RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 2 X 40 Menit (1 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menemukan gosip yang diharapkan secara cepat dan sempurna dari indeks buku melalui acara membaca memindai.
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks.
2. Mampu menemukan gosip secara cepat dan sempurna dari kata yang dirujuk dalam indeks
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa sanggup menemukan gosip yang diharapkan secara cepat dan sempurna dari indeks buku melalui acara membaca memindai.
E. Nilai PBKB
- Keingintahuan
- Cinta Ilmu
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Keingintahuan
membaca dan mencermati indeks buku dengan baik
mampu menemukan gosip secara cepat dan tepat
- Cinta Ilmu
mampu bertanya jawab dengan guru ihwal indeks buku
G. Materi Pembelajaran
1. Menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks.
2. Cara menemukan gosip dalam buku secara cepat dengan membaca indeks buku
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang indeks buku. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian acara sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Secara berkelompok, siswa mencermati teladan buku berindeks. 2. Siswa bertanya jawab dengan guru ihwal buku berindeks Masih dalam kelompok masing-masing setiap siswa membaca indeks buku. Elaborasi 3. Siswa menemukan kata sulit dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat. (keingintahuan) 4. Siswa menemukan gosip secara cepat dan sempurna dari kata yang dirujuk dalam indeks. (cinta ilmu) 5. Siswa menuliskan gosip pada lembar kerja 6. Siswa memberikan hasil kerjanya ke depan kelas dan kelompok lain menunjukkan penilaian.
Konfirmasi
# Selanjutnya siswa mengikuti evaluasi untuk mengukur pencapaian kompetensi | | |
C. | Penutup | 5’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang strategi efektif membaca indeks 2. Siswa melaksanakan evaluasi dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian sesudah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang sanggup Kalian petik dari kompetensi yang dicapai pada pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan dan Cinta Ilmu 5. Siswa mendapatkan keputusan tindak lanjut evaluasi (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa mendapatkan kiprah terstruktur (menemukan informasi beberapa kata yang dirujuk dari sebuah indeks buku yang ditentukan guru dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (membiasakan diri untuk menemukan informasi kata-kata tertentu dari indeks buku. 7. Siswa mendapatkan gosip mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 25 – 26)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Ensiklopedia Anak Nasional
4. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : jawab singkat
c. Soal Instrumen :
Cermati indeks buku kemudian kerjakan hal-hal berikut ini!
1) Temukan secara cepat dan sempurna kata ... dalam buku ...!
2) Tulislah gosip penting mengenai kata tersebut!
Pedoman penskoran
Soal nomor 1
Kegiatan | Skor |
siswa menemukan lebih dari 5 kata siswa menemukan 4 kata siswa menemukan 3 kata siswa menemukan 2 kata siswa menemukan 1 kata siswa tidak menemukan apa-apa | 5 4 3 2 1 0 |
Soal nomor 2
Kegiatan | Skor |
siswa yang menuliskan lima informasi siswa sanggup mrnemukan empat informasi siswa sanggup menemukan tiga informasi siswa sanggup menemukan dua informasi siswa sanggup menemukan satu informasi siswa tidak sanggup menuliskan apa-apa | 5 4 3 2 1 0 |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 10 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Keingintahuan | Cinta Ilmu | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 Response to "Rpp Kd 3.2 Membaca Memindai Kelas Ix/1 Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 (Ktsp)"