.     Kompetensi Dasar

        1.2  Mengomentari pendapat narasumber dalam obrolan interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.



C.     Indikator Pencapaian KD

1.      Mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber.

2.      Mampu  mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan



D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa sanggup mendata pendapat tiap-tiap narasumber secara cermat.

  1. Siswa sanggup mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang logis dan komunikatif.



E.     Nilai PBKB

  1. Cermat
  2. Berpikir Logis

3.      Komunikatif



F.      Indikator Pencapaian PBKB

  1. Cermat

a.      mendengarkan rekaman obrolan interaktif dengan seksama

b.      mampu mendata pendapat tiap narasumber

  1. Berpikir Logis

a.      mampu menemukan pendapat narasumber

3.      Komunikatif

a.      mampu mengomentari pendapat narasumber



G.    Materi Pembelajaran

  1. Pendataan  pendapat narasumber
  2. Komentar terhadap pendapat narasumber



H.    Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Penugasan

4.      Tanya jawab





I.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang obrolan interaktif secara sekilas.
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.          Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai  silabus.



B.
Inti
55


Eksplorasi
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming perihal hal-hal yang berkaitan dengan  dialog interaktif .
2.      Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan obrolan interaktif.

Elaborasi
3.      Secara berkelompok  (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal  penting dalam obrolan interaktif. (berpikir logis, cermat)
4.      Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis

Konfirmasi
5.      Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru perihal hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab.
6.      Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
7.      Dengan isyarat dan bimbingan guru siswa membuat komentar  mengenai hal-hal penting dalam obrolan interaktif (komunikatif)


C.
Penutup
15’


1.          Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.        Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam memilih hal-hal penting dalam obrolan interaktif? dll.
3.          Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.           Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir Logis, Komunikatif
5.          Siswa mendapatkan isu mengenai rencana pembelajaran berikutnya.















Pertemuan kedua

No.
Kegiatan
A.
Pendahuluan (10’)


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas.
3.        Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
4.        Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai  silabus.

B.
Inti (55’)


Eksplorasi
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa perihal hal-hal yang berkaitan dengan  dialog interaktif (fokus pada mengomentaripendapat narasumber pada obrolan interaktif)
2.          Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman obrolan interaktif

Elaborasi
3.          Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif
4.          Wakil setiap kelompok  menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain menawarkan penilaian. (komunikatif)


Elaboras
Konfirmasi
5.        Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
6.                                                                    Dengan isyarat dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau kesimpulan mengenai hal- hal  penting dan komentar  terhadap pendapat narasumber dalam dialog interaktif
#  Selanjutnya siswa melaksanakan evaluasi untuk mengukur pencapaian KD

C.
Penutup (15’)


1.        Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.        Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ       Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini?
§  Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mendengarkan obrolan interaktif?
3.        Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.        Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir Logis,
Komunikatif
5.          Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.          Siswa mendapatkan kiprah terstruktur ( mengomentari pendapat narasumber dalam obrolan interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu dan waku tertentu) dan aktivitas sanggup bangun diatas kaki sendiri tidak terstruktur (Siswa membiasakan diri  untuk mengomentari  isi  dialog interapendapat narasumber pada dialog  interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan menciptakan laporan tertulis).
7.          Siswa mendapatkan isu mengenai rencana pembelajaran berikutnya.






J.        Sumber Pembelajaran

1.             Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 40 – 42)

2.             Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.

3.             Siaran obrolan interaktif pada tayangan televisi tertentu

4.             VCD rekaman dialog interaktif,

5.             Teks obrolan interaktif

6.             E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8

7.             Hasil Karya Siswa



K.    Penilaian

1.      Penilaian Pencapaian KD

a.    Teknik :                    Tes Tulis

b.   Bentuk Instrumen   :  Tes Uraian

c.    Soal/ Instrumen     :                     



Dengarkanlah dengan saksama rekaman obrolan interaktif berikut  kemudian jawablah pertanyaannya!

1)    Temukan pendapat narasumber   yang Kalian dengar!

2)   Berikan komentar perihal isi obrolan interaktif yang Kalian  dengar dengan alasan yang meyakinkan !



Pedoman Penskoran

Soal  Nomor 1)

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
5
Siswa menuliskan 5 pendapat atau lebih
Siswa menuliskan 4 pendapat
Siswa menuliskan 3 pendapat 
Siswa menuliskan 2 pendapat
Siswa menuliskan 1 pendapat
5
4
3
2
1



     Soal  Nomor 2)

No.
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
5

Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan sangat logis
Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan  logis
Siswa menawarkan 1 komentar tetapi alasan kurang  logis
Siswa menawarkan 1 komentar tetapi alasan tidak  logis
Siswa menawarkan 1 komentar tetapi tidak ada alasan

5
4
3
2
1












Skor maksimal

No. 1) = 5

No. 2) = 5

Jumlah  10






Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


10






2.      Penilaian PBKB

No.
Pencapaian Penilaian PBKB
Nilai PBKB
Skor
Cermat
Berpiki Logis
Komunikatif
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat
2
2
2
6
4
BT (belum terlihat)
1
1
1
3

Skor Maksimal
4
4
4
12





                                                                                     ----------------------------

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                            Guru Bahasa Indonesia,







----------------------------                                      ----------------------------

----------------------------                                      ----------------------------


0 Response to "Rpp Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kd 1.2 Mengomentari Pendapat Narasumber (Kurikulum 2006)"

Total Pageviews