RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : SMP ………………………… |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : VIII / 2 |
Materi Pokok | : Teks Ulasan |
Alokasi Waktu | : 4 x Pertemuan (8 JP) |
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan wacana kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan. | 3.11.1 Memahami maksud/arti penting teks ulasan 3.11.2 Menentukan macam-macam teks ulasan berdasarkan isinya. |
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan wacana kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar | 4.11.1 Menuliskan kelebihan dan kekurangan teks ulasan 4.11.2 Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan |
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca. | 3.12.1 Memahami struktur teks ulasan 3.12.2 Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan 3.12.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan |
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan. | 4.12.1 Menyusun struktur teks ulasan secara urut 4.12.2 Menulis teks ulasan berdasarkan novel “Sang Pemimpi” dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan teks ulasan. |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah membaca teks ulasan, penerima didik dapat:
1. Memahami maksud/arti penting teks ulasan
2. Menentukan macam-macam teks ulasan berdasarkan isinya.
Fokus penguatan pendidikan abjad :
- Cermat
- Teliti
Pertemuan Kedua
Setelah membaca teks ulasan, penerima didik dapat:
1. Menuliskan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
2. Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
Fokus penguatan pendidikan abjad :
- Cermat
- Teliti
- Percaya diri
- Kreatifitas membaca
Pertemuan Ketiga
Setelah mengamati gambar suatu objek wisata , penerima didik dapat:
1. Memahami struktur teks ulasan
2. Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan
3. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan
Fokus penguatan pendidikan abjad :
- Cermat
- Teliti
- Percaya diri
- Santun
Pertemuan Keempat
Setelah mengamati gambar suatu objek wisata , penerima didik dapat:
1. Menyusun struktur teks ulasan secara urut
2. Menulis teks ulasan berdasarkan novel “.............” dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan teks ulasan.
Fokus penguatan pendidikan abjad :
- Tanggung jawab
- Percaya diri
- Jujur
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
(1) Faktual
EMAK DAN SEPOTONG ROTI Karya. Caswati Emak dan Sepotong Roti merupakan salah satu judul hasil karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan wacana kisah usaha seorang Emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia rela melaksanakan pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putinya, Dani dan Dina. Cerpen tersebut dikarangnya ketika mengikuti lomba dalam rangka bulan bahasa dan sastra yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Pusat Balai Bahasa Yogyakarta pada tahun 2007. Cerita dalam cerpen ini diawali dengan insiden kemarau berkepanjangan yang melanda sebuah desa. Kemarau itu mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa mengering. Keadaan itu menciptakan sebagian warga meninggalkan sungai tersebut. Namun beda halnya dengan Emak, ia justru sering mendatangi sungai itu untuk mengumpulkan batu. Sejak suaminya meninggal empat tahun yang lalu, ia harus melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kasar demi menyambung hidupnya dan menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina. Ia tidak ingin anaknya bernasib sama sepertinya Tapi Emak sedikit beruntung, lantaran Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari ahad saja, alasannya ialah sore hari ia gres pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, ketika Dani hendak membantu, tidak ibarat biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum usang melangkah, mereka mendengar bunyi jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akhir terkena palu. Sejak ketika itu, Emak tak lagi sanggup bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang. Suatu hari ketika Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina supaya memberitahu Dani untuk membangunkannya sesudah beliau pulang. Dani pun eksklusif membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak menciptakan Dani tersadar kalau ia gres saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya. Cerpen karangan gadis kelahiran 23 September 1989 ini tersusun sangat runtut, sehingga pembaca lebih gampang memhami isinya. Selain itu, kosakata yang dipakai sanggup menciptakan pembaca terlarut dalam cerita. Serta, alu ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman kini yang biasanya berisi wacana kisah cinta remaja. Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang mempunyai arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan niscaya akan terasa lebih lezat dibaca. Tetapi, dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah cocok untuk remaja Indonesia. Sebab, di dalamnya terkandung banyak pesan yang bermakna, yang sanggup memotivasi kita supaya semangat menjalani hidup, bersyukur atas segala pemberiaan Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras untuk mewujudkan sesuatu yang kita inginkan. |
(2) Konsep
a. Pengertian teks ulasan
b. Ciri isi teks ulasan
c. Ciri-ciri penggunaan bahasa teks ulasan
- Kata sifat sikap
- Kata bermetafora
- Kata rujukan
- Variasi kalimat majemuk
d. Jenis teks ulasan
Pertemuan Kedua
(1) Faktual
SURAT KECIL UNTUK TUHAN Karya. Agnes Danovar Surat Kecil untuk Tuhan merupakan salah satu judul hasil karya sastra Agnes Danovar, yang berupa novel. Novel ini mengisahkan ulang kisah pilu seorang gadis berjulukan Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika. Ia terkena penyakit yang terbilang langka berjulukan Rabdosmiosarkoma atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama kanker jaringan lunak. Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. Hal ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah. Novel ini menceritakan Keke, seorang gadis yang cukup beruntung, lantaran lahir dari keluarga yang sangat berada, mempunyai dua orang abang laki-laki yang berjulukan Chika dan Kiki, orang renta yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan juga Pak Yus, ajun sang Ayah. Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga begitu menyayanginya, yaitu Andy. Pada tahun 2003 kanker Rhabdomyosarcoma menghinggapinya, Keke merupakan pengidap pertama di Indonesia. Gadis anggun itu pun bermetamorfosis "monster" hingga terpaksa harus menjalani serangkaian kemoterapi dan radiasi hampir setahun lamanya, akibatnya, semua rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering mual-mual. Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan sembuh dan sanggup kembali menjalani acara ibarat sedia kala. Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun mengalah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus mendapatkan kenyataan bahwa ia memang tidak sanggup disembuhkan lantaran kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006 Kelebihan dari novel karya Agnes Danovar ini ialah sanggup menciptakan pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya ialah ini ialah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga mengajarkan kita supaya tulus dan tabah mendapatkan cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan niscaya ada jalan keluarnya. Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang menciptakan pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis. Tetapi, dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, cerpen ini yang mengajarkan kita wacana arti kehidupan yang sebenarnya. Dalam menghadapi sebuah cobaan seberat apapun itu, kita harus tetap berusaha untuk bangun dan tak menyerah. |
(2) Konsep
a. Peta konsep teks ulasan kelebihan-kekurangan
b. Kebahasaan teks ulasan
(3) Prosedur
a. Menuliskan kata-kata kunci
b. Mendaftar kata-kata kunci sebagai materi penulisan teks ulasan
Materi pembelajaran remidial
Disajikan teks ulasan novel “Surat Kecil untuk Tuhan” karya Agnes Danovar
Materi pembelajaran pengayaan
Pertemuan Ketiga
(1) Faktual
Judul : Marmut Merah Jambu Pengarang : Raditya Dika Tahun terbit : Juni 2010 Penerbit : Bukune Jumlah halaman : 222 halaman Kategori : Nonfiksi-komedi Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014. Marmut Merah Jambu ini berkisah wacana Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan wanita berjulukan Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula ketika Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan duduk kasus teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy. Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya menciptakan grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibentuk bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita wacana persahabatannya dengan cewek unik berjulukan Cindy di SMA. Seiring dengan kisah Dika, beliau sadar: ada masalah di masa lalunya yang belum selesai hingga beliau dewasa. Seiring beliau berusaha memecahkannya, seiring itu pula beliau bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana? Kelebihan film ini ialah bahasa yang dipakai ialah bahasa sehari-hari sehingga gampang dipahami dan alurnya juga gampang dimengerti. Selain itu, cover depannya mempunyai warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa belahan sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik. Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak sanggup dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibentuk Raditya Dika, tetap menawarkan hal yang bagus dan menarik. |
(2) Konsep
a. Struktur teks ulasan
1. Judul
2. Indentitas buku
3. Orientasi
4. Sinopsis
5. Analisis
6. Evaluasi
b. Komponen detail belahan pada struktur teks ulasan
c. Unsur kebahasaan teks ulasan
1. Kata sifat sikap
2. Kata bermetafora
3. Kata rujukan
4. Variasi kalimat majemuk
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
Pertemuan Keempat
(1) Faktual
Membaca novel sesusai dengan apa yang dicari oleh penerima didik. |
(2) Konsep
a. Struktur teks ulasan
1. Judul
2. Indentitas buku
3. Orientasi
4. Sinopsis
5. Analisis
6. Evaluasi
b. Komponen detail belahan pada struktur teks ulasan
c. Unsur kebahasaan teks ulasan
1. Kata sifat sikap
2. Kata bermetafora
3. Kata rujukan
4. Variasi kalimat majemuk
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
(3) Prosedur
a. Menyusun kerangka teks ulasan
b. Menulis teks ulasan berdasarkan judul novel yang dicari oleh penerima didik.
c. Menyunting teks ulasan
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks ulasan berdasarkan judul novel yang dicari oleh penerima didik.
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kaidah ejaan bahasa Indonesia
b. Menulis teks ulasan
c. Menyunting teks ulasan
E. Metode Pembelajaran
1. Inquiry/Discovery
2. Saintifik
3. Problem based learning
F. Media dan Bahan
a. Media
1) Cuplikan film laskar pelangi
2) Teks ulasan
3) Tabel telaah teks
4) LK pemandu kegiatan
5) Power point
b. Bahan
1) Kertas plano
2) Lem/double tapes
3) Gunting, spidol
G. Sumber Belajar
Buku teks pendamping Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII edisi revisi 2016.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 wacana Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)
b. Guru memotivasi peserta didik dengan bertanya wacana film, novel, cepen, atau puisi yang pernah dibaca atau dilihat.
c. Guru menawarkan kesempatan kepada penerima didik untuk mengomentari film, cerpen, novel, atau puisi yang pernah dibaca atau dilihat.
d. Guru menjelaskan secara singkat kepada penerima didik bahwa komentar yang telah mereka ungkapkan merupakan bentuk ulasan/review
e. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai oleh penerima didik. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
f. Guru memberikan lingkup penilaian pengetahuan.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik melihat cuplikan tayangan film “Laskar Pelangi”. (LITERASI)
b. Peserta didik mengisi pertanyaan yang bekerjasama dengan tayangan film “laskar pelangi”
c. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti yang berkaitan dengan pertanyaan yang telah dijawab.
d. Peserta didik mengumpulkan data wacana hal-hal yang ditemukan sesuai dengan tanggapan dari pertanyaan.
e. Guru membentuk kelas menjadi 5-6 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang.
f. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja wacana objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan cerpen “emak dan sepotong roti”. (4C=COLLABORATIVE) DAN HOTS (TUGAS TINGKAT TINGGI)
g. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)
h. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i. Peserta didik mencermati penguatan wacana hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
j. Peserta didik melaksanakan penilaian tes tertulis. (HOTS)
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
b. Guru bersama penerima didik menciptakan simpulan mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran wacana ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan mencar ilmu berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya wacana hal- hal yang sanggup mengingatkan kembali mengenai teks ulasan cerpen “Emak dan Sepotong Roti”.
c. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
d. Guru memberikan lingkup penilaian keterampilan.
e. Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang berakal menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik membaca teks ulasan yang berjudul “Surat Kecil Untuk Tuhan”.
b. Peserta didik mengisi pertanyaan yang bekerjasama dengan tayangan film “Surat Kecil untuk Tuhan”
c. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti wacana kata-kata kunci, peta konsep, dari teks ulasan yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”.
d. Peserta didik mengumpulkan data wacana kata-kata kunci, peta konsep, dari teks yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”.
e. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja wacana kata-kata kunci dan peta konsep dari teks yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”. Guru menawarkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
f. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
h. Peserta didik menyimak penguatan hasil diskusi yang disampaikan guru.
i. Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
b. Guru bersama penerima didik membuat simpulan mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran wacana kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan,
d. serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan mencar ilmu berikutnya.
e. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
f. Peserta didik menerima kiprah secara berdikari untuk menciptakan peta konsep dari teks ulasan lain.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya wacana struktur dan kebahasaan teks kebahasan berdasarkan kata kunci yang diberikan oleh guru.
c. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks ulasan novel “Marmut Merah jambu”.
d. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru memberikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang berakal menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik membaca teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” yang dibagikan oleh guru.
b. Peserta didik dibimbing oleh guru menemukan struktur teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” berdasarkan kata kunci yang diberikan.
c. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti wacana struktur dan kebahasaan teks ulasan.
d. Peserta didik mengumpulkan data tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan dari novel “Marmut Merah Jambu”.
e. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja wacana struktur dan kebahasaan teks ulasan dari tayangan, guru menawarkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
f. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
h. Peserta didik mencermati penguatan wacana hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
i. Peserta didik melaksanakan penilaian tertulis.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
b. Guru bersama penerima didik menciptakan simpulan mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran wacana ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta memberikan tindak lanjut / perbaikan untuk kegiatan mencar ilmu berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
e. Peserta didik menerima kiprah kelompok untuk mengulas novel yang ditentukan oleh kelompok secara tertulis.
Pertemuan Keempat (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya jawab wacana teks ulasan.
c. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks ulasan secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara ekspresi maupun tulis
d. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru memberikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang berakal menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik menyusun teks ulasan agar menjadi runtut.
b. Peserta didik menulis teks ulasan dari novel yang telah dibaca.
c. Peserta didik mengumpulkan data wacana kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.
d. Guru menawarkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.mengerjakan lembar kerja wacana tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks ulasan, guru menawarkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Guru menawarkan penguatan hasil diskusi.
h. Peserta didik mempublikasikan teks ulasan di mading kelas.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
b. Guru bersama penerima didik menciptakan simpulan mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan mencar ilmu berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.
e. Peserta didik menerima kiprah secara berdikari untuk membuat teks ulasan secara tertulis.
f. Guru menutup pembelajaran
I. Penilaian
Teknik penilaian
a. Sikap
- Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis
c. Keterampilan
- Produk
Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VIII/Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Peserta didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | INDIKATOR SOAL | NO SOAL |
| Pengetahuan | Teks Ulasan | 1.1.1 Menentukan ciri objek teks ulasan yang dibaca/didengar. 1.1.2 Menentukan ciri tujuan teks ulasan dibaca/didengar. 1.1.3 Menentukan ciri aspek kebahasaan teks ulasan yang dibaca/didengar. | 1. Menentukan 4 ciri objek teks ulasan dari novel. 2. Menentukan 4 ciri tujuan teks ulasan novel. 3. Menentukan 4 kata umum dan kata khusus dari teks ulasan novel 4. Menentukan 4 kata sifat sikap dari teks ulasan 5. Menemukan jenis kalimat beragam dalam teks ulasan | 1 2 3 4 5 |
- Instrumen Soal
Tes tertulis
Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Laskar pelangi Keterbatasan yang ada tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah menciptakan mereka terpacu untuk sanggup melaksanakan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah teramcam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah lantaran jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya tiba dan mendaftarkan diri ke sekolah itu. Dari sanalah kisah dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan banyak sekali cara. Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang sanggup diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diubahsuaikan menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya. Anggota Laskar Pelangi mempunyai abjad dan talenta yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ saya “ dalam kisah ini. Lintang, sahabat sebangku Ikal, ialah anak yang luar biasa jenius. Sahara ialah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang mempunyai sikap keras kepala dan berpendirian berpengaruh yang sangat patuh kepada agama. Mahar, laki-laki tampan bertubuh kurus ini, mempunyai talenta dan minat besar pada seni. A Kiong ialah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar semenjak kelas satu. Syahdan ialah anak nelayan yang dalam kisah ini tak pernah menonjol. Kucai ialah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek ialah pia besar maniak otot. Harun ialah laki-laki yang mempunyai keterbelakangan mental. Tokoh lain dalam novel ini ialah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, ialah seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling ialah cinta pertama Ikal yang merupakan sepupu A Kiong. Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra. Nah sekian artikel dari saya mengenai teks ulasan film laskar pelangi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini kepada sobat yang lainnya. Saya ucapkan terima kasih untuk sobat semua yang sudah berpartisipasi untuk menciptakan informasibelajar.com ini menjadi salah satu blog edukasi yang membantu lebih dari 10.000 ribu siswa diseluruh Indonesia. Karena dukungan sobat semua, menciptakan blog sederhana ini menjadi salah satu yang terbaik dan akan terus berlanjut. |
1. Tulislah 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan tersebut!
2. Tulislah 4 tujuan yang menggambarkan ciri dari teks ulasan tersebut!
3. Tulislah 4 kata umum dan kata khusus dalam teks ulasan tersebut!
4. Tulislah 4 kata sifat sikap dari teks ulasan tersebut!
5. Carilah kalimat beragam yang terdapat pada teks ulasan “laskar pelangi”!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No Soal | Uraian | Skor |
1. | a. Menuliskan 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan tersebut! b. Menuliskan 3 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar. c. Menuliskan 2 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar. d. Menuliskan 1 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar. | 4 3 2 1 |
| JUMLAH SKOR | 4 |
2. | a. Menuliskan 4 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. b. Menuliskan 3 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. c. Menuliskan 2 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. d. Menuliskan 1 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. | 4 3 2 1 |
| JUMLAH SKOR | 4 |
3. | a. Menuliskan 4 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. b. Menuliskan 3 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. c. Menuliskan 2 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. d. Menuliskan 1 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. | 4 3 2 1 |
| JUMLAH SKOR | 4 |
4. | e. Menuliskan 4 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. | 4 |
| f. Menuliskan 3 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. g. Menuliskan 2 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. h. Menuliskan 1 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. | 3 2 1 |
| JUMLAH SKOR | 4 |
5. | a. Menuliskan jenis teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar. | 4 |
| JUMLAH SKOR TOTAL | 20 |
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan wacana kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan.
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan kiprah berikut!
Marmut Merah Jambu Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014. Marmut Merah Jambu ini berkisah wacana Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan wanita berjulukan Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula ketika Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan duduk kasus teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy. Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya menciptakan grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibentuk bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita wacana persahabatannya dengan cewek unik berjulukan Cindy di SMA. Seiring dengan kisah Dika, beliau sadar: ada masalah di masa lalunya yang belum selesai hingga beliau dewasa. Seiring beliau berusaha memecahkannya, seiring itu pula beliau bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana? Kelebihan film ini ialah bahasa yang dipakai ialah bahasa sehari-hari sehingga gampang dipahami dan alurnya juga gampang dimengerti. Selain itu, cover depannya mempunyai warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa belahan sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik. Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak sanggup dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibentuk Raditya Dika, tetap menawarkan hal yang bagus dan menarik. |
1. Daftarlah hal yang diulas dari teks ulasan “Marmut Merah Jambu” tersebut!
NO | OBJEK/ HAL YANG DIULAS |
1. | Menceritakan kehidupan tokoh pada teks tersebut |
2. | |
3. | |
4. | |
Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis
2. Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari teks ulasan tersebut!
NO | TUJUAN |
1. | Kelebihan novel |
2. | |
3. | |
4. | |
Teks deskripsi memakai sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek, permai).
3. Carilah kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan di atas dengan mengisi tabel berikut!
NO | KATA UMUM | KATA KHUSUS |
1. | Baik | Ramah |
2. | | |
3. | | |
4. | | |
Pertemuan Kedua
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Peserta didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO | LEVEL | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NO SOAL |
| Keterampilan | Teks Ulasan | a. Menuliskan kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati b. Mendaftar kata-kata kunci sebagai materi penulisan teks ulasan c. Membuat peta konsep teks ulasan dari kata-kata kunci. | Susunlah teks ulasan berdasarkan kata-kata kunci dari teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” | |
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK | SKOR | |||
4 | 3 | 2 | 1 | |
Kelengkapan struktur (judul, identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi) | - | Tiga unsur struktur terpenuhi | Tiga unsur struktur terpenuhi | Hanya satu unsur terpenuhi |
Ketepatan isi pada setiap struktur | Semua citra umum objek, citra rincian objek pada setiap belahan struktur teks tepat. | Terdapat satu belahan citra umum dan rincian objeknya tidak tepat. | Terdapat dua belahan struktur yang citra uumum dan rincian objeknya tidak tepat | Semua belahan struktur yang citra dan rincian objeknya tidak tepat |
Ketepatan penggunaan bahasa | Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat | Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat | Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat | Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat |
Kreativitas penggunaan bahasa | Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi | Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi | Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi | Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi |
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Pertemuan Ketiga
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Peserta didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO | LEVEL | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NO SOAL |
| Pengetahuan | Teks Deskripsi | 1.2.1 Menentukan bagian struktur teks deskripsi. 1.2.2 Menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat. | 1. Menentukan bagian struktur teks deskripsi. 2. Menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat. | 1 2 |
- Instrumen Soal
Tes tertulis
1. Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Marmut Merah Jambu Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014. Marmut Merah Jambu ini berkisah wacana Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan wanita berjulukan Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula ketika Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan duduk kasus teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy. Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya menciptakan grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibentuk bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita wacana persahabatannya dengan cewek unik berjulukan Cindy di SMA. Seiring dengan kisah Dika, beliau sadar: ada masalah di masa lalunya yang belum selesai hingga beliau dewasa. Seiring beliau berusaha memecahkannya, seiring itu pula beliau bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana? Kelebihan film ini ialah bahasa yang dipakai ialah bahasa sehari-hari sehingga gampang dipahami dan alurnya juga gampang dimengerti. Selain itu, cover depannya mempunyai warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa belahan sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik. Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak sanggup dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibentuk Raditya Dika, tetap menawarkan hal yang bagus dan menarik. |
2. Tentukan bagian struktur teks ulasan tesebut!
3. Tentukan ciri kebahasaan teks ulasan tersebut!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL | URAIAN | SKOR |
1. | a. Menentukan struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. b. Menentukan struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. c. Menentukan struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. | 3 2 1 |
2. | a. Menuliskan 4 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. b. Menuliskan 3 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. c. Menuliskan 2 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. d. Menuliskan 1 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat. | 4 3 2 1 |
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan kiprah berikut!
Marmut Merah Jambu Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014. Marmut Merah Jambu ini berkisah wacana Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan wanita berjulukan Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula ketika Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan duduk kasus teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy. Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya menciptakan grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibentuk bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita wacana persahabatannya dengan cewek unik berjulukan Cindy di SMA. Seiring dengan kisah Dika, beliau sadar: ada masalah di masa lalunya yang belum selesai hingga beliau dewasa. Seiring beliau berusaha memecahkannya, seiring itu pula beliau bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana? Kelebihan film ini ialah bahasa yang dipakai ialah bahasa sehari-hari sehingga gampang dipahami dan alurnya juga gampang dimengerti. Selain itu, cover depannya mempunyai warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa belahan sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik. Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak sanggup dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibentuk Raditya Dika, tetap menawarkan hal yang bagus dan menarik. |
Struktur teks ulasan di atas!
NO | STRUKTUR | TEKS |
1. | | |
2. | | |
3. | | |
4. | | |
| | |
1. Ciri Kebahasaan teks ulasan!
NO | STRUKTUR | KATA/KALIMAT |
1. | Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan) | |
2. | Kalimat yang seakan-akan sanggup dilihat, didengar, dan dirasakan. | |
3. | Kata Berimbuhan pada Teks ulasan | |
4. | Menggunakan kata bersinonim | |
Pertemuan Keempat
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : Sekolah Menengah Pertama …………………
Kelas/Semester : VIII/Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Peserta didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO | LEVEL | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NO SOAL |
| Keterampilan | Teks ulasan | 4.2.1 Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan | 1. Buatlah kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan | |
4.2.2 Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan wacana teks ulasan novel 4.2.3 Mengomunikasikan hasil novel yang telah diulas | 2. buatlah teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan wacana teks ulasan novel | |
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN
ASPEK | SKOR | |||
4 | 3 | 2 | 1 | |
Kelengkapan struktur (judul, identitas, rientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi) | - | Tiga unsur struktur terpenuhi | Tiga unsur struktur terpenuhi | Hanya satu unsur terpenuhi |
Ketepatan isi pada setiap struktur | Semua citra umum objek, citra rincian objek pada setiap belahan struktur teks tepat. | Terdapat satu belahan citra umum dan rincian objeknya tidak tepat. | Terdapat dua belahan struktur yang citra uumum dan rincian objeknya tidak tepat | Semua belahan struktur yang citra dan rincian objeknya tidak tepat |
Ketepatan penggunaan bahasa | Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat | Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat | Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat | Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat |
Kreativitas penggunaan bahasa | Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi | Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi | Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi | Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi |
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 4)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan dan Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan wacana novel yang telah dibaca.
NO. | HAL | HASIL |
1. | Kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan | |
2. | Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan wacana novel yang telah dibaca. | |
Mengetahui, Kepala Sekolah Menengah Pertama ……………………………, ……………………………… NIP ………………………… | …………………., Juli 2017 Guru Mata Pelajaran, ……………………………….. NIP ………………………….. |
0 Response to "Rpp Teks Ulasan Kelas Viii Semester 2"