Latest News

Soal Un Smp/Mts Melengkapi Teks Prosedur


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
MELENGKAPI TEKS PROSEDUR 




Kunci tanggapan : B

Pembahasan



Soal di atas menanyakan kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks prosedur. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi unsur teks prosedur.


Teks mekanisme ialah teks yang berisikan tujuan dan langkah melaksanakan atau menciptakan sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.

Cara memilih kalimat untuk melengkapi teks mekanisme yang rumpang ialah dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan setelah bab rumpang pada teks di atas, kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks ialah Setelah 3 menit, angkat mie dan tiriskan (pilihan tanggapan B).  Kalimat sebelum bab rumpang ialah memasukkan mie ke dalam air.   Kalimat setelah bab rumpang /setelah itu, didihkan 1 gelas air, masukkan telur, dan sayur-sayur yang telah disiapkan/. Kalimat yang sempurna untuk melengkapi bab yang rumpang ialah Setelah 3 menit, angkat mie dan tiriskan (pilihan tanggapan B).

RINGKASAN MATERI

MELENGKAPI TEKS PROSEDUR

A.  Pengertian Teks Prosedur

Teks mekanisme ialah teks yang berisikan tujuan dan langkah melaksanakan atau menciptakan sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

B.  Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri teks mekanisme antara lain sebagai berikut.

  1. Umumnya memakai kalimat perintah atau imperatif.
  2. Memakai kata kerja aktif.
  3. Adanya penggunaan konjungsi guna mengurutkan kegiatan, menyerupai kemudian, setelah itu, kemudian, dan selanjutnya.
  4. Ada istilah wacana waktu, tempat, dan cara secara akurat.
  5. Teks mekanisme terdiri dari 3 bab yaitu bab tujuan teks mekanisme / mekanisme, material, dan langkah-langkah

C.    Struktur Teks Prosedur Kompleks

 Teks mekanisme mempunyai tiga struktur sebagai berikut.

  1. Bagian tujuan, berisikan tujuan dari pembuatan teks mekanisme tersebut atau hasil simpulan yang akan dicapai bila kita melaksanakan tahapan pada teks mekanisme tersebut.
  2. Bagian materi dan alat/material, berisikan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan. Bagian ini bersifat opsional.
  3. Bagian langkah-langkah, bab ini berisikan langkah-langkah yang urut dan harus ditempuh untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur.

D.    Langkah-Langkah Melengkapi Teks Prosedur

  1. Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks mekanisme teks yang berisikan tujuan dan langkah melaksanakan atau menciptakan sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.
  2. Cermati isi kalimat sebelum dan setelah bab yang rumpang. Isi kalimat pada teks mekanisme ialah urutan langkah-langkah melaksanakan atau menciptakan sesuatu.
  3. Pilihlah kalimat yang bekerjasama dengan kalimat sebelum dan setelah bab yang rumpang. Kalimat-kalimat tersebut pada umumnya mengatakan urutan kebijaksanaan berpikir


0 Response to "Soal Un Smp/Mts Melengkapi Teks Prosedur"

Total Pageviews