Latest News

Kaitan Isi Karya Sastra Dengan Kehidupan Sehari-Hari / Era Kini

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 25
MENGAITKAN KARYA SASTRA DENGAN KEHIDUPAN SAAT INI



Kunci Jawaban : E
Pembahasan
Soal di atas menanyakan kesamaan dua teks cerpen ditinjau dari unsur intrinsik. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup bahan membaca sastra level penalaran.  Kompetensi yang diuji ialah mampu menunjukan jawaban dengan data pada karya sastra untuk mengaitkan isi karya sastra (cerpen/novel) dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat.
BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA  
Hal dalam teks (1) yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini ialah menghina sobat alasannya ialah pekerjaannya orang renta (jawaban E). Isi pokok teks (1) ialah tindakan olok-olok (hinaan) teman-teman kepada Joko alasannya ialah ibunya (orang tua) bekerja sebagai pesuruh sekolah. Isi teks (1) tersebut berkaitan dengan tindakan bullying (perundungan) yang terjadi di lingkungan sekolah. 
RINGKASAN MATERI
KAITAN KARYA SASTRA DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Karya sastra berkaitan dekat dengan kehidupan sehari-hari atau kehidupan masa kini. Berkaitan dengan kaitan sastra dengan kehidupan sehari-hari atau kehidupan ketika ini sanggup dijelaskan sebagai berikut.

1.      Sastra merupakan penggambaran kehidupan yang dituangkan melalui media tulisan. Terdapat korelasi yang dekat antara sastra dan kehidupan, alasannya ialah fungsi sosial sastra ialah bagaimana ia melibatkan dirinya ditengah-tengah kehidupan masyarakat (Semi, 1989:56).
Melalui sastra, referensi pikir seseorang atau kelompok masyarakat sanggup terpengaruh. Karena sastra merupakan salah satu kebudayaan, sedangkan salah satu unsur kebudayaan ialah sebagai sistem nilai. Oleh alasannya ialah itu, di dalam sebuah karya sastra tentu akan terdapat gambaran-gambaran yang merupakan sistem nilai. Nilai-nilai yang ada itu kemudian dianggap sebagai kaidah yang dipercaya kebenarannya, sehingga referensi pikir masyarakat sanggup terbentuk melalui karya sastra. (BACA PEMBAHASAN SOAL NOMOR 1-25 SOAL UN 2016/2017

0 Response to "Kaitan Isi Karya Sastra Dengan Kehidupan Sehari-Hari / Era Kini"

Total Pageviews