Latest News

Rpp Teks Persuasi Kelas Viii Semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KE-7



Sekolah                                  : Sekolah Menengah Pertama ..................

Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                    : VIII/ 2

Materi Pokok                                    : Teks Persuasi

Alokasi Waktu                     : 4 X Pertemuan ( 12 JP)



A. Kompetensi Inti

KI-1: Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya

KI-2: Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata

KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

           

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.13          Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan ihwal aneka macam hal positif atas permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.



3.13.1     Mengamati model-model teks persuasi
3.13.2     Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca
3.13.3     Mendiskusikan pengertian dari teks persuasi
3.13.4     Mendiskusikan jakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi

4.13          Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan ihwal aneka macam hal positif permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
4.13.1     Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi
4.13.2     Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi

3.14          Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan ihwal aneka macam permasalahan faktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari aneka macam sumber yang didengar dan dibaca
3.14.1     Mendiskusikan struktur isi teks persuasi
3.14.2     Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca /didengar
3.14.3     Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang dibaca/didengar
3.14.4     Mendata permasalahan faktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai materi menulis teks persuasi.
3.14.5     Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi ihwal dilema aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, bantalan an dan bukti, saran, isyarat atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan.


4.14          Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan mulut dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek mulut
4.14.1     Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
4.14.2     Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
4.14.3     Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis




C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama

1.        Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.

2.        Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca

3.        Mendiskusika pengertian dari teks persuasi secara tepat.

4.        Menetukan ciri tujuan teks persuasi dibaca/didengar secara tepat

5.        Mendiskusikan ajakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi yang dibaca/didengar secara tepat.



Fokus penguatan pendidkan huruf

-          cermat

-          teliti



Pertemuan kedua

1.      Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.

2.      Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi

3.      Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi



Fokus penguatan pendidikan huruf :

-          cermat

-          teliti

-          percaya diri



Pertemuan ketiga

1.      Mengamati model-model teks persuasi yang dibaca/didengar

2.      Mendiskusikan struktur isi dan kaidah kebahasaan teks persuasi

3.      Mendiskusikan perbedaan pada setiap kalimat/paragraph menurut struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.

4.      Mendata permasalahan faktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai materi menulis teks persuasi.

5.      Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi ihwal dilema actual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, bantalan an dan bukti, saran, isyarat atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan.



Fokus penguatan pendidikan huruf :

-          cermat

-          teliti

-          percaya diri





Pertemuan keempat

Setelah mengamati contoh teks persuasi, peserta didik dapat:

1.      Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi

2.       Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.

3.      Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis



Fokus penguatan pendidikan huruf :

1.      Kerja sama

2.      Teliti

3.      Tanggung jawab

4.      Percaya diri





D. Materi Pembelajaran

1. Materi Pembelajaran Reguler

    Pertemuan kesatu

(1)   Faktual

HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG

Rokok mengandung materi dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 materi kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh badan kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya yaitu penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi perempuan yang menjadi perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah rokok, jikalau kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah menciptakan badan kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.



(2) Konsep

a.       Informasi teks persuasi

b.      Pengertian teks persuasi

c.       Ciri isi teks persuasi

d.      Tujuan teks persuasi

Pertemuan kedua

(1) Fakta

PENDIDIKAN
Pendidikan yaitu hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan pendidikan kita bias mendapat pencerahan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan berguru dengan ulet baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak berguru dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia alasannya tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh alasannya itu, marilah berguru dengan ulet dan sungguh-sungguh supaya kita sanggup mendapat cita-cita.






(2) Konsep

a.    langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi

langkah-langkahmerumuskan kesimpulan teks persuasi.

·            Membaca keseluruhan isi teks persuasi.

·            Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.

·            Memahami bab logis antar bab penting teks persuasi.

·            Merumuskan kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.

b.    Menyajikan informasi isi teks persuasi

(3)   Prosedur

a.    Menuliskan bab penting dari isi teks persuasi



Pertemuan ketiga

1.      Fakta

Dampak Globalisasi

Assalamualaikaum Wr.Wb

Yang terhormat Kepala Sekolah

Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah

Yang terhormat guru-guru

Beserta seluruh murid yang berbahagia.



      Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya. Saya juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung jadwal ini. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk menyelanggarakan jadwal ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita. Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi. Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar imbas globalisasi dalam kehidupan kita.

Globalisasi berarti proses yang mendunia. Di era 21 ini, imbas globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita. Bahkan, imbas tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita sanggup melihat jalan raya dipadati oleh aneka macam jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi yaitu telekomunikasi. Hal tersebut sanggup dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang. Selain telepon genggam, yang tak kalah penting yaitu penggunaan internet. Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk mengikuti jadwal yang dikenal dengan melek internet.

Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, terang bahwa globalisasi sangat kuat pada seluruh aspek  kehidupan. Setiap orang  memang sanggup mencicipi pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat  yang baik , kita harus bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai negatif  dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya aneh yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa menentukan budaya yang baik dan tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.

Jadi ,ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi imbas globalisasi. Kita boleh mencicipi imbas positip,namun kita harus bisa menyaring hal -hal yang berkhasiat bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .

Semoga apa yang telah saya sampaikan sanggup bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang sanggup saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya mohon maaf.

Wabillahi taufiq walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



(2) Konsep

  1. Struktur teks persuasi

1)  Pengenalan isu

2)  Rangkaian argumen

3)  Pernyataan ajakan

4)  Penegasan kembali

  1. Komponen detail bab pada struktur teks persuasi
  2. Kaidah kebahasaan

1)    pernyataan yang berupa bujukan

2)    kata ganti orang

3)    istilah teknis

4)    konjungsi

5)    kata kerja mental

6)    perujukan



(3) Prosedur

  1. Menyusun kerangka teks persuasi
  2. Menulis teks persuasi secara benar
  3. Mengidentifikasi pernyataan bujukan, kata ganti orang dan penggunaan konjungsi.
  4. Mengklasifikasi istilah teknis

e.  Mengeksplorasi kata kerja mental



















Pertemuan keempat

1.      Fakta





(1)   Konsep

a.       Penyajian teks persuasi

1) Menetukan topik dan tujuan

2) Membuat kerangka teks persuasi

- Pengenalan isu

- Rangkaian argument

- Pernyataan ajakan

- Penegasan kembali

3) pengembangan kerangka karangan

b.      Komponen detail bab pada struktur teks persuasi

c.       Keterkaitan dengan permasalahan katual

d.      Unsur kebahasaan teks persuasi

-             pernyataan yang berupa bujukan

-          kata ganti orang

-          istilah teknis

-          konjungsi

-          kata kerja mental

-          perujukan

e.       Kaidah ejaan bahasa Indonesia.



(3) Prosedur

  1. Menyusun kerangka teks persuasi
  2. Menulis teks persuasi ihwal permasalahan aktual
  3. Menyunting teks persuasi



2. Materi Pembelajaran Pengayaan

Menulis teks persuasi secara berkelompok.



3. Materi Pembelajaran Remedial

a.       Kaidah ejaan bahasa Indonesia

b.      Menulis teks persuasi

c.       Menyunting teks persuasi



E.  Metode Pembelajaran

1. Inquiry/ discovery learning

2. Metode Ilmiah (Saintifik)



F. Media dan Bahan

a.    Media

1)      Gambar lingkungan alam

2)      Teks persuasi

3)      Tabel telaah teks

4)      LK pemandu kegiatan

5)      Laptop

6)      Kartu kata



b.      Bahan

1)   Kertas plano

2)     Lem/double tapes

3)   Gunting, spidol



G.  Sumber Belajar

                                                                                                  

Mulyadi, Yadi. 2016.  Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/M.Ts. Bandung: Yrama Widya. Hlm. 171-196



Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)

Permendikbud No 50 Tahun 2015 ihwal Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.



H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (3 JP)



Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.          Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)

b.         Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya ihwal yang mengenai ajakan-ajakan

c.          Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks persuasi pada ketika mereka mendengarkan pidato pembina upacara di sekolah.

d.         Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

e.          Guru memberikan lingkup penilaian pengetahuan.

f.          Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.         Peserta didik mencermati teks persuasi yang dibagikan. (LITERASI)

b.    Peserta didik menayakan  hal-hal yang berlum dimengerti ihwal objek, tujuan,  kebahasaan, dan jenis teksyang mereka dapatkan.

c.      Peserta didik mendiskusikan ihwal pengertian teks persuasi (4C=COLLABORATIVE)

d.     Peserta didik mendiskusikan ihwal ciri dan tujuan teks persuasi

e.      Guru menjelaskan informasi yang terdapat dalam teks persuasi.

f.       Siswa mendiskusikan ihwal informasi yang berupa ajakan-ajakan pada teks persuasi, guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.

g.      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)

h.      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

i.        Peserta didik mencermati penguatan ihwal hasil diskusi  yang disampaikan oleh guru.

j.        Peserta didik melaksanakan penilaian tertulis.(HOTS)



Kegiatan Penutup (10 menit)    

a.          Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai teks persuasi.

b.         Guru bersama penerima didik membuat  simpulan mengenai informasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi

c.          Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentanginformasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi,serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.

d.         Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali informasi, tujuan, ciri, dan ajakan-ajakan dalam teks persuasi.



Pertemuan Kedua (3 JP)

       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.

b.        Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya ihwal hal- hal yang berkaitan dengan sebuah ajakan

c.         Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu tentang langkah-langkah merumuskan kesimpulan teks persuasi yang didengar dan dibaca.

d.        Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

e.         Guru memberikan lingkup penilaian keterampilan.

f.         Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.         Peserta didik membaca teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.

b.        Peserta didik menayakan  hal-hal yang belum dimengerti ihwal langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi.

c.         Peserta didik  mengumpulkan data ihwal ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudil “PENDIDIKAN”

d.        Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi, guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.

e.         Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

f.         Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

g.        Peserta didik menyimak penguatan hasil diskusi  yang disampaikan guru.

h.        Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok.





     Kegiatan Penutup (10 menit)

a.         Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai permintaan dan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.

b.        Guru bersama penerima didik membuat  simpulan mengenai ajakan dan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.

c.         Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran ihwal ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi,

serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.

d.        Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali mengenaiajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.

e.         Peserta didik mendapat kiprah secara berdikari untuk menelaa teks persuasi yang lain, bisa berupa pidato, atau isyarat dari kepala desa ihwal kemajuan desa.



Pertemuan Ketiga (3 JP)



Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.    Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.

b.     Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasi.

c.     Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari  teks persuasi ihwal sebuah pidato yang berjudul “Dampak Globalisasi” yang didengar dan dibaca.

d.   Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

e.    Guru memberikan lingkup penilaian pengetahuan.

f.     Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.    Peserta didik mencermati teks persuasi yang dibagikan oleh guru.

b.    Peserta didik menayakan  hal-hal yang berlum dimengerti ihwal struktur dan kebahasaan teks persuasi.

c.     Peserta didik mengumpulkan data tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasidari buku teks siswa.

d.    Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerjatentang struktur dan kebahasaan teks persuasi,guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.

e.      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

f.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

g.      Peserta didik mencermati penguatan ihwal hasil diskusi  yang disampaikan oleh guru.

h.      Peserta didik melaksanakan penilaian tertulis.











Kegiatan Penutup (10 menit)    

a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.

b.      Guru bersama penerima didik membuat  simpulan mengenai ciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.

c.       Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentangciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi,

serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.

d.      Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks persuasi.



Pertemuan Keempat(3 JP)

       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.         Peserta didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.

b.        Guru memotivasi penerima didik untuk bertanya ihwal hal- hal yang berkaitan dengan sebuah kalimat ajakan

c.         Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan cara dan langkah-langkah penulisan teks persuasi secara tulis dan mulut dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara mulut maupun tulis

d.        Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

e.         Guru memberikan lingkup penilaian keterampilan.

f.       Guru membentuk kelompok siswa dengan siswa yang pintar menjadi ketua kelompok dan siswa lain menjadi anggota.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.         Peserta didik mengamati objek berupa gambar ihwal lingkungan.

b.        Peserta didik menayakan  hal-hal yang belum dimengerti dari hasil pengamatan.

a.         Peserta didik mengumpulkan data ihwal kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks persuasi.

b.        Peserta didik guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang ihwal kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks persuasi, guru memperlihatkan bimbingan khusus terhadap penerima didik yang mengalami kesulitan.

c.         Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

d.        Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

e.         Guru memperlihatkan penguatan hasil diskusi.

f.         Peserta didik mempublikasikan teks persuasi di mading kelas.



     Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai langkah-langka penulisan, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.

b.      Guru bersama penerima didik membuat  simpulan mengenai langkah-langka penulisan, struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.

c.       Guru bersama penerima didik melaksanakan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran langkah-langkah, struktur, kaidah kebahasaan, dan menyunting teks persuasi serta memberikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan berguru berikutnya.

d.      Guru memberi umpan balik penerima didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan penerima didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka langkah-langkah penulisan, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks persuasi.

e.       Peserta didik mendapat kiprah secara berdikari untuk menulis teks persuasi dengan tema “Menghindari Pergaulan Bebas”  secara tertulis.



I. Penilaian

1. Teknik penilaian

a. Sikap (spiritual dan sosial)

- Observasi (jurnal)

b. Pengetahuan

- Tes tertulis

c. Keterampilan

1) Produk



2.  Instrumen penilaian

a. Pertemuan Pertama

- Instrumen penilaian sikap

1) Jurnal

Nama Sekolah      : SMPN 1 KARANGAMPEL

Kelas/Semester     : VIII/2

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018



No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3







- Instrumen Penilaian Pengetahuan



1.    Kisi-Kisi tes tertulis



NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL

Pengetahuan
Teks persuasi
3.13.1 Menentukan informasi yang terdapat pada teks persuasi.
3.13.2. Menentukan pengertian dari teks persuasi.

1. mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “hindarilah rook meskipun sebatang”.
Aspek informasi teks persuasi.
1. topik
2. pendapat
3. fakta
4. saran
5. jakan










B.     Instrumen Soal

Tes tertulis

1.      Secara berkelompok identifikasikanlah informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindari rokok meskipun sebatang”



Pedoman Penilaian:

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 4 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
100
2
Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 3 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
75
3
Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 2 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
50
4
Siswa bisa menginformasikan teks persuasi meliputi 1 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
25



Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek






-          Kunci Jawaban

No
Aspek
Jawaban
1
Topik
Bahaya Rokok
2
Pendapat
Rokok mengandung lebih dari 4000 materi kimia dimana 200 diantaranya beracun
3
Fakta
Memiliki kandungan zat bahaya
4
Saran/Ajakan
Maka hindarilah rokok, jikalau kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah menciptakan badan kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain tiu juga kita tidak merugikan orang lain.













LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

( LKPD 1 )

3.13.   Mengidentifikasi jenis, saran, permintaan isyarat dan pertimbangan ihwal aneka macam hal positif atau permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

Nama Siswa/ Kelompok          :  ................................................................

Kelas   / Kelompok      :  ...............................................................



          Bacalah teks dibawah ini lalu kerjakan kiprah berikut!



HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG

Rokok mengandung materi dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 materi kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh badan kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan pasif diantaranya yaitu penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi perempuan yang menjadi perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah rokok, jikalau kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah menciptakan badan kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita tidak merugikan orang lain.

1.Secara berkelompok identifikasikanlah informasi yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindarilah Rokok Meskipun Sebatang”



Aspek Informasi Teks Persuasi
Hal yang Dinformasikan
Topik
…………………….
Pendapat
…………………….
Fakta
…………………….
Saran/Ajakan
…………………….



2.Presentasikanlah hasil diskusi kelompokmu mengenai isi teks persuasi secara bergantian dengan kelompok lain.



























b. Pertemuan Kedua

- Instrumen penilaian sikap



1) Jurnal

Nama Sekolah      : SMPN 1 Karangampel

Kelas/Semester     : VII/Semester 2

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018





No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









- Instrumen Penilaian Keterampilan



2.    Kisi-Kisi tes keterampilan

NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NOMOR SOAL

1
 Keterampilan
Teks Persuasi.
4.13.1Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi

4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi


Mebuat kesimpulan dari teks persuasi






1














Rubrik Penilaian



Aspek
Skor
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan sangat tepat
100
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tepat
75
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan cukup tepat
50
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tidak tepat
25





Pedoman Penilaian:

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

Nilai =      skor yang diperoleh        x 100

skor maksimal





LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

( LKPD 1 )

KD 4.13Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, perimbangan ihwal aneka macam hal positif atau permasalahan faktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.



Nama Siswa/ Kelomok            :  ................................................................

Kelas   / Kelomok         :  ...............................................................



1.   Bacalah teks dibawah ini lalu kerjakan kiprah berikut!

PENDIDIKAN

Pendidikan yaitu hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun informal. Dengan pendidikan kita bias mendapat pencerahan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan berguru dengan ulet baik di sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak berguru dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia alasannya tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh alasannya itu, marilah berguru dengan ulet dan sungguh-sungguh supaya kita sanggup mendapat cita-cita.

2.      Diskusikanlah informasi pada teks persuasi tersebut menyerupai yang telah kau pelajari sebelumnya.

3.      Simpulkanlah informasi-informasi tersebut menjadi akibat teks persuasi yang gampang dipahami dan dimaknai.

langkah-langkahmerumuskan kesimpulan teks persuasi.

·            Membaca keseluruhan isi teks persuasi.

·            Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.

·            Memahami bab logis antar bab penting teks persuasi.

·            Merumuskan kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.



Pertemuan Ketiga

- Instrumen penilaian sikap



1) Jurnal

Nama Sekolah      : SMP……

Kelas/Semester     : VIII/Genap

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018



No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









- Instrumen Penilaian Keterampilan



Kisi-Kisi tes keterampilan



NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NOMOR SOAL

1
 Keterampilan
Teks Persuasi.
3.14.1  Mendiskusikan struktur isi teks persuasi
3.14.2  Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca /didengar
3.14.3  Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang dibaca/didengar
3.14.4 Mendata permasalahan faktual yang perlu diangkat untuk memberi masukan sebagai materi menulis teks persuasi.


-       Mendiskusikan struktur teks persuasi.
-       Membedakan struktur teks persuasi
-       Mendiskusikan kaidah kebahasaan teks persuasi.
-       Mendata permaslahan actual teks persuasi







1
















Pedoman Penilaian

1.      Menentukan  bagian-bagian dari struktur paragraf persuasi.

“Dampak globalisasi”

Aspek
Skor
Menuliskan keseluruhan bab dalam struktur paragraf persuasi berupa pengenalan isu, rangakaian argumen, ajakan-ajakan, dan penegasan kembali dengan tepat.
100
Menuliskan 3 dari 4 komponen dari struktur paragraf persuasi dengan tepat
75
Menuliskan 2 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan tepat
50
Menuliskan 1 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan tepat
25



2.      Menentukan unsur kebahaaan dalam paragraf persuasi

Aspek
Skor
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengansangat tepat
100
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tepat

75
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan cukup tepat

50
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan, pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tidak tepat

25

Pedoman Penilaian:

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

Nilai =      skor yang diperoleh        x 100

skor maksimal



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

( LKPD 1 )

KD 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi berupa saran, ajakan, dan pertimbangan dengan aneka macam permasalahan faktual (lingkungan hidup, kondisisosial, dan/atau keberagaman budaya dll) dari aneka macam sumber yang didengar dan dibaca.



Nama Siswa/ Kelompok          :  ................................................................

Kelas   / Kelompok      :  ...............................................................



1.      Bacalah teks dibawah ini lalu kerjakan kiprah berikut!

Dampak Globalisasi

Assalamualaikaum Wr.Wb

Yang terhormat Kepala Sekolah

Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah

Yang terhormat guru-guru

Beserta seluruh murid yang berbahagia.



               Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya.Saya juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung jadwal ini.Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk menyelanggarakan jadwal ini.

               Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita.Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi.Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar imbas globalisasi dalam kehidupan kita.

               Globalisasi berarti proses yang mendunia. Di era 21 ini, imbas globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi kita.Bahkan, imbas tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan.Misalnya, di bidang transportasi.Setiap hari kita sanggup melihat jalan raya dipadati oleh aneka macam jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi yaitu telekomunikasi.Hal tersebut sanggup dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap orang.Selain telepon genggam, yang tak kalah penting yaitu penggunaan internet.Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk mengikuti jadwal yang dikenal dengan melek internet.

Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, terang bahwa globalisasi sangat kuat pada seluruh aspek  kehidupan. Setiap orang  memang sanggup mencicipi pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat  yang baik , kita harus bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai negatif  dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya aneh yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa menentukan budaya yang baik dan tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.

Jadi ,ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi imbas globalisasi. Kita boleh mencicipi imbas positip,namun kita harus bisa menyaring hal -hal yang berkhasiat bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .

Semoga apa yang telah saya sampaikan sanggup bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang sanggup saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya mohon maaf.

Wabillahi taufiq walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



a.       Analisislah teks pidato tersebut menurut struktur teks persuasi

b.       Berdasarkan analisis yang kau lakukan, apakah teks tersebut memnuhi kelengkapan struktur teks persuasi ?simpulkan jawabanmu dengan disertai tanggapan.

Struktur
Bagian dalam Teks
Penjelasan
Pengenalan isu


Rangkaian argument


Pernyataan ajakan


Penegasan kembali



c.       Simpulkanlah informasi-informasi tersebut menjadi akibat teks persuasi yang gampang dipahami









2.      Menentukan kaidah kebahasaan pada teks persuasi “dampak globalisasi”

No.
Aspek
Kutipan, Kalimat/ kata dalam teks
1.
Penggunaan pernyataan yang bersifat bujukan atau ajakan

2.
Penggunaaan kata ganti orang

3.
Penggunaan istilah teknis

4.
Penggunaan konjungsi

5.
Penggunaan kata kerja mental

6.
Penggunaan perujukan




Pertemuan Keempat

- Instrumen penilaian sikap



1) Jurnal

Nama Sekolah      : SMP…

Kelas/Semester     : VIII/Genap

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018



No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3





































- Instrumen Penilaian Keterampilan



Kisi-Kisi tes keterampilan



NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NOMOR SOAL

1
 Keterampilan
Teks Persuasi.
4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
4.14.3 mempresentasikan teks persuasi yang ditulis

-       Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi.
-       Menulis eks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya






1














Pedoman Penilaian

1.      Menulis teks persuasi sesuai dengan topik yang ditentukan

Rubrik

Aspek
Skor
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan sangat tepat
100
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan tepat
75
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan cukup tepat
50
Menentukan tema, menuliskan permintaan yang berupa fakta sesuai struktur teks persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah kebahasaan teks persuasi dengan tidak tepat
25



Pedoman penilaian

Nilai = skor yang diperoleh x 100

                  Skor max

Kunci Jawaban : Kebijakan guru



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

( LKPD 1 )



KD 4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan mulut dengan memperhatikan struktu, kebahasaan atau aspek lisan.



Nama Siswa/ Kelompok          :  ................................................................

Kelas   / Kelompok      :  ...............................................................



1.      Buatlah teks persuasi dengan tema “Jagalah Kebersihan” dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya.

2.       

a.       Temukan informasi yang berkaitan dengan tema tersebut.



Aspek
Kutipan
Menentukan topik dan tujuan

Membuat krangka teks persuasi




b.      Kembangkan kerangka karangan menjadi teks persuasi utuh









            Mengetahui                                        

                                                                                                ……………,  juli 2017              Kepala SMP                                     Guru Mata Pelajaran,









            ------------------------------------               ---------------------------------------------

            NIP-------------------------------               NIP ---------------------------------------




0 Response to "Rpp Teks Persuasi Kelas Viii Semester 2"

Total Pageviews