Latest News

Prediksi Soal Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Smp/Mts


MENENTUKAN KEISTIMEWAAN DAN KETELADANAN TOKOH PADA TEKS BIOGRAFI

Teks biografi yakni teks yang berisi kehidupan seorang tokoh untuk diambil nilai kehidupannya baik pandangannya maupun perilakunya.

Keistmewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tdak semua orang memilikinya. Sedangkan Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN TEKS BIOGRAFI



Soal UN 2016/2017 SMP/MTs 


Kunci Jawaban

Soal nomor 29: A

Soal nomor 30: D

Pembahasan

Soal di atas menanyakan keistimewaan dan keteladanan tokoh pada kutipan teks biografi. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke ruang lingkup bahan membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level pengetahuan dan pemahaman (mengidentifikasi informasi tersurat). Kompetensi yang diuji yaitu menentukan keistimewaan dan hal yang sanggup diteladani dari tokoh pada teks biografi


Keistmewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tdak semua orang memilikinya. Pada teks di atas keistimewaan Habibie yakni mendapat julukan Bapak Teknologi Indonesia. (pilihan tanggapan A)

Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Pada teks di atas hal yang sanggup diteladani dari Habibie yakni mengabdikan diri untuk Indonesia walaupun ia warga negara biasa. (pilihan tanggapan D)

CONTOH SOAL PREDIKSI UN 2017/2018 KOMPETENSI MENENTUKAN KEISTIMEWAAN DAN KETELADANAN TOKOH PADA TEKS BIOGRAFI

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 2!

     Nama orisinil Pangeran Diponegoro yakni Raden Mas Ontowiryo. Beliau termasuk garis keturunan Sultan Hamengku Buwono III. Ketika sultan ingin mengangkatnya menjadi raja, dia menolak dan menentukan meninggalkan keraton. Hal ini disebabkan dia merasa tidak berhak sebagai anak dari seorang selir, bukan permaisuri. Hal ini berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya yang menginginkan menjadi raja walaupun bukan haknya.

    Diponegoro juga lebih tertarik pada kehidupan religius dan merakyat sehingga lebih suka tinggal di Tegalrejo, kediaman nenek buyutnya, Ratu Ageng Tegalrejo, permaisuri HB I. Lebih dari itu, Pangeran Diponegoro juga tidak suka akan campur tangan Belanda yang terlalu besar dalam keraton. (www.pahlawanindonesia.com)

 1. Keistimewaan tokoh tersebut yakni … .

A. anak seorang selir raja

B. tertarik pada kehidupan religius

C. membenci campur tangan Belanda

D. keturunan Sultan Hamengkubuwono III

 2. Sikap yang patut diteladani dari tokoh tersebut yakni …

A. menolak menjadi raja

B. meninggalkan keraton

C. kehidupannya yang merakyat

D. tinggal bersama nenek buyutnya


0 Response to "Prediksi Soal Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Smp/Mts"

Total Pageviews