RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 2 X 40 Menit (1 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
B. Kompetensi Dasar
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui acara membaca intensif.
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
2. Mampu membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui acara membaca intensif dengan logis.
E. Nilai PBKB
- Kecerdasan
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Kecerdasan
mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam iklan surat kabar
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu membedakan fakta dan opini dalam iklan surat kabar
G. Materi Pembelajaran
- Fakta dan opini dalam iklan di surat kabar
- Perbedaan fakta dan opini dalam iklan di surat kabar
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang fakta dan opini. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa wacana iklan di surat kabar. 2. Siswa mencermati contoh-contoh iklan dari surat kabar. Elaborasi 1. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan dengan memberikan data pendukung (kecerdasan, berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 2. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas 3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 4. Siswa memberikan evaluasi dengan format evaluasi yang telah disepakati bersama dan memberi tanda bintang Konfirmasi 1. Guru memperlihatkan konfirmasi dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 2. Dengan isyarat dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau selesai mengenai fakta dan opini iklan. # Selanjutnya siswa mengikuti acara evaluasi utuk mengukur pencapaian kompetensi | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang perbedaan fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari mengidentifikasi fakta dan opini dari teks iklan di surat kabar? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecerdasan dan Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (mencari dan menggunting sebuah teks iklan di surat kabar kemudian memilih kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan tersebut dan kegiatan berdikari tidak terstruktur (membuat kliping teks iklan, kemudian menggarisbawahi fakta yang ada dalam teks iklan dengan tinta merah, opini dengan tinta hitam/biru) 7. Siswa mendapatkan gosip mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 64 – 65)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Teks –teks iklan di surat kabar
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 17-24
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal Instrumen :
Bacalah teks iklan dengan saksama kemudian kerjakan soal berikut!
1) Temukan fakta dan opini yang terdapat dalam iklan tersebut!
2) Jelaskan perbedaan fakta danopini dalam iklan tersebut dengan alasan yang mendukung!
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1)
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa sanggup mengidentifikasi semua fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar | 5 |
2 | Siswa sanggup mengidentifikasi beberapa/sebagian fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar | 3 |
3 | Siswa dapat mengidentifikasi sedikit sekali /sebagian kecil fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar | 1 |
| Skor Maksimal | 5 |
Soal nomor 2)
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa sanggup membedakan fakta dan opini dengan alasan yang mendukung | 5 |
2 | Siswa sanggup membedakan fakta dan opini dengan alasan yang kurang mendukung | 3 |
3 | Siswa sanggup membedakan fakta dan opini dengan alasan yang tidak mendukung | 1 |
| Skor Maksimal | 5 |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 10 | | | |
2. Penilaian Pencapaian KD
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Kecerdasan | Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kurikulum 2006 (Ktsp) Bahasa Indonesia Kelas Ix/1 Kd 3.1 Membedakan Fakta Dan Opini"