Latest News

Soal Kompetensi Profesional: Kaidah Bahasa Indonesia



SUMBER BELAJAR IV: KAIDAH BAHASA INDONESIA
A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.      Senam erobik banyak keuntungannya untuk kesehatan, misalnya: kesehatan jantung, peredaran darah, dan menghilangkan stress. Apalagi erobik diikuti dengan teratur dan sistimatik. Perbaikan terhadap kata tidak baku dalam paragraf tersebut yaitu ....           

A.    erobik, setres, sistematic

B.     aerobik, stres, sistematis

C.     aerobik, stress, sistematis 

D.    aerobic, stres, sistimatik



2.      Para atlit yang berkeinginan bekerja harus menerima ijin, selain itu harus berijasah yang relepan untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai.       

Perbaikan terhadap kata tidak baku dalam paragraf tersebut yaitu ....

A.    atlet, ijin, berijazah, relefan          

B.     atlet, izin, berijasah, relefan

C.    atlet, izin, berijazah, relevan     

D.    atlit, izin, berijazah, relevan

3.      Frase nominal koordinatif yang merupakan pasangan antonim relasional terdapat pada kalimat.... 

A.    Perjuangannya dalam memajukan pendidikan dilakukan pagi sore bersama anak didik di pendalaman Sumatra.   

B.     Besok sudah mau tes UKG beliau masih dipusingkan dengan mencari tongkat kakek.       

C.     Cincin emasnya ternyata tercebur di kuali soto ayam.    

D.    Usaha berdagang cabe bawang menjadikannya usahawan sukses di kampungnya.

4.      Pasangan kata berikut yang berantonim secara mutlak adalah….     

A.    siang-malam         

B.     tinggi-pendek       

C.     awal-akhir

D.    hidup-mati

5.      Kalimat berikut yang tidak bermakna ganda yaitu ...         

A.    Perkembangan fisik anak itu terganggu lantaran penyakit kepala besar yang dideritanya.

B.     Istri lurah yang sakit gigi itu balasannya menerima kendaraan beroda empat gres hadiah dari gubernur.       

C.     Buku sejarah gres itu sudah habis terjual.

D.    Sekolah potensial tularkan penyakit demam berdarah sehingga harus segera ditanggulangi.

6.      Melihat tubuh musuh yang kekar tiba-tiba ia tawar hatinya. Makna bentuk yang tercetak miring adalah....         

A.    lupa ingatan          

B.     urung niatan         

C.     lupa niatan

D.   hilang keberanian         

7.     Cermatilah kalimat-kalimat berikut ini.

(1) Kemana saja mereka selama ini?

(2) Irma lebih manis dari pada Rini.

(3) Tinggal di mana kau sekarang?

(4) Ibu pergi ke Pasar Koplak, Pangen Jurutengah.

(5) Kakaknya mengikuti pendidikan ke luar negeri.

Penulisan kata depan yang tidak sempurna terdapat pada kalimat nomor ...

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (2) dan (4)

D. (3) dan (4)

8.   Para sastrawan sedang ... novel yang ditulis seorang novelis terkenal. Kata bermakna konotasi  yang sempurna untuk melengkapi belahan rumpang kalimat tersebut yaitu ....

A. mengkaji

B. membedah

C. meneliti

D. mengkritisi

9.     Pembakar hutan menjadi .... dalam dilema kabut asap yang mengganggu penerbangan di  Indonesia.

Kata beragam untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ....

A. ujung tombak

B. buah bibir

C. tolak ukur

D. kambing hitam

10.   Aplikasi ini juga sengaja diciptakan untuk menjawab kekhawatiran penumpang. Nic Johns mengatakan, mulanya penciptaan aplikasi juga terinspirasi dari istrinya yang kerap merasa khawatir setiap kali melaksanakan penerbangan.

Makna kata aplikasi pada teks tersebut adalah...

A. aktivitas pengoperasian

B. karya program

C. implementasi

D. daftar program

11.  Menurut Akbary (2011): pendidikan masa depan Iebih mengedepankan aspek kepribadian dari aspek kepandaian.

Kalimat yang paling sempurna sebagai pembetulan kalimat kutipan di atas adalah

A.    Menurut Akbary (2011) menyatakan pendidikan masa depan lebih mengedepankan aspek kepribadian daripada aspek kepandaian.

B.     Menurut Akbary (2011) bahwa pendidikan masa-depan lebih mengedepankan aspek kepribadian dari aspek kepandaian.

C.     Akbary (2011) menyatakan pendidikan masa depan lebih mengedepankan aspek kepribadian dari aspek kepandaian.

D.   Akbary (2011) menyatakan bahwa pendidikan masa depan lebih mengedepankan aspek kepribadian daripada aspek kepandaian.

12.  Dalam buku Terapi Altematif Masakini karya Ridho Antono yang diterbitkan tahun 2010 pada  halaman 37 terdapat kutipan sebagai berikut.

"Masyarakat mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional dan kini mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami" (Dana, 2008:234).

Jika Ubed mengutip pendapat Dani yang dikutip Ridho Antono di atas, penulisan kutipan yang benar adalah

A.    Dani (dalam Ridho Antono, 2010) menyatakan bahwarnasyarakat mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional dan kini mulai melirik pengobatan alternatif yang lebih alami.

B.     Ridho Antono dalam bukunya yang berjudul Terapi Altematif Masakini menyatakan bahwa "Masyarakat mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional dan kini mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami” (Dani, 2008:234).

C.     Dani (2008:234) menyatakan bahwa Masyarakat mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami dan mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional.

D.    Menurut Dani (dalam Antono, 2010), masyarakat mulai melirik pengobatan altematif yang lebih alami dan mulai tidak percaya dengan pengobatan konvensional.

13. Pada ketika ini Pemerintah sedang gencar membuatkan pariwisata. Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang sangat besar jumlahnya. ….. pariwisata juga merupakan sarana terbaik untuk membentuk gambaran baik bangsa dan negara di mata intemasional.

Kata sambung yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

A.        Di samping itu,

B.        Oleh lantaran itu,

C.   Untuk itu,

D.   Oleh lantaran itu,

14.       Seorang guru harus mempunyai kompetensi profesional (kemampuan bidang studi), kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial. Kompetensi pedagogik terdiri atas enam sub- kompetensi yaitu kemampuan memahami potensi akseptor didik, kemampuan memahami cara berguru pesera didik, kemampuan memberi gambaran pekerjaan pada akseptor didik, kemampuan merencanakan pembelajaran yang mendidik, kemampuan melaksanakan interaksi berguru mengajar di kelas, dan kemampuan mengevaluasi.

Kompetensi kepribadian terdiri dari empat sub-kompetensi yaitu kepribadian mantap, kepribadian dewasa, kepribadian mulia, dan kemandirian. Sedangkan komptensi sosial terdiri dari tiga sub kompetensi yaitu kerjasama, komunikasi, dan bantuan terhariap pengembangan pendidikan.

Penyebab teks di atas termasuk paragraf yang kurang sempuma adalah

A.     ide pokoknya tidak jelas.

B.     tidak mempunyai kalimat topik/utama.

C.    tidak mempunyai kalimat penjelas.

D.    kalimat penjelasnya tidak lengkap.

15. Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian  masyarakat Indonesia pada ketika ini masih menganggap bahwa pekerjaan sebagal PNS dianggap Iebih terhormat.

Kalimat berikut yang merupakan pembetulan ejaan kalimat di atas adalah

A.                 Karena masyarakat menganggap status sosial Iebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada ketika ini, masih menganggap bahwa pekerjaan sebagai PNS dianggap Iebih terhormat.

B.                 Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada ketika ini masih menganggap bahwa, pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih terhormat.

C.                 Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada ketika ini masih menganggap bahwa pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih terhormat.

D.                Karena masyarakat menganggap status sosial lebih panting daripada kondisi perekonomian, masyarakat Indonesia pada ketika ini masih menganggap, bahwa pekerjaan sebagai PNS dianggap lebih terhormat.

Sumber

Azhar, Umar. 2016. Kaidah Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Ariani, Farida, dkk.. 2017. Keterampilan dan Kaidah Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

BACA JUGA

1. SOAL ALIRAN LINGUSTIK

2. SOAL HAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA

3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA

4. SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK LENGKAP

5. SOAL MODUL V: TEORI DAN GENRE SASTRA


0 Response to "Soal Kompetensi Profesional: Kaidah Bahasa Indonesia"

Total Pageviews