RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama Sekolah | : | SMP …………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
1. Memahami obrolan interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menyimpulkan isi obrolan interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mencatat hal-hal penting dalam obrolan interaktif
2. Mampu menyimpulkan isi obrolan interaktif
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup menyimpulkan isi obrolan interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio dengan cermat dan logis
E. Nilai PBKB
1. Cermat
2. Berpikir Logis
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Cermat
mendengarkan rekaman obrolan dengan baik
menemukan hal penting dalam dialog
2. Berpikir Logis
mampu menyimpulkan isi obrolan interaktif
G. Materi Pembelajaran
1. Hal-hal penting dalam obrolan interaktif
- Simpulan isi dialog interaktif
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang obrolan interaktif secara sekilas. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas sesuai silabus. | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa secara brain storming wacana hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif . 2. Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan dialog interaktif. (yang dibacakan murid secara berkelompok) Elaborasi 3. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam obrolan interaktif. (cermat) 4. Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis Konfirmasi 5. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru wacana hasil diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab. 6. Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 7. Dengan instruksi dan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan mengenai hal-hal penting dalam obrolan interaktif (berpikir kritis, kreatif, logis, inovatif) | |||
C. | Penutup | 15’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Adakah kesulitan yang masih Kalian alami dalam memilih hal-hal penting dalam obrolan interaktif? dll. 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan peduli sosial. 5. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | |
A. | Pendahuluan | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama secara sekilas. 3. Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian aktivitas pada pertemuan kedua sesuai silabus. | ||
B. | Inti | |
Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa wacana hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif (fokus pada final isi obrolan interaktif) 2. Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman obrolan interaktif Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi obrolan interaktif 4. Wakil setiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain menawarkan penilaian. Konfirmasi 5. Guru menawarkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 6. Dengan instruksi dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau kesimpulan mengenai hal penting dan final obrolan interaktif # Selanjutnya siswa melaksanakan evaluasi untuk mengukur pencapaian KD | ||
C. | Penutup | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil pembelajaran. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? § Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mendengarkan obrolan interaktif? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: disiplin,rasa ingin tahu, dan peduli sosial. 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (siswa mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog interaktif yang ditayangkan di TV (stasiun tertentu, pada waktu tertentu) dan aktivitas sanggup bangkit diatas kaki sendiri tidak terstruktur (siswa membiasakan diri untuk mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun televisi apa pun dan menciptakan laporan tertulis). 7. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Belajar
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 76 – 77)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Siaran obrolan interaktif pada tayangan televisi tertentu dan rekamannya
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8
5. Hasil Karya Siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkanlah dengan saksama rekaman obrolan interaktif berikut kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaannya!
1) Temukan minimal tiga hal penting yang terdapat dalam obrolan interaktif tersebut!
2) Simpulkan isi obrolan interaktif yang kau dengar!
PEDOMAN PENSKORAN
1. Hal penting dalam obrolan interaktif
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa menuliskan 3 pokok isu atau lebih | 10 |
2 | Siswa menuliskan 1-2 pokok cerita | 5 |
3 | Siswa tidak menuliskan apa-apa | 0 |
Skor Maksimal | 10 |
2. Simpulan isi obrolan interaktif
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa menyimpulkan isi obrolan menurut hal penting yang telah dicatat | 10 |
2 | Siswa menyimpulkan isi dialog, tetapi tidak menurut hal penting yang telah dicatat | 5 |
3 | Siswa tidak menyimpulkan isi dialog | 0 |
Skor Maksimal | 10 | |
Skor Total Maksimal Soal 1 dan 2 | 20 |
Perolehan Skor | ||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
20 |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Cermat | Berpikir Logis | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
.................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kd 1.1. Menyimpulkan Isi Obrolan Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Ix/1 Kurikulum 2006 (Ktsp)"