PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 SMK/MAK
MENENTUKAN INFORMASI TERSURAT DALAM MATRIKS
MENENTUKAN INFORMASI TERSURAT DALAM MATRIKS
Kunci Jawaban: C
Pembahasan Soal di atas menanyakan pernyataan yang sesuai dengan isi matriks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke dalam ruang lingkup bahan membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu memilih informasi tersurat teks/menentukan pernyataan yang sesuai isi matriks dengan tepat.
Matriks yakni tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan sanggup dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Berdasarkan data-data yang terdapat dalam matriks tersebut, pernyataan yang sesuai dengan isi matriks yakni Jumlah korban yang meninggal lebih dari 100 orang terjadi pada kecelakaan kendaraan beroda empat dan motor (pilihan tanggapan C). Hal ini sesuai dengan data pada matriks yang memperlihatkan jumlah korban yang meninggal pada kecelakaan kendaraan beroda empat 126 dan pada motor 159 orang. Pilihan tanggapan A, B, D, dan E tidak sesuai dengan isi informasi pada matriks.
RINGKASAN MATERI
MEMBACA MATRIKS DAN GRAFIK
A. Pengertian Matriks dan Grafik
Matriks yakni tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan sanggup dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan (https://kbbi.web.id/matriks)
Grafik yakni lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya) (https://kbbi.web.id/grafik)
B. Langkah-Langkah Membaca Matriks dan Grafik
Langkah-langkah untuk membaca grafik dan matriks yakni sebagai berikut.
1. Membaca judul matriks atau grafik
Judul pada grafik dan matriks memperlihatkan citra yang padat wacana informasi yang akan disampaikan.
2. Membaca informasi dalam matriks atau grafik
Informasi pada matriks atau grafik terdapat pada bab atas, bab bawah, dan sisi dari grafik atau matriks yang merupakan kunci klarifikasi wacana bahan yang disajikan dan berupa urutan tahun persentase, dan angka-angka
3. Mengajukan pertanyaan wacana isi matriks atau grafik
Untuk mengetahui informasi dalam matriks atau grafik kita sanggup mengjukan pertanyaan wacana tujuan grafik atau matriks tersebut. Untuk sanggup mengetahui tujuan itu dengan mengubah judul menjadi pertanyaan di mana, seberapa banyak, atau bagaimana terjadinya. Jawaban dari pertanyaan tersebut ada pada grafik atau matriks.
4. Membaca secara keseluruhan data-data pada matriks atau grafik
untuk menerima keterangan dan informasi yang disajikan secara utuh, kita harus membaca data-data dalam matriks atau grafiks secara menyeluruh. Sementara membaca, kita harus selalu mengingat maksud dan tujuan informasi matriks atau grafik tersebut.
0 Response to "Membaca Matriks/Tabel Dan Grafik"