Latest News

Cara Menciptakan Kalimat Final Paragraf

MENYUSUN KALIMAT SIMPULAN PARAGRAF
Kalimat simpulan ialah kalimat yang berisi opini atau pendapat simpulan atas data-data yang ada dalam teks. Rumusan kalimat simpulan bukan berupa salah satu kalimat dalam teks.
Langkah-langkah menyusun kalimat simpulan paragraf

  1. Identifikasilah hal-hal penting dalam teks.
  2. Buatlah opini atau pendapat yang mencakupi keseluruhan hal penting tersebut.

Mengidentifikasi kalimat simpulan paragraf

  1. Perhatikan ciri khusus kalimat simpulan dalam paragraf contohnya kata jadi, oleh alasannya ialah itu, dengan demikian, dan sebagainya
  2. Perhatikan isi kalimat/pernyataan. Kalimat simpulan berisi opini atau pendapat simpulan yang meliputi keseluruhan isi paragraph.
Contoh 
Data kriminalitas menawarkan bahwa sebanyak 5987 perkara kejahatan menimpa anak-anak. Hal ini tentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebanyak 2007 anak terlibat dalam tindak kejahatan, sementara sisanya sebagai korban. Kasus kejahatan ini meliputi pencurian, pembegalan, narkoba, dan seks. Meningkatnya perkara kejahatan yang melibatkan belum dewasa tentu menyita perhatian masyarakat. Pendidikan abjad yang digadang-gadang sanggup membentuk abjad anak sesuai dengan abjad bangsa pun belum terang terlihat. Pakar psikologi anak menjelaskan bahwa pendidikan abjad anak ialah tanggung jawab orang dewasa, meliputi pendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, dan juga sekolah. Oleh alasannya ialah itu, pendidikan anak ialah tanggung jawab bersama bukan hanya satu pihak. ( /search?q=pengertian-kesimpulan-cara-menentukan-dan-contohnya)
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA 
MELENGKAPI TEKS DENGAN KALIMAT SIMPULAN



Kunci Jawaban: C
Soal di atas menanyakan kalimat simpulan yang sempurna untuk melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk ke dalam ruang lingkup bahan menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi unsur teks argumentasi.
Kalimat simpulan ialah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan sanggup diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf. 
Kalimat simpulan yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah pilihan balasan ( C) Oleh alasannya ialah itu, membersihkan daerah tidur harus menjadi kegiatan rutin demi kesehatan badan kita. Hal ini, menurut isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi keberadaan kutu amis yang sanggup mengganggu istirahat, mengundang alergi, dan beberapa penyakit. Kutu amis cerdik menyembunyikan diri di celah-celah kasur, sudut-sudut daerah tidur, dan di balik seprai.
BACA JUGA 

0 Response to "Cara Menciptakan Kalimat Final Paragraf"

Total Pageviews