RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 14
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
7. Membaca wacana sastra melalui acara membaca buku kumpulan dongeng pendek (cerpen)
B. Kompetensi Dasar
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mengidentifikasi tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
2. Mampu membandingkan tema, latar, dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen dengan logis.
E. Nilai PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
- Percaya Diri
- Kedemokratisan
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu menemukan tema, alur, dan penokohan pada cerpen
mampu membandingkan tema, alur, dan penokohan pada kedua cerpen
- Percaya Diri
mampu mempresentasikan hasil di depan kelas
- Kedemokratisan
berdiskusi secara kelompok
memberikan evaluasi kepada kelompok lain
G. Materi Pembelajaran
- Tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
- Membandingkan tema, alur, penokohan dalam satu buku kumpulan cerpen
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerpen (fokus pada unsur-unsur intrinsik) 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema, latar, dan penokohan cerpen . Elaborasi 2. Siswa dibagi dalam tiga kelompok besar yang terdiri atas 10 s.d. 12 anggota dan memberi nama kelompok dengan janji siswa ( kelompok besar dibagi menjadi kelompok kecil dengan menghitung 1-4, sehingga ada 3 kelompok kecil) 3. Siswa membaca cerpen” Bingkisan Lebaran” karya Sapardi Djoko Damono ( ada tiga warna kertas cerpen yang berbeda) 4. Tiap kelompok yang telah dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri atas 3 s.d. 4 orang untuk mendiskusikan kiprah yang berbeda: kelompok 1 memilih tema, kelompok 2 menemukan latar, dan kelompok 3 menemukan tokoh dan karakternya. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 5. Setiap siswa mencatat hasil kerja kelompok 6. Sekretaris kelompok kecil mencatat hasil kerja kelompok pada lembar kerja siswa 7. Hasil kerja setiap kelompok kecil secara roll table didiskusikan dalam kelompok besar 8. Kelompok besar menyusun laporan hasil kerja kelompok untuk dipresentasikan 9. Setiap kelompok besar mempresentasikan hasil diskusi (percaya diri) 10. Kelompok lain menawarkan evaluasi sesuai dengan pedoman penskoran yang telah disediakan dan menyertakan alasan ( setiap kelompok dinilai oleh dua kelompok lain, nilai simpulan diperoleh dari jumlah nilai dibagi 2) (kedemokratisan) 11. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan pajangan Konfirmasi 12. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru dan mendapatkan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara/ teknik menceritakan kembali isi cerpen secara lisan 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif; percaya diri dan kedemokratisan. 5. Siswa mendapatkan gosip mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa dan guru bertanya jawab ihwal cerpen lain dalam satu buku kumpulan cerpen. 2. Siswa dan guru bertanya jawab ihwal tema, alur, dan penokohan cerpen Elaborasi 1. Siswa berdiskusi menemukan tema, alur, penokohan pada cerpen yang sudah dipilih. 2. Siswa secara berkelompok membandingkan tema, alur, dan penokohan cerpen yang dipilih dengan cerpen pada pertemuan sebelumnya. 3. Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. 4. Kelompok lain menawarkan penilaian 5. Siswa memajang hasil kerjanya di papan pajanan. Konfirmasi 1. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru. 2. Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.Dengan isyarat dan bimbingan guru, siswa menciptakan catatan atau simpulan mengenai | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang perbandingan tema, latar dan penokohan cerpen. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif; percaya diri dan kedemokratisan. 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (membaca sebuah kumpulan cerpen (I) kemudian menemukan dan membandingkan tema, latar, dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam buku kumpulan cerpen tersebut untuk ditententukan cerpen paling menarik dengan alasan logisnya dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( membaca sebuah kumpulan cerpen (II) kemudian menemukan dan membandingkan tema, latar, dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam buku kumpulan cerpen tersebut untuk ditententukan cerpen paling menarik dengan alasan logisnya 7. Siswa mendapatkan gosip mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 44 – 48)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Kutipan cerpen berjudul “Bingkisan Lebaran” karya Sapardi Djoko Damono
4. Kumpulan cerpen
5. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 45-52
6. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Soal/Instrumen :
1) Tentukan tema, latar, tokoh dan abjad tokoh pada cerpen “Bingkisan Lebaran” karya Sapardi Djoko Damono !
2) Bacalah cerpen lain dan bandingkan tema, latar , dan penokohannya
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
No. | Aspek yang dinilai | Deskriptor | Skor | Skor perolehan |
a | Ketepatan/ kesesuaian tema | 1. Tema Tema tepat/sesuai Tema kurang tepat/kurang sesuai Tema tidak tepat/tidak sesuai Tidak menuliskan tema | 5 3 2 0 | .................. |
b | Ketepatan /kesesuaian latar | 1. Latar tempat Menulis 3 latar daerah dengan tepat Menulis 2 latar daerah dengan tepat Menulis 1 latar daerah dengan tepat Tidak menulis latar daerah 2. Latar waktu Menulis 2 latar waktu dengan tepat Menulis 1 latar waktu dengan tepat Tidak menulis latar waktu 3.Latar suasana Menulis 3 atau lebih latar suasana dengan tepat Menulis 2 latar suasana dengan tepat Menulis 1 latar suasana dengan tepat Tidak menulis latar suasana | 5 3 2 0 5 3 0 5 3 2 0 | .................. .................. .................. |
No. | Aspek yang dinilai | Deskriptor | Skor | Skor perolehan |
c | Ketepatan /kesesuaian penokohan | 1. Tokoh dan karakter Menulis 5 tokoh dengan abjad yang tepat/sesuai Menulis 5 tokoh dengan abjad kurang tepat/sesuai Menulis 4 tokoh dengan abjad yang tepat/sesuai Menulis 4 tokoh dengan abjad kurang tepat/sesuai Menulis 3 tokoh dengan abjad tepat/sesuai Menulis 3 tokoh dengan abjad kurang tepat/sesuai Menulis kurang dari 3 tokoh dengan abjad tepat/sesuai Menulis kurang dari 3 tokoh dengan abjad kurang tepat/sesuai | 5 4 4 3 3 2 2 1 | ................... |
| | Jumlah Maksimal | 25 | .................. |
Soal Nomor 2)
No. | Aspek yang dinilai | Deskriptor | Skor | Skor perolehan |
a b. c. | Tema Latar Karakter | Penentuan tema tepat Penentuan tema kurang tepat Penentuan tema tidak tepat Tidak memilih tema Penentuan latar tepat Penentuan latar kurang tepat Penentuan latar tidak tepat Tidak memilih latar Penentuan abjad tokoh tepat Penentuan abjad tokoh kurang tepat Penentuan abjad tokoh tidak tepat Tidak memilih abjad tokoh | 5 3 2 0 5 3 2 0 5 3 2 0 | .................. ................... ................. |
| | Jumlah Maksimal | 15 | .................. |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 40 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | PBKB | Skor | ||
Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif | Percaya Diri | Kedemokratisan | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kd 7.1 Menemukan Tema, Latar, Penokohan Cerpen Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kurikulum 2006"