RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-7
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama ..................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/ 2
Materi Pokok : Teks Persuasi
Alokasi Waktu : 4 X Pertemuan ( 12 JP)
A. Kompetensi Inti
KI-1: Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya
KI-2: Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | |
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan ihwal aneka macam hal positif atas permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca. | 3.13.1 Mengamati model-model teks persuasi 3.13.2 Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca 3.13.3 Mendiskusikan pengertian dari teks persuasi 3.13.4 Mendiskusikan jakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi | |
| 4.13.1 Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi 4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi | |
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan ihwal aneka macam permasalahan faktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari aneka macam sumber yang didengar dan dibaca | 3.14.1 Mendiskusikan struktur isi teks persuasi 3.14.2 Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca /didengar 3.14.3 Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang dibaca/didengar 3.14.4 Mendata permasalahan faktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai materi menulis teks persuasi. 3.14.5 Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi ihwal dilema aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, bantalan an dan bukti, saran, isyarat atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan. | |
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan mulut dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek mulut | 4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi 4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi. 4.14.3 Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.
2. Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca
3. Mendiskusika pengertian dari teks persuasi secara tepat.
4. Menetukan ciri tujuan teks persuasi dibaca/didengar secara tepat
5. Mendiskusikan ajakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi yang dibaca/didengar secara tepat.
Fokus penguatan pendidkan huruf
- cermat
- teliti
Pertemuan kedua
1. Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.
2. Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi
3. Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi
Fokus penguatan pendidikan huruf :
- cermat
- teliti
- percaya diri
Pertemuan ketiga
1. Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar
2. Mendiskusikan struktur isi dan kaidah kebahasaan teks persuasi
3. Mendiskusikan perbedaan pada setiap kalimat/paragraph menurut struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
4. Mendata permasalahan faktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai materi menulis teks persuasi.
5. Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi ihwal dilema actual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, bantalan an dan bukti, saran, isyarat atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan.
Fokus penguatan pendidikan huruf :
- cermat
- teliti
- percaya diri
Pertemuan keempat
Setelah mengamati contoh teks persuasi, peserta didik dapat:
1. Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
2. Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
3. Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
Fokus penguatan pendidikan huruf :
1. Kerja sama
2. Teliti
3. Tanggung jawab
4. Percaya diri
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan kesatu
(1) Faktual
HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Rokok mengandung materi dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 materi kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh badan kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya yaitu penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi perempuan yang menjadi perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah rokok, jikalau kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah menciptakan badan kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.
(2) Konsep
a. Informasi teks persuasi
b. Pengertian teks persuasi
c. Ciri isi teks persuasi
d. Tujuan teks persuasi
Pertemuan kedua
(1) Fakta
PENDIDIKAN Pendidikan yaitu hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan pendidikan kita bias mendapat pencerahan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan berguru dengan ulet baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak berguru dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia alasannya tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh alasannya itu, marilah berguru dengan ulet dan sungguh-sungguh supaya kita sanggup mendapat cita-cita. |
(2) Konsep
a. langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi
langkah-langkahmerumuskan kesimpulan teks persuasi.
· Membaca keseluruhan isi teks persuasi.
· Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.
· Memahami bab logis antar bab penting teks persuasi.
· Merumuskan kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
b. Menyajikan informasi isi teks persuasi
(3) Prosedur
a. Menuliskan bab penting dari isi teks persuasi
Pertemuan ketiga
1. Fakta
Dampak Globalisasi
Assalamualaikaum Wr.Wb
Yang terhormat Kepala Sekolah
Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah
Yang terhormat guru-guru
Beserta seluruh murid yang berbahagia.
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya. Saya juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung jadwal ini. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk menyelanggarakan jadwal ini.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita. Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi. Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar imbas globalisasi dalam kehidupan kita.
Globalisasi berarti proses yang mendunia. Di era 21 ini, imbas globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita. Bahkan, imbas tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita sanggup melihat jalan raya dipadati oleh aneka macam jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi yaitu telekomunikasi. Hal tersebut sanggup dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang. Selain telepon genggam, yang tak kalah penting yaitu penggunaan internet. Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk mengikuti jadwal yang dikenal dengan melek internet.
Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, terang bahwa globalisasi sangat kuat pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang sanggup mencicipi pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik , kita harus bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai negatif dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya aneh yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa menentukan budaya yang baik dan tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.
Jadi ,ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi imbas globalisasi. Kita boleh mencicipi imbas positip,namun kita harus bisa menyaring hal -hal yang berkhasiat bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .
Semoga apa yang telah saya sampaikan sanggup bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang sanggup saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya mohon maaf.
Wabillahi taufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
(2) Konsep
- Struktur teks persuasi
1) Pengenalan isu
2) Rangkaian argumen
3) Pernyataan ajakan
4) Penegasan kembali
- Komponen detail bab pada struktur teks persuasi
- Kaidah kebahasaan
1) pernyataan yang berupa bujukan
2) kata ganti orang
3) istilah teknis
4) konjungsi
5) kata kerja mental
6) perujukan
(3) Prosedur
- Menyusun kerangka teks persuasi
- Menulis teks persuasi secara benar
- Mengidentifikasi pernyataan bujukan, kata ganti orang dan penggunaan konjungsi.
- Mengklasifikasi istilah teknis
e. Mengeksplorasi kata kerja mental
Pertemuan keempat
1. Fakta
(1) Konsep
a. Penyajian teks persuasi
1) Menetukan topik dan tujuan
2) Membuat kerangka teks persuasi
- Pengenalan isu
- Rangkaian argument
- Pernyataan ajakan
- Penegasan kembali
3) pengembangan kerangka karangan
b. Komponen detail bab pada struktur teks persuasi
c. Keterkaitan dengan permasalahan katual
d. Unsur kebahasaan teks persuasi
- pernyataan yang berupa bujukan
- kata ganti orang
- istilah teknis
- konjungsi
- kata kerja mental
- perujukan
e. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
(3) Prosedur
- Menyusun kerangka teks persuasi
- Menulis teks persuasi ihwal permasalahan aktual
- Menyunting teks persuasi
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks persuasi secara berkelompok.
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kaidah ejaan bahasa Indonesia
b. Menulis teks persuasi
c. Menyunting teks persuasi
E. Metode Pembelajaran
1. Inquiry/ discovery learning
2. Metode Ilmiah (Saintifik)
F. Media dan Bahan
a. Media
1) Gambar lingkungan alam
2) Teks persuasi
3) Tabel telaah teks
4) LK pemandu kegiatan
5) Laptop
6) Kartu kata
b. Bahan
1) Kertas plano
2) Lem/double tapes
3) Gunting, spidol
G. Sumber Belajar
Mulyadi, Yadi. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/M.Ts. Bandung: Yrama Widya. Hlm. 171-196
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 ihwal Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya ihwal yang mengenai ajakan-ajakan
c. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks persuasi pada ketika mereka mendengarkan pidato pembina upacara di sekolah.
d. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru memberikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik mencermati teks persuasi yang dibagikan. (LITERASI)
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang berlum dimengerti ihwal objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teksyang mereka dapatkan.
c. Peserta didik mendiskusikan ihwal pengertian teks persuasi (4C=COLLABORATIVE)
d. Peserta didik mendiskusikan ihwal ciri dan tujuan teks persuasi
e. Guru menjelaskan informasi yang terdapat dalam teks persuasi.
f. Siswa mendiskusikan ihwal informasi yang berupa ajakan-ajakan pada teks persuasi, guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
g. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)
h. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i. Peserta didik mencermati penguatan ihwal hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
j. Peserta didik melaksanakan penilaian tertulis.(HOTS)
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai teks persuasi.
b. Guru bersama penerima didik membuat simpulan mengenai informasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentanginformasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi,serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali informasi, tujuan, ciri, dan ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya ihwal hal- hal yang berkaitan dengan sebuah ajakan
c. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu tentang langkah-langkah merumuskan kesimpulan teks persuasi yang didengar dan dibaca.
d. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru memberikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik membaca teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti ihwal langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi.
c. Peserta didik mengumpulkan data ihwal ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudil “PENDIDIKAN”
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi, guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta didik menyimak penguatan hasil diskusi yang disampaikan guru.
h. Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai permintaan dan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.
b. Guru bersama penerima didik membuat simpulan mengenai ajakan dan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran ihwal ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi,
serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali mengenaiajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.
e. Peserta didik mendapat kiprah secara berdikari untuk menelaa teks persuasi yang lain, bisa berupa pidato, atau isyarat dari kepala desa ihwal kemajuan desa.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasi.
c. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks persuasi ihwal sebuah pidato yang berjudul “Dampak Globalisasi” yang didengar dan dibaca.
d. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru memberikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik mencermati teks persuasi yang dibagikan oleh guru.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang berlum dimengerti ihwal struktur dan kebahasaan teks persuasi.
c. Peserta didik mengumpulkan data tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasidari buku teks siswa.
d. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerjatentang struktur dan kebahasaan teks persuasi,guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta didik mencermati penguatan ihwal hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta didik melaksanakan penilaian tertulis.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.
b. Guru bersama penerima didik membuat simpulan mengenai ciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentangciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi,
serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks persuasi.
Pertemuan Keempat(3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya ihwal hal- hal yang berkaitan dengan sebuah kalimat ajakan
c. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan cara dan langkah-langkah penulisan teks persuasi secara tulis dan mulut dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara mulut maupun tulis
d. Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru memberikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik mengamati objek berupa gambar ihwal lingkungan.
b. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum dimengerti dari hasil pengamatan.
a. Peserta didik mengumpulkan data ihwal kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks persuasi.
b. Peserta didik guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang ihwal kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks persuasi, guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.
c. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
e. Guru memperlihatkan penguatan hasil diskusi.
f. Peserta didik mempublikasikan teks persuasi di mading kelas.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai langkah-langka penulisan, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
b. Guru bersama penerima didik membuat simpulan mengenai langkah-langka penulisan, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
c. Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran langkah-langkah, struktur, kaidah kebahasaan, dan menyunting teks persuasi serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka langkah-langkah penulisan, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks persuasi.
e. Peserta didik mendapat kiprah secara berdikari untuk menulis teks persuasi dengan tema “Menghindari Pergaulan Bebas” secara tertulis.
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
- Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis
c. Keterampilan
1) Produk
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 1 KARANGAMPEL
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
1. Kisi-Kisi tes tertulis
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | INDIKATOR SOAL | NOMOR SOAL |
| Pengetahuan | Teks persuasi | 3.13.1 Menentukan informasi yang terdapat pada teks persuasi. 3.13.2. Menentukan pengertian dari teks persuasi. | 1. mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “hindarilah rook meskipun sebatang”. Aspek informasi teks persuasi. 1. topik 2. pendapat 3. fakta 4. saran 5. jakan | |
B. Instrumen Soal
Tes tertulis
1. Secara berkelompok identifikasikanlah informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindari rokok meskipun sebatang”
Pedoman Penilaian:
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 4 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 100 |
2 | Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 3 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 75 |
3 | Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 2 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 50 |
4 | Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 1 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan) | 25 |
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
- Kunci Jawaban
No | Aspek | Jawaban |
1 | Topik | Bahaya Rokok |
2 | Pendapat | Rokok mengandung lebih dari 4000 materi kimia dimana 200 diantaranya beracun |
3 | Fakta | Memiliki kandungan zat bahaya |
4 | Saran/Ajakan | Maka hindarilah rokok, jikalau kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah menciptakan badan kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain tiu juga kita tidak merugikan orang lain. |
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
3.13. Mengidentifikasi jenis, saran, permintaan isyarat dan pertimbangan ihwal aneka macam hal positif atau permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas / Kelompok : ...............................................................
Bacalah teks dibawah ini lalu kerjakan kiprah berikut!
HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Rokok mengandung materi dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 materi kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh badan kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya yaitu penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi perempuan yang menjadi perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah rokok, jikalau kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah menciptakan badan kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.
1.Secara berkelompok identifikasikanlah informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindarilah Rokok Meskipun Sebatang”
Aspek Informasi Teks Persuasi | Hal yang Dinformasikan |
Topik | ……………………. |
Pendapat | ……………………. |
Fakta | ……………………. |
Saran/Ajakan | ……………………. |
2.Presentasikanlah hasil diskusi kelompokmu mengenai isi teks persuasi secara bergantian dengan kelompok lain.
b. Pertemuan Kedua
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 1 Karangampel
Kelas/Semester : VII/Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
2. Kisi-Kisi tes keterampilan
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NOMOR SOAL |
1 | Keterampilan | Teks Persuasi. | 4.13.1Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi 4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi | Mebuat kesimpulan dari teks persuasi | 1 |
Rubrik Penilaian
Aspek | Skor |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan sangat tepat | 100 |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tepat | 75 |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan cukup tepat | 50 |
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tidak tepat | 25 |
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
skor maksimal
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 4.13Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, perimbangan ihwal aneka macam hal positif atau permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Nama Siswa/ Kelomok : ................................................................
Kelas / Kelomok : ...............................................................
1. Bacalah teks dibawah ini lalu kerjakan kiprah berikut!
PENDIDIKAN
Pendidikan yaitu hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan pendidikan kita bias mendapat pencerahan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan berguru dengan ulet baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak berguru dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia alasannya tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh alasannya itu, marilah berguru dengan ulet dan sungguh-sungguh supaya kita sanggup mendapat cita-cita.
2. Diskusikanlah informasi pada teks persuasi tersebut menyerupai yang telah kau pelajari sebelumnya.
3. Simpulkanlah informasi-informasi tersebut menjadi akibat teks persuasi yang gampang dipahami dan dimaknai.
langkah-langkahmerumuskan kesimpulan teks persuasi.
· Membaca keseluruhan isi teks persuasi.
· Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.
· Memahami bab logis antar bab penting teks persuasi.
· Merumuskan kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
Pertemuan Ketiga
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMP……
Kelas/Semester : VIII/Genap
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi tes keterampilan
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NOMOR SOAL |
1 | Keterampilan | Teks Persuasi. | 3.14.1 Mendiskusikan struktur isi teks persuasi 3.14.2 Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca /didengar 3.14.3 Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang dibaca/didengar 3.14.4 Mendata permasalahan faktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai materi menulis teks persuasi. | - Mendiskusikan struktur teks persuasi. - Membedakan struktur teks persuasi - Mendiskusikan kaidah kebahasaan teks persuasi. - Mendata permaslahan actual teks persuasi | 1 |
Pedoman Penilaian
1. Menentukan bagian-bagian dari struktur paragraf persuasi.
“Dampak globalisasi”
Aspek | Skor |
Menuliskan keseluruhan bab dalam struktur paragraf persuasi berupa pengenalan isu, rangakaian argumen, ajakan-ajakan, dan penegasan kembali dengan tepat. | 100 |
Menuliskan 3 dari 4 komponen dari struktur paragraf persuasi dengan tepat | 75 |
Menuliskan 2 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan tepat | 50 |
Menuliskan 1 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan tepat | 25 |
2. Menentukan unsur kebahaaan dalam paragraf persuasi
Aspek | Skor |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengansangat tepat | 100 |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tepat | 75 |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan cukup tepat | 50 |
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tidak tepat | 25 |
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
skor maksimal
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi berupa saran, ajakan, dan pertimbangan dengan aneka macam permasalahan faktual (lingkungan hidup, kondisisosial, dan/atau keberagaman budaya dll) dari aneka macam sumber yang didengar dan dibaca.
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas / Kelompok : ...............................................................
1. Bacalah teks dibawah ini lalu kerjakan kiprah berikut!
Dampak Globalisasi
Assalamualaikaum Wr.Wb
Yang terhormat Kepala Sekolah
Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah
Yang terhormat guru-guru
Beserta seluruh murid yang berbahagia.
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya.Saya juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung jadwal ini.Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk menyelanggarakan jadwal ini.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita.Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi.Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar imbas globalisasi dalam kehidupan kita.
Globalisasi berarti proses yang mendunia. Di era 21 ini, imbas globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita.Bahkan, imbas tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan.Misalnya, di bidang transportasi.Setiap hari kita sanggup melihat jalan raya dipadati oleh aneka macam jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi yaitu telekomunikasi.Hal tersebut sanggup dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang.Selain telepon genggam, yang tak kalah penting yaitu penggunaan internet.Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk mengikuti jadwal yang dikenal dengan melek internet.
Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, terang bahwa globalisasi sangat kuat pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang sanggup mencicipi pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik , kita harus bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai negatif dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya aneh yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa menentukan budaya yang baik dan tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.
Jadi ,ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi imbas globalisasi. Kita boleh mencicipi imbas positip,namun kita harus bisa menyaring hal -hal yang berkhasiat bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .
Semoga apa yang telah saya sampaikan sanggup bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang sanggup saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya mohon maaf.
Wabillahi taufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
a. Analisislah teks pidato tersebut menurut struktur teks persuasi
b. Berdasarkan analisis yang kau lakukan, apakah teks tersebut memnuhi kelengkapan struktur teks persuasi ?simpulkan jawabanmu dengan disertai tanggapan.
Struktur | Bagian dalam Teks | Penjelasan |
Pengenalan isu | | |
Rangkaian argument | | |
Pernyataan ajakan | | |
Penegasan kembali | | |
c. Simpulkanlah informasi-informasi tersebut menjadi akibat teks persuasi yang gampang dipahami
2. Menentukan kaidah kebahasaan pada teks persuasi “dampak globalisasi”
No. | Aspek | Kutipan, Kalimat/ kata dalam teks |
1. | Penggunaan pernyataan yang bersifat bujukan atau ajakan | |
2. | Penggunaaan kata ganti orang | |
3. | Penggunaan istilah teknis | |
4. | Penggunaan konjungsi | |
5. | Penggunaan kata kerja mental | |
6. | Penggunaan perujukan | |
Pertemuan Keempat
- Instrumen penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMP…
Kelas/Semester : VIII/Genap
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
- Instrumen Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi tes keterampilan
NO | LEVEL KOGNITIF | LINGKUP MATERI | INDIKATOR | PETUNJUK KERJA | NOMOR SOAL |
1 | Keterampilan | Teks Persuasi. | 4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi 4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi. 4.14.3 mempresentasikan teks persuasi yang ditulis | - Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi. - Menulis eks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya | 1 |
Pedoman Penilaian
1. Menulis teks persuasi sesuai dengan topik yang ditentukan
Rubrik
Aspek | Skor |
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan sangat tepat | 100 |
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan tepat | 75 |
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan cukup tepat | 50 |
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan tidak tepat | 25 |
Pedoman penilaian
Nilai = skor yang diperoleh x 100
Skor max
Kunci Jawaban : Kebijakan guru
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan mulut dengan memperhatikan struktu, kebahasaan atau aspek lisan.
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas / Kelompok : ...............................................................
1. Buatlah teks persuasi dengan tema “Jagalah Kebersihan” dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya.
2.
a. Temukan informasi yang berkaitan dengan tema tersebut.
Aspek | Kutipan |
Menentukan topik dan tujuan | |
Membuat krangka teks persuasi | |
b. Kembangkan kerangka karangan menjadi teks persuasi utuh
Mengetahui
……………, juli 2017 Kepala SMP Guru Mata Pelajaran,
------------------------------------ ---------------------------------------------
NIP------------------------------- NIP ---------------------------------------
0 Response to "Rpp Teks Persuasi Kelas Viii Semester 2"