KOMPETENSI PROFESIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SUMBER BELAJAR : KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
1. Bahasa Indonesia mempunyai banyak sekali fungsi Salah satu fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa negara yaitu ....
A. pujian bangsa dan Negara
B. sarana pemersatu bangsa
C. wahana persatuan dan kesatuan
D. pengantar di dunia pendidikan
2. Bahasa Indonesia mempunyai banyak sekali fungsi. Salah satunya, bahasa Indonesia merupakan sarana perhubungan antarbudaya dan antardaerah.
Hal tersebut berkaitan dengan fungsi bahasa Indonesia sebagai ...
A. bahasa negara
B. bahasa nasional
C. bahasa budaya
D. bahasa persatuan
3. Kita harus terus berupaya semoga bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang besar lengan berkuasa baik sebagai bahasa negara maupun bahasa nasional. Upaya yang memberikan kegiatan memperkuat kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yaitu ...
A. memelihara bahasa Indonesia semoga mencerminkan nilai-nilai budaya bangsa.
B. membina bahasa Indonesia semoga higienis dari unsur-unsur bahasa lain.
C. Berpidato di sidang dewan perwakilan rakyat dan acara-acara resmi.
D. menjaga semoga bahasa Indonesia tidak terpengaruh sistem bahasa Daerah.
4. Dalam naskah Sumpah Pemuda pada urutan ketiga, bahasa Indonesia dirumuskan sebagai ....
A. bahasa nasional
B. bahasa Negara
C. lambang kebangsaan
D. identitas nasional
D. identitas nasional
5. Cermatilah ilustrasi konsep bahasa berikut ini.
Endah: Tadi pagi saya melihat gosip di televisi. Saya ikut prihatin atas tragedi yang menimpa Kampung Banaran Kabupaten Ponorogo.
Zuhri : Memangnya gosip ihwal apa?
Farhan: Wah, ketinggalan gosip kamu, Zuhri. Itu lho, gosip ihwal tanah longsor.
Endah : Bayangkan saja, hujan deras selama tiga jam telah mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Sampai pagi tadi sudah 6 mayit ditemukan.
Ilustrasi di atas termasuk ke dalam konsep ragam bahasa…
A. Ragam bahasa ilmiah
B. Ragam bahasa sastra
C. Ragam bahasa santai
D. Ragam bahasa formal
D. Ragam bahasa formal
6. Sebagai apresiasi atas keberhasilan negara Indonesia dalam mewujudkan swasembada beras pada tahun 1984, FAO sebagai tubuh organisasi PBB yang menangani pangan sedunia, mengundang Presiden RI, Soeharto, untuk berpidato memberikan pengalamannya dalam mewujudkan swasembada beras. Pada tragedi penting tersebut, Presiden Soeharto berpidato dengan memakai bahasa Indonesia. Peristiwa tersebut merefleksikan perwujudan penggunaan bahasa Indonesia kaitannya dengan kedudukan bahasa Indonesia sebagai ….
A. bahasa nasional
B. bahasa negara
C. bahasa pemersatu bangsa
D. lambang identitas nasional
A. bahasa nasional
B. bahasa negara
C. bahasa pemersatu bangsa
D. lambang identitas nasional
7. Penggunaan bahasa Indonesia yang berdampingan dengan bahasa Inggris di papan nama forum pemerintah atau nonpemerintah, petunjuk umum, petunjuk arah di banyak sekali tempat strategis antara lain di bandara, pelabuhan, parlemen, objek wisata, dan hotel.
Hal itu mencerminkan fungsi bahasa Indonesia sebagai ….
A. lambang pujian kebangsaan
B. lambang identitas nasional
C. alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. alat persatuan banyak sekali suku bangsa dengan latar belakang
A. lambang pujian kebangsaan
B. lambang identitas nasional
C. alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. alat persatuan banyak sekali suku bangsa dengan latar belakang
8. Banyak warga Indonesia yang tinggal di negara lain, ibarat Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan negara lainnya. Mereka menentukan jauh dari tanah airnya demi pekerjaan, studi, bisnis, karier, dan alasan lainnya. Meskipun demikian, jauh dari tanah air tidak berarti terputus silaturahmi dan tidak peduli terhadap permasalahan bangsanya. Untuk mengobati kerinduan pada tanah air, mereka memprakarsai acara-acara yang bernuansa Indonesia. Mereka secara leluasa berbahasa Indonesia, menyajikan makanan khas tempat masing-masing, dan pertunjukan seni daerahnya. Cerita tersebut mempunyai hubungan dengan perwujudan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, kecuali ….
A. Lambang identitas nasional
B. Lambang pujian kebangsaan
C. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. Sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
A. Lambang identitas nasional
B. Lambang pujian kebangsaan
C. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. Sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
9. Bahasa Indonesia digunakan untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni, ibarat syair, puisi, prosa, Cerpen dll. kadang kala bahasa yang digunakan juga mempunyai makna konotasi dan makna denotasi.
Fungsi Bahasa Indonesia semacam ini termasuk dalam fungsi...
A. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Mewujudkan seni (sastra).
C. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
D. Memahami IPTEK.
Fungsi Bahasa Indonesia semacam ini termasuk dalam fungsi...
A. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Mewujudkan seni (sastra).
C. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
D. Memahami IPTEK.
10. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting sebagai Bahasa nasional yang tertuang dalam Ikrar Sumpah Pemuda berbunyi:
a. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berrbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Ikrar ketiga dalam Sumpah Pemuda tersebut menegaskan ihwal ...
A. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa kebudayaan
B. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia
C. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa perdagangan
D. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang universal
a. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berrbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Ikrar ketiga dalam Sumpah Pemuda tersebut menegaskan ihwal ...
A. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa kebudayaan
B. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia
C. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa perdagangan
D. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang universal
11. Alasan yang mendorong dijadikannya bahasa Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia adalah....
A. bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif gampang dipelajari
B. bahasa Melayu yaitu bahasa para bangsawan
C. bahasa Melayu digunakan di pulau Sumatera yang besar
D. bahasa Melayu yaitu bahasa para pejuang kemerdekaan
A. bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif gampang dipelajari
B. bahasa Melayu yaitu bahasa para bangsawan
C. bahasa Melayu digunakan di pulau Sumatera yang besar
D. bahasa Melayu yaitu bahasa para pejuang kemerdekaan
12. Selama masa perkembangannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia telah mengalami banyak perbedaan dengan bahasa Melayu. Selain efek dari bahasa lain, penyebabnya….
A. kreativitas pemakainya
B. pengajaran bahasa
C. pemikiran para hebat bahasa
D. efek politik pemerintah
A. kreativitas pemakainya
B. pengajaran bahasa
C. pemikiran para hebat bahasa
D. efek politik pemerintah
13. Usaha sadar, terencana, dan sistematis ihwal peningkatan mutu pemakaian bahasa, peningkatan kegairahan, dan pujian menggunakannya dinamakan dengan…
A. perencanaan bahasa
B. pengembangan bahasa
C. pemberdayaan bahasa
D. pelatihan bahasa
A. perencanaan bahasa
B. pengembangan bahasa
C. pemberdayaan bahasa
D. pelatihan bahasa
14. Bahasa Melayu sudah berperan sebagai lingua franca pada masa kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Istilah lain dari lingua franca adalah...
A. bahasa resmi
B. bahasa baku
C. bahasa pergaulan
D. bahasa popular
15. Salah satu tragedi sejarah yang penting berkaitan dengan bahasa Indonesia yaitu ditetepkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yaitu pada ….
A. 28 Oktober 1928
B. 17 Agustus 1945
C. 18 Agustus 1945
D. 28 Februari 1975
D. 28 Februari 1975
Sumber
Azhar, Umar. 2016. Kedudukan, Fungsi, dan Ragam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan
Mudini dkk. 2017. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
BACA JUGA
0 Response to "Soal Kompetensi Bidang Studi Bahasa Indonesia: Kedudukan, Fungsi, Dan Ragam Bahasa Indonesia"