Latest News

Persiapan Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Smp/Mts Ruang Lingkup Bahan Membaca Sastra


PEMBAHASAN RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

MENENTUKAN TOKOH UTAMA CERITA

Tokoh ialah individu rekaan yang mengalami insiden di dalam cerita. Berkaitan dengan tokoh, dikenal tokoh utama dan tokoh bawahan. Tokoh utama ialah tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, banyak berafiliasi dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Adapun tokoh bawahan ialah tokoh yang menjadi tambahan dalam cerita.



SOAL UN 2016/2017


Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Soal di atas menanyakan tokoh utama yang terdapat dalam kutipan cerita. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra pengetahuan dan pemahaman.  Kompetensi yang diuji ialah mampu memilih makna tersurat dalam cerpen dan fabel


Tokoh utama ialah tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, banyak berafiliasi dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Adapun tokoh bawahan ialah tokoh yang menjadi tambahan dalam cerita.

Berdasarkan kutipan kisah di atas, tokoh yang banyak berafiliasi dengan tokoh lain dan paling banyak terlibat dengan tema kisah atau tokoh utamanya ialah Purbasari (pilihan balasan B).

0 Response to "Persiapan Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Smp/Mts Ruang Lingkup Bahan Membaca Sastra"

Total Pageviews