MENENTUKAN KALIMAT PERTANYAAN YANG TEPAT SESUAI ISI TEKS PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
Soal di atas menanyakan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup bahan membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu memilih isu tersurat teks/ memilih kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
BACA BEDAHKISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
Teks di atas mendeskripsikan kondisi lingkungan di Perumahan Cendana yang sangat baik. Hal yang dideskripsikan antara lain kondisi selokan yang baik dan daerah pembuangan yang terawat. Pertanyaan yang sesuai isi teks ialah Bagaimana kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Cendana? (jawaban C)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PERTANYAAN YANG JAWABANNYA SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat isu tersurat dan tersirat. Informasi tersurat ialah isu yang tertulis secara terang dalam bacaan. Informasi tersirat ialah isu yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Pokok-pokok isu terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok isu itu sanggup pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .
Langkah-langkah Menentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai isi teks.
c. Di mana (where) terjadinya kejadian itu?
Jawaban: daerah terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya kejadian itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) kejadian itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya peristiwa
Kunci Jawaban: C
PembahasanSoal di atas menanyakan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup bahan membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu memilih isu tersurat teks/ memilih kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
BACA BEDAHKISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
Teks di atas mendeskripsikan kondisi lingkungan di Perumahan Cendana yang sangat baik. Hal yang dideskripsikan antara lain kondisi selokan yang baik dan daerah pembuangan yang terawat. Pertanyaan yang sesuai isi teks ialah Bagaimana kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Cendana? (jawaban C)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PERTANYAAN YANG JAWABANNYA SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat isu tersurat dan tersirat. Informasi tersurat ialah isu yang tertulis secara terang dalam bacaan. Informasi tersirat ialah isu yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Pokok-pokok isu terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok isu itu sanggup pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .
Langkah-langkah Menentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai isi teks.
1. Bacalah dengan cermat kutipan teks.
2. Pahamilah isi teks dengan benar.
3. Tentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks.
Berikut kalimat pertanyaan dan tanggapan atas pertanyaan berkaitan isi teks.
a. Apa (what) peristiwanya?
Jawaban sesuatu/perihal kejadian dalam bacaan
Jawaban sesuatu/perihal kejadian dalam bacaan
b. Siapa (who) yang mengalami kejadian itu?
Jawaban: Pihak (subjek) yang diinformasikanc. Di mana (where) terjadinya kejadian itu?
Jawaban: daerah terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya kejadian itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) kejadian itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya peristiwa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
BACA DI BLOG:
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat relasi lantaran akibat
9. Kalimat yang menawarkan (bukti) tabiat tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
22. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24. Struktur teks resensi
25. Pendapat pro dan kontra
26. Jenis-jenis teks mekanisme
27. Melengkapi teks prosedur
28. Menyunting teks prosedur
29. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
31. Fakta dan opini dalam teks biografi
32. Membandingkan nilai tabiat dua teks fabel
33. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35. Cara memvariasikan kalimat
36. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
37. Makna simbol dalam cerpen
38. Menentukan belahan alur cerpen
39. Syarat-syarat paragraf yang baik
40. Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
41. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42. Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
43. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
44. Kalimat tidak efektif
45. Alasan penggunaan kata yang salah
46. Penulisan abjad kapital
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Kesalahan penggunaan tanda baca
49. Penggunaan ejaan yang tepat
50. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
0 Response to "Pembahasan Soal Un 2016/2017 Bahasa Indonesia Smp/Mts Nomor 1: Mengidentifikasi Info Tersurat"