Latest News

Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif (Pembahasan Soal Un 2016/2017 Sma/Ma)

MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF (PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA) 

Kunci jawaban: A
Pembahasan

Soal di atas menanyakan perbaikan kalimat tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 termasuk ke dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dengan tepat.
BACA KISI-KISI SOAL UJI COBA UN2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA.
Kalimat efektif yakni kalimat yang memenuhi lima syarat yaitu, keutuhan, kesejajaran, kefokusan, kehematan, dan kelogisan,
Kalimat Dalam rapat itu dibicarakan kelulusan siswa kelas XII  tidak efektif sebab tidak memenuhi syarat kelogisan.
Kalimat tersebut menjadi efektif dengan pengubahan sebagai berikut.

a.       Dalam rapat itu dibicarakan kelulusan siswa kelas XII. (mengganti kata membicarakan dengan kata dibicarakan) 
b.      Rapat itu membicarakan kelulusan siswa kelas XII (menghilangkan kata dalam)

RINGKASAN MATERI
A.        Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif yakni kalimat yang jelas, gampang dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang dipakai tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

 B.  Syarat Kalimat Efektif
1.  Keutuhan
Contoh:

a.     Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.  Kesejajaran

1)    Bentuk
a.     Tugas belum dewasa hari ini yakni membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas belum dewasa hari ini yakni membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)    Makna

a.     Biawak itu dipegang kepalanya biar tidak murka dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya biar tidak murka dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)    Pengedepanan
a.     Sangat membanggakan siswa kita itu. 
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.     Anak yang berilmu berbicara, berilmu bergaul, dan berilmu berguru niscaya disukai banyak temannya. 
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.   Kehematan

1)    Penghilangan Subjek
a.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu siswa  itu pribadi membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah tiba lalu pribadi membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)    Penghilangan Bentuk Sinonim

a.     Menjaga kebersihan sekolah yakni merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat)
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)    Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.     Sejumlah guru-guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi menerima penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.   Kelogisan

Contoh:

a.     Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
  (Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)

0 Response to "Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif (Pembahasan Soal Un 2016/2017 Sma/Ma)"

Total Pageviews