Latest News

125 Soal Persiapan Utn Kompetensi Pedagogik Untuk Guru Tk, Sd, Smp, Sma/Smk, Semua Mapel (Dilengkapi Kunci Jawaban)


PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

1.        Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A.      kemampuan berkomunikasi

B.       Kemampuan untuk memecahkan persoalan

C.       kemampuan berinteraksi

D.      kemampuan untuk mengintegrasikan diri



2.        Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan akseptor didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....

A.      inspirasi

B.       budaya

C.       inspirasi

D.      pengasuhan dan lingkungan

3.        Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A.      0 - 2 tahun

B.       2 -- 7 tahun

C.       7 -- 11/12 tahun

D.      11/12/ -- 14/15 tahun

4.        Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yaitu sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

 SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK  

5.        Kemampuan akseptor didik untuk membina korelasi dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A.      Kognitif

B.       Sosial

C.      Emosional

D.      Moral

6.        Seorang akseptor bisa mengendalikan diri dengan baik dalam banyak sekali situasi dan bisa sanggup menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan bisa memposisikan diri di lingkungan dengan baik.

Peserta didik tersebut mempunyai kecerdasan…

A.      Moral

B.       spiritual

C.      Sosial emosional

D.      Kognitif

7.        Seorang akseptor didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung mencar ilmu sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A.      sosial-emosional

B.       kognitif

C.       moral

D.      spritual

SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK  

8.        Peserta didik telah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian menetapkan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...

a.        penalaran pascakonvensional

b.        penalaran konvensional

c.         penalaran prakonvensional

d.        penalaran interkonvensional

9.        Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

a.         Prakonvensional

b.        Konvensional

c.         Pascakonvensional

d.        Interkonvensional

SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA

10.    Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan kegiatan informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan mencar ilmu dalam hal ….

A.      mengemukakan gagasan

B.       mengaktualisasikan diri

C.       penciptaan korelasi yang baik

D.      menformulasikan tindakan

11.    Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada ketika siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A.      Mengulang kembali materi yang diajarkan

B.       Memberikan kiprah semoga siswa mempelajari materi yang belum dipahami

C.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

12.    Seorang akseptor didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan mencar ilmu dalam hal ....

A.      kesulitan akademis

B.       gangguan simbolik

C.       gangguan nonsimbolik

D.      gangguan sosial

13.    Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A.      Membantu siswa semoga sanggup memecahkan persoalan pribadinya

B.       Menbantu siswa semoga sanggup melaksanakan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C.      Membantu siswa semoga sanggup mengatasi kesulitan belajar

D.      Membantu siswa semoga memperoleh informasi tertentu

14.    Cara yang yang paling cepat dan akurat yang dipakai untuk mengidentifikasi kesulitan mencar ilmu akseptor didik yang bersumber dari faktor sosial yaitu …

A.      sosiometri

B.       angket

C.       wawancara

D.      brainstorming

15.    Bila anda sebagai guru menemukan akseptor didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A.      Memindahkantempat duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B.       Mengulangi klarifikasi materi asuh kepada seluruh akseptor didik

C.      Memberikan sumbangan mencar ilmu kepada akseptor didik yang bersangkutan

D.      Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber

16.    Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk sahabat daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan mencar ilmu yang bersumber dari faktor ...

A.      keluarga

B.       sosial

C.       kondisi fisik

D.      intelektual

SOAL TEORI BELAJAR  

17.    Teori ini memandang mencar ilmu sebagai hasil dari pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan tanggapan dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara rangsangan dan tanggapan terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya (law of exercise). Teori mencar ilmu yang dimaksud adalah…

A.      Behaviorisme

B.       Humanistik

C.       Sibernetik

D.      Kontruktivisme

18.        Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, mengambarkan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A.      Sibernetik

B.       Humannistik

C.       Behaviorisme

D.      Konstruktivisme

19.        Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, motivator, dan menunjukkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori mencar ilmu ini yaitu ….

A.      Humanistik

B.       Konstruktivisme

C.       kognitivisme

D.      Nativisme

20.    Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup mencar ilmu setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi sebab kemajuan teknologi yang memungkinkan mencar ilmu jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori mencar ilmu ….

A.      Sibernetik

B.       Konstruktivisme

C.       Behaviorisme

D.      Kognitivisme 

21.    Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yaitu teori belajar…

A.      Behaviorisme

B.       Konstruktivisme

C.      Kognitivisme

D.      Sibernatik

SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

22.    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diharapkan dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A.      Silabus

B.       RPP

C.       Silabus dan RPP

D.      SKL

23.    Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

24.    Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya yaitu sebagai berikut:

A.      Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan mencar ilmu untuk mencapai kompetensi dasar

B.       Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C.       RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru

D.      RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

25.    Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu

A.      Materi atau materi asuh berbasis kompetensi

B.       Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik

C.       RPP bersumber dari silabus

D.      Alokasi waktu sesuai dengan acara pada setiap satuan pendidikan

26.    Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

A.      Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

B.       Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

C.       Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

D.      Silabus untuk mengarahkan ke­giatan mencar ilmu akseptor didik dalam upaya mencapai KD

27.    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut ......

1)        Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2)        Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3)        Tujuan Pembelajaran : sesudah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....

A.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B.       Mendorong partisipasi aktif akseptor didik

C.       Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik

D.      Keterkaitan dan keterpaduan

28.    Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:

A.      Metode mengajar yang dipakai guru

B.       Karakteristik materi asuh

C.       Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran

D.      Buku sumber yang dipakai dalam pembelajaran

29.    Jika seorang guru melaksanakan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1)        Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2)        Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing mencar ilmu akseptor didik.

3)        Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian persoalan dengan berpatokan pada hukum yang berlaku, ibarat peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut sanggup dikatakan memakai pembelajaran yang berbasis....

A.      Kognitivisme

B.       Behaviorisme

C.       Konstructivisme

D.      Humanisme

30.    Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia akseptor didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…

A.      Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.

B.       Pemberian kiprah yang tersetruktur.

C.       Penggunaan metode bervariasi

D.      Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.

31.    Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.      ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

32.    Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B.       ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.      ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

33.    Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan persoalan yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan persoalan yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A.      Role Playing

B.       Inquiry

C.       Problem Solving

D.      Picture and Picture

34.    Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan persoalan proses pembelajaran adalah:

A.      Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B.       Rumusan persoalan yang harus didiskusikan

C.       Jumlah akseptor didik yang mengikti pembelajaran

D.      Motivasi mencar ilmu siswa

35.    Kemampuan yang paling penting dimiliki guru perihal media dan alat bantu pembelajaran adalah:

A.      Memilih materi untuk menciptakan media/alat bantu

B.       Membuat media dan alat bantu sederhana

C.       Menggunakan media dan alat bantu

D.      Merawat media dan alat bantu

36.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan pembelajaran

D.      Pencapaian standar kelulusan



37.    Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada ketika siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A.      Mengulang kembali materi yang diajarkan

B.       Memberikan kiprah semoga siswa mempelajari materi yang belum dipahami

C.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

38.    Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A.      Memindahkantempat duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B.       Mengulangi klarifikasi materi asuh kepada seluruh akseptor didik

C.       Memberikan sumbangan mencar ilmu kepada akseptor didik yang bersangkutan

D.      Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber

39.    Apa yang paling sempurna dilakukan guru, kalau seorang akseptor didik tidak menunjukkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A.      Menunjuk akseptor didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B.       Memberikan kritik semoga akseptor didik berusaha menjawab walaupun salah

C.       Menyederhanakan isi pertanyaan semoga gampang dipahami akseptor didik

D.      Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

40.    Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A.      Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor didik.

B.       Adanya korelasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C.       Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D.       Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

41.    Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL yaitu sebagai berikut, kecuali....

A.      Sharing dengan teman

B.       Guru kreatif

C.       Pengalaman nyata

D.      Menggunakan satu sumber

42.    Dalam menentukan dan menyebarkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menunjukkan donasi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A.      Sahih

B.       Kebermanfaatan

C.      Layak dipelajari

D.      Menarik minat

43.    Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A.      Kausal

B.       Spiral

C.      Kronologis

D.      inquiri

SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

44.    Memilih media pembelajaran hendaknya dilarang sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk mencar ilmu individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...        

A.      tujuan           

B.       sasaran didik

C.       ketersediaan 

D.      konteks penggunaan

45.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…

A.      Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B.       Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C.       Pendidik harus beradaptasi dengan kemampuan sekolah.

D.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.



46.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..

A.      media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas       

B.       media yang dpat didengar saja dan media yang sanggup dilihat        

C.       media tradisional dan media berbasis TIK  

D.      media dua dimensi dan media tiga dimensi 

47.    Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A.      Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B.       Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C.       Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

D.      Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

48.    Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:         

A.      media pembelajaran yang paling baik yaitu media yang berbasis TIK     

B.       sebuah media sanggup dipakai untuk semua kegiatan pembelajaran          

C.       media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran         

D.      memilih media tidak perlu banyak pertimbangan semoga tidak merepotkan

49.    Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan akseptor didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah: 

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar        

B.       Membuat konkrIt konsep yang abstrak  

C.       Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.      

D.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

50.    Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.

Berikut ini yaitu salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.

B.       Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C.       Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.

D.      Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

51.    Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…        

A.      book 

B.       forum           

C.       blog  

D.      e-portofolio

52.    Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

A.      program mencari informasi  

B.       program desktop publishing

C.       program untuk menjelajahi laman

D.      program penciptaan laman

53.    Seorang guru yang akan mencari informasi perihal suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...

A.      www.gmail.com      

B.       www.google.com

C.       www.hotmail.com

D.      www.cari-data.com



54.    Saat kita akan informasi perihal suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

A.      www.yahoo.com

B.       www.gmail.com

C.       www.hotmail.com

D.      www.cari-data.com

55.    Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah... 

  1. Microsoft Database    
  2. Microsoft PowerPoint            
  3. Microsoft Desktop Publishing           
  4. Microsoft Word

56.    Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....

A.      Microsoft Database

B.       Microsoft Spread Sheet

C.       Microsoft powerpoint

D.      Microsoft Desktop Publishing

57.    Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak dan mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes selesai pembelajaran.

Fitur moodle ini adalah...

A.      Quiz

B.       Page

C.       Lesson          

D.      Blog

58.    Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…     

A.      Penulis konten (content writer)       

B.       Penata grafis (design grafis)         

C.       perancang pembelajaran (course design)     

D.      pemrogram komputer (computer programmer).

59.    Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan pecahan dari model pembelajaran…

A.      portofolio

B.       saintifik

C.       penemuan

D.      autentik

60.    Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar memberikan suatu permasalahan guna menggugah dan mengakibatkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa semoga mau menyebarkan kreativitasnya .

Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan pecahan dari model pembelajaran….

A.      portofolio

B.       saintifik

C.      penemuan

D.      autentik

61.    Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan memakai persoalan sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing akseptor didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

A.      projek based learning

B.       discovery Learning

C.       Problem Based Learning

D.      Inquiry learning



62.    Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....

A.      Project based learning

B.       inquiry learning

C.       Discovery learning

D.      problem based learning

63.    Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah gosip kasatmata dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.

Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....

A.      Project based learning

B.       Problem based learning

C.       Discovery learning

D.      Inquiry learning

64.    Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta akseptor didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian akseptor didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, akseptor didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan persoalan yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan akseptor didik untuk bertanya, mengambarkan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.

Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran

A.      inquiry learning

B.       problem based learning

C.       Project based learning

D.      Discovery learning

65.    Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan semoga akseptor didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai hukum main, acara pendukung, alat dan materi yang sanggup diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian planning kegiatan kolaboratif tadi.

Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....

A.      Problem solving learning

B.       Problem based learning

C.      Project based learning

D.      Discovery learning

66.    Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1)        Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2)        Mendesain Perencanaan Proyek,

3)        Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4)        Memonitor akseptor didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5)        Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6)        Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar yaitu ....

A.      1-2-3-4-5-6

B.       1-3-2-4-5-6

C.       1-3-2-5-6-4

D.      1-2-3-5-4-6

67.    Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1)        Mengorganisasi siswa dalam mencar ilmu

2)        Orientasi siswa pada persoalan

3)        Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok

4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna yaitu ....

A.      1-2-3-4

B.       2-3-1-4

C.       3-2-1-4

D.      2-3-1-4



68.    Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.

1)        Orientasi siswa pada persoalan

2)        Mengorganisasi siswa dalam mencar ilmu

3)        Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok

4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

5)        Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....

A.      discovery Learning

B.       Project Based Learning

C.       problem solving learning

D.      problem based learning



SOAL PENILAIAN

69.    Kriteria keberhasilan mencar ilmu siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yaitu rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diharapkan faktor-faktor….  

A.      Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B.       Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C.       Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

D.      Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

70.    Fungsi KKM yaitu sebagai berikut, kecuali....

A.      sebagai pola akseptor didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B.       merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C.       dapat dipakai sebagai pecahan dari komponen dalam melaksanakan penilaian acara pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D.      Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif. 

71.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan pembelajaran

D.      Pencapaian standar kelulusan



72.    Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;

A.      Menilai tingkat pencapaian hasil mencar ilmu siswa

B.       Menambah materi pelajaran gres

C.       Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti acara tindak lanjut

D.      Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan acara tindak lanjut

73.    Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:

A.      Pedoman observasi

B.       Kuesioner

C.       Pedoman wawancara

D.      Tes hasil belajar

74.    Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil mencar ilmu yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A.      Memindahkan kawasan duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B.       Mengulangi klarifikasi materi asuh kepada seluruh akseptor didik

C.       Memberikan sumbangan mencar ilmu kepada akseptor didik yang bersangkutan

D.      Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber

75.    Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil mencar ilmu akseptor didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:

A.      Buku sumber yang digunakan

B.       Kurikulum dan silabus

C.       Indikator pencapaian kompetensi

D.      Kemampuan awal siswa

76.    Salah satu prinsip dalam penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik yaitu penilaian harus terpadu artinya:

A.      penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur

B.       penilaian merupakan pecahan yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran

C.       penilian berdasarkan kriteria yang terang perihal kompetensi yang harus dicapai

D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

77.    Instrumen penilaian hasil mencar ilmu yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:

A.      Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan

B.       Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai

C.       Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan akseptor didik

D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan selesai semester

78.    Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan mencar ilmu yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:

A.      Nilai batas ambang kompetensi

B.       Nilai minimal yang dicapai akseptor didik

C.       Nilai maksimal yang dicapai akseptor didik

D.      Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

79.    Untuk mengetahui prestasi mencar ilmu yang dicapai oleh semua akseptor didik pada satu rombongan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;

A.      Mean

B.       Modus

C.       Median

D.      Simpangan baku

80.    Standar penilaian pendidikan merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan

A.      Penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik

B.       Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

C.       Penilaian silabus dan RPP

D.      Penilaian standar kompetensi lulusan

81.    Penilaian yaitu penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil mencar ilmu akseptor didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan korelasi emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           

A.      Objektivitas.

B.       Transparan

C.       Bermakna

D.      Menyeluruh

82.    Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?

A.      Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan

B.       Menyampaikan laporan ke atasannya

C.       Menyusun planning tindak lanjut

D.      Menyusun laporan hasil pemantauan



83.    Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A.      Memberikan komplemen materi berupa sumber asuh dari pengarang yang berbeda

B.       memberikan test komplemen dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.       memberikan komplemen sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.      diberikan materi materi asuh yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi 

84.    Dasar rancangan acara remidi bagi akseptor didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….

A.      proses pengajaran remedial intinya yaitu proses mencar ilmu mengajar biasa

B.       tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik

C.       sasaran terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa

D.      strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

85.    Salah satu prinsip merancang acara remidial bagi akseptor didik tampak dalam kegiatan guru ….

A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa akseptor remedial

B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa

C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

86.    Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukan ketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut....

A.      Menentukan kriteria keberhasilan belajar

B.       Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya

C.       Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

D.      Merencanakan pengajaran remidi

87.    Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ….

A.      Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa

B.       Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

88.    Penilaian hasil mencar ilmu siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....

A.      Konstruktivisme

B.       Authentic assesment

C.       Efektif

D.      kondusif

SOAL PENDEKATAN PENILAIAN

89.    Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....

A.      penilaian pola patokan

B.       penilaian pola norma

C.       penilaian tuntas

D.      penilaian berkelanjutan

90.    Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

A.      Penilaian berkelanjutan

B.       penilaian menyeluruh

C.       penilaian pola patokan

D.      penilaian pola norma

91.    Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian pola kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan mencar ilmu minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik akseptor didik.

Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....

a.         Penilaian berkelanjutan

b.        Penilaian autentik

c.         Penilaian pola patokan

d.        Penilaian pola norma

SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN

92.    Menggambarkan sejauh mana seorang akseptor didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…

A.      tujuan penilaian

B.       prinsip penilaian

C.      fungsi penilaian

D.      hasil penilaian

93.    Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok akseptor didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan acara pengayaan merupakan….

A.      prinsip penilaian

B.       tujuan penilaian

C.       fungsi penilaian

D.      bentuk penilaian.

94.    Fungsi penilaian yang sempurna yaitu …

A.      alat meningkatkan prestasi akseptor didik

B.       alat untuk menemukan gaya mencar ilmu akseptor didik

C.       membantu akseptor didik memahami materi pembelajaran

D.      sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan perihal kemajuan perkembangan akseptor didik.

95.    Assesment hasil mencar ilmu akseptor didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

A.      objektif

B.       adil

C.      kooperatif

D.      terpadu.



96.    Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

A.      adil

B.       objektif

C.      valid

D.      sistematis



97.    Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.      adil

B.       akuntabel

C.       valid

D.      sistematis

98.    Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.      adil

B.       objektif

C.       valid

D.      sistematis

99.    Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil mencar ilmu akseptor didik, kecuali….

A.      ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi

B.       menggunakan pola kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi

C.       ditindaklanjuti dengan acara remedial dan pengayaan

D.      dilakukan pengulangan kalau ternyata kesannya banyak yang jelek

SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN

100.Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan akseptor didik untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya mencar ilmu masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual akseptor didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...

A.      Fleksibilitas

B.       Interaktif

C.      Adaptif

D.      Kesinambungan

101.        Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran perihal memahami teks anekdot ternyata kesannya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti acara remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti acara pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...

A.      Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

B.       Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

C.       Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

D.      Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa



102.          Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A.  Memberikan komplemen materi berupa sumber asuh dari pengarang yang berbeda

B.  memberikan test komplemen dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.  memberikan komplemen sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.  diberikan materi materi asuh yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi

103.          Dasar rancangan acara remidi bagi akseptor didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….

A.  proses pengajaran remedial intinya yaitu proses mencar ilmu mengajar biasa

B.   tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik

C.  sasaran terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa

D.  strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

104.Salah satu prinsip merancang acara remidial bagi akseptor didik tampak dalam kegiatan guru ….

A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa akseptor remedial

B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa

C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi



SOAL PTK

105.Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu yaitu pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...

A.      merumuskan persoalan

B.       mengidentifikasi masalah

C.      Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan

D.      menyusun proposal penelitian

106.Mengetahui proses tindakan, dampak tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….

A.      refleksi

B.       observasi

C.       perencanaan

D.      pelaksanaan

107.Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud yaitu ….

A.      A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan

B.       refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi

C.       perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi

D.      perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi

108.Rumusan persoalan dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan persoalan PTK?

A.      Apakah dampak permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?

B.       Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?

C.       Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?

D.      Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?

109.Dalam Penelitian tindakan kelas, persoalan yang diteliti berasal dari ....

A.      kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

B.       keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C.       keinginan untuk membantu guru

D.      kepedulian peneliti akan kinerja guru

110.Di bawah ini yaitu prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….

A.      Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja

B.       Kegiatan yang direkayasa

C.       Perencanaan

D.      Upaya empiris dan sistematis

111.Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….

A.      Pengumpulan data

B.       Menganalisis masalah

C.       Mencapai tujuan

D.      Menentukan ruang lingkup

112.Peran guru dalam PTK yaitu sebagai…

A.      Guru

B.       Peneliti

C.      Guru dan Peneliti

D.      Objek Penelitian

113.Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….

A.      Pelaksanaan tindakan

B.       Observasi dan intepretasi

C.       Diskusi balikan

D.      Analisis data

114.Tujuan PTK adalah…

A.      Perbaikan KBM

B.       Menyusun teori baru

C.       Memperbaiki teori

D.      Menyusun generalisasi

115.Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…

A.      Analisis

B.       Refleksi

C.       Observasi

D.      Diskusi

116.Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi pecahan dari PTK khususnya pada bagian….

A.      Kesimpulan

B.       Prosedur penelitian

C.      Pendahuluan

D.      Metodologi penelitian

117.Persiapan awal dalam PTK adalah…

A.      Menyiapkan cara wawancara

B.       Membuat analisis kelayakan hipotesis

C.      Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya

D.      Menyiapkan fasilitas dan sarana

118.Proposal penelitian dalam PTK adalah….

A.      Usulan untuk mendapat dana penelitian

B.       Uraian perihal komponen-komponen yang harus dilakukan guru

C.       Uraian projek penelitian pendidikan

D.      Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK

119.Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…

A.      Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan

B.       Analisis kelaikan hipotesis tindakan

C.       Persiapan tindakan

D.      Observasi dan inperetasi.

SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN

120.Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran yaitu melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh akseptor didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi akseptor didik adalah....

A.      untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran

B.       untuk mencapai kepuasaan diri akseptor didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.

C.       untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu akseptor didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya

D.      untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan akseptor pendidik.

121.        Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran yaitu melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yaitu ….

A.      Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil mencar ilmu akseptor didik

B.       Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil mencar ilmu yang telah dilakukan

C.       untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran

D.      Untuk menyebarkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

122.        Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya yaitu ....

A.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.       Penilaian dilaksanakan di selesai pembelajaran

D.      Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga selesai pembelajaran

123.Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya yaitu ….

A.  Penilaian dilaksanakan di selesai pembelajaran

B.   Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.   Penilaian oleh akseptor didik dilakukan dengan sangat kritis

D.  Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

124.Untuk mengetahui keberhasilan mencar ilmu akseptor didik, baik selama maupun sesudah akseptor didik mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan akseptor didik dalam bekerjasama atau wawancara perihal kesulitan-kesulitan yang dihadapi akseptor didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan menunjukkan klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yaitu ...

A.      Mengapa akseptor didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?

B.       Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan semoga efektif?

C.       Apakah kompetensi awal akseptor didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?

D.      mengapa akseptor didik kita menunjukkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan

125. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah… ...
A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap  Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi diharapkan untuk memperoleh citra tingkat keberhasilan planning pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi yaitu sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.

BACA JUGA
1. SOAL MAPEL B. INDONESIA ALIRAN LINGUISTIK

2. SOAL MAPEL B. INDONESIA HAKIKAT DAN PEMEROLEHAN BAHASA

3. SOAL KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA

4. SOAL KAIDAH BAHASA INDONESIA

5. SOAL TEORI DAN GENRE SASTRA INDONESIA

0 Response to "125 Soal Persiapan Utn Kompetensi Pedagogik Untuk Guru Tk, Sd, Smp, Sma/Smk, Semua Mapel (Dilengkapi Kunci Jawaban)"

Total Pageviews