Materi Ujian Nasional tahun 2017/2018 yang tercermin pada kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP merupakan IRISAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013
BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
Pada postingan berikut akan dijelaskan pembahasan jenis-jenis teks nonsastra pada UN 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terdapat pada kurikulum 2006 ("KTSP") dan kurikulum 2013
TEKS NONSASTRA PADA KURIKULUM 2006 ("KTSP")
Teks nonsastra pada kurikulum 2006 mencakup teks deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi yang sanggup disingkat DEPAN.
Berikut ini klarifikasi singkat pengertian dan pola teks-teks tersebut.
NO | DEFINISI | JENIS PARAGRAF |
1 | Karangan yang bertujuan memperlihatkan citra atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini, pembaca sanggup dibentuk seakan-akan melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi. | A. Deskripsi |
2 | Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini insiden biasanya disusun berdasarkan urutan waktu ( kronologis), mempunyai tokoh, dan terdapat konflik. | B. Narasi |
3 | Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca. | C. Persuasi |
4 | Karangan yang bertujuan memberikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu. | D. Argumentasi |
5 | Karangan yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, memberikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan menandakan sesuatu tanpa disertai permintaan atau desakan semoga pembaca mendapatkan dan mengikutinya | E. Eksposisi |
NO. | TUJUAN PENULISAN | JENIS KARANGAN |
1. | Memberikan klarifikasi kepada pembaca | eksposisi |
2. | Memberikan citra yang terang wacana suatu keadaan | deskripsi |
3. | Menceritakan rangkaian insiden dengan tokoh-tokohnya | narasi |
4. | Mengemukakan pendapat yang disertai alasan yang kuat | argumentasi |
5. | Mempengaruhi pembaca untuk melaksanakan sesuatu | persuasi |
NO | CONTOH KARANGAN/PARAGRAF | JENIS KARANGAN |
1 | Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi persoalan global.Oleh sebab itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan gres untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut. | persuasi |
2 | Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting yakni rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base. | argumentasi |
3 | Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau wangi menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah | deskripsi |
4 | Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan yakni olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah. | eksposisi |
5 | Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico belahan utara. | narasi |
6 | Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di belahan terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan. | deskripsi |
7 | Hujan yakni akhir dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi menyerupai laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi. | eksposisi |
8 | Musim semi telah datang dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam | deskripsi |
9 | Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami hingga di sebuah rumah yangh sederhana menyerupai rumah-rumah di sekitarnya. | narasi |
10 | Kedisiplinan kemudian lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akhir kecelakaan pun juga semakin meningkat. | argumentasi |
Jenis teks pada kurikulum 2013 melipuiti 22 (dua puluh dua ) teks
Berikut ini disajikan lima jenis teks nonsastra dalam kurikulum 2013 yang menjadi materi / materi UN 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA
Membandingkan Isi, Penggunaan Bahasa, dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks Nonsastra (Berita, Eksposisi, Prosedur, Editorial, dan Ulasan/Resensi)
a. Teks Berita
Teks info merupakan teks yang berisi info wacana segala yang terjadi dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Teks info berisi fakta.
Teks info dibentuk dengan struktur: orientasi ^ insiden ^ sumber berita.
Orientasi | Pembuka wacana hal yang akan diberitakan (semacam abstraksi berita) |
Peristiwa | Merupakan tahap inti berita. Pada tahap ini info dinarasikan sedemikian rupa hingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian (tersusun atas paragraf-paragraf) |
Sumber Berita | Referensi dari narasumber di dalam berita. |
Contoh:
Orientasi | Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4). (Paragraf 1) |
Peristiwa | Di tengah hawa sejuk awal ekspresi dominan semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalanjalan dengan kecepatan tinggi. “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan. (Paragraf 2) |
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini memakai teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggagas utama. (Paragraf 3) | |
…. (Paragraf 4 -15) | |
Sumber Berita | 1. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe 2. Operator KA Central Japan Railway 3. Pemerintahan Presiden Barack Obama 4. Harian bisnis Nikkei |
b. Teks Eksposisi
Teks eksposisi yakni teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat. Teks eksposisi berisi satu sisi argumentasi: sisi yang mendukung atau sisi yang menolak.
Struktur teks eksposisi adalah: pernyataan pendapat (tesis) ^ argumentasi ^ penegasan ulang pendapat.
Contoh:
Pernyataan pendapat (tesis) | Indonesia menjadi buah bibir pada ketika pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/ World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9-14 Oktober 2012 lalu.Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh penerima sidang mengkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Charteredvyang menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (Paragraf 1) |
Argumentasi | Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan mempunyai sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini yakni angka terbesar di dunia sesudah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi. (Paragraf 2) |
Indonesia ketika ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia. (Paragraf 3) | |
…. (Paragraf 4-7) | |
Penegasan ulang pendapat | Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam agresi dan momentum yang baik dan dilewatkan begitu saja sebab kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua ketika ini. (Paragraf 8) |
c. Teks Prosedur Kompleks
Teks mekanisme kompleks yakni teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak sanggup dibalik-balik. Teks mekanisme yang langkahnya sanggup dibalik-balik disebut teks protokol.
Struktur teks mekanisme kompleks adalah: tujuan yang akan dicapai ^ langkah-langkah.
Contoh:
Tujuan yang akan dicapai | Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang? Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melaksanakan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui mekanisme penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memerhatikan hal ini, ketika melaksanakan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan menerima hukuman sesuai dengan peraturan. (Paragraf 1) |
Langkah-langkah | Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban memperlihatkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda kalau ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi kemudian lintas (polantas)! (Paragraf 2) |
…. (Paragraf 3-5) | |
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu mendapatkan atau menolak tuduhan tersebut. Apabila mendapatkan tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan sanggup diambil kalau Anda sanggup memperlihatkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan gres sanggup dikembalikan kepada pelanggar sesudah ada keputusan hakim. (Paragraf 6) |
d. Teks Editorial
Teks editorial yakni teks pada koran atau majalah yang merupakan ungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yang mewakili koran atau majalah tersebut. Editorial juga disebut tajuk rencana.
Teks editorial atau tajuk planning disusun dengan struktur: pernyataan pendapat (thesis statement) ^ argumentasi (arguments) ^ pernyataan ulang pendapat (reiteration).
Contoh:
Pernyataan pendapat | Menjual Sembari Menjaga Nirwana Indonesia yakni nirwana sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat-tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan menciptakan jadwal wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak dilakukan pemerintah. (Paragraf 1) |
Argumentasi | Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata, tempat bias mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya. (Paragraf 2) |
Di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. … (Paragraf 3-9) | |
Pernyataan ulang pendapat | Indonesia memang nirwana sekaligus kisah nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung jawab merayakannya. (Paragraf 10) |
e. Teks Ulasan
Teks ulasan yakni teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap banyak sekali hal. Teks ulasan dibentuk semoga orang lain sanggup memahami hasil penafsiran dan penilaian yang dilakukan.
Struktur teks ulasan adalah: orientasi ^ tafsiran isi ^ penilaian ^ rangkuman.
Orientasi | Gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya sastra sanggup berupa paparan wacana nama, kegunaan, dan sebagainya. |
Tafsiran isi | Pandangan pengulas wacana karya yang diulas. Pada belahan ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas. |
Evaluasi | Penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Berisi citra secara terperinci suatu karya atau suatu benda yang diulas. Hal ini sanggup berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut. |
Rangkuman | Ulasan tamat berupa simpulan karya tersebut. |
ISI DAN POLA PENYAJIAN BERBAGAI TEKS
Jenis Teks | Tujuan | Struktur |
1. Berita | Menyampaikan suatu informasi/berita | · orientasi · peristiwa · sumber berita. |
2. eksposisi | Memaparkan informasi yang dilengkapi gagasan atau proposal berdasarkan sudut pandang tertentu | · pernyataan pendapat (tesis) · argumentasi · penegasan ulang pendapat. |
3. prosedur | Memaparkan cara melaksanakan sesuatu dengan baik dan benar | · tujuan yang akan dicapai · langkah-langkah. |
4. editorial | Mengemukakan pendapat atau pandangan suatu media wacana suatu fenomena sosial | · pernyataan pendapat (thesis statement) · argumentasi (arguments) · pernyataan ulang pendapat (reiteration). |
5. Ulasan/resensi | Mengevaluasi/menilai daya tarik suatu karya | · Orientasi · tafsiran isi · evaluasi . rangkuman. |
BACA JUGA SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/207 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI
1. Melengkapi teks deskripsi
2. Melengkapi teks argumentasi
3. Membandingkan banyak sekali jenis teks
4. Menentukan tujuan teks
5. Menentukan opini teks editorial/tajuk rencana
6. Menentukan pihak yang dituju pada teks editorial
7. Melengkapi teks prosedur
2. Melengkapi teks argumentasi
3. Membandingkan banyak sekali jenis teks
4. Menentukan tujuan teks
5. Menentukan opini teks editorial/tajuk rencana
6. Menentukan pihak yang dituju pada teks editorial
7. Melengkapi teks prosedur
0 Response to "Jenis-Jenis Teks Pada Un 2017/2018 Sma/Ma Bahasa Indonesia"