Latest News

Rpp Kd 1.1. Menyimpulkan Isi Obrolan Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Ix/1 Kurikulum 2006 (Ktsp)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Nama Sekolah
:
SMP ………….
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Alokasi Waktu           
:
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

1. Memahami obrolan interaktif pada tayangan televisi/siaran radio



B.     Kompetensi Dasar

      1.1 Menyimpulkan isi obrolan interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio



C.     Indikator Pencapaian KD

1.      Mampu mencatat hal-hal penting dalam obrolan interaktif

2.      Mampu menyimpulkan isi obrolan interaktif     



D.    Tujuan Pembelajaran

Siswa sanggup menyimpulkan isi obrolan interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio dengan cermat dan logis



E.     Nilai PBKB

1.      Cermat

2.      Berpikir Logis



F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Cermat

Ÿ  mendengarkan rekaman obrolan dengan baik

Ÿ  menemukan hal penting dalam dialog

2.      Berpikir Logis

Ÿ  mampu menyimpulkan isi obrolan interaktif



G.    Materi Pembelajaran

1.      Hal-hal penting dalam obrolan interaktif

  1. Simpulan isi dialog  interaktif



H.    Metode Pembelajaran

1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Penugasan

4.    Tanya jawab 




I.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

No.
Kegiatan
Waktu
A.
Pendahuluan
10


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang obrolan interaktif secara sekilas.
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.         Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai  silabus.



B.
Inti
55


Eksplorasi
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming wacana hal-hal yang berkaitan dengan  dialog interaktif .
2.      Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan  dialog interaktif. (yang dibacakan murid secara berkelompok)

Elaborasi
3.      Secara berkelompok  (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal  penting dalam obrolan interaktif. (cermat)
4.      Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis

Konfirmasi
5.      Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru wacana hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab.
6.      Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
7.      Dengan instruksi dan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan  mengenai hal-hal penting dalam obrolan interaktif (berpikir kritis, kreatif, logis, inovatif)


C.
Penutup
15’


1.        Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.        Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ  Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini?
Ÿ  Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam memilih hal-hal penting dalam obrolan interaktif? dll.
3.          Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.           Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan  peduli sosial.
5.          Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.









Pertemuan kedua

No.
Kegiatan
A.
Pendahuluan


1.        Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas.
3.        Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
4.        Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai  silabus.

B.
Inti


Eksplorasi
1.        Guru bertanya jawab dengan siswa wacana hal-hal yang berkaitan dengan  dialog interaktif (fokus pada final isi obrolan interaktif)
2.        Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman obrolan interaktif

Elaborasi
3.        Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi obrolan interaktif
4.        Wakil setiap kelompok  menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain menawarkan penilaian.

Konfirmasi
5.        Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
6.        Dengan instruksi dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau kesimpulan mengenai hal penting dan final obrolan interaktif
#  Selanjutnya siswa melaksanakan evaluasi untuk mengukur pencapaian KD

C.
Penutup


1.        Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran.
2.        Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya:
Ÿ       Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini?
§  Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mendengarkan obrolan interaktif?
3.        Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.          Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan  peduli sosial.
5.          Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.          Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (siswa mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi  dialog interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu, pada waktu tertentu) dan aktivitas sanggup bangkit diatas kaki sendiri tidak terstruktur (siswa membiasakan diri  untuk mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi  dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan menciptakan laporan tertulis).
7.          Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.


J.        Sumber Belajar

1.             Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 76 – 77)

2.             Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.

3.             Siaran obrolan interaktif pada tayangan televisi tertentu dan rekamannya

4.             E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8

5.             Hasil Karya Siswa



K.    Penilaian

1.      Penilaian Pencapaian KD

a.         Teknik                     : Tes Tulis

b.        Bentuk Instrumen : Tes Uraian

c.         Soal/ Instrumen :                        

Dengarkanlah dengan saksama rekaman obrolan interaktif berikut  kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaannya!

1)        Temukan minimal tiga  hal penting yang terdapat dalam obrolan interaktif tersebut!

2)        Simpulkan isi obrolan interaktif  yang kau dengar!



PEDOMAN PENSKORAN

1. Hal penting dalam obrolan interaktif

No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa menuliskan 3 pokok isu atau lebih
10
2
Siswa menuliskan 1-2 pokok cerita
5
3
Siswa tidak menuliskan apa-apa
0

Skor Maksimal
10



2.  Simpulan isi obrolan interaktif                    

No.
Kegiatan
Skor
1
Siswa menyimpulkan isi obrolan menurut hal penting yang telah dicatat
10
2
Siswa menyimpulkan isi dialog, tetapi tidak menurut hal penting yang telah dicatat
5
3
Siswa tidak menyimpulkan isi dialog
0

Skor Maksimal
10
Skor Total Maksimal Soal 1 dan 2
20




Perolehan Skor



Nilai Akhir
------------------------
X
100


20









2.      Penilaian PBKB

No.
Pencapaian Penilaian PBKB
Nilai PBKB
Skor
Cermat
Berpikir Logis
1
MK (membudaya)
4
4
8
2
MB (mulai berkembang)
3
3
6
3
MT (mulai terlihat
2
2
4
4
BT (belum terlihat)
1
1
2

Skor Maksimal
4
4
8





                                                                                                    .................                                                     

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                            Guru Bahasa Indonesia,







----------------------------                                      ----------------------------

----------------------------                                      ----------------------------


0 Response to "Rpp Kd 1.1. Menyimpulkan Isi Obrolan Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Ix/1 Kurikulum 2006 (Ktsp)"

Total Pageviews