RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA …..
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 4 X 45 ( 2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 (Sikap Religius) dan KI-2 (Sikap Sosial) | |
Memiliki perilaku jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi permasalahan, sehingga sanggup menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang Maha Kuasa serta menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya | |
KI-3 (Pengetahuan) | KI-4 (Keterampilan_ |
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah | Mengolah, menalar, pengembangan dari yang dipela Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.11 Menganalisis isi struktur (orientasi,pengajuan,penawaran,persetujuan,penutup) Dan kebahasaan teks negosiasi. | 3.11.1 Mengidentifikasi isi teks negosiasi 3.11.2 Menentukan struktur teks negosiasi 3.11.3 Mengaanalisis teks kebahasaaan negosiasi |
4.11. Mengontruksi teks perundingan dengan memperhatikan isi,setruktur(orientasi,pengajuan,penawaran,persetujuan,penutup) Dan kebahasaan teks negosiasi. | 4.11.1 Membuat teks negosiasidengan memperhatikan isi, struktur dan ke bahasaan. 4.11.2 Memainkan kiprah obrolan perundingan dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara pembelajaran dengan memakai metode bermain peran (role playing) dengan pendekatan saintifik, penerima didik sanggup menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks perundingan serta dalam ketrampilan memerankan dalam praktik nyata/lisan dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D. Materi Pembelajaran
1. Faktual 1. Struktur teks negosiasi:
· orientasi
· permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan).
2. Konseptual 1. Contoh Teks Negosiasi
2. Struktur teks Negosiasi
3. Kaidah Kebahasan teks negosiasi
3. Prosedural : 1. Mengidentifikasikan Teks negosiasi
2. Menyusun struktur teks negosiasi
3. Memahami Kaidah Kebahasaan teks negosiasi
E. Pendekatan/ Metode/ Model
1. Pendekatan : Saintific
2. Metode : Role Playing, tanya jawab, Penugasan
3. Model : 1. Inquiri Learning
2. Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Projek)
F. Media/ Alat dan Bahan
1. Media/ Alat : Laptop, LCD Projektor
2. Bahan : Teks Negosiasi
G. Sumber Belajar
1. Buku Teks Kurikulum 2013 (Pusat Perbukuan Nasional)
2. Komposisi, Gorys Keraf
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
Tahap Pembelajaran | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam dari guru sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan bahan pembelajaran sebelumnya ihwal teks perundingan (tanya jawab). 3. Peserta didik mendapatkan info secara proaktif ihwal hal-hal yang dipelajari dan dikuasai khususnya teks negosiasi 4. Peserta didik mendiskusikan info dengan proaktif ihwal hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya ihwal struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi. 5. Peserta didik memperhatikan klarifikasi guru ihwal tujuan pembelajaran dan acara yang harus dilakukan penerima didik melalui tayangan LCD projektor | 10 menit |
Kegiatan Inti | Simulasi dan Identifikasi Masalah 6. Peserta didik mencermati teks negosiasi (LITERASI) 7. Peserta didik mencermati struktur teks negosiasi | 70 menit |
Mengumpulkan Informasi 8. Peserta didik mengidentifikasi teks negosiasi 9. Peserta didik menemukan dan mencatat struktur teks negosiasi 10. Peserta didik menemukan dan mencatat kaidah penulisan kebahasaan teks negosiasi | ||
Mengolah Informasi 11. Peserta didik merumuskan orientasi pengajuan, penawaran teks perundingan dalam kelompok 12. Peserta didik merumuskan struktur dalam teks negosiasi 13. Peserta didik merumuskan kaidah dalam penulisan kebahasaan dalam kelompok | ||
Verifikasi Hasil 14. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi ihwal , struktur, dan kaidah kebahasaan teks negosiasi (4C=COMMUNICATION) 15. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi ihwal perbedaan unsur, struktur, dan kaidah kebahasaan teks negosiasi melalui tayangan LCD Projektor | ||
16. Peserta dari kelompok lain memberikan tanggapan | ||
Generalisasi 17. Peserta didik menciptakan simpulan hasil diskusi ihwal unsur, struktur, dan kaidah kebahasaan teks negosiasi | ||
Kegiatan Penutup | 18. Peserta didik melaksanakan konfirmasi dengan guru ihwal unsur, struktur teks dan kaidah teks resensi 19. Peserta didik bersama guru melaksanakan refleksi tentamg proses pembelajaran yang sudah dilakukan 20. Peserta didik mendapatkan klarifikasi ihwal kiprah menyusun teks negosiasi (HOTS) | 10 menit |
2. Pertemuan ke-2
Langkah Pembelajaran | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam dari guru sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan bahan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik mendapatkan info secara proaktif tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya ihwal penulisan resensi 4. Peserta didik memperhatikan klarifikasi guru ihwal tujuan pembelajaran dan acara yang harus dilakukan penerima didik melalui lcd Projektor | |
Kegiatan Inti | Mengidentifikasi dan Merumuskan Projek 5. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk merumuskan kiprah penulisan teks 6. Peserta didik menentukan teks negosiasi 7. Peserta didik mengerti isi teks negosiasi | 10 menit |
Menyusun Rancangan Penyelesaian Projek 8. Peserta didik menentukan durasi waktu membaca teks negosiasi 9. Peserta didik menentukan jadwal konsultasi 10. Peserta didik bersepakat dengan guru menentukan jadwal pengumpulan hasil | 70 menit | |
Mengumpulkan Informasi 11. Peserta didik bersama anggota kelompok mengidentifikasi teks negosiasi 12. Peserta didik bersama anggota kelompok mengidentikasi isi, unsur, sruktur, dan kaidah dalam yang terdapat dalam teks negosiasi. | ||
Mengolah Informasi 13. Peserta didik merumuskan rancangan teks negosiasi berdasarkan langkah-langkah penulisan struktur teks negosiasi. 14. Peserta didik mempresentasikan hasil perumusan dalam menulis teks negosiasi melalui LCD projrktor 15. Peserta didik dari kelompok lain menawarkan tanggapan 16. Peserta didik melaksanakan konfirmasi dengan guru ihwal langkah-langkah mengidentifikasi teks. negosiasi | ||
Menyusun Laporan 17. Peserta didik melaksanakan editing atas rancangan teks negosiasi yang telah dipresentasikan 18. Peserta didik merumuskan kembali rancangan struktur teks negosiasi. 19. Peserta didik dengan persetujuan guru menciptakan janji ihwal jadwal konsultasi hingga dengan pengumpulan hasil pekerjaan siswa. | ||
Kegiatan Penutup | 20. Guru bersama murid menyimpulkan hasil diskusi dalam mengidentifikasi teks negosiasi. 21. Peserta didik menyimpilkan manfaat hasil pembelajaran dalam mengidentifikasi teks negosiasi dalam kaitnnya dengan kegunaan sehari-hari. 22. Peserta didik bersama guru melaksanakan refleksi tentang proses pembelajaran yang sudah dilakukan 23. Peserta didik menyimak klarifikasi guru atas planning pembelajaran yang pertemuan berikut. 24. Peserta didik menjawab salam epilog pelajaran dari guru | 10 menit |
1. Penilaian
- Penilaian Sikap
a. Teknik penilaian : Observasi : perilaku religius dan perilaku sosial
b. Bentuk penilaian : lembar pengamatan
c. Instrumen penilaian : jurnal (terlampir)
2. Pengetahuan
Jenis/Teknik tes : tertulis dan lisan
Bentuk tes : uraian
a. Tertulis
b. Penugasan
c. Instrumen Penilaian (terlampir)
- Keterampilan
a. Teknik/Bentuk Penilaian : Praktik/Performance
b. Bentuk : Fortofolio
c. Instrumen Penilaian : (terlampir)
Mengetahui, ……………………
Kepala Sekolah Guru Mapel,
………………….. ……………………………
Lampiran 1
Materi Pembelajaran
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 2 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi |
Materi | : | Teks Negosiasi |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan obrolan negosiasi, penerima didik sanggup membedakan isi teks negosisi dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan obrolan negosiasi, penerima didik sanggup mengevaluasi struktur teks perundingan dengan benar |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan obrolan perundingan siswa sanggup memperbaiki dan menulis kalimat yang benar sebuah diskusi teks negosiasi |
Indikat or Soal Nomor 4 | : | Disajikan gambar perundingan siswa sanggup mengemukakan pendapat terhadap pertanyaan teks perundingan dengan benar |
Indikator Soal Nomor 5 | : | Disajikan gambar perundingan siswa sanggup menawarkan solusi terhadap pertanyaan teks perundingan dengan benar |
STIMULUS 1
Pegawai Bank: "Selamat pagi pak, silahkan duduk, ada yang bisa kami bantu?"
Nasabah: "Selamat pagi bu. Ya, terimakasih."
Nasabah: "Begini bu, saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang untuk perjuangan ikan lele saya."
Pegawai Bank: "Maaf, bisa saya lihat proposalnya?"
Nasabah: "Ini bu, silahkan."
Pegawai bank: "Sebenarnya, proposal bapak ini sangat bagus, tidak ada masalah. Cuma kami dari
pihak bank tidak bisa memenuhi seruan dana sebesar 500 juta."
Nasabah: "Jadi, kira-kira pihak bank bisa menawarkan berapa bu?"
Pegawai Bank: "Setelah saya hitung, kami hanya menyanggupi hingga 300 juta pak, dengan bunga 4 %."
Nasabah: "Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini bahwasanya sangat sukses, pesanan ikan lele ke kami dari seluruh Indonesia."
Nasabah: "Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah kapasitas produksi untuk memenuhi seruan ikan lele tersebut"
Pegawai Bank: "Tunggu dulu pak, saya hitung ulang dulu"
Pegawai Bank: "Yah, tampaknya kami sanggup menawarkan 350 juta".
Nasabah: "Wah, apakah tidak bisa dinaikin lagi bu? Gimana kalau 400 juta?"
Pegawai Bank: "Maaf pak, hanya segitu yang bisa kami sanggupi."
Nasabah: "Selamat pagi bu. Ya, terimakasih."
Nasabah: "Begini bu, saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang untuk perjuangan ikan lele saya."
Pegawai Bank: "Maaf, bisa saya lihat proposalnya?"
Nasabah: "Ini bu, silahkan."
Pegawai bank: "Sebenarnya, proposal bapak ini sangat bagus, tidak ada masalah. Cuma kami dari
pihak bank tidak bisa memenuhi seruan dana sebesar 500 juta."
Nasabah: "Jadi, kira-kira pihak bank bisa menawarkan berapa bu?"
Pegawai Bank: "Setelah saya hitung, kami hanya menyanggupi hingga 300 juta pak, dengan bunga 4 %."
Nasabah: "Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini bahwasanya sangat sukses, pesanan ikan lele ke kami dari seluruh Indonesia."
Nasabah: "Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah kapasitas produksi untuk memenuhi seruan ikan lele tersebut"
Pegawai Bank: "Tunggu dulu pak, saya hitung ulang dulu"
Pegawai Bank: "Yah, tampaknya kami sanggup menawarkan 350 juta".
Nasabah: "Wah, apakah tidak bisa dinaikin lagi bu? Gimana kalau 400 juta?"
Pegawai Bank: "Maaf pak, hanya segitu yang bisa kami sanggupi."
STIMULUS 2
Wali Kelas: "Anto, bagaimana planning Study Wisata ke Tanjung Bira, apakah semua temanmu setuju?"
Ketua Kelas: "Saya sudah berbicara dengan teman-teman bu, cuma ada usulan study wisatanya ke Pantai Marina aja bu."
Wali Kelas: "Wah, kenapa bisa begitu?"
Ketua Kelas: "Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana bu. Sedangkan, Pantai Marina belum pernah sama sekali."
Wali Kelas: "Tapi anto, ibu sudah bicarakan planning ini ke bapak kepala sekolah dan dia sudah menyetujuinya"
Ketua Kelas: "Iya bu, tapi tampaknya banyak teman-teman yang tidak ikut kalau study wisata itu dilaksanakan di Tanjung Biara."
Wali Kelas: "Aduh, jadi gimana yah, padahal ibu sudah mempersiapkan semuanya."
Ketua Kelas: "Begini saja bu, semoga saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan planning ini."
Wali Kelas: "Baiklah kalau begitu, secepatnya kau bicara dengan beliau, laporkan ke ibu hasilnya".
Ketua Kelas: "Baik bu."
Ketua Kelas: "Saya sudah berbicara dengan teman-teman bu, cuma ada usulan study wisatanya ke Pantai Marina aja bu."
Wali Kelas: "Wah, kenapa bisa begitu?"
Ketua Kelas: "Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana bu. Sedangkan, Pantai Marina belum pernah sama sekali."
Wali Kelas: "Tapi anto, ibu sudah bicarakan planning ini ke bapak kepala sekolah dan dia sudah menyetujuinya"
Ketua Kelas: "Iya bu, tapi tampaknya banyak teman-teman yang tidak ikut kalau study wisata itu dilaksanakan di Tanjung Biara."
Wali Kelas: "Aduh, jadi gimana yah, padahal ibu sudah mempersiapkan semuanya."
Ketua Kelas: "Begini saja bu, semoga saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan planning ini."
Wali Kelas: "Baiklah kalau begitu, secepatnya kau bicara dengan beliau, laporkan ke ibu hasilnya".
Ketua Kelas: "Baik bu."
Soal:
1. Kemukakan perbedaan kedua isi teks perundingan di atas
2. Temukan struktur teks perundingan
3. kemukakan komentarmu terhadap kebahasaan kedua teks perundingan tersebut
4. Seandainya Kamu sebagai seorang pimpinan, karyawan Anda menuntut kenikan upah, sementara perusahaan Anda dalam kondisi yang sedang mustahil menaikkan upah, buatlah kalimat obrolan perundingan dengan memperhatikan struktur teks perundingan yang baik
Ketua RW : para warga yang saya hormati, malam ini datang saatnya bagi kita untuk tetapkan pembangunan lapangan olahraga. Silahkan yang akan mengemukakan pendapatnya
Warga 1 : bapak ketua RW yang hormati, berdasarkan saya lapangan yang perlu dibangun yaitu lapangan volly jangan lapangan bulu tangkis
Warga 2 : pak RW belum dewasa kita kan banyak, jadi semoga semua sanggup berolahraga lebih baik lapangan voli saja.
Warga 3 : Betul pak RW, semoga semua bisa bermain saya baiklah lapangan voli saja.
Ketua RW : Bagaimana bapak-bapak yang lain? Apakah bisa diputuskan lapangan voli yang akan kita berdiri di sudut desa kita.
Warga : setuju, setujuu, setuju
Warga1 : saya tidak baiklah (pergi meninggalkan ruang rapat)
5. Berdasarkan gambar dan obrolan diatas seandainya Anda sebagai ketua RW Anda harus memenuhi harapan warga yang berbeda pendapat dalam planning pembangunan lapangan olahraga baru. Buatlah kalimat obrolan perundingan gres dengan memperhatikan kaidah kebahasaan yang baik dan benar..
1) Penilaian Sikap Sosial
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : X/ 2
Materi Pokok : Teks Negosiasi
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Perilaku | Jumlah Skor | Nilai | |||||
Nasionalisme | Integritas | Jujur | Mandiri | Tanggung Jawab | |||||
1. | |||||||||
2. | |||||||||
3. | |||||||||
4. | |||||||||
5. |
Keterangan:
Skor tiap aspek 1-4
Skor Maksimal = 20
N = Jumlah Skor X 100 =………
Skor Maksimal
a) Penilaian Pengetahuan
. INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan | : | SMA Negeri 1 Cepogo | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | X | |
Kompetensi dasar | : | 3.11 | Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. |
Indikator | : | 3.11.1 | Mengidentifikasi isi teks negosiasi. |
3.11.2 | Menentukan struktur teks negosiasi. | ||
3.11.3 | Menganalisis kebahasaan teks negosiasi | ||
Materi | : | Menganalisis Teks Negosiasi |
Contoh Tugas:
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan | : | SMA .. | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Kompetensi dasar | : | 3.11 | Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.. |
Indikator | : | 3.11.1 | Mengidentifikasi isi teks negosiasi. |
3.11.2 | Menentukan struktur teks negosiasi. | ||
3.11.3 | Menganalisis kebahasaan teks negosiasi | ||
Materi | : | Menganalisis Teks Negosiasi |
Contoh Tugas:
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Rubrik Penilaian Penugasan
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah kiprah pengamatan lengkap isi pemeranan teks perundingan ? | ||
2. | 3. Apakahterdapaturaiantentangstruktur negosiasi? | ||
3. | Apakahbahasa yang digunakanuntukmenginterpretasikanlugas, sederhana, runtut dan sesuaidengankaidah EYD? | ||
4. | Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai kesepakatan? | ||
5. | Apakah menciptakan komentar kesimpulan? | ||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangatkurang
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA … | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Kompetensi dasar | : | 3.11 | Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. |
Indikator | : | 3.11.1 | Mengidentifikasi isi teks negosiasi. |
3.11.2 | Menentukan struktur teks negosiasi. | ||
3.11.3 | Menganalisis kebahasaan teks negosiasi |
Tes Tertulis
Disediakan dua teks perundingan
1. Identifikasilah isi teks perundingan dengan benar
2. Carilah perbedaan isi teks negosiasi dengan benar
3. Analisislah struktur teks perundingan dengan benar
4. kemukakan komentarmu terhadap kebahasaan teks perundingan tersebut
Terlulis (soal HOTS)
1. mengapa sebuah perundingan tidak selamanya berhasil, kemukakan pendapatmu?
2. Sikap yang bagaimanakah yang harus dimiliki seorang negosiator dalam menghadapi lawan dengan perilaku keras atau kaku
3. Seandainya Kamu sebagai seorang pimpinan, karyawan Anda menuntut kenikan upah, sementara perusahaan Anda dalam kondisi yang sedang mustahil menaikkan upah, solusi apakah yang akan Anda lakukan
4. Sebagai ketua RW Anda harus memenuhi harapan warga yang berbeda pendapat dalam planning pembangunan lapangan olahraga baru, kemukakan planning Anda.
Rubrik penilaian
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
1 | Peserta didik munuliskan isi teks perundingan dengan sangat tepat | 4 | |
a. Peserta didik munuliskan isi teks negosiasi dengantepat | 3 | ||
b. Peserta didik munuliskan isi teks negosiasi dengan kurangtepat | 2 | ||
c. Peserta didik munuliskan isi teks negosiasi dengantidaktepat | 1 | ||
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
2 | Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks perundingan dengan sangat tepat | 4 | |
d. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks negosiasidengan tepat | 3 | ||
e. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks negosiasidengan kurang tepat | 2 | ||
f. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks negosiasidengantidak tepat | 1 | ||
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
3 | Pesertadidik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks negosiasidan memberikan teladan masing-masing dengan sangat tepat | 4 | |
g. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks perundingan memberikan teladan masing-masing dengan tepat | 3 | ||
h. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks perundingan dan menawarkan teladan masing-masing dengankurangtepat | 2 | ||
i. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks perundingan dan memberikan teladan masing-masing dengan tidaktepat | 1 | ||
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
4 | Peserta didik mengomentari sisi kebahasaan teks perundingan dengan sangat tepat | 4 | |
j. Peserta didik mengomentari sisi kebahasaankebahasaanteks negosiasi dengantepat | 3 | ||
k. Peserta didik mengomentari sisi kebahasaankebahasaan teks negosiasi dengan kurangtepat | 2 | ||
l. Peserta didik mengomentari sisi kebahasaankebahasaanteks negosiasi dengantidaktepat | 1 | ||
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA …. | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Materi | : | Menganalisis dan memerankan obrolan negosiasi | |
Kompetensi dasar | : | 4.11 | Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan |
Indikator | : | 4.11.1 | Membuat teks perundingan dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan. |
4.11.2 | Memainkan kiprah obrolan perundingan dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan |
1. Lembar soal Ketrampilan
a. Buatlah sebuah teks obrolan perundingan dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan
b. Pilihlah kiprah yang sesuai dan lakukan permainan drama perundingan sesuai teks perundingan yang dibuat.
2. Rubrik Penilaian
Bait | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | m. Peserta didik menentukan isiteks negosiasisangat sesuai isi teks | 4 |
n. Peserta didik menentukan isi teks negosiasisesuai isi teks | 3 | |
o. Peserta didik menentukan isiteks negosiasikurang sesuai isi teks | 2 | |
p. Pesertadidikmenentukan isiteks perundingan tidaksesuaiisiteks | 1 | |
2 | q. Peserta didik menyusun Strukturteks negosiasisangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik | 4 |
r. Peserta didik menyusun Strukturteks perundingan lengkapdansesuaidengan topik | 3 | |
s. Peserta didik menyusun Strukturteks negosiasikurang lengkap dan kurang dengantopik | 2 | |
t. Peserta didik menyusun Strukturteks negosiasitidak lengkap dan tidak sesuai isi teks | 1 | |
3 | u. Peserta didik memakai bahasa teks perundingan sangat sesuai dengan kaidah kebahasaan, dan EYD | 4 |
v. Peserta didik memakai bahasa teks perundingan sesuai dengan Struktur, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 3 | |
w. Peserta didik memakai bahasa teks negosiasikurang sesuai denganStruktur, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 2 | |
x. Peserta didik memakai bahasa teks perundingan tidak sesuai dengan Struktur, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 1 | |
4 | y. Peserta didik memerankan teks perundingan sangat sesuai dengan isi , struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 4 |
z. Peserta didik memerankan teks perundingan sesuai dengan isi, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 3 | |
aa. Peserta didik memerankan teks perundingan kurang sesuai dengan isi, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 2 | |
bb. Peserta didik memerankan teks perundingan tidak sesuai dengan isi, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD | 1 |
Nilai = Perolehanskorx 100
Jumlahkreteria/soal
Contoh
Nilai =11 x 100 = 91,66
12
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA N ….. | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | X | |
Materi | : | Menganalisis Teks Negosiasi | |
Kompetensi dasar | : | 4.11 | Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan |
Indikator | : | 4.11.1 | Membuat teks perundingan dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan. |
4.11.2 | Memainkan kiprah obrolan perundingan dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang diberikan ke dalam map individu Peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang telah diberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didikmenyimpan semua kiprah yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan alasannya tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
0 Response to "Rpp Teks Perundingan Kelas X/1 Lengkap Ppk, 4C, Literasi, Hots"