RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu : 4 X 45 ( 2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 (Sikap Religius) dan KI-2 (Sikap Sosial) | |
Memiliki perilaku jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi permasalahan, sehingga sanggup menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang Maha Kuasa serta menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya | |
KI-3 (Pengetahuan) | KI-4 (Keterampilan) |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan verbal maupun tertulis | 3.10.1 Mengevaluasi ciri teks negosiasi 3.10.2 Mengevaluasi cara memberikan pengajuan penawaran. 3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan) |
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan dalam lisan/tulis | 4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam perundingan tulis dengan memperhatikan ciri, cara, syarat tecapainya persetujuan 4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran , , persetujuan dalam perundingan lisan/tulis |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan memakai metode Inquiri dan problem basd learning dengan pendekatan saintifik, penerima didik sanggup mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara memberikan pengajuan penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan menyampaikan faktor penentu keberhasilan negosiasi, serta memberikan pengajuan dan penawaran dalam perundingan lisan/tulis dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri , berani serta pantang menyerah.
D. Materi Pembelajaran
1. Faktual :
1. Contoh teks perundingan di pasar
2. Contoh teks perundingan di rumah
3. Contoh teks perundingan di sekolah
2. Konseptual : 1. Pemahaman ciri-ciri teks negosiasi
` 2. Pemahaman cara memberikan pengajuan penawaran
3. Pemahaman syarat tercapainya persetujuan
4. Pemahaman faktor penentu keberhasilan negosiasi.
5. Pemahaman pengajuan dan penawaran dalam perundingan lisan/tulis
6. Prosedural : Langkah-langkah menyampaikan pengajuan, penawaran dan persetujuah dalam negoisasi tulis maupun lisan
1. Memahami ciri-ciri teks negosiasi
2. Memahami cara menyampaikkan pengajuan penawaran
3. Memahami syarat tercapainya persetujuan
4. Memahami faktor penetu keberhasilan negosiasi
5. Memahami alasan yang sempurna untuk melaksanakan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi
6. Menyampaikan pengajuan, penawaran, pengajuan perundingan tulis/lisan
7. Metakognitif : Menyimpulkan relevansi atas kemanfaatan pemahaman teks perundingan dengan kehidupan sehari-hari
E. Pendekatan/ Metode/ Model
1. Pendekatan : Saintific Learning
2. Metode : Diskusi
3. Model :
1. Inquiri Learning
2. Problem based learning
F. Media/ Alat dan Bahan
1. Media/ Alat : Laptop, LCD Projektor
2. Bahan : Teks Negosiasi, video negosiasi
G. Sumber Belajar
1. Buku Teks Kurikulum 2013 (Pusat Perbukuan Nasional)
2. Komposisi, Gorys Keraf
3. Internet
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
Tahap Pembelajaran | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam dari guru sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan bahan pembelajaran sebelumnya wacana teks perundingan (tanya jawab). 3. Peserta didik mendiskusikan isu dengan proaktif wacana hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya wacana ciri, cara memberikan pengajuan, syarat tecapainya negosiasi, faktor penentu keberhasilan perundingan dan alasan yang sempurna dalam negosiasi 4. Peserta didik memperhatikan klarifikasi guru wacana tujuan pembelajaran dan aktivitas yang harus dilakukan penerima didik melalui tayangan LCD projektor | 10 menit |
Kegiatan Inti | Simulasi dan Identifikasi Masalah 5. Peserta didik menyimak tayangan video negosiasi (LITERASI) 6. Peserta didik mencermati teks perundingan antara penjual dan pembeli | 70 menit |
Mengumpulkan Informasi 7. Peserta didik menemukan dan mencatat ciri-ciri teks negosiasi 8. Peserta didik menemukan dan mencatat cara memberikan pengajuan penawaran 9. Peserta didik menemukan dan mencatat syarat tercapainya negosiasi | ||
Mengolah Informasi 10. Peserta didik merumuskan ciri-ciri teks negosiasi 11. Peserta didik merumuskan cara memberikan pengajuan penawaran 12. Peserta didik merumuskan syarat tercapainya perundingan dalam kelompok | ||
| Verifikasi Hasil 13. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi wacana ciri teks negosiasi, cara memberikan pengajuan penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi (4C=COMMUNICATION) 14. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi wacana ciri teks negosiasi, cara memberikan pengajuan penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi melalui tayangan LCD Projektor | |
15. Peserta dari kelompok lain memberikan tanggapan | | |
Generalisasi 16. Peserta didik menciptakan simpulan hasil diskusi wacana ciri teks negosiasi, cara memberikan pengajuan penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi | ||
Kegiatan Penutup | 17. Peserta didik melaksanakan konfirmasi dengan guru wacana ciri teks negosiasi, cara memberikan pengajuan penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi 18. Peserta didik bersama guru melaksanakan refleksi tentamg proses pembelajaran yang sudah dilakukan 19. Peserta didik mendapatkan klarifikasi wacana kiprah menyusun teks resensi fiksi dan nonfiksi. (HOTS) | 10 menit |
2. Pertemuan ke-2
Langkah Pembelajaran | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam dari guru sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan bahan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik mendapatkan isu secara proaktif tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya wacana penyampaian pegajuan dan penawaran dalam perundingan lisan/tulis | 10 menit |
Kegiatan Inti | Stimulation 1) Peserta didik membagi dalam kelompok-kelompok (4-4 orang) 2) Peserta didik membaca kembali teks-teks perundingan yang disajikan pada pecahan sebelumnya | 70 menit |
Problem statement 3) Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan perundingan teks-teks perundingan yang dibaca 4) Peserta didik menganalisis alasan-alasan yang sempurna untuk melaksanakan pengajuan dan penawaran dalam perundingan dalam teks perundingan yang dibaca | ||
Data collection 5) Peserta didik mendiskusikan ciri teks negosiasi 6) Peserta didik mendiskusikan cara penyampaian teks negosiasi 7) Peserta didik mendiskusikan sarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam perundingan tulis/lisan | ||
Data processing 8) Peserta didik menyimpulkan ciri teks negosiasi 9) Peserta didik menyimpulkan cara penyampaian teks negosiasi 10) Peserta didik menyimpulkan syarat tercapainya pengauan, penawaran, persetujuan dalam perundingan tulis/lisan | ||
Verification 11) Peserta didik menciptakan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam perundingan dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi 12) Peserta didik lain menanggapi tampilan teks perundingan yang disampaikan secara verbal | ||
Kegiatan Penutup | 13. Guru bersama murid menyimpulkan hasil diskusi dalam menyampaikan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam perundingan lisan/tulis 14. Peserta didik menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam perundingan lisan/tulis dalam kaitannya dengan kegunaan sehari-hari. 15. Peserta didik bersama guru melaksanakan refleksi tentamg proses pembelajaran yang sudah dilakukan 16. Peserta didik menyimak klarifikasi guru atas rencana pembelajaran yang pertemuan berikut. 17. Peserta didik menjawab salam epilog pelajaran dari guru | 10 menit |
1. Penilaian
- Penilaian Sikap
a. Teknik penilaian : Observasi : perilaku religiius dan perilaku sosial
b. Bentuk penilaian : lembar pengamatan
c. Instrumen penilaian : jurnal (terlampir)
2. Pengetahuan
Jenis/Teknik tes : tertulis dan lisan
Bentuk tes : uraian
a. Tertulis
b. Penugasan
c. Instrumen Penilaian (terlampir)
- Keterampilan
a. Teknik/Bentuk Penilaian : Praktik/Performence
b. Bentuk : Praktik
c. Instrumen Penilaian : (terlampir)
Mengetahui, ………………
Kepala Sekolah Guru Mapel,
……………………… …………………………
Lampiran 1
Materi Pembelajaran
1. Faktual
Teks 1Teks perundingan di pasar
Penjual dan Pembeli
Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu.Murah.”
Pembeli : “Boleh kurang kan, bang?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya manis lho, Bu. Ini bukan karbi-tan. Masak pohon.”
Pembeli :“Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim,
Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Penjual :“Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya
dapat untung, Bu.”
Pembeli :“Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”
Penjual :“Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli :“Iya, Bang. Yang penting saya sanggup mangga yang manis dan ti-
dak busuk.”
Penjual :“Saya jamin, Bu. Kalau ada yang bau boleh ditukarkan.”
Pembeli :“Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk menentukan dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.
Teks 2 Teks perundingan di sekolah
HP Baru
Perihal HP barunya itu, sebetulnya sudah usang Rani menginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya biar dibelikan HP. Gagal meminta eksklusif pada Ayahnya, Rani pun minta sumbangan ibunya. Namun, tetap saja perjuangan RanigagalMinggu lalu, Rani benar-benar berusaha meyakinkan Ayahnya betapa ia sangat
membutuhkan HP.
“Yah ... Rani benar-benar perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani pada Ayahnya. “Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan sudah ada
2.
telepon rumah,” kata Ayah sambil meletakkan koran ke atas meja.
“Tapi, Yah ... semua sahabat Rani punya HP. Mereka sanggup dengan gampang menelpon orang tuanya ketika terpaksa pulang telat.”
“Lha kalau begitu kau jangan pulang telat,” kata Ayah lagi. Rani hampir saja menangis.
3.
“Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang sanggup dengan gampang mengunduh bahan pembelajaran, ngirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,” kata Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. Kalimat yang sudah beberapa hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.
4.
Mendengar klarifikasi Rani, Ayah melepas beling matanya dan menatap Rani dengan lembut. “Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?”
5.
Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi Ayahnya.
“Iya Yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim kiprah ke grup facebook atau mengunggah kiprah di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus sanggup mengakses internet melalui HP.”
6.
“Hm ... Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ....” Ayah seakan sengaja menarik hati Rani. “Asal apa Yah?” tanya Rani tak sabar.
“Asal Rani rajin berguru dan berjanji akan memakai HP itu untuk hal-hal yang positif.”
“Rani janji, Yah. Makasih ya Ayah,” kesepakatan Rani sambil memeluk Ayahnya.
Teks 3 Teks perundingan di sekolah
Terima Kasih Bu Mia
Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepatwaktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu belum dewasa belum selesai berganti pakaian.Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.
Sebenarnya hari itu Bu Mia akan menunjukkan ulangan. Beberapa siswa yang nafasnya
masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan seruan pada Dani. “Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali.
“Waduuuh saya gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.
7.
“Baiklah, saya akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia. “Beres. Kamu kan ketua kelas.”
8.
Dengan santun, Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.
9.
“Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk. “Iya. Ada apa?”
10.
“Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf kaena teman-teman belum selesai ganti baju. “
11.
“Biasanya kan tidak terlambat menyerupai ini?” tanya Bu Mia.
“Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi gres saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”
“Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” bunyi Bu Mia berubah ramah sehabis tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.
12.
“Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar tubuh kami segar.”
“Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya ahad depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.
“Makasih, Bu,” kata Lia.
“Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi sempurna pukul 09.00 WIB.”
13.
“Iya, Bu. Makasih.
Teman-teman Lia yang semenjak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan bangga mendengar keputusan Bu Mia.
Materi Konseptual
Negosiasi yakni proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapaikesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi lain).
Tujuan perundingan yakni mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak sanggup dipaksakan), mencapai kesepakatan yang sanggup diterima kedua belah pihak untuk melaksanakan transaksi, atau menuntaskan sengketa atau perselisihan pendapat.
1. Ciri teks negosiasi
a. partisipan,
b. perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak,
c. ada pengajuan dan penawaran, dan
d. persetujuan atau kesepakatan.
2. Cara memberikan pengajuan penawaran
a. bersikap sopan,
b. tidak menekan pihak lain,
c. saling menguntungkan, serta
d. disertai dengan alasan.
3. Syarat tercapainya pesertujuan
a. Dilakukan dengan santun
b. Tidak ada tekanan atau paksaan
c. Saling menguntungkan
d. Kesepakatan bersifat praktis
4. Faktor penentu keberhasilan negosiasi
Sebuah permasalahan akan dengan gampang terselesaikan jikalau masing-masing pihak menunjukkan penawaran yang menjadi solusi terbaik dalam sebuah perundingan.
Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan sebuah perundingan antara lain
a. Kesediaan untuk berkompromi dengan pihak lain.
b. Tidak ada pihak yang dirugikan.
c. Kesepakatan yang dicapai bersifat praktis, sanggup dilakukan.
d. Alasan yang disertakan bisa memengaruhi pihak lain.
Faktor-faktor tersebut sanggup muncul semua dalam proses perundingan atau hanya muncul beberapa saja.
5. Alasan yang sempurna untuk melaksanakan pengajuan dan penawaran dalam perundingan lisan
Negosiasi gres terjadi ketika terjadi kesepakatan. Untuk mencapai kesepakatan tersebut, partisipan harus menyertakan alasan yang mendukung pengajuan atau penawarannya. Masing-masing pihak harus bisa meyakinkan pihak lainnya bahwa pengajuan atau penawaran yang diajukan sanggup atau bahkan harus diterima.
Kamu kini akan mempelajari alasan-alasan yang dipakai untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi.
Materi Prosedural
1. Membaca beberapa teks perundingan hasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi
2. Memahami tujuan perundingan sehingga sanggup menentukan cara yang sempurna biar perbedaan-perbedaan dapat terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak, baik pihak yang memberikan pengajuan maupun penawaran
3. Membaca teks perundingan kemudian menjelaskan sayarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
4. Membuat teks perundingan dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi
5. Mempresentasikan teks perundingan yang telah dibuat
Materi Metakognitif
Relevansi antara dan manfaat teks perundingan pada implementasi kehidupan bermasyarakat.
Lampiran 3
1. Kisi-kisi Soal
Instrumen Penilaian Pertemuan 1
a) Sikap
1) Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
a) Nama Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Futuhiyyah Mranggen
b) Tahun Pelajaran : 2017/2018
c) Kelas/Semester : X/ Semester 2
d) MataPelajaran : Bahasa Indonesia
No | Waktu | Nama | Kejadian/ Perilaku | Butir Sikap | Sikap dominanPositif /Negatif | |||
Ketaatan beribadah | Perilaku syukur | Sikap berdoa | Sikap mengikuti kegiatan keagamaan | |||||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
2) Penilaian Sikap Sosial
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : X/ 2
Materi Pokok : Teks Negosiasi
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Perilaku | Jumlah Skor | Nilai | |||||
Nasionalisme | Integritas | Jujur | Mandiri | Tanggung Jawab | | ||||
1. | | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | |
4. | | | | | | | | | |
5. | | | | | | | | | |
Keterangan:
Skor tiap aspek 1-4
Skor Maksimal = 20
N = Jumlah Skor X 100 =………
Skor Maksimal
b) Penilaian Pengetahuan
b.1 Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilai-an | HOTS / LOTS | Instrumen | No |
3.10.1 Mengevaluasi ciri teks negosiasi 3.10.2 Mengevaluasi cara memberikan pengajuan penawaran 3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan) | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Uraian Uraian Uraian | HOTS HOTS HOTS | Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan ciri teks negosiasi! Bacalah teks negosiasi “HP Baru “ dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan cara memberikan pengajuan penawaran teks negosiasi! Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi! | 1 2 3 |
b.2 Soal
1. Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan ciri teks negosiasi!
2. Bacalah teks negosiasi “HP Baru “ dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan cara memberikan pengajuan penawaran teks negosiasi!
3. Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
b.3 Kunci Jawaban dan Skor Penilaian Soal Pengetahuan
No | Rambu-rambu Jawaban | Skor |
1 | Teks 1 dan teks 2 Karena dalam kedua teks tersebut terdapat tawar menawar yang hasilnya membuahkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak Teks 1 Yang mengajukan =Penjual mangga yang menawar = pembeli mangga Teks 2 Yang mengajukan =Rani Yang menawar = ayah Rani Ada partisipan yang mengajukan dan yang menawar Ada kesepakan diantara keduanya Saling menguntunggkan | 25 |
2 | Cara memberikan pengajuan penawaran a. bersikap sopan, b. tidak menekan pihak lain, c. saling menguntungkan, serta d. disertai dengan alasan. | 25 |
3 | Syarat tercapainya negosiasi a. Dilakukan dengan santun b. Tidak ada tekanan atau paksaan c. Saling menguntungkan d. Kesepakatan bersifat praktis | 25 |
Skor Maksimal | 75 |
Nilai = (Skor Perolehan/ Skor Maksimal) x 100
.
c) Penilaian Keterampilan
c.1 Soal Penugasan/ Praktik
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | HOTS / HOTS | Instrumen | No |
4.10.1Menyusun teks pengajuan penawaran, persetujuan dalam perundingan tulis 4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam perundingan lisan | Tes tertulis Tes lisan | Uraian praktik | HOTS HOTS | Buatlah teks perundingan dg memperhatikan ciri, cara dan syarat teks negosiasi Sajikan teks perundingan buatanmua di depan kelas! | 1 2 |
c.2 Soal
1. Buatlah teks perundingan dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat teks negosiasi!
2. Sajikan teks perundingan buatanmua di depan kelas!
c.3 Lembar Penilaian Presentasi
LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X / …………
Kompetensi : Membuat teks perundingan dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi
No | Nama Siswa | Kinerja Presentasi | Jml Skor | Nilai | |||||
Presentasi | Isi Laporan | ||||||||
Kelan caran | Keba hasaan | Keleng kapan | Kesesu aian | Kelogisan | Sistematis | ||||
1. 1 | | | | | | | | | |
2. 2 | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | |
4. | | | | | | | | | |
5. | | | | | | | | | |
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Nilai = Jumlah Skor Diperoleh / Skor Maksima (24) X100
c.4 Lembar Penilaian Paktik
LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X /2
Kompetensi : membuat teks negosiasi
No | Nama | Ciri teks perundingan | Cara pengajuan | Syarat tercapainya pengajuan | penampilan | Jumlah nilai | Nilai |
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
Keterangan pengisian skor
Nilai tiap aspek :
Lengkap /baik 5
Kurang lengkap/baik 3
Tidak lengkap/baik 1
Skor Maksimal : 20
Nilai
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Teks Perundingan Kelas X/1 Lengkap Ppk, Literasi, 4C, Hots"