RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu mengidentifikasi kesalahan berbahasa yang terdapat dalam karangan
2. Mampu memperbaiki kesalahan berbahasa dalam karangan
3. Mampu menyusun kembali karangan satu paragraf dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cermat.
E. Nilai PBKB
- Kecermatan
- Tanggung Jawab
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Kecermatan
mencermati pola karya orang lain dan hasil suntingannya
menemukan kesalahan berbahasa dengan cermat
- Tanggung Jawab
memperbaiki kesalahan berbahasa dengan penuh tanggung jawab
G. Materi Pembelajaran
1. Kesalahan berbahasa
2. Perbaikan kesalahan berbahasa
3. Penyuntingan karangan
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang menyunting tulisan/karangan 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | |||
B. | 1. Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru wacana hal-hal yang berkaitan dengan menyunting. 2. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa mencermati sebuah goresan pena yang akan disunting, cara menyunting, dan hasil suntingannya. (kecermatan) . Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa mencermati sebuah karangan/tulisan yang sudah disediakan guru. 4. Siswa menemukan kesalahan berbahasa (ejaan, tanda baca, diksi, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf) 5. Siswa menyunting kesalahan berbahasa yang ditemukan. 6. Wakil setiap kelompok menempel hasil kerja di papan-papan tempelyang sudah disediakan guru. (tanggung jawab) 7. Siswa shopping product sambil menunjukkan penilaian menurut kunci balasan yang sudah disiapkan guru. Konfirmasi 8. Guru menunjukkan konfirmasi pada semua karya siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | |||
C. | Penutup | 5’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang menyunting karangan 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian sehabis mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari pembelajaran menyunting karangan? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecermatan dan Tanggung Jawab 5. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | |
A. | Pendahuluan | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan materi dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | ||
B. | Inti | |
Eksplorasi 1. Secara perseorangan siswa mencermati sebuah paragraf yang sudah disediakan guru. 2. Siswa menemukan kesalahan-kesalahan berbahasa (ejaan, tanda baca, diksi, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf ) dari paragraf tersebut. Elaborasi 1. Siswa menyunting paragraf menurut kesalahan-kesalahan berbahasa (ejaan, tanda baca, diksi, keefektifan kalimat, dan keterpaduan paragraf ) yang ditemukan. (kecermatan) 2. Secara berpasangan (dengan sobat sebangku) siswa saling menukar hasil suntingan 3. Siswa saling mengoreksi hasil suntingan sobat sebangku. 4. Beberapa siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil suntingan di depan kelas. (tanggung jawab) Konfirmasi 5. Guru menunjukkan konfirmasi dan penghargaan pada beberapa pola hasil karya siswa yang melaksanakan presentasi.. # Selanjutnya siswa mengikuti acara evaluasi untuk mengukur pencapaian kompetensi. | ||
C. | Penutup | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penyuntingan karangan. 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: a. Bagaimana perasaan Kalian sehabis mengikuti pembelajaran ini? b. Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari kegiatan menyunting karangan? dll. 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecermatan dan Tanggung Jawab 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (menyunting karangan yang ditentukan guru dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( menyunting karangan sendiri/karangan orang lain dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana). 7. Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 27 – 31)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Beberapa pola karangan/paragraf sebagai materi penyuntingan.
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 27-30
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal Instrumen :
Cermati paragraf berikut!
1) Identifikasikan kesalahan berbahasa yang terdapat pada paragraf tersebut!
2) Perbaiki kesalahan berbahasa dalam paragraf tersebut!
3) Tulislah hasil suntingan kalian!
Pedoman Penskoran
No. | Aspek yang dinilai | ||
Ketidaktepatan | Perbaikan | ||
1 | Ejaan | ||
2 | Tanda baca | ||
3 | Pilihan kata | ||
4 | Keefektifan kalimat | ||
5 | Keterpaduan paragraf |
Setiap balasan betul mendapatkan skor 1
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Kecermatan | Tanggung Jawab | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kd 4.3 Menyunting Karangan Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kurikulum 2006"